00:00:00 Kembali lagi dengan saya Kalimasada dan hari ini kita akan membahas
mengenai bagaimana cara mendapat 10 juta pertama
00:00:07 di market crypto. Jadi ketika saya memulai waktu itu dengan modal R30
juta,
00:00:12 uang saya itu berlipat ganda lebih dari R miliar di market crypto aja.
Jadi kalau saya bisa melakukan di market
00:00:18 crypto, saya yakin teman-teman itu juga bisa melakukan hal yang sama. Jadi
kalau di sini teman-teman pengin tahu caranya
00:00:25 gimana sih memperoleh R juta pertama di market crypto, teman-teman harus
nonton video ini sampai habis. Nah, saya memang
00:00:33 banyak sekali memperoleh pertanyaan. Kadang kita ngomong dengan nominal
yang cukup tinggi, beberapa miliar, beberapa
00:00:40 ratus juta. Tapi ternyata faktanya banyak teman-teman yang minta tutorial,
"Saya ini gaji UMR dan bisa main crypto
00:00:48 ya ngomongnya itu R1 juta sebulan atau R500.000 satu bulan. Gimana caranya
saya memperoleh R10 juta pertama di market
00:00:55 ini. Jadi, R10 juta pertama itu kalau teman-teman memiliki plan yang solid
dan teman-teman memiliki eksekusi yang
00:01:02 konsisten, saya yakin teman-teman itu bisa mencapainya. Ada beberapa hal,
ada beberapa tips, ada beberapa poin yang
00:01:09 harus teman-teman lakukan. Pertama, ketika teman-teman investasi di cripto
itu harus uang yang dingin. Maksudnya
00:01:16 uang dingin itu bukan uang yang dimasukin kulkas. Itu adalah uang yang
teman-teman benar-benar siap kehilangan.
00:01:22 Mengapa? Karena market crypto itu bisa drop sampai 70%. Bahkan Bitcoin itu
bisa
00:01:29 turun lebih dari 50%. Itu analoginya. Kalau teman-teman masukin uang ke
Bitcoin Rp100 juta, itu tahun depan bisa
00:01:36 jadi Rp50 juta. Kalau teman-teman masukin R10 juta, kalau Bitcoin turun
itu bisa tinggal Rp3 juta, bisa tinggal
00:01:43 R juta. Jadi teman-teman harus sangat berhati-hati karena kripto itu
memiliki risiko yang sangat tinggi. Dua,
00:01:49 teman-teman harus mulai dengan modal yang sesuai dengan kemampuan. Jangan
sampai Teman-teman ini all in, semua
00:01:56 hartanya dimasukin ke kripto. Itu langkah yang kurang tepat. Itu adalah
langkah yang akan memberikan kita
00:02:01 kesengsaraan di kemudian hari. Teman-teman harus paham pun 30% dari
00:02:07 total kekayaan yang liquid ya itu di crypto itu udah masuknya kategorinya
ekstrem. Misalkan teman-teman punya
00:02:13 rumah, teman-teman punya mobil, teman-teman punya sepeda motor, punya
tanah dan aset liquid di tabungan itu R
00:02:20 miliar, R300 juta itu ke crypto itu udah tinggi banget. Jadi itu rasio
yang mana
00:02:25 teman-teman harus waspadai. Jadi, Teman-teman harus mulai dengan modal
yang sesuai dengan kemampuan 10 sampai
00:02:31 30% dari aset liquid. Kalau saya punya tabungan Rp10 juta gimana? Maksimal
teman-teman masuk di crypto itu adalah
00:02:38 Rp3 juta. Dan selanjutnya teman-teman harus memiliki strategi dan juga
00:02:44 disiplin dalam menerapkan strategi tersebut. Apakah teman-teman di sini di
market crypto ini mau jadi trader,
00:02:50 apakah di sini mau jadi investor atau mau menjadi farmer ya, mencari
airdrop
00:02:56 dan lain sebagainya. tentukan pilihanmu ya atau kamu pure pengin jadi
spekulator aja. Jadi itu memiliki penerapan
00:03:03 strategi yang berbeda-beda dan teman-teman harus mengikuti strategi
tersebut dengan disiplin dan tahu kalau
00:03:08 dari awal ini ada risikonya. Jangan ketika teman tengah-tengah udah mulai
terus tidak sesuai dengan ekspektasi
00:03:15 terus teman-teman mundur. Kalau di awal udah disetujui saya mau tekun di
bidang
00:03:20 ini, ya udah tekun di sana. Jangan tengah-tengah waktu lagi jalan teman-
teman goyang ya, goyah terus
00:03:28 kabur. Itu saya yakin kamu enggak akan memperoleh 10 juta yang pertama.
Jadi, gimana cara memperoleh 10 juta pertama
00:03:34 di market crypto dan kita sebagai orang Indonesia berinvestasi dengan
infrastruktur dan ekosistem yang ada di
00:03:41 Indonesia. Pertama, kita harus paham bahwa kerugian itu adalah hal yang
harus
00:03:47 dihindari. Banyak orang itu yang berpikir, "Oke, saya pengin cepat kaya.
Oke, saya pengin cepat berlipat-lipat
00:03:53 ganda uangnya. Padahal mereka lupa bahwa market apapun ya enggak hanya
kripto ya, kamu jualan jagung, kamu jualan permen
00:04:00 di pasar itu pun juga bisa rugi. Kamu ke pasar saham juga bisa rugi. Kamu
trading
00:04:05 forex kamu juga bisa rugi. Jangan nanti ketika di kripto tidak sesuai
dengan kenyataannya, kamu nyalahkan ya orang
00:04:12 yang mengedukasi tentang kripto. Jadi di market apapun kamu kerja pun juga
bisa
00:04:17 rugi ya. Jadi, kamu harus paham bahwa investasi apapun, nah itu bisa rugi.
Jangan nanti ketika kamu mencoba kripto
00:04:24 terus rugi kamu menyalahkan orang lain. Kamu harus paham. Pertama yang
harus kamu lakukan untuk dapetin R juta itu
00:04:30 adalah berpikir gimana cara menghindari kerugian. Karena itu yang saya
pikir dulu. Kenapa saya dulu bisa mulus-mulus
00:04:37 aja? Ya memang ada faktor keberuntungan waktu itu. Momen juga bull run
yaitu
00:04:42 cukup bagus. Tapi kenapa saya bisa jalan? Karena saya selalu menghindari
00:04:47 banyak kesalahan yang dilakukan oleh banyak orang. Jadi yang saya riset
dulu bukan cerita keberhasilan, tapi cerita
00:04:53 ya kegagalan banyak orang. Itu yang membuat saya akhirnya bisa di titik
ini karena saya mempelajari apa yang
00:04:59 orang-orang lain lakukan yang salah dan saya enggak akan mengulangi
kesalahan mereka. Jadi, apa langkah-langkah yang
00:05:06 harus teman-teman pahami sebelum masuk ke cripto? Pertama, teman-teman
harus pelajarin dasarnya. Dasar itu bisa
00:05:12 teman-teman pelajarin secara gratis di channel Akademi Crypto ini. Kita
pun juga punya komunitas gratis. Kalau
00:05:17 teman-teman mau bergabung di dalamnya, klik link Discord di bawah. Kita
setiap hari kasih market update ke teman-teman
00:05:23 dan juga kecenderungan ya marketing mau ke mana dan kalian harus ngapain.
Jadi klik ya link di bawah kalau teman-teman
00:05:29 mau ketemu setiap hari ya sama saya langsung di dalam Discord Akademi
Crypto. Ada juga teman-teman bisa
00:05:35 belajar dengan buku ya. Buku kita murah banget ya teman-teman. harganya
murah banget pokoknya di bawah Rp100.000 dan
00:05:42 kita punya lima buku. Kalau teman-teman pelajari lima-limanya, saya yakin
teman-teman udah jago dan mahir di
00:05:47 market crypto. Selanjutnya setelah Teman-teman paham dasar ya, teman-teman
tadi mungkin belajar dulu dari buku
00:05:53 kita, masuk komunitas Discord kita, terus juga dengerin ya video ini juga
live stream kita sampaiin. Teman-teman
00:05:59 sudah paham? Langkah selanjutnya siapin modal dengan bijak. Oke. Mulai
dengan
00:06:05 sesuatu yang tidak memberatkan kalian secara finansial. Enggak apa-apa ya,
mulai dengan Rp50.000 karena kita juga
00:06:11 punya platform kita namanya Vlog. Teman-teman bisa nabung Bitcoin dari
1.000 perak aja. Jadi bayangin cukup
00:06:18 Rp1.000 teman-teman bisa trading crypto ya, bisa beli Bitcoin dan itu yang
paling murah ya so far di Indonesia.
00:06:24 Jadi teman-teman pun kalau mau akses ke dalam exchange yang bisa membeli
Bitcoin
00:06:31 dengan 1000 perak aja, teman-teman bisa datang ke platform kita yaitu
adalah Flogs. Oke. Nah, yang ketiga ya ini
00:06:38 pilih exchange yang terdaftar ya secara resmi karena terkait dengan
regulasi, terkait dengan perpajakan yang harus
00:06:44 teman-teman bayarkan dan salah satu platform ya yang bisa teman-teman
dapatkan yang udah resmi terdaftar di
00:06:51 BAP PEPTI itu salah satunya vlog. Oke, jangan sampai teman-teman tertipu
dengan exchange karena kita tahu banyak sekali
00:06:58 kasus yang marak di luar ya, FTX meledak dan lain sebagainya. Teman-teman
harus paham bahwa teman-teman ini harus
00:07:04 memilih exchange crypto yang berkualitas. Nah, selanjutnya teman-teman itu
melakukan KYC. KYC itu
00:07:09 apa sih? Store KTP, store SIM ya, terus tunjukin muka. Itu tujuannya apa?
Tujuannya untuk memastikan kalau akun
00:07:16 tersebut dimiliki oleh orang yang bersangkutan. Karena banyak sekali ya
kebijakan anti money laundering ya.
00:07:23 Salah satunya di Indonesia pun juga cukup ketat. Jadi, Teman-teman ketika
udah buka akun ya buat masukin email
00:07:30 terus diminta KTP itu jangan takut ya karena memang itu adalah proses dari
verifikasi. Nah, selanjutnya teman-teman
00:07:37 bisa deposit Dana. Apa sih deposit Dana? Sama ketika teman-teman ini main
ke Time zone. Kalau teman-teman mau main pancing
00:07:44 boneka, kan teman-teman enggak bisa ya duit dari ATM-nya buat langsung
pancing bonekanya. Teman-teman harus menukarkan
00:07:51 dulu koin, terus koin habis itu buat main, terus habis itu teman-teman
dapat reward, dapat tiket. Analogi yang sama
00:07:57 itu juga ada ya di Crypto Exchange. Jadi teman-teman transfer duit dari
bank teman-teman. Kemudian setelah masuk ke
00:08:04 dalam sistem exchange, teman-teman belikan koin yang teman-teman mau. Oke,
beliin crypto yang teman-teman mau. Dan
00:08:10 ketika teman-teman cuan nanti bisa ditarik lagi dibalikin ke bank teman-
teman. Jadi, itu adalah flow-nya
00:08:15 yang harus teman-teman pahami. Untuk deposit itu bisa pakai dua hal.
Pertama, teman-teman bisa deposit fiat. Fiat itu
00:08:22 artinya apa? kamu transfer dari bankmu ke exchange crypto. Selanjutnya
yang kedua, teman-teman ini bisa deposit
00:08:28 melalui aset crypto. Jadi kalau teman-teman udah punya wallet crypto yang
lain, teman-teman mau masukin ke
00:08:34 exchange yang mau teman-teman pakai, teman-teman tuh bisa misalkan punya
uang di Metamas, punya aset crypto di Trasor,
00:08:41 punya aset crypto di Save P, itu bisa teman-teman transfer misalkan ke
dalam flog dan teman-teman bisa trading di
00:08:47 sana. Oke, selanjutnya kalau teman-teman uangnya udah masuk, teman-teman
bisa beli aset crypto pertama dan saran saya
00:08:53 stick dulu di Bitcoin dan juga Etherium sebelum teman-teman explore aset
yang lain, Fcoin ya, SPX, kemudian Dodgecoin,
00:09:01 Siba dan lain sebagainya itu nanti dulu ya, coba fokus dulu trading, beli
aset
00:09:07 Bitcoin dan Ethereum dulu untuk pemula ketika mau belajar. Nah,
selanjutnya
00:09:12 kalau teman-teman udah mau membeli dan di sini mindsetnya teman-teman ini
pengin jadi investor, teman-teman bisa
00:09:18 ya amanin aset kalian dengan menarik ya dari exchange tersebut ke dalam
wallet
00:09:23 ya. Misalkan teman-teman ini punya cold wallet, punya trasor, punya save
dan teman-teman mau amanin asetnya di sana
00:09:29 itu bisa. Jadi nanti request withdraw dari Flog ke dalam aset ya atau
wallet yang teman-teman miliki. Selanjutnya ya
00:09:37 sesuai dengan waktu teman-teman akan lebih paham analisa teknikal, analisa
fundamental, tahu entry gimana, SL di
00:09:45 mana, ya TP seperti apa, market order, limit order. Itu adalah sesuatu
yang harus teman-teman pelajarin ya sambil
00:09:52 berjalan. Nah, selanjutnya selamat datang di dunia cryptocurrency. Dan
00:09:58 teman-teman harus paham ini adalah aset yang sangat berisiko terutama
untuk pemula. Jadi kalau kalian ini masih
00:10:03 pertama kali di financial market, kalian harus sabar ya. Kalian juga harus
sadar
00:10:09 bahwa butuh waktu untuk aset ini bisa bertumbuh. Nah, ini pendekatan yang
00:10:15 selalu banyak orang tanya. Saya udah daftar misalkan ke vlog, saya sudah
masukin duit di sana, saya sudah ada R
00:10:22 juta nih. Ini saya gimana ya cara mainnya ya? Karena orang selalu suka
dengan kata-kata main. Gimana cara
00:10:28 mainnya crypto? Ada dua pendekatan. Pertama, kalau teman-teman ini mau
investasi jangka panjang, teman-teman
00:10:34 enggak perlu lihat chart setiap hari. Tapi kalau yang kedua, teman-teman
tuh mau trading secara aktif, teman-teman
00:10:40 tuh boleh lihatin chart terus. Jadi misalkan teman-teman, oke saya mau
trading, saya mau beli fcoin, saya mau
00:10:46 jual lagi ketika naik, saya mau beli hyperliquid, saya mau beli aster,
nanti 2 3 bulan lagi saya jual lagi. Itu
00:10:52 enggak apa-apa. Atau teman-teman bisa investasi jangka panjang, cuman beli
Bitcoin setiap bulan, beli Bitcoin
00:10:57 setiap minggu, ditabung terus ya ketika market naik atau turun terus beli
dan overall ya kalau kita simulasiin time to
00:11:05 time, Bitcoin itu selalu mengalahkan yang namanya inflasi. naiknya selalu
ratusan pers kalau kita tarik ee 2 tahun
00:11:12 ya, 3 tahun, 4 tahun, 5 tahun, dia akan selalu ya menunjukkan a good store
value
00:11:18 so far. Nah, kalau teman-teman milih investasi jangka panjang itu namanya
holding. Holding itu apa sih? Menahan.
00:11:24 Contohnya apa ya? Kamu beli sesuatu terus kamu tahan. Sama itu seperti
kamu beli emas terus kemudian kamu taruh
00:11:30 brankas rumahmu. Kan kamu menahan. Kamu enggak asal kamu beli terus kamu
jual besoknya ke pasar. Ya kan? Enggak,
00:11:36 enggak perlu seperti itu. Kalau kamu mau berdagang emas, ya analoginya kan
enggak. Hari ini misalkan kamu beli dari
00:11:42 pasar, terus besok kan kamu pagi enggak ke pasar lagi. Kalau begitu kan
enggak efektif ya, biayanya juga tinggi juga.
00:11:48 ada selisih ya belian dan juga jual yang sangat tinggi. Jadi kalau teman-
teman punya mindset seperti itu dan mau
00:11:54 nge-holding aja, Teman-teman bisa misalkan beli Bitcoin, kemudian setelah
Bitcoin-nya itu transaksinya berhasil,
00:12:01 teman-teman lempar ya ke cold wallet, ke trasor, ke save untuk teman-teman
amankan di walletnya sendiri. Itu juga
00:12:07 bisa. Sama seperti analoginya teman-teman beli emas di pasar, habis itu ya
udah teman-teman ambil ya
00:12:12 pasarnya ya. Ya udah setelah itu teman-teman ambil emasnya, teman-teman
bawa pulang. Jadi kalau teman-teman mau
00:12:18 holding, time frame-nya itu jangka panjang ya, bulanan hingga tahunan.
Bisa orang tuh holding beli untuk 5 tahun ke
00:12:24 depan itu juga fine. Tujuannya apa? Ya memperoleh capital gain. Capital
gain itu adalah selisih positif harga beli
00:12:31 dan juga harga jual. Kalau teman-teman beli Bitcoin di Rp100.000 terus
bitcoin ke Rp10.000 ada selisih plus Rp20.000 di
00:12:38 sini dari satu bitcoin. Nah, itu adalah capital gain. Artinya apa? Artinya
teman-teman beli murah dan jual di harga
00:12:44 yang lebih mahal. Kelebihan hold itu apa? Satu, Teman-teman. Enggak perlu
ya lihatin pasar setiap hari. Karena apa?
00:12:51 Karena kalau ngelihatin pasar itu setiap hari, Teman-teman stres dan
emosi. Sama juga kalau Teman-teman suruh jual beli
00:12:56 emas tiap hari, datang kamu ke pasar, kamu pasti stres juga. Oke,
selanjutnya apa? Teman-teman bisa ya memanfaatkan
00:13:03 fundamental kalau percaya tesis Bitcoin dalam jangka panjang a good store
of value dan adopsi meningkat dan US
00:13:10 Presiden juga sudah beli Bitcoin dan lain sebagainya. keluarganya semua
datang ke konferensi Bitcoin ya itu kamu
00:13:16 ya udah ya fokus ke hold aset itu. Itulah mengapa di sini kita selalu
menyarankan untuk teman-teman yang
00:13:22 pemula lebih baik kalian itu jadi investor dulu karena trading itu selalu
00:13:29 banyak noise-nya, selalu banyak konsekuensi yang harus dibayar. Dan kalau
teman-teman itu sebenarnya tutup
00:13:35 mata cuman beli Bitcoin, itu return-nya pasti jauh lebih oke daripada
teman-teman yang pemula tapi pengin coba
00:13:41 trading altcoin setiap hari. Trading altcoin setiap hari itu memungkinkan
teman-teman untuk memperoleh ya return
00:13:48 yang lebih tinggi atau untungnya itu bisa lebih tinggi tapi potensi
ruginya itu juga jauh lebih besar. Jadi kita
00:13:53 selalu menyarankan nih kalau oke saya baru tahu crypto tahun ini. What
should I do? Teman-teman harus fokus dulu jadi
00:14:00 investor. Oke. Nah, ini yang kita ngomongin yang sulitnya. Trading jangka
pendek itu memang aktif. Sesuatu yang
00:14:06 aktif itu sangat addiktif. Dan ketika kita tidak siap ya, psikologis kita
juga
00:14:12 bisa bermasalah ya. Kalau teman-teman trading, time frame-nya itu bisa aja
harian, mingguan, bulanan. Contohnya
00:14:18 apa? Oke, sekarang narasi yang bagus, stable coin. Saya mau beli plasma,
saya mau beli Falcon Finance, saya mau beli
00:14:25 Etena. yang mana tiga-tiga koinnya ini memiliki narasi stable coin. Saya
mau
00:14:30 beli koin tersebut. Nah, itu teman-teman bisa ya misalkan, "Oke, saya beli
plasma hari ini 3 hari lagi naik nih 20% ya
00:14:38 udahlah saya jual teman-teman dari modal misalkan R1 juta beli jadi R1,2
juta.
00:14:43 Teman-teman mau ambil nih Rp200.000-nya ya itu juga bisa. Selanjutnya
tujuannya apa?" Ya, memperoleh keuntungan dari
00:14:50 fluktuasi jangka pendek. Naik 15% kamu udah senang dengan cuannya. Naik
20%
00:14:56 juga oke udah ya naik. Tapi jangan lupa ya kalau misalkan dia turun
misalkan dari R1 juta dia turun ke R.000 ya turun
00:15:04 20% ya kamu harus melakukan yang namanya cut loss. Kelebihannya apa kalau
trading
00:15:09 nih ya? Satu potensi profit cepat. Kamu bisa cuan dalam hitungan jam, bisa
cuan
00:15:14 dalam hitungan hari ya. Karena crypto ini kan marketnya volatile. Teman-
teman harus lihat ya market lain tuh seberapa
00:15:20 sulitnya bergerak. dibandingkan dengan crypto. Krypto tuh 3 sampai 5 kali
lebih volatile. Dan selanjutnya banyak
00:15:27 instrumen atau banyak pair berbeda ya dengan saham. Let's say itu berapa
kali
00:15:34 sih IPO dalam waktu 1 bulan crypto itu dalam 1 hari bisa 2 3 koin baru.
Jadi
00:15:39 kalau teman-teman lihat oh ini chart-nya bagus nih hari oke saya beli. Itu
bisa sorenya tuh cuan 20% atau rugi 20%. itu
00:15:46 adalah market yang sangat volatil. Market di mana kita bisa menyelam ya,
mencari ikan ya di tengah ombak yang
00:15:53 sangat dalam ini. Selanjutnya kalau trading teman-teman harus paham
teknikal ya, tahu pola harga, tahu pergerakan,
00:16:00 tahu tren, tahu juga caranya pakai indikator-indikator moving average,
RSI,
00:16:05 MIRCD, stockic dan lain sebagainya. Fear and grid index. Karena ini adalah
00:16:10 membutuhkan yang namanya skill aktif. Kalau teman-teman kurang jago ya di
skill aktif mungkin bisa pasif dan hanya
00:16:17 investasi. Karena apa? Karena trading ini memiliki risiko yang lebih
tinggi. Kalau teman-teman ini tidak bisa kontrol
00:16:23 risikonya, keluar masuk, keluar masuk, keluar masuk ya nanti salah masuk
enggak
00:16:28 bisa keluar terus tiba-tiba rugi dan berkali-kali setiap hari bisa begitu.
Jadi, Teman-teman harus sangat hati-hati
00:16:35 atau teman-teman bisa mengombinasikan sesuatu yang selalu kita ngomong
hybrid,
00:16:40 setengah setengah, dua kaki main aman. Yaitu adalah dengan 70% itu fokus
di
00:16:45 investasi Bitcoin atau Ethereum. Sementara 30%-nya itu teman-teman bisa
trading altcoin aja. Jadi, misalkan nih
00:16:52 teman-teman punya duit Rjuta, R00.000-nya teman-teman investasiin.
Rp300.000-nya R000-nya untuk trading,
00:16:57 Teman-teman. Punya R juta, R jutanya untuk investasi, 30%-nya R3 jutanya
00:17:02 untuk trading. Punya R juta, 70 juta fokus lah buat nabung Bitcoin, R
jutanya
00:17:08 buat trading altcoin. Itu juga approach atau pendekatan yang teman-teman
bisa lakukan. Nah, di sini kita
00:17:15 mengkombinasikan atau mengombinasikan sesuatu yang pasif dan juga aktif
ya. Aktif itu harus lebih kecil jumlahnya
00:17:22 atau 30%. Kenapa? Karena sesuatu yang aktif itu risikonya itu lebih
tinggi.
00:17:28 Sementara sesuatu yang pasif itu lebih baik untuk investasi jangka panjang
aja ya. Sesuatu yang pasif itu ternyata
00:17:34 kadang lebih menghasilkan karena dia relatif lebih aman. Jadi teman-teman
bisa ya seperti yang saya bilang tadi ya
00:17:41 kan 70%-nya oke saya mau beli Bitcoin 30%-nya apa? Oke saya mau beli BNB
saya
00:17:46 mau beli XRP ya itu bisa teman-teman pakai dari 30%-nya. Kalau teman-teman
punya uang R00 juta, R0 jutanya itu bisa
00:17:53 fokus nabung di Bitcoin. Sementara R30 jutanya ini saya mau mainin, saya
gatal,
00:17:58 Teman-teman. Bisa R30 jutanya tuh beli Etherium ya, bisa R30 jutanya beli
XRP,
00:18:05 bisa R3 jutanya beli BNB. Atau kalau teman-teman bingung nih milih ya dari
tiga, ya udah bisa masing-masing 10%.
00:18:11 Misalkan modalnya Rp100 juta, R0 jutanya untuk Bitcoin, 10%-nya untuk BNB.
00:18:17 berarti R10 juta beli BNB. 10% lainnya untuk XRP berarti 10 juta beli XRP.
00:18:23 10%-nya berarti untuk misalkan ya Solana bisa R jutanya membeli Solana.
Nah, apa
00:18:30 aja tips untuk investor dan trader pemula ini? Pertama ya kalau teman-
teman masih pemula yang paling sulit tuh
00:18:36 conviction karena teman-teman kalau beli Bitcoin itu kan enggak ada
wujudnya. Beda teman-teman beli emas, beli jagung itu bisa kamu bawa pulang. Terus
kamu
00:18:43 itu kan hanya melihat angka di dalam saldo smartphoneemu. Terus kamu
mikir,
00:18:49 "Ini aku punya enggak sih Bitcoin-nya? Itu membutuhkan yang namanya
conviction. Kamu beli saham, kamu masih bisa lihat
00:18:54 perusahaannya, kamu masih pakai setiap hari. Tapi kalau Bitcoin ini, ini
cuman angka loh di sini ya. Jangan sampai kamu
00:19:02 itu enggak riset terus conviction-nya kurang. Jadi, kamu enggak paham ya
kamu beli apa. Jangan sampai itu terjadi.
00:19:08 Selanjutnya harus diversifikasiin portofolionya. Jangan cuman beli Bitcoin
aja, mungkin split sedikit ke Ethereum,
00:19:15 ke Solana, ke XRP, ke BNB supaya apa teman-teman membabki risikonya. Ada
waktunya di mana Bitcoin itu tidak
00:19:21 terlalu perform sementara altcoin ini mengalami kenaikan yang gila-gilaan.
Selanjutnya karena teman-teman sudah
00:19:27 punya conviction, jangan panik waktu harga turun. Saya sudah bilang dari
awal krypto itu bisa turun 70%. Jangan nanti
00:19:35 ketika turun ya belum sampai 70% 20% udah wah kok kayak gini nih ya kripto
00:19:41 penipuan dan lain sebagainya. Jangan sampai seperti itu. Dan kalau trader
pemula mulai dengan modal kecil saya
00:19:47 selalu saranin 30% dari total portofolionya boleh dimainin aktif. Jangan
sampai lebih dari itu. Pakai
00:19:54 manajemen risiko yang ketat kalau tesisnya udah invalid. Kalau misalkan
tadi beli plasma ya, terus narasi stable
00:20:01 coin enggak jalan, ya mungkin harus melakukan cut loss dan terakhir harus
memahami yang namanya analisa teknikal
00:20:08 dengan baik. Nah, apa aja risiko dalam kripto dan gimana saya mengelola
risiko
00:20:14 tersebut? Pertama, ya jelas risiko investasi kripto ya itu adalah
volatilitas harga yang sangat tinggi.
00:20:20 Bisa naik 10% hari ini, bisa turun 20% 2 jam lagi ya bisa turun 70% 1
hari. itu
00:20:27 volatilitas yang sangat tinggi. Jadi jangan cuman siap untung gede, siap
juga untuk rugi gede. Cara mengulangnya
00:20:34 gimana? Kamu masuk perlahan di Bitcoin. Kamu bisa doll cost average masuk
setiap
00:20:39 minggu, masuk setiap bulan, ya masuk setiap hari itu juga bisa. Bahkan
beberapa exchange itu bisa di CA ya tiap
00:20:46 hari teman-teman bisa tradingin atau otomatis. Nah, di altcoin pun itu
juga
00:20:52 sama. Teman-teman juga bisa pakai strategi yang namanya min reversion ya.
00:20:57 Jadi misalkan teman-teman masuknya pun juga bisa dicicil. Selanjutnya ada
risiko juga scam ya, skema ponzi,
00:21:04 rockpuls, fishing itu juga sangat sering di crypto. Apa itu ponzi? Yaitu
adalah
00:21:10 banyak sekali skema di mana keseluruhan itu bisa memperoleh keuntungan
kalau ada orang yang masuk lagi atau masuk orang
00:21:16 baru yang masuk. Rakpool developer ambil semua duitnya. sering terjadi
kalau teman-teman trading mimcoin coin fishing
00:21:23 jangan klik-klik sembarangan jangan conneektin wallet secara sembarangan
harus dilihat dulu kamu connect dengan
00:21:29 apa. Jangan sampai uangmu itu mau diambil jadi caranya apa ya kamu harus
waspada kalau ada sesuatu yang to good
00:21:36 to be true ya itu jangan kamu iya apalagi kalau platformnya itu tidak
resmi. Selanjutnya untuk keamanan cyber
00:21:43 jangan sampai kamu kehilangan akses terus diambil asetmu. Oke, gimana
caranya? Ya, kamu harus aktifin two
00:21:51 factor authentification. Kemudian, password-nya harus unik, ya. Kemudian,
seatfrice-nya harus disimpan, ya di
00:21:57 tempat yang offline, ya. Terus kemudian dijaga juga potensi human error.
Jangan
00:22:02 sampai, ya, kamu ini salah kirim alamat, ya, salah kirim kriptonya itu
bisa
00:22:09 hilang ya. Misalkan kamu salah kopas. Terus ada beberapa ya kata yang
tidak tepat ya di walletnya. Misalkan ada
00:22:16 alamat tujuan ya, kamu kurang 3 digit, satu digit aja ya. Your money is
gone
00:22:21 forever. Jadi harus hati-hati cek 2 3 5 kali sebelum kirim ya di wallet
00:22:27 tertentu. Selanjutnya teman-teman juga pahami ada risiko regulasi. Ini
biasanya
00:22:33 di negara-negara yang masih baru memulai ya adopsinya kripto, teman-teman
harus memahami bahwa ada risiko regulasi yang
00:22:39 cukup tinggi. Nah, selanjutnya ini ada strategi umum ya untuk menghadapi
risiko. Pertama, teman-teman harus
00:22:46 melakukan riset mandiri. Do your own research. Semua orang bisa salah,
saya bisa salah. Yang punya aum triliunan ya,
00:22:55 itu juga bisa salah. Yang kelola exchange juga bisa salah. Everybody could
be wrong in the market. Jadi
00:23:02 teman-teman pun harus paham bahwa untuk mencegah ya hal tersebut bisa
terjadi, lalu lakukan riset mandiri dan
00:23:08 teman-teman harus pahami juga bahwa investasi itu selalu memiliki yang
namanya risiko. Nah, kita langsung masuk
00:23:15 nih. Gimana caranya saya mau mencapai R10 juta pertama di cripto secara
spesifik. Jadi ini kita akan menjelaskan
00:23:22 ya strategi, pendekatan, kombinasi metode disesuaikan dengan profil teman-
teman masing-masing. Pertama saya
00:23:29 selalu ngomong kalau kamu takut volatilitasnya tinggi, kamu enggak mau
FOMO, kamu enggak pintar baca chart,
00:23:36 kamu bisa mulai dengan DCA, dolar cost average. Saya bisa ngomong tadi
crypto itu bisa turun 50% 70%. Ada bull market,
00:23:43 ada be market. Jadi market itu kadang juga bisa naik ya, bisa turun
drastis. Jadi kamu harus paham kalau ada
00:23:51 siklusnya di mana harga ini cenderung mengalami penurunan. Jadi ketika
kamu ya membeli ketika harga naik dan juga
00:23:57 membeli ketika harga turun, kamu tuh bisa memperoleh harga rata-rata yang
bagus daripada ketika kamu hanya masuk
00:24:03 ketika pucuk dan ketika turun kamu enggak punya uang ya buat membeli lagi.
00:24:09 Jangan sampai itu terjadi. Selanjutnya teman-teman juga bisa pakai ya
pendekatan untuk swing trading. Saya
00:24:15 tadi ngomong misalkan oke mau beli plasma, mau beli aster bisa nunggu nih
beberapa minggu masuk di area swing low,
00:24:21 area setelah koreksi. Habis itu ketika dia mengalami kenaikan teman-teman
bisa take profit di sini buy entry take
00:24:28 profit ya. Buy entry take profit. Ini adalah pendekatan swing trading ya.
Jangan teman-teman beli ya ketika harga
00:24:35 itu sudah naik 30% dalam 1 minggu. Beli ketika dia sudah turun 10 sampai
20%. Jangan beli lagi ya ketika dia sudah
00:24:42 naik 50%. Beli ketika dia sudah turun 50% untuk identifikasi potensi swing
low
00:24:48 untuk keuntungannya. Selanjutnya ada platform stacking yang teman-teman
bisa pilih ya di berbagai exchange bisa di
00:24:54 berbagai protocol stacking bisa cuman ya stacking itu memiliki risiko
kalau ada apa-apa dengan protokolnya kita bisa
00:25:01 kehilangan aset yang kita miliki. Teman-teman juga bisa airdrop hunting
banyak sekali airdrop yang sukses unbia
00:25:08 bahkan di siklus ini ada hyperliquid bisa teman-teman maksimalkan apa sih
airdrop hunting? Nah itu adalah suatu
00:25:14 aktivitas di mana teman-teman berinteraksi dengan jaringan baru tersebut.
Dan ketika teman-teman udah
00:25:21 berinteraksi dengan jaringan tersebut, teman-teman memperoleh reward di
mana teman-teman memperoleh tokennya itu secara gratis. Tapi itu tidak sepenuhnya
00:25:29 gratis. Teman-teman punya risiko ketika berinteraksi dengan jaringan yang
belum teruji. Jadi bisa aja teman-teman juga
00:25:35 kehilangan uang yang teman-teman miliki. Selanjutnya ada banyak ya teman-
teman metode yang bisa teman-teman lakukan
00:25:41 untuk memperoleh cuan di sini. Pertama trading altcoin microcap. membeli
di Descentr Exchange, pakai Phantom Wallet
00:25:48 di jaringan Solana. Oke, pakai Metamas ya, trading di jaringan BSC.
Kemudian
00:25:54 oke, ada token baru nih ya, cari dari misalkan dari Dex Screener ya.
Kemudian teman-teman trading di situ. Itu
00:26:01 risikonya tinggi meskipun ada ya potensi moonsot ya, aset kecil tuh naik 5
sampai
00:26:06 10 kali, tapi jangan sampai semua uangnya kamu taruh di sana ya, berharap
bisa naik. Kamu bisa kehilangan semuanya
00:26:13 juga. Kemudian orang juga bisa ya ikut ICO, IDO ya, berharap cuan ya
00:26:18 berkali-kali lipat ya. Itu pun juga memiliki risiko yang tinggi. Yield
farming ya, liquidity mining kita bisa
00:26:25 juga ya menyediakan liquiditas untuk platform defi. As I said before ya
itu memiliki risiko yang tinggi. Trading
00:26:32 futures dengan leverage itu juga sangat tinggi risikonya tidak disarankan
pemula. Dan terakhir ya teman-teman bisa
00:26:39 memanfaatkan ya banyak sekali project protokol baru, exchange baru ini
mereka punya program khusus dan teman-teman
00:26:45 bisa dapat bonus ketika berinteraksi dengan exchange tersebut. Nah, ini
bisa
00:26:51 ya teman-teman menggabungkan beberapa metode untuk bisa tumbuh ke 10 juta
pertama. ini kita akan melihat ya
00:26:57 skenario estimasi modal dari tingkat ya modal yang teman-teman miliki.
Pertama
00:27:03 teman-teman bisa mulai dengan modal kecil R1 juta. Berarti kalau teman-
teman R1 juta mau ke R10 juta itu berharap ya
00:27:10 kenaikan 1000%. Kalau modalnya itu R5 juta, Teman-teman tinggal naik
double buat R10 juta atau bisa modalnya
00:27:17 fleksibel bisa berapa aja yang bisa teman-teman masukkan. Nah, pertama
kalau kita ngomongin modal pertama R1 juta,
00:27:24 modal kecil mau ke R juta itu naik 1000% itu relatif berat ya harus naik
10 kali
00:27:30 lipat. Tapi masih bisa ya mungkin waktu yang bisa menjawabnya. Teman-teman
harus bersahabat dengan waktu makanya harus
00:27:36 bersabar. Pertama ya bisa manfaatin nabung DCA Bitcoin atau Ethereum. Aset
00:27:43 top 10 juga dengan rutin, tapi saya selalu saranin Bitcoin dan Ethereum.
Selanjutnya ya 80% aset itu harus di
00:27:49 tempat yang aman. Karena jangan sampai ya kamu R1 juta terus kamu beliin
mim coin di deck screener terus kamu hilang
00:27:56 semuanya terus kamu enggak jadi ke R jutanya jadi nol ya. Kemudian 10 20%
00:28:02 sama ya playbook-nya ke aset yang lebih berisiko. Dan terakhir ketika
teman-teman modalnya kecil kecilin dulu
00:28:08 ekspektasi teman-teman bakal butuh waktu yang lama. Dan ketika teman-teman
berproses ini, teman-teman tingkatin
00:28:14 skill dulu ya. beli buku ya R jutanya Rp100.000 bisa buat beli buku, buat
bayar kuota ya Rp10.000 dengerin video
00:28:21 ini itu fokus supaya teman-teman itu bisa mensimulasi otaknya bahwa ini
adalah sesuatu yang butuh proses.
00:28:29 Selanjutnya ya ini gimana ilustrasinya? Modal awal ya sejuta misalkan
teman-teman nabung ya rutin Rp500.000
00:28:36 R000 per bulan itu bisa dapat R juta ya, total modal R juta dan kalau
teman-teman
00:28:41 pakai DCA terus ya, beli Bitcoin, beli Ethereum dan market naik, teman-
teman bisa akhirnya kalau portonya tumbuh 50%
00:28:48 itu mencapai 10 juta pertamanya. Jadi kalau punya R juta fokus dulu nih
70%
00:28:53 80% ditabungin Bitcoin Ethereum kemudian bulan depan punya sejuta lagi
masukin
00:28:58 lagi 80%-nya ke Bitcoin Etherium. Begitu terus ya sampai 6 bulan. Dan
ketika asetnya itu tumbuh ya dalam 1 tahun,
00:29:06 teman-teman bisa cuan ya 50% dan dapetin yang 101 juta pertamanya.
Selanjutnya
00:29:12 ini yang lebih mudah kalau punya R5 juta itu tinggal naik 100%. Ini teman-
teman bisa melakukan yang namanya
00:29:18 diversifikasi portofolio. Karena saya anggap orang yang punya R5 juta itu
udah punya pikiran ya tentang uang yang
00:29:25 logis. Oke, B teman-teman bisa atur nih misalkan diversifikasi 50% ke blue
chip,
00:29:31 50%-nya beli Bitcoin, Ethereum, 30%-nya misalkan mau beli midap, Midcap,
mau beli Avalens, mau beli ton coin, itu
00:29:38 juga bisa. Lalu 20%-nya ini teman-teman tradingkan ya dengan kombinasi
koin-koin
00:29:43 baru yang baru listing. Oke, atau yang pattern-nya menarik itu bisa. Jadi,
Teman-teman pun juga bisa mengkombinasikan holding dan trading.
00:29:50 Ini waktunya paling juga lebih cepat ya, R5 juta ke R juta karena teman-
teman tinggal naik 100% enggak naik 1000%.
00:29:57 Teman-teman kalau udah punya cuan bisa dimanfaatkan ya fitur fitur
stacking ya, fitur pasif yang bisa teman-teman
00:30:03 dapatkan. Tapi ingat ya, jaga likuiditas, sisihin dana cadangan. Jangan
sampai ya kamu enggak punya ya
00:30:11 dana ketika market ini koreksi. Nah, ini strateginya gimana? Kalau punya
R5 juta, Teman-teman bisa split dulu Rp3 juta ke
00:30:19 Bitcoin ya, R 1,5 juta ke Ethereum kemudian trading ya dengan Rp500.000
dan
00:30:24 ketika aset itu bergerak naik ya 6 bulan kemudian. Nah, ini teman-teman
kalau starting-nya R5 juta enggak perlu nambah
00:30:30 capital lagi ya setiap bulan. Asumsinya Bitcoin naik 50% teman-teman sudah
dapat R,5 juta. Ethereum naik 80% itu 2,7
00:30:38 juta. Kalau trading ya teman-teman misalkan plus ya hampir dobble ya
00:30:43 Rp300.000 R000 dapat Rp800.000. Kemudian bisa DCA ya sisanya duitnya itu
misalkan
00:30:49 diingin ya itu dapat R2 juta. Akhirnya teman-teman ya congrats bisa dapat
R10 juta pertama ya estimasi bisa 6 bulan ya
00:30:57 ketika market ini terus mengalami kenaikan. Tapi enggak ada jaminan ya
market itu terus naik kadang kala market
00:31:03 itu juga mengalami penurunan. Ini adalah suatu skenario yang ideal. Nah,
00:31:08 selanjutnya kalau teman-teman modalnya itu fleksibel, bisa lebih banyak
ya, bisa lebih kecil, ini bisa memaksimalkan
00:31:15 ya manajemen risiko untuk lokasi yang lebih optimal. Teman-teman bisa atur
portofolio seperti ini. 50% Bitcoin, 20%
00:31:23 Ethereum, 15% altcoin, 15% stable coin. Kemudian DCA ya untuk entry yang
00:31:29 terbaik. Kemudian manfaatin juga ya banyak-banyak platform seperti
launchpad, kemudian mining ya NFT dan
00:31:37 lain sebagainya. Dan selalu ingat ya teman-teman harus melakukan yang
namanya profit stacking strategy. Dan ketika
00:31:43 udah naik ke targetnya karena kan modalnya fleksibel ya, nambah kurang
nambah kurang ya kata udah cuan enggak
00:31:49 ada salahnya mau mencapai R10 juta pertama itu juga bisa direalisasikan
keuntungannya. Jadi yang modalnya
00:31:56 fleksibel itu enggak tentang ya ngejar terbesar, tapi menjaga ya profit
dan juga meminimalisir ya kerugian yang bisa
00:32:03 teman-teman dapetin. Nah, kita masuk kesimpulan. Apa yang bisa disimpulkan
dari video ini? Pertama 10 juta itu
00:32:10 tidak impossible di kripto. 10 juta itu sangat possible. Teman-teman bisa
00:32:16 dapetin, teman-teman bisa lakukan asalkan teman-teman tahu pengetahuan,
strategi yang tepat. Dan yang penting
00:32:21 ada yang namanya pengelolaan risiko. Aset kripto itu bisa turun 70%.
Teman-teman bisa kehilangan lebih dari
00:32:27 setengah duitnya. Jadi harus gunakan uang yang benar-benar nganggur di
sini. Selanjutnya kalau mau trading, kalau mau
00:32:35 investing harus lebih bijak ya. Melihat ada banyak metode, ada banyak
risiko,
00:32:40 dan terakhir ya jangan sampai salah milih exchange. Teman-teman bisa pakai
exchange kita vlog dan link-nya juga ada
00:32:46 di deskripsi bawah. Kalau teman-teman mau juga ya bergabung ke private
community kita, ke komunitas gratis,
00:32:52 setiap hari kita akan share ke teman-teman. Ada juga berita gratis, ada
juga modul gratis. Link Discord ada di
00:32:58 bawah. Sampai berjumpa di dalam. Dan semoga teman-teman memperoleh 10 juta
pertamanya. Saya Kalimasada. Sampai
00:33:04 berjumpa di video selanjutnya. Yeah.