“Rumah”
By: incess
Pemain film;
- Alifya eiliyah as olip
- Elysia fahyuniar as el
- Ariqah fadhilah as dilla
- St fahira ar djide as fahira
Scene 1;
Pov 1;(nuansa penamatan)
Pov 2; (nuansa mau pulang membawa koper)
Pov; olip…(camera focus on olip)
Nr; “ hari ini…hari aku pulang,lulus dari tempat ini…tapi entah kenapa rasanya seperti meninggalkan
rumah untuk kedua kalinya…tempat ini tidak memilihku,tapi diam diam membentuk diriku yang
sekarang ini,…akhlakku,ibadahku,pendidikanku..semua yang dulunya ingin kutinggalkan entah kenapa
rasanya ingin ku peluk lagi lebih lama…
(camera mendekat ke mata olip yang berkaca kaca)
Scene 2
Flashback;
(backsound start; so high school – taylor swift,camera; sepatu olip dan pov; olip sedang memakai
sepatu)
Dilla; olip,cepat cepat mau mi second calling…!
Pov; olip selesai memakai sepatu dan bergegas, dan jalan ke sekolah berempat,dan bunyi calinggan
second,
Pov; mereka berempat singgah di koperasi(camera on; indoor, sunrise ummul,gedung ma)
Scene 3
T4; koridor kelas
Pov; mereka ber 4 berjalan ke kelas yang ramai dan saling bertemu sapa
Izzah,inces; assalamualaikum akhwat…
Ber4; waalaikumsalam…
Scene 4
T4; kelas X4
Pov; mereka berjalan ke bangku masing masing
Olip;(menghela nafas)…mauku pulang…
El; lah?..kenapa ki mau pulang?
Olip ; nda ji…kayak rindu rumah saja…
Dilah; apa sih…baru ji masuk beberapa bulan lalu,mau mi pulang…memangnya ada masalah mu yah?
Olip ; nda ada ji…tapi kayak merasa ka tidak bisa ka jadi apa apa kalau di sini…
Fahira; nda ji itu olip…jalani saja…
El; btw guys…apa mata pelajaran ta’ sekarang?
Dilah; nda tau… mungkin akhlak?
Pov; guru masuk..
Guru; assalamualaikum
Santri ; waalaikumsalam…
Guru; baik Ananda…hari ini kita akan belajar mengenai akhlak…(menjelaskan mengenai akhlak tapi
samar samar) di muhammadiyah dalam kaderisasi nya kita diajarkan 10 akhlak mulia;
Ikhlas – Melakukan amal semata-mata karena Allah
Dalil:
QS. Al-Bayyinah: 5 – “Padahal mereka tidak diperintahkan kecuali supaya menyembah Allah dengan
ikhlas…”
Jujur (Shiddiq) – Berkata dan bertindak sesuai kebenaran
Dalil:
QS. At-Taubah: 119 – “Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan jadilah bersama
orang-orang yang jujur.”
Amanah – Dapat dipercaya dan bertanggung jawab
Dalil:
QS. An-Nisa: 58 – “Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak…”
Adil – Bersikap objektif dan tidak memihak
Dalil:
QS. Al-Ma’idah: 8 – “Berlakulah adil, karena adil itu lebih dekat kepada takwa.”
Tawadhu’ (Rendah Hati) – Tidak sombong meskipun memiliki kelebihan
Dalil:
QS. Al-Furqan: 63 – “Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang
berjalan di bumi dengan rendah hati…”
Sabar – Teguh menghadapi ujian dan kesulitan
Dalil:
QS. Al-Baqarah: 153 – “Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”
Tolong-Menolong (Ta’awun) – Saling membantu dalam kebaikan
Dalil:
QS. Al-Ma’idah: 2 – “Tolong-menolonglah kamu dalam kebajikan dan takwa.”
Kerja Keras dan Profesional – Bersungguh-sungguh dalam amal dan tanggung jawab
Dalil:
QS. At-Taubah: 105 – “Dan katakanlah: Bekerjalah kamu, maka Allah akan melihat pekerjaanmu.”
Istiqamah (Teguh di Jalan Kebaikan) – Konsisten dalam ketaatan dan kebaikan
Dalil:
QS. Hud: 112 – “Maka tetaplah engkau pada jalan yang benar sebagaimana diperintahkan.”
Amar Ma’ruf Nahi Munkar – Mengajak kebaikan dan mencegah kemungkaran
Dalil:
QS. Ali Imran: 110 – “Kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang
ma’ruf dan mencegah dari yang munkar…”
Pov; disini di shot cepat kegiatan sehari hari anak ummul yang mencontohkan 10 akhlak mulia
Pov;olip menghela nafas …(bagaimana yah keadaannya bapak di rumah…?)(tunduk sedih)
Scene 5
Pov; mereka berjalan ke kantin
T4; di kantin
Olip; apa sih itu ustadzah…dia pikir itu akhlak bisa bikin sukses ki..
Fahira; astagfirullah…
El; nda boleh ki begitu olip…nanti kita liat ji manfaatnya…
Olip; liat mi saja…
Dilah; eh btw, ada lomba ku dengar…
Semua; ih,ayo deh,ayo deh ber4 ki…
Olip; yakin ki semua bisa kalau akhlak terus ji kita pentingkan?(sombong)
Ber3; saling bertatapan…
Scene 6;
Pov; pulang sekolah,sholat berjamaah,pergi makan,koridor ramai…
Scene 7;
Pov ; olip,dilah pergi makan…
Olip; ku dengar dengar…ada mau pemilihan ipm yah?
Dilah ; iya…terus memang kenapa?
Olip; (diam diam)
Dilah; kenapa ki kah olip?kayak…ada masalah yang kita sembunyikan…
Olip; huh? Nda ada ji…hehehe…(tersenyum terpaksa)
Scene 8;
- Sebulan kemudian –
Camera(take dari bawah)ber 4jalan di koridor menuju t4 rapat ipm dengan almet…
Olip; (menghela nafas)malas ku….(dalam hati; kapan yah bisa pulang? Malah banyak lagi kegiatan ipm…
Dilah; (sibuk bicara dengan fahira bahas rapat pleno
El;(diam diam memperhatikan olip)
Olip; kenapa kah jadi ka ipm?(murung + marah)
El; kenapa ki kah? Kalau ada masalah cerita…
Olip; (diam diam)…(andai bisa ku ceritakan sama kalian….)kalau begini terus, nanti kita jadi apa?...yakin
dengan kaderisasi begini begini bisa membanggakan?
Fahira; Jalani saja dulu,Bersama sama ki…(tersenyum)
Dilah; betul itu…eh,guys bagaimana itu lomba yang kemarin?
El; alhamdullilah sekarang sementara ku urus…
Olip; oh iya guys…sepertinya nda bisa ka dulu ikut rapat mau ka focus belajar untuk lomba…
Dilah; ih,tapi in ikan juga Amanah ta’…kenapa tidak tadi?
Olip; ih,karena tadi tidur ka…malas,jadi ku tunda dulu,lagian kan ini rapat nda penting?
Ber3; diam…
Pov; mereka berpisah di Tengah jalan olip sendiri ke perpustakaan…mereka ke tempat rapat…
Scene 9;
T4; di perpus
Pov; olip;belajar di perpustakaan,sendiri…
T4; di t4 rapat a.k.a. d kelas
Pov; rapat pleno
Setelah rapat pleno,mereka ber 3 menuju ke perpus
Dilah; eh itu olip…
Kalian ber 3 ke olip…
Olip; focus belajar sendiri
El; olip..di cari ki tadi pas rapat…
Olip; (tidak menghiraukan karena pusing berpikir)
Fahira; kenapa ki kah olip? Dari kemarin? Egois terus ki,kita ini peduli ki sama kau..tapi kenapa begini
sekali ki?sudah mi deh kalau tidak jelas…
Olip; karena kalian semua tidak tau apa apa, bagaimana tidak? kalian mana ada mau bantu ka?
El; maksud ta olip?
Izzah& inces; shut….jangan terlalu ribut guys, perpustakaan ini…nanti terganggu orang yang belajar…
Dilah; ayo mi deh guys…terserah ji kita olip,yang penting sudah meki semua kasih ingat ki, kalau tidak
selamanya dunia perlu di kejar…ada hal hal kecil yang bermanfaat yang bisa dilakukan untuk akhirat…
Pov; mereka pun pergi belajar pisah meja,dan olip pun merenung sendiri sambil membaca buku,dan
tertunduk pasrah
Pov2; kalian cari buku untuk belajar dan duduk
Fahira; kenapa itu olip kah?
Dilah; nda tau juga…mungkin ada masalahnya tapi ntahlah…kasih mi dulu waktu sendiri…
El; ,mungkin itu mi yang terbaik…
Scene 10;
Pov; olip sekarang kemana mana sendiri…sholat lail Tengah malam…
Olip ; menangis berdoa…(ya allah…bagaimana ini ….selama ini nda pernah jelas arah hidupku…apa yang
kurang ya allah…berikan petunjuk ya allah…)