0% menganggap dokumen ini bermanfaat (0 suara)
5 tayangan16 halaman

Manajemen SDM: Hak Karyawan dan Budaya Perusahaan

Diunggah oleh

Mahasiswa Biasa
Hak Cipta
© All Rights Reserved
Kami menangani hak cipta konten dengan serius. Jika Anda merasa konten ini milik Anda, ajukan klaim di sini.
Format Tersedia
Unduh sebagai PPTX, PDF, TXT atau baca online di Scribd
0% menganggap dokumen ini bermanfaat (0 suara)
5 tayangan16 halaman

Manajemen SDM: Hak Karyawan dan Budaya Perusahaan

Diunggah oleh

Mahasiswa Biasa
Hak Cipta
© All Rights Reserved
Kami menangani hak cipta konten dengan serius. Jika Anda merasa konten ini milik Anda, ajukan klaim di sini.
Format Tersedia
Unduh sebagai PPTX, PDF, TXT atau baca online di Scribd

RECAP Minggu ke-1

Human Resource Management, Company Values &


Culture

Agung N
Selamat pagi mas HR..

Pagi mas Jon, ada apa nih mas? Pagi pagi udah nemuin saya..

Ehehe..maaf mas, tadi saya ketemu ibu bos besar dan disuruh
nemuin mas HR, ada apa ya mas?

Ohh iya, saya mau bahas soal hak mas Jon sebagai karyawan di sini..

Ohh gitu ya mas, tapi sebelumnya itu saya mau tanya dulu, saya
dari awal masuk kerja sampe ngurus apa-apa selalu sama mas
HR. Berarti mas HR yang ngurus semua ya?...

Ehmm...biar saya jelasin ke mas Jon…


Jadi gini mas Jon, saya kerja di bagian Human Resource Management.
HRM ini fokusnya meliputi banyak hal mas seperti:
• Merekrut tenaga kerja
• Mengatur pelatihan
• Mengatur dan mengembangkan tenaga kerja
• Membantu perusahaan mencapai targetnya melalui karyawannya
• Membantu mengembangkan kebijakan Perusahaan terkait
karyawan

Banyak ya mas..

Iya mas Jon, fungsi dari HRM yang udah mas Jon rasain itu waktu mas Jon
liat lowongan kerja, ngadain seleksinya sampe mas Jon mulai kerja disini,
ngurus pengembangan dan hak mas Jon sebagai karyawan..

Owalah, kalau ada apa apa berarti bisa langsung ke mas HR aja
Untuk sedikit detailnya gini mas Jon, HRM itu ngurusin:

Compensation & Benefit


Staffing Setting Policies
• Mengatur hak
• Mengembangkan • Terlibat dalam
karyawan berdasarkan
kepegawaian pengembangan
regulasi
• Melaksanakan kebijakan dalam
• Membuat administrasi
rekrutmen dan perusahaan
tentang insentif
seleksi

Retention Training & Development


Employment Laws &
• Membuat strategi agar • Melakukan training
Worker Protection
karyawan betah needs analysis
• Mengembangkan
• Strategi dapat berupa • Membuat/
kebijakan berdasar
adanya reward mengembangkan
regulasi
program dan mengatur pelatihan
• Memperbaharui
budaya persuahaan
kebijakan karyawan
Saya ketemu mas Jon ini buat menjalankan fokus/ruang lingkup HRM
buat mengatur kompensasi karyawan

Ooo..jadinya gimana ya mas?

Saya sudah diskusi sama ibu bos mengenai evaluasi kinerja mas Jon.
Kinerja mas Jon bagus, melebihi ekspetasi ibu bos malah. Karena itu, mas
Jon dapet bonus berdasarkan evaluasi kinerja.

Wahh dapet bonus..terima kasih mas. Jadi memang mas


HR ngurusin banyak hal ya. Berarti kapan-kapan kalau
saya mau naik jabatan gantiin ibu bos jadi bos baru disini,
mohon dibantu ya mas..ehehe..

Haduhh..mas Jon
Terus mas HR kalau kerja matriksnya apa aja mas?

Saya kasih tau beberapa matriks nih mas Jon.

Time to Fill Cost per Hire Turnover Rate


• Mengukur rata-rata • Mengukur rata-rata • Mengukur persentase
waktu dari publish biaya buat hire orang karyawan resign pada
lowongan sampe terisi baru satu waktu

Time to Productivity
Employee Satisfaction
Absenteeisme Rate • Mengukur waktu buat
• Mengukur kepuasan
• Mengukur persentase orang baru dari
karyawan pada
karyawan absen onboarding -> full
kerjaan mereka
productive

T & D ROI
Offer Acceptance Ratio
• Mengukur
• Mengukur persentase
manfaat/keuntungan
job offer yang
dari training &
diterima kandidat
development
Karena matriks itu saya jadi pusing mas Jon

Gapapa mas..kita sama-sama pusing.


Makasih udah dikasih tau..Saya mau
kerja lagi, jangan lupa bonus kinerja
saya ya mas..hehee
Otw transfer mas Jon
Mas HR, saya ngerasa di tempat kita ini orang-orangnya ramah
banget dan supel ya..

Itu jelas karena di tempat kita ini budayanya emang gitu.


HRM berusaha buat membangun budaya perusahaan yang
senyaman mungkin buat karyawannya ..

Sepenting itu ya sampe harus diusahain?..

Penting mas Jon karena manfaatnya buat karyawan dan perusahaan


juga.
Budaya perusahaan yang nyaman bagi karyawan berimbas pada:
• Karyawan yang semakin merasa engage dan nyaman dengan Perusahaan
• Karyawan yang nyaman pasti akan cenderung bertahan, jarang resign.
• Karyawan yang nyaman, kinerja bisa ikut bagus, perusahaan bisa makin
profit.
• Bisa bikin orang luar tertarik buat kerja di perusahaan.
• Perusahaan bisa lebih sustainable karena karyawan cocok sama
Perusahaan.

Superr..

Biasanya budaya perusahaan juga bisa dibangun saat proses rekrutmen,


memberdayakan karyawan, ngasih hadiah/bonus, ngasih kepastian karir, dan
lain-lain. Intinya banyak kesempatanya buat membangun budaya perusahaan.
Mengembangkan budaya perusahaan itu susah, biasanya ngelewatin tahap:

Wahh bikin pusing ya..


Iya mas
Siang mas HR..

Siang mas Jon, ketemu lagi kita


Anu mas..mau cerita, tadi saya pengen ketemu ibu bos besar mau
nyampein usul buat kerjaan karena saya dapet ide bagus.

Oh, terus gimana mas?


Kata team leader saya, sampein dulu ke tim leader dan katanya
nanti baru mau disampein ke ibu bos, tapi katanya masalah ide
diterima atau nggak itu urusan ibu bos. Saya mikirnya ide saya
itu bagus, harus segera disetujuin & dilakuin kalau pengen ada
kemajuan.

Niat mas Jon bagus, nyempein ide ke atasan. Emang bener juga
kalau ibu bos yang berhak mutusin nanti gimana. Saya mau kasih
tau mas Jon…Ikuti saya mas
Siap mas.
Di tempat kita itu struktur organisasinya itu Centralized di mana:
• Pengambilan keputusan itu urusannya petinggi
perusahaan.
• Komunikasi ya harus urut dari bawah ke atas
atau sebaliknya.
• Petinggi jabatan itu mikirin ide, karyawan itu
eksekutor ide.

Sedangkan kalau Desentralized itu:

• Pengambilan keputusan bisa dilakuin di tiap


tingkat department.
• Komunikasi ke atasan bisa lebih cepet.
• Karyawan bisa ngasih ide dan jadi eksekutor ide
di tingkat department.
Hirarki perusahaan kita kurang lebih kaya gini mas Jon di mana:

• Tingkat jabatan & tanggung jawab jelas.


• Karena ada tingkat jabatan,
komunikasinya cenderung vertikal
• Tingkat karir lebih jelas, ada jenjangnya.
• Tanggung jawab tugas juga jelas karena
terspesialisasi.

Meski gitu, kurangnya itu:


• Komunikasi lama, harus urut dulu.
• Segala keputusan ditentukan pejabat
tinggi Perusahaan.
• Karyawan kurang bisa berinovasi.
Ini contoh struktur lainnya mas Jon:
Functional
• Lebih desentralized dan
dinamis, tapi komunikasi
antardepartemen susah
Owalah gitu ya.

Horizontal
• Komunikasi kalau ada ide
cepet banget, tapi kurang
terspesialisasi skil-nya

Divisional
• Desentralized juga, struktur
fleksibel, kalau komunikasi
kacau ya jadi ribet karena
banyak divisi
Sedap betul mas udah dikasih tahu..

Penting juga buat karyawan untuk tahu tentang struktur jabatan di


tempat kerjanya… jadi mas Jon bisa tau gimana komunikasinya
nanti dengan petinggi perusahaan

Siap mas.

Anda mungkin juga menyukai