SMKN 3 KOTA BEKASI
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
Kelas : XII TKJ 1 Tanggal Pelaksanaan Nama Siswa :
: Muhammad Ramzy Az Zahron
10-12-2024
Tugas / Job :
KONFIGURASI BLOKING, HOSPOT
MENGGUNAKAN MIKROTIK, INSTALL CACTI
MENGUNAKAN DEBIAN 8
TOPOLOGI
Sambungkan Kabel ISP > ke ether1 mikrotik, kemudian sambungkan ether2 mikrotik > ke
laptop, setelah selesai mengkonfigurasi di ether2 > Ketika ingin mencoba wifi yang telah
dibuat cabut kabel ether2 kemudian sambungkan wifi.
A. KONFIGURASI MIKROTIK
❖ BLOKING FACEBOOK & TIME
❖ MEMBUAT LOG UNTUK MENCATAT KETIKA PING
❖ BLOK MP3 MENGGUNAKAN WEB PROXY
a. Open Aplikasi WinBox.
Langkah – Langkah :
• Buka Aplikasi WinBox Tunggu
sampai ip muncul jika sudah Klik
connect
a. Setting Identity untuk memberikan nama pada mikrotik.
• system identity set name=ramzyR1
b. Setting IP Client/Laptop :
• Lan Card ether1 terhubung dengan internet : ip address > add >
address=[Link]/24 > ether1
• Lan Card ether2 terhubung ke client : ip address > add > address=
[Link]/24 > ether2
d. Setting Gateway yang terhubung ke internet
• ip route add gateway=[Link]
e. Setting DNS yang terhubung ke internet
• ip dns set servers=[Link] allow-remote-requests=yes
g. setting dhcp server untuk ether2 agar client mendapatkan ip secara
DHCP/otomatis
h. Selanjutnya kita ke cmd untuk melihat apakah laptop/client sudah mendapatkan ip
atau belum.
• Ketik bersamaan W+r > ketikkan cmd > ok > ketikkan ipconfig /renew
i. Kemudian kita kembali ke mikrotik untuk setting nat dan cek kembali di cmd untuk
mengecek internet .
• ip dhcp-server setup > ether2
• ip dhcp-server setup > wlan1
• Ip firewall nat add chain=srcnat action=masquerade > ke cmd > ketikkan ping
[Link]
j. Selanjutnya bloking facebook menggunakan layer 7.
1. 3.
4.
5. 8.
6. 7.
2.
11.
9.
12.
10.
13.
14. 16.
17. 19.
18.
15.
• Kita klik ip > firewall > layer 7
protocol > klik + > isikan name facebook > tempel teks yang sudah di copy di
google > apply > ok > klik filter rules > klik + > klik general > chain=forward >
src address=[Link]/24 > klik advanced > layer 7 protocol=facebook > klik
action > action=drop > apply > ok .
• Selanjutnya pergi ke chrome ketikan [Link], jika berhasil maka hasil
seperti gambar diatas.
k. Kemudian block time dari jam 13.00-15.00, agar client tidak bisa mengakses internet
pada jam yang sudah di blok .
• klik ip > firewall > klik filter rules > klik + > klik general > chain=forward > src
address=[Link]/24 > klik extra > klik time buat 13:00:00 – 15:00:00 > klik
action > action=drop > apply > ok .
• Selanjutnya pergi ke chrome ketikan [Link] pada jam yang sudah
disetting, jika berhasil maka hasil seperti gambar diatas yaitu tidak bisa
internet.
l. Kemudian kita membuat log yang akses inputnya dari ether 2.
• klik ip > firewall > klik filter rules > klik + > klik general > chain=input > src
address=[Link]/24 > protocol=icmp > klik action > action=log > klik pada
kolom log > beri keterangan pada log prefix= sudah ping > apply > ok .
• Selanjutnya Ketik bersamaan W+r > ketikkan cmd > ok > ketikkan ping
[Link]
• Kembali ke mikrotik klik log untuk melihat pesan yang membuktikan bahwa
kita sudah ping.
m. Bloking mp3 menggunakan web proxy
• Klik ip > klik web proxy > ceklis pada kotak enable > port=3128 > cache
administrator=webmaster@rifqahsyafa > apply > klik access > klik + > src
address=[Link]/24 > path=*.mp3 > action=deny > apply > ok
• Klik ip > firewall > Nat > klik general > chain=dstnat > protocol=6 (tcp) > dst
port=80 > klik action > action=redirect > to port=3128 > apply > ok
• Selanjutnya kita ke chrome ketikkan inurl mp3 > double klik di salah satu link
> klik pada TOPImp3.mp3 (opsional)
• Jika tampilan sudah seperti gambar diatas berarti sudah berhasil
B. KONFIGURASI WLAN
a. Konfigurasi Wlan dengan SSID : nama_siswa password : 12345678
❖ Kita ke winbox > klik wireless
❖ Hidupkan wlan > Klik pada wlan 1 > klik tanda ceklis
❖ Klik pada menu general > berikan name : syafarifqah > mode :
dynamic
keys ceklis semua di WPA PSK, WPA2 PSK, WPA EAP, WPA2 EAP > berikan
password : 12345678 > apply > ok.
❖ klik pada menu wifi interfaces > double klik pada wlan1 > klik menu
wireless > ubah mode : ap bridge > ganti nama SSID : rifqahsyafa >
ubah security profile : syafarifqah > apply > ok.
❖ Klik pada menu ip hospot > hospot setup > ubah hospot interface : wlan1 >
next > next > next > ubah select certificate : none > next > next > next >
ubah dns name : [Link] > next > isi password : 12345678 > next >
ok.
❖ Klik menu user profiles > klik + > pada menu general ubah name : guru >
buat max user : 10 > atur rate limit (rx/tx) : 20M/15M > apply > ok.
❖ Buat lagi klik + > pada menu general ubah name : siswa > buat max user :
10 > atur rate limit (rx/tx) : 115M/0M > apply > ok.
❖ Klik menu user > klik + > pada menu general ubah server : hotspot1 > name :
guru > password :12345678 > profile : guru.
❖ Klik menu user > klik + > pada menu general ubah server : hotspot1 > name :
siswa > password :12345678 > profile : siswa.
➢ Selanjutnya lepaskan kabel pada ether2 dan sambungkan wifi yang sudah dibuat
serta password nya
❖ Klik menu wifi > cari ssid wifi yang sudah kita buat yaitu rifqahsyafa >
password nya 12345678 > next > yes.
❖ Kemudian setelah itu kita akan masuk kedalam laman login jaringan > ketik
guru > password 12345678 > ok
➢ Selanjutnya kita menggunakan speedtest untuk melihat bandwith yang didapatkan
oleh user guru
❖ Kita akan mengecek pada [Link] untuk melihat bandwith yang
didapat oleh guru.
❖ Kita klik chrome > ketikkan [Link] > go > tunggu sampai selesai.
❖ Kemudian setelah mengetahui bandwith nya kita log out pada user guru dan
beralih login ke user siswa untuk mengecek bandwith yang didapat.
❖ Selanjutnya klik log out > klik log in > ketikkan siswa > password 12345678 >
ok
➢ Selanjutnya kita menggunakan speedtest untuk melihat bandwith yang didapatkan
oleh user siswa
❖ Kita akan mengecek pada [Link] untuk melihat bandwith yang
didapat oleh siswa.
❖ Kita klik chrome > ketikkan [Link] > go > tunggu sampai selesai.
➢ Selanjutnya kita log out dan pasang kembali kabel utp dari laptop ke ether2 untuk
mengkonfigurasi walled garden yang berfungsi untuk membuka web tanpa harus log
in ke jaringan.
❖ Klik ip hospot > klik menu walled garden > klik tanda + > ketikkan pada dst. Host :
*[Link] > apply > ok.
❖ Setelah mengkonfigurasi walled garden kita kembali ke google chrome untuk
mengecek apakah berhasil.
❖ Klik google chrome > ketikkan [Link] > dan apabila berhasil akan muncul
seperti gambar diatas.
❖ Jika kita mau membuka web lain seperti [Link] akan muncul laman login
seperti gambar dibawah ini.
C. INSTALL DEBIAN 8 UNTUK INSTALL CACTI
A. Langkah – Langkah
1. Buka aplikasi VirtualBox, lalu klik [New]
2. Lalu beri nama untuk virtual yang akan kita buat dengan type Linux dan
version 64bit, karena kami menggunakan Debian 8 64bit [Next]
3. Tentukan memory yang akan digunakan virtual, disini kami memberikan 1GB
atau 1024 MB. [Next]
4. Untuk menu selanjutnya silahkan ikuti gambar dibawah
5. Lokasikan kapasitas hardisk yang akan digunakan virtualbox, kami memberikan
8GB. Lalu [Create]
6. Setelah selesai, kita sekarang lanjut ke menu Setting
7. Lalu ke menu Storage, ikuti langkah” seperti di gambar. Dimenu storage ini kita
akan memasukkan file iso debian untuk instalasi nanti.
8. Lanjut ke menu Network, settingan untuk server dalam instalasi cacti
menggunakan 1 adapter.
9. Adapter1 : pilih bridged adapter dan name : realtek karena sumber internet
kita menggunakan kabel jika sumber internet nya menggunakan hospot hp bisa
mengubahnya ke wireless dengan status mengijinkan (allow all) Lalu [Next]
[Link] selesai kita langsung saja start mesin virtual yang baru kita buat.
[Link] Debian kita nyalakan akan tampil menu seperti dibawah, dalam
tutorial ini saya akan install menggunakan mode text, pilih Install dengan cara
tekan [Enter].
12. Pilih Bahasa Inggris tekan [Enter].
[Link] pilihan lokasi pilih united states.
[Link] menu Configure Locales pilih United States tekan [Enter].
15. Pilih keyboard American English tekan [Enter]
16. Untuk konfigurasi hostname kami buat rifqahsyafa > untuk domain kami
memberikan nama [Link].
[Link] password untuk user root, kami buat 123 saja agar lebih mudah
dihapal .
[Link] buat user baru dengan nama rifqahsyafa(opsional), karena kami ingin
mudah menghapal saja.
[Link] masukkan password untuk user rifqahsyafa. Password disamakan
saja.
[Link] time zone kita pilih central.
[Link] pilih Guided – use entire disk > Next
[Link] kita pilih [SCSI3 (0,0,0) (sda) – 8,6 GB ATA VBOX HARDDISK], Lalu
tekan Enter.
[Link] kita Pilih All files in one partition (recommended for new users) lalu
tekan enter.
[Link] setelah melihat detail partisipasinya pilih Finis partitioning and
write changes to disk lalu tekan enter > kemudian pada write the changes to
disks? klik yes.
[Link] pada scan another CD or DVD pilih saja No, lalu Enter.
[Link] pada use a network miror pilihlah No lalu Enter.
[Link] pada choose software to install kita pilih Standard system utilities.
Untuk menghilangkan tanda * gunakan spasi di keyboard > lalu enter.
[Link] proses instalasi hingga selesai.
[Link] pada device for boot loader installation pilih /dev/sda lalu [Enter]
[Link] selesai pilih continue lalu Enter.
[Link] Debian 8 telah berhasil kita install, login sesuai user yang kita buat
dalam proses instalasi.
D. INSTALASI CACTI PADA DEBIAN 8.
a. Kita ke winbox untuk membuat snmp di cacti digunakan untuk memantau dan
mengumpulkan data dari perangkat jaringan.
❖ Klik ip snmp > klik menu communites > klik + > buat name : risa > apply
> ok
❖ Ceklis pda bagian enable > ketikkan pada contact info : risa@[Link]
> ketikkan location : smk3kotabekasi > ubah trap community : risa >
apply > ok
b. Selanjutnya kita login ke debian
❖ Pada laman login ketikkan username yang sudah dibuat saat instalasi >
masukkan password : 123 > ketikkan su – untuk masuk ke root >
masukkan password : 123
c. Selanjutnya kita buat ip secara static
❖ Ketikkan perintah nano /etc/network/interfaces > enter
❖ Selanjutnya ketik secara manual ip address > netmask > network >
gateway > jangan lupa dhcp nya diganti static seperti gambar diatas.
❖ Setelah selesai kita klik ctrl + o > enter > ctrl + x > enter untuk
menyimpan konfigurasi yang sudah kita buat.
d. Mengaktifkan ip eth0 dan melihat hasil konfigurasi ip yang tadi kita buat.
❖ Selanjutnya kita mengaktifkan eth0 menggunakan perintah ifup eth0 >
ketikkan ifconfig untuk melihat ip yang sudah kita buat.
e. Selanjutkan kita menambahkan CD/DVD yang berisi repository atau paket-paket
yang diperlukan.
❖ Ketikkan apt-cdrom add > enter > enter > masukkan DVD 2 klik menu
device > klik optical drive > klik DVD 2 > enter > ketikkan apt-cdrom add
> enter > enter > masukkan DVD 3 klik device > klik optical drive > klik
DVD 3 > enter > ketikkan apt-cdrom add > enter > enter.
f. Selanjutnya kita install cacti
❖ Selanjutnya kita ketikkan apt install cacti –y > enter > masukkan
password : 123 > ok > masukkan lagi 123 > ok > tunggu sampai proses
instalasi selesai.
❖ Selanjutnya masukkan DVD 2 klik menu device > klik optical drive > klik
DVD 2 > enter > enter > ok.
❖ Selanjutnya masukkan DVD 3 klik menu device > klik optical drive > klik
DVD 3 > enter > yesr > masukkan password : 123 > ok > masukkan
pasword : 123 > ok > masukkan lagi 123 > ok > pilih apache2 > ok.
g. Selanjutnya kita ke chrome dan ikuti langkah langkah seperti pada gambar
dibawah ini :
❖ Ketikkan ip yang sudah dibuat pada debian yaitu [Link]/cacti >
enter > next > next > next.
h. Selanjutnya kita login pada laman cacti seperti gambar dibawah ini :
❖ Ketikkan username : admin > password : admin > jika diminta untuk
memasukkan password kembali isi saja 123.
i. Selanjutnya kita buat device baru seperti gambar dibawah ini :
❖ Klik menu device > klik add yang berada diujung kanan > masuk ke
winbox untuk copy ip ether 1 > isi description : rifqahsyafa > pada
hostname paste ip ether1 yang sudah kita copy > pada SNMP
community isi sesuai dengan SNMP yang dibuat di winbox : risa > klik
create > pada add data query ubah menjadi SNMP – Interface Statistics
> klik add.
j. Selanjutnya kita membuat graph seperti gambar dibawah ini :
❖ Klik menu create graph > pilih data query yang ingin di monitoring yaitu
wlan1, ether1, ether2 > select a graph type : in/out btyes > create.
❖ Klik menu graph management > klik pada menu host pilih device yang
sudah dibuat yaitu rifqahsyafa([Link]) > ceklis semua > pada
choose an action ubah menjadi : place on a tree (default tree) > klik go.
❖ Klik menu device > tunggu sampai semuanya up > setelah up ceklis
semua > pada choose an action ubah menjadi : place on a tree (default
tree) > klik go.
❖ Klik menu graph tunggu sampai grafiknya muncul.
k. Selanjutnya sambil kita menunggu grafik muncul kita pancing dengan cara ping
dari debian ke mikrotik begitupun sebaliknya.
❖ Buka aplikasi winbox > new terminal > ping [Link] > buka new
terminal lagi > ping [Link] > buka new terminal lagi > ping
[Link] > buka new terminal lagi > ping [Link].
❖ Pada debian ketikkan apt install screen > enter > ketikkan screen >
enter > ketikkan screen lagi > enter > ketikkan ping [Link] > enter
> jika ingin pindah tampilan klik ctrl + a “ ketikkan list windows nya : 1 >
ketikkan ping [Link] > enter > klik ctrl + a “ ketikkan list windows
nya : 0 > ketikkan ping [Link].
l. Selanjutnya kita cek graph nya sudah muncul atau belum jika sudah akan muncul
seperti gambar dibawah ini :
Sekian Modul Tutorial Dari Kami Kurang Lebihnya
Mohon Maaf Apabila Ada Kesalahan Dalam Penulisan.
TERIMA KASIH