0% menganggap dokumen ini bermanfaat (0 suara)
9 tayangan11 halaman

Cara Dapatkan 10 Juta di Crypto

Diunggah oleh

izzulbintang3
Hak Cipta
© All Rights Reserved
Kami menangani hak cipta konten dengan serius. Jika Anda merasa konten ini milik Anda, ajukan klaim di sini.
Format Tersedia
Unduh sebagai TXT, PDF, TXT atau baca online di Scribd
0% menganggap dokumen ini bermanfaat (0 suara)
9 tayangan11 halaman

Cara Dapatkan 10 Juta di Crypto

Diunggah oleh

izzulbintang3
Hak Cipta
© All Rights Reserved
Kami menangani hak cipta konten dengan serius. Jika Anda merasa konten ini milik Anda, ajukan klaim di sini.
Format Tersedia
Unduh sebagai TXT, PDF, TXT atau baca online di Scribd

00:00:00 Kembali lagi dengan saya Kalimasada dan hari ini kita akan membahas

mengenai bagaimana cara mendapat 10 juta pertama


00:00:07 di market crypto. Jadi ketika saya memulai waktu itu dengan modal R30
juta,
00:00:12 uang saya itu berlipat ganda lebih dari R miliar di market crypto aja.
Jadi kalau saya bisa melakukan di market
00:00:18 crypto, saya yakin teman-teman itu juga bisa melakukan hal yang sama. Jadi
kalau di sini teman-teman pengin tahu caranya
00:00:25 gimana sih memperoleh R juta pertama di market crypto, teman-teman harus
nonton video ini sampai habis. Nah, saya memang
00:00:33 banyak sekali memperoleh pertanyaan. Kadang kita ngomong dengan nominal
yang cukup tinggi, beberapa miliar, beberapa
00:00:40 ratus juta. Tapi ternyata faktanya banyak teman-teman yang minta tutorial,
"Saya ini gaji UMR dan bisa main crypto
00:00:48 ya ngomongnya itu R1 juta sebulan atau R500.000 satu bulan. Gimana caranya
saya memperoleh R10 juta pertama di market
00:00:55 ini. Jadi, R10 juta pertama itu kalau teman-teman memiliki plan yang solid
dan teman-teman memiliki eksekusi yang
00:01:02 konsisten, saya yakin teman-teman itu bisa mencapainya. Ada beberapa hal,
ada beberapa tips, ada beberapa poin yang
00:01:09 harus teman-teman lakukan. Pertama, ketika teman-teman investasi di cripto
itu harus uang yang dingin. Maksudnya
00:01:16 uang dingin itu bukan uang yang dimasukin kulkas. Itu adalah uang yang
teman-teman benar-benar siap kehilangan.
00:01:22 Mengapa? Karena market crypto itu bisa drop sampai 70%. Bahkan Bitcoin itu
bisa
00:01:29 turun lebih dari 50%. Itu analoginya. Kalau teman-teman masukin uang ke
Bitcoin Rp100 juta, itu tahun depan bisa
00:01:36 jadi Rp50 juta. Kalau teman-teman masukin R10 juta, kalau Bitcoin turun
itu bisa tinggal Rp3 juta, bisa tinggal
00:01:43 R juta. Jadi teman-teman harus sangat berhati-hati karena kripto itu
memiliki risiko yang sangat tinggi. Dua,
00:01:49 teman-teman harus mulai dengan modal yang sesuai dengan kemampuan. Jangan
sampai Teman-teman ini all in, semua
00:01:56 hartanya dimasukin ke kripto. Itu langkah yang kurang tepat. Itu adalah
langkah yang akan memberikan kita
00:02:01 kesengsaraan di kemudian hari. Teman-teman harus paham pun 30% dari
00:02:07 total kekayaan yang liquid ya itu di crypto itu udah masuknya kategorinya
ekstrem. Misalkan teman-teman punya
00:02:13 rumah, teman-teman punya mobil, teman-teman punya sepeda motor, punya
tanah dan aset liquid di tabungan itu R
00:02:20 miliar, R300 juta itu ke crypto itu udah tinggi banget. Jadi itu rasio
yang mana
00:02:25 teman-teman harus waspadai. Jadi, Teman-teman harus mulai dengan modal
yang sesuai dengan kemampuan 10 sampai
00:02:31 30% dari aset liquid. Kalau saya punya tabungan Rp10 juta gimana? Maksimal
teman-teman masuk di crypto itu adalah
00:02:38 Rp3 juta. Dan selanjutnya teman-teman harus memiliki strategi dan juga
00:02:44 disiplin dalam menerapkan strategi tersebut. Apakah teman-teman di sini di
market crypto ini mau jadi trader,
00:02:50 apakah di sini mau jadi investor atau mau menjadi farmer ya, mencari
airdrop
00:02:56 dan lain sebagainya. tentukan pilihanmu ya atau kamu pure pengin jadi
spekulator aja. Jadi itu memiliki penerapan
00:03:03 strategi yang berbeda-beda dan teman-teman harus mengikuti strategi
tersebut dengan disiplin dan tahu kalau
00:03:08 dari awal ini ada risikonya. Jangan ketika teman tengah-tengah udah mulai
terus tidak sesuai dengan ekspektasi
00:03:15 terus teman-teman mundur. Kalau di awal udah disetujui saya mau tekun di
bidang
00:03:20 ini, ya udah tekun di sana. Jangan tengah-tengah waktu lagi jalan teman-
teman goyang ya, goyah terus
00:03:28 kabur. Itu saya yakin kamu enggak akan memperoleh 10 juta yang pertama.
Jadi, gimana cara memperoleh 10 juta pertama
00:03:34 di market crypto dan kita sebagai orang Indonesia berinvestasi dengan
infrastruktur dan ekosistem yang ada di
00:03:41 Indonesia. Pertama, kita harus paham bahwa kerugian itu adalah hal yang
harus
00:03:47 dihindari. Banyak orang itu yang berpikir, "Oke, saya pengin cepat kaya.
Oke, saya pengin cepat berlipat-lipat
00:03:53 ganda uangnya. Padahal mereka lupa bahwa market apapun ya enggak hanya
kripto ya, kamu jualan jagung, kamu jualan permen
00:04:00 di pasar itu pun juga bisa rugi. Kamu ke pasar saham juga bisa rugi. Kamu
trading
00:04:05 forex kamu juga bisa rugi. Jangan nanti ketika di kripto tidak sesuai
dengan kenyataannya, kamu nyalahkan ya orang
00:04:12 yang mengedukasi tentang kripto. Jadi di market apapun kamu kerja pun juga
bisa
00:04:17 rugi ya. Jadi, kamu harus paham bahwa investasi apapun, nah itu bisa rugi.
Jangan nanti ketika kamu mencoba kripto
00:04:24 terus rugi kamu menyalahkan orang lain. Kamu harus paham. Pertama yang
harus kamu lakukan untuk dapetin R juta itu
00:04:30 adalah berpikir gimana cara menghindari kerugian. Karena itu yang saya
pikir dulu. Kenapa saya dulu bisa mulus-mulus
00:04:37 aja? Ya memang ada faktor keberuntungan waktu itu. Momen juga bull run
yaitu
00:04:42 cukup bagus. Tapi kenapa saya bisa jalan? Karena saya selalu menghindari
00:04:47 banyak kesalahan yang dilakukan oleh banyak orang. Jadi yang saya riset
dulu bukan cerita keberhasilan, tapi cerita
00:04:53 ya kegagalan banyak orang. Itu yang membuat saya akhirnya bisa di titik
ini karena saya mempelajari apa yang
00:04:59 orang-orang lain lakukan yang salah dan saya enggak akan mengulangi
kesalahan mereka. Jadi, apa langkah-langkah yang
00:05:06 harus teman-teman pahami sebelum masuk ke cripto? Pertama, teman-teman
harus pelajarin dasarnya. Dasar itu bisa
00:05:12 teman-teman pelajarin secara gratis di channel Akademi Crypto ini. Kita
pun juga punya komunitas gratis. Kalau
00:05:17 teman-teman mau bergabung di dalamnya, klik link Discord di bawah. Kita
setiap hari kasih market update ke teman-teman
00:05:23 dan juga kecenderungan ya marketing mau ke mana dan kalian harus ngapain.
Jadi klik ya link di bawah kalau teman-teman
00:05:29 mau ketemu setiap hari ya sama saya langsung di dalam Discord Akademi
Crypto. Ada juga teman-teman bisa
00:05:35 belajar dengan buku ya. Buku kita murah banget ya teman-teman. harganya
murah banget pokoknya di bawah Rp100.000 dan
00:05:42 kita punya lima buku. Kalau teman-teman pelajari lima-limanya, saya yakin
teman-teman udah jago dan mahir di
00:05:47 market crypto. Selanjutnya setelah Teman-teman paham dasar ya, teman-teman
tadi mungkin belajar dulu dari buku
00:05:53 kita, masuk komunitas Discord kita, terus juga dengerin ya video ini juga
live stream kita sampaiin. Teman-teman
00:05:59 sudah paham? Langkah selanjutnya siapin modal dengan bijak. Oke. Mulai
dengan
00:06:05 sesuatu yang tidak memberatkan kalian secara finansial. Enggak apa-apa ya,
mulai dengan Rp50.000 karena kita juga
00:06:11 punya platform kita namanya Vlog. Teman-teman bisa nabung Bitcoin dari
1.000 perak aja. Jadi bayangin cukup
00:06:18 Rp1.000 teman-teman bisa trading crypto ya, bisa beli Bitcoin dan itu yang
paling murah ya so far di Indonesia.
00:06:24 Jadi teman-teman pun kalau mau akses ke dalam exchange yang bisa membeli
Bitcoin
00:06:31 dengan 1000 perak aja, teman-teman bisa datang ke platform kita yaitu
adalah Flogs. Oke. Nah, yang ketiga ya ini
00:06:38 pilih exchange yang terdaftar ya secara resmi karena terkait dengan
regulasi, terkait dengan perpajakan yang harus
00:06:44 teman-teman bayarkan dan salah satu platform ya yang bisa teman-teman
dapatkan yang udah resmi terdaftar di
00:06:51 BAP PEPTI itu salah satunya vlog. Oke, jangan sampai teman-teman tertipu
dengan exchange karena kita tahu banyak sekali
00:06:58 kasus yang marak di luar ya, FTX meledak dan lain sebagainya. Teman-teman
harus paham bahwa teman-teman ini harus
00:07:04 memilih exchange crypto yang berkualitas. Nah, selanjutnya teman-teman itu
melakukan KYC. KYC itu
00:07:09 apa sih? Store KTP, store SIM ya, terus tunjukin muka. Itu tujuannya apa?
Tujuannya untuk memastikan kalau akun
00:07:16 tersebut dimiliki oleh orang yang bersangkutan. Karena banyak sekali ya
kebijakan anti money laundering ya.
00:07:23 Salah satunya di Indonesia pun juga cukup ketat. Jadi, Teman-teman ketika
udah buka akun ya buat masukin email
00:07:30 terus diminta KTP itu jangan takut ya karena memang itu adalah proses dari
verifikasi. Nah, selanjutnya teman-teman
00:07:37 bisa deposit Dana. Apa sih deposit Dana? Sama ketika teman-teman ini main
ke Time zone. Kalau teman-teman mau main pancing
00:07:44 boneka, kan teman-teman enggak bisa ya duit dari ATM-nya buat langsung
pancing bonekanya. Teman-teman harus menukarkan
00:07:51 dulu koin, terus koin habis itu buat main, terus habis itu teman-teman
dapat reward, dapat tiket. Analogi yang sama
00:07:57 itu juga ada ya di Crypto Exchange. Jadi teman-teman transfer duit dari
bank teman-teman. Kemudian setelah masuk ke
00:08:04 dalam sistem exchange, teman-teman belikan koin yang teman-teman mau. Oke,
beliin crypto yang teman-teman mau. Dan
00:08:10 ketika teman-teman cuan nanti bisa ditarik lagi dibalikin ke bank teman-
teman. Jadi, itu adalah flow-nya
00:08:15 yang harus teman-teman pahami. Untuk deposit itu bisa pakai dua hal.
Pertama, teman-teman bisa deposit fiat. Fiat itu
00:08:22 artinya apa? kamu transfer dari bankmu ke exchange crypto. Selanjutnya
yang kedua, teman-teman ini bisa deposit
00:08:28 melalui aset crypto. Jadi kalau teman-teman udah punya wallet crypto yang
lain, teman-teman mau masukin ke
00:08:34 exchange yang mau teman-teman pakai, teman-teman tuh bisa misalkan punya
uang di Metamas, punya aset crypto di Trasor,
00:08:41 punya aset crypto di Save P, itu bisa teman-teman transfer misalkan ke
dalam flog dan teman-teman bisa trading di
00:08:47 sana. Oke, selanjutnya kalau teman-teman uangnya udah masuk, teman-teman
bisa beli aset crypto pertama dan saran saya
00:08:53 stick dulu di Bitcoin dan juga Etherium sebelum teman-teman explore aset
yang lain, Fcoin ya, SPX, kemudian Dodgecoin,
00:09:01 Siba dan lain sebagainya itu nanti dulu ya, coba fokus dulu trading, beli
aset
00:09:07 Bitcoin dan Ethereum dulu untuk pemula ketika mau belajar. Nah,
selanjutnya
00:09:12 kalau teman-teman udah mau membeli dan di sini mindsetnya teman-teman ini
pengin jadi investor, teman-teman bisa
00:09:18 ya amanin aset kalian dengan menarik ya dari exchange tersebut ke dalam
wallet
00:09:23 ya. Misalkan teman-teman ini punya cold wallet, punya trasor, punya save
dan teman-teman mau amanin asetnya di sana
00:09:29 itu bisa. Jadi nanti request withdraw dari Flog ke dalam aset ya atau
wallet yang teman-teman miliki. Selanjutnya ya
00:09:37 sesuai dengan waktu teman-teman akan lebih paham analisa teknikal, analisa
fundamental, tahu entry gimana, SL di
00:09:45 mana, ya TP seperti apa, market order, limit order. Itu adalah sesuatu
yang harus teman-teman pelajarin ya sambil
00:09:52 berjalan. Nah, selanjutnya selamat datang di dunia cryptocurrency. Dan
00:09:58 teman-teman harus paham ini adalah aset yang sangat berisiko terutama
untuk pemula. Jadi kalau kalian ini masih
00:10:03 pertama kali di financial market, kalian harus sabar ya. Kalian juga harus
sadar
00:10:09 bahwa butuh waktu untuk aset ini bisa bertumbuh. Nah, ini pendekatan yang
00:10:15 selalu banyak orang tanya. Saya udah daftar misalkan ke vlog, saya sudah
masukin duit di sana, saya sudah ada R
00:10:22 juta nih. Ini saya gimana ya cara mainnya ya? Karena orang selalu suka
dengan kata-kata main. Gimana cara
00:10:28 mainnya crypto? Ada dua pendekatan. Pertama, kalau teman-teman ini mau
investasi jangka panjang, teman-teman
00:10:34 enggak perlu lihat chart setiap hari. Tapi kalau yang kedua, teman-teman
tuh mau trading secara aktif, teman-teman
00:10:40 tuh boleh lihatin chart terus. Jadi misalkan teman-teman, oke saya mau
trading, saya mau beli fcoin, saya mau
00:10:46 jual lagi ketika naik, saya mau beli hyperliquid, saya mau beli aster,
nanti 2 3 bulan lagi saya jual lagi. Itu
00:10:52 enggak apa-apa. Atau teman-teman bisa investasi jangka panjang, cuman beli
Bitcoin setiap bulan, beli Bitcoin
00:10:57 setiap minggu, ditabung terus ya ketika market naik atau turun terus beli
dan overall ya kalau kita simulasiin time to
00:11:05 time, Bitcoin itu selalu mengalahkan yang namanya inflasi. naiknya selalu
ratusan pers kalau kita tarik ee 2 tahun
00:11:12 ya, 3 tahun, 4 tahun, 5 tahun, dia akan selalu ya menunjukkan a good store
value
00:11:18 so far. Nah, kalau teman-teman milih investasi jangka panjang itu namanya
holding. Holding itu apa sih? Menahan.
00:11:24 Contohnya apa ya? Kamu beli sesuatu terus kamu tahan. Sama itu seperti
kamu beli emas terus kemudian kamu taruh
00:11:30 brankas rumahmu. Kan kamu menahan. Kamu enggak asal kamu beli terus kamu
jual besoknya ke pasar. Ya kan? Enggak,
00:11:36 enggak perlu seperti itu. Kalau kamu mau berdagang emas, ya analoginya kan
enggak. Hari ini misalkan kamu beli dari
00:11:42 pasar, terus besok kan kamu pagi enggak ke pasar lagi. Kalau begitu kan
enggak efektif ya, biayanya juga tinggi juga.
00:11:48 ada selisih ya belian dan juga jual yang sangat tinggi. Jadi kalau teman-
teman punya mindset seperti itu dan mau
00:11:54 nge-holding aja, Teman-teman bisa misalkan beli Bitcoin, kemudian setelah
Bitcoin-nya itu transaksinya berhasil,
00:12:01 teman-teman lempar ya ke cold wallet, ke trasor, ke save untuk teman-teman
amankan di walletnya sendiri. Itu juga
00:12:07 bisa. Sama seperti analoginya teman-teman beli emas di pasar, habis itu ya
udah teman-teman ambil ya
00:12:12 pasarnya ya. Ya udah setelah itu teman-teman ambil emasnya, teman-teman
bawa pulang. Jadi kalau teman-teman mau
00:12:18 holding, time frame-nya itu jangka panjang ya, bulanan hingga tahunan.
Bisa orang tuh holding beli untuk 5 tahun ke
00:12:24 depan itu juga fine. Tujuannya apa? Ya memperoleh capital gain. Capital
gain itu adalah selisih positif harga beli
00:12:31 dan juga harga jual. Kalau teman-teman beli Bitcoin di Rp100.000 terus
bitcoin ke Rp10.000 ada selisih plus Rp20.000 di
00:12:38 sini dari satu bitcoin. Nah, itu adalah capital gain. Artinya apa? Artinya
teman-teman beli murah dan jual di harga
00:12:44 yang lebih mahal. Kelebihan hold itu apa? Satu, Teman-teman. Enggak perlu
ya lihatin pasar setiap hari. Karena apa?
00:12:51 Karena kalau ngelihatin pasar itu setiap hari, Teman-teman stres dan
emosi. Sama juga kalau Teman-teman suruh jual beli
00:12:56 emas tiap hari, datang kamu ke pasar, kamu pasti stres juga. Oke,
selanjutnya apa? Teman-teman bisa ya memanfaatkan
00:13:03 fundamental kalau percaya tesis Bitcoin dalam jangka panjang a good store
of value dan adopsi meningkat dan US
00:13:10 Presiden juga sudah beli Bitcoin dan lain sebagainya. keluarganya semua
datang ke konferensi Bitcoin ya itu kamu
00:13:16 ya udah ya fokus ke hold aset itu. Itulah mengapa di sini kita selalu
menyarankan untuk teman-teman yang
00:13:22 pemula lebih baik kalian itu jadi investor dulu karena trading itu selalu
00:13:29 banyak noise-nya, selalu banyak konsekuensi yang harus dibayar. Dan kalau
teman-teman itu sebenarnya tutup
00:13:35 mata cuman beli Bitcoin, itu return-nya pasti jauh lebih oke daripada
teman-teman yang pemula tapi pengin coba
00:13:41 trading altcoin setiap hari. Trading altcoin setiap hari itu memungkinkan
teman-teman untuk memperoleh ya return
00:13:48 yang lebih tinggi atau untungnya itu bisa lebih tinggi tapi potensi
ruginya itu juga jauh lebih besar. Jadi kita
00:13:53 selalu menyarankan nih kalau oke saya baru tahu crypto tahun ini. What
should I do? Teman-teman harus fokus dulu jadi
00:14:00 investor. Oke. Nah, ini yang kita ngomongin yang sulitnya. Trading jangka
pendek itu memang aktif. Sesuatu yang
00:14:06 aktif itu sangat addiktif. Dan ketika kita tidak siap ya, psikologis kita
juga
00:14:12 bisa bermasalah ya. Kalau teman-teman trading, time frame-nya itu bisa aja
harian, mingguan, bulanan. Contohnya
00:14:18 apa? Oke, sekarang narasi yang bagus, stable coin. Saya mau beli plasma,
saya mau beli Falcon Finance, saya mau beli
00:14:25 Etena. yang mana tiga-tiga koinnya ini memiliki narasi stable coin. Saya
mau
00:14:30 beli koin tersebut. Nah, itu teman-teman bisa ya misalkan, "Oke, saya beli
plasma hari ini 3 hari lagi naik nih 20% ya
00:14:38 udahlah saya jual teman-teman dari modal misalkan R1 juta beli jadi R1,2
juta.
00:14:43 Teman-teman mau ambil nih Rp200.000-nya ya itu juga bisa. Selanjutnya
tujuannya apa?" Ya, memperoleh keuntungan dari
00:14:50 fluktuasi jangka pendek. Naik 15% kamu udah senang dengan cuannya. Naik
20%
00:14:56 juga oke udah ya naik. Tapi jangan lupa ya kalau misalkan dia turun
misalkan dari R1 juta dia turun ke R.000 ya turun
00:15:04 20% ya kamu harus melakukan yang namanya cut loss. Kelebihannya apa kalau
trading
00:15:09 nih ya? Satu potensi profit cepat. Kamu bisa cuan dalam hitungan jam, bisa
cuan
00:15:14 dalam hitungan hari ya. Karena crypto ini kan marketnya volatile. Teman-
teman harus lihat ya market lain tuh seberapa
00:15:20 sulitnya bergerak. dibandingkan dengan crypto. Krypto tuh 3 sampai 5 kali
lebih volatile. Dan selanjutnya banyak
00:15:27 instrumen atau banyak pair berbeda ya dengan saham. Let's say itu berapa
kali
00:15:34 sih IPO dalam waktu 1 bulan crypto itu dalam 1 hari bisa 2 3 koin baru.
Jadi
00:15:39 kalau teman-teman lihat oh ini chart-nya bagus nih hari oke saya beli. Itu
bisa sorenya tuh cuan 20% atau rugi 20%. itu
00:15:46 adalah market yang sangat volatil. Market di mana kita bisa menyelam ya,
mencari ikan ya di tengah ombak yang
00:15:53 sangat dalam ini. Selanjutnya kalau trading teman-teman harus paham
teknikal ya, tahu pola harga, tahu pergerakan,
00:16:00 tahu tren, tahu juga caranya pakai indikator-indikator moving average,
RSI,
00:16:05 MIRCD, stockic dan lain sebagainya. Fear and grid index. Karena ini adalah
00:16:10 membutuhkan yang namanya skill aktif. Kalau teman-teman kurang jago ya di
skill aktif mungkin bisa pasif dan hanya
00:16:17 investasi. Karena apa? Karena trading ini memiliki risiko yang lebih
tinggi. Kalau teman-teman ini tidak bisa kontrol
00:16:23 risikonya, keluar masuk, keluar masuk, keluar masuk ya nanti salah masuk
enggak
00:16:28 bisa keluar terus tiba-tiba rugi dan berkali-kali setiap hari bisa begitu.
Jadi, Teman-teman harus sangat hati-hati
00:16:35 atau teman-teman bisa mengombinasikan sesuatu yang selalu kita ngomong
hybrid,
00:16:40 setengah setengah, dua kaki main aman. Yaitu adalah dengan 70% itu fokus
di
00:16:45 investasi Bitcoin atau Ethereum. Sementara 30%-nya itu teman-teman bisa
trading altcoin aja. Jadi, misalkan nih
00:16:52 teman-teman punya duit Rjuta, R00.000-nya teman-teman investasiin.
Rp300.000-nya R000-nya untuk trading,
00:16:57 Teman-teman. Punya R juta, R jutanya untuk investasi, 30%-nya R3 jutanya
00:17:02 untuk trading. Punya R juta, 70 juta fokus lah buat nabung Bitcoin, R
jutanya
00:17:08 buat trading altcoin. Itu juga approach atau pendekatan yang teman-teman
bisa lakukan. Nah, di sini kita
00:17:15 mengkombinasikan atau mengombinasikan sesuatu yang pasif dan juga aktif
ya. Aktif itu harus lebih kecil jumlahnya
00:17:22 atau 30%. Kenapa? Karena sesuatu yang aktif itu risikonya itu lebih
tinggi.
00:17:28 Sementara sesuatu yang pasif itu lebih baik untuk investasi jangka panjang
aja ya. Sesuatu yang pasif itu ternyata
00:17:34 kadang lebih menghasilkan karena dia relatif lebih aman. Jadi teman-teman
bisa ya seperti yang saya bilang tadi ya
00:17:41 kan 70%-nya oke saya mau beli Bitcoin 30%-nya apa? Oke saya mau beli BNB
saya
00:17:46 mau beli XRP ya itu bisa teman-teman pakai dari 30%-nya. Kalau teman-teman
punya uang R00 juta, R0 jutanya itu bisa
00:17:53 fokus nabung di Bitcoin. Sementara R30 jutanya ini saya mau mainin, saya
gatal,
00:17:58 Teman-teman. Bisa R30 jutanya tuh beli Etherium ya, bisa R30 jutanya beli
XRP,
00:18:05 bisa R3 jutanya beli BNB. Atau kalau teman-teman bingung nih milih ya dari
tiga, ya udah bisa masing-masing 10%.
00:18:11 Misalkan modalnya Rp100 juta, R0 jutanya untuk Bitcoin, 10%-nya untuk BNB.
00:18:17 berarti R10 juta beli BNB. 10% lainnya untuk XRP berarti 10 juta beli XRP.
00:18:23 10%-nya berarti untuk misalkan ya Solana bisa R jutanya membeli Solana.
Nah, apa
00:18:30 aja tips untuk investor dan trader pemula ini? Pertama ya kalau teman-
teman masih pemula yang paling sulit tuh
00:18:36 conviction karena teman-teman kalau beli Bitcoin itu kan enggak ada
wujudnya. Beda teman-teman beli emas, beli jagung itu bisa kamu bawa pulang. Terus
kamu
00:18:43 itu kan hanya melihat angka di dalam saldo smartphoneemu. Terus kamu
mikir,
00:18:49 "Ini aku punya enggak sih Bitcoin-nya? Itu membutuhkan yang namanya
conviction. Kamu beli saham, kamu masih bisa lihat
00:18:54 perusahaannya, kamu masih pakai setiap hari. Tapi kalau Bitcoin ini, ini
cuman angka loh di sini ya. Jangan sampai kamu
00:19:02 itu enggak riset terus conviction-nya kurang. Jadi, kamu enggak paham ya
kamu beli apa. Jangan sampai itu terjadi.
00:19:08 Selanjutnya harus diversifikasiin portofolionya. Jangan cuman beli Bitcoin
aja, mungkin split sedikit ke Ethereum,
00:19:15 ke Solana, ke XRP, ke BNB supaya apa teman-teman membabki risikonya. Ada
waktunya di mana Bitcoin itu tidak
00:19:21 terlalu perform sementara altcoin ini mengalami kenaikan yang gila-gilaan.
Selanjutnya karena teman-teman sudah
00:19:27 punya conviction, jangan panik waktu harga turun. Saya sudah bilang dari
awal krypto itu bisa turun 70%. Jangan nanti
00:19:35 ketika turun ya belum sampai 70% 20% udah wah kok kayak gini nih ya kripto
00:19:41 penipuan dan lain sebagainya. Jangan sampai seperti itu. Dan kalau trader
pemula mulai dengan modal kecil saya
00:19:47 selalu saranin 30% dari total portofolionya boleh dimainin aktif. Jangan
sampai lebih dari itu. Pakai
00:19:54 manajemen risiko yang ketat kalau tesisnya udah invalid. Kalau misalkan
tadi beli plasma ya, terus narasi stable
00:20:01 coin enggak jalan, ya mungkin harus melakukan cut loss dan terakhir harus
memahami yang namanya analisa teknikal
00:20:08 dengan baik. Nah, apa aja risiko dalam kripto dan gimana saya mengelola
risiko
00:20:14 tersebut? Pertama, ya jelas risiko investasi kripto ya itu adalah
volatilitas harga yang sangat tinggi.
00:20:20 Bisa naik 10% hari ini, bisa turun 20% 2 jam lagi ya bisa turun 70% 1
hari. itu
00:20:27 volatilitas yang sangat tinggi. Jadi jangan cuman siap untung gede, siap
juga untuk rugi gede. Cara mengulangnya
00:20:34 gimana? Kamu masuk perlahan di Bitcoin. Kamu bisa doll cost average masuk
setiap
00:20:39 minggu, masuk setiap bulan, ya masuk setiap hari itu juga bisa. Bahkan
beberapa exchange itu bisa di CA ya tiap
00:20:46 hari teman-teman bisa tradingin atau otomatis. Nah, di altcoin pun itu
juga
00:20:52 sama. Teman-teman juga bisa pakai strategi yang namanya min reversion ya.
00:20:57 Jadi misalkan teman-teman masuknya pun juga bisa dicicil. Selanjutnya ada
risiko juga scam ya, skema ponzi,
00:21:04 rockpuls, fishing itu juga sangat sering di crypto. Apa itu ponzi? Yaitu
adalah
00:21:10 banyak sekali skema di mana keseluruhan itu bisa memperoleh keuntungan
kalau ada orang yang masuk lagi atau masuk orang
00:21:16 baru yang masuk. Rakpool developer ambil semua duitnya. sering terjadi
kalau teman-teman trading mimcoin coin fishing
00:21:23 jangan klik-klik sembarangan jangan conneektin wallet secara sembarangan
harus dilihat dulu kamu connect dengan
00:21:29 apa. Jangan sampai uangmu itu mau diambil jadi caranya apa ya kamu harus
waspada kalau ada sesuatu yang to good
00:21:36 to be true ya itu jangan kamu iya apalagi kalau platformnya itu tidak
resmi. Selanjutnya untuk keamanan cyber
00:21:43 jangan sampai kamu kehilangan akses terus diambil asetmu. Oke, gimana
caranya? Ya, kamu harus aktifin two
00:21:51 factor authentification. Kemudian, password-nya harus unik, ya. Kemudian,
seatfrice-nya harus disimpan, ya di
00:21:57 tempat yang offline, ya. Terus kemudian dijaga juga potensi human error.
Jangan
00:22:02 sampai, ya, kamu ini salah kirim alamat, ya, salah kirim kriptonya itu
bisa
00:22:09 hilang ya. Misalkan kamu salah kopas. Terus ada beberapa ya kata yang
tidak tepat ya di walletnya. Misalkan ada
00:22:16 alamat tujuan ya, kamu kurang 3 digit, satu digit aja ya. Your money is
gone
00:22:21 forever. Jadi harus hati-hati cek 2 3 5 kali sebelum kirim ya di wallet
00:22:27 tertentu. Selanjutnya teman-teman juga pahami ada risiko regulasi. Ini
biasanya
00:22:33 di negara-negara yang masih baru memulai ya adopsinya kripto, teman-teman
harus memahami bahwa ada risiko regulasi yang
00:22:39 cukup tinggi. Nah, selanjutnya ini ada strategi umum ya untuk menghadapi
risiko. Pertama, teman-teman harus
00:22:46 melakukan riset mandiri. Do your own research. Semua orang bisa salah,
saya bisa salah. Yang punya aum triliunan ya,
00:22:55 itu juga bisa salah. Yang kelola exchange juga bisa salah. Everybody could
be wrong in the market. Jadi
00:23:02 teman-teman pun harus paham bahwa untuk mencegah ya hal tersebut bisa
terjadi, lalu lakukan riset mandiri dan
00:23:08 teman-teman harus pahami juga bahwa investasi itu selalu memiliki yang
namanya risiko. Nah, kita langsung masuk
00:23:15 nih. Gimana caranya saya mau mencapai R10 juta pertama di cripto secara
spesifik. Jadi ini kita akan menjelaskan
00:23:22 ya strategi, pendekatan, kombinasi metode disesuaikan dengan profil teman-
teman masing-masing. Pertama saya
00:23:29 selalu ngomong kalau kamu takut volatilitasnya tinggi, kamu enggak mau
FOMO, kamu enggak pintar baca chart,
00:23:36 kamu bisa mulai dengan DCA, dolar cost average. Saya bisa ngomong tadi
crypto itu bisa turun 50% 70%. Ada bull market,
00:23:43 ada be market. Jadi market itu kadang juga bisa naik ya, bisa turun
drastis. Jadi kamu harus paham kalau ada
00:23:51 siklusnya di mana harga ini cenderung mengalami penurunan. Jadi ketika
kamu ya membeli ketika harga naik dan juga
00:23:57 membeli ketika harga turun, kamu tuh bisa memperoleh harga rata-rata yang
bagus daripada ketika kamu hanya masuk
00:24:03 ketika pucuk dan ketika turun kamu enggak punya uang ya buat membeli lagi.
00:24:09 Jangan sampai itu terjadi. Selanjutnya teman-teman juga bisa pakai ya
pendekatan untuk swing trading. Saya
00:24:15 tadi ngomong misalkan oke mau beli plasma, mau beli aster bisa nunggu nih
beberapa minggu masuk di area swing low,
00:24:21 area setelah koreksi. Habis itu ketika dia mengalami kenaikan teman-teman
bisa take profit di sini buy entry take
00:24:28 profit ya. Buy entry take profit. Ini adalah pendekatan swing trading ya.
Jangan teman-teman beli ya ketika harga
00:24:35 itu sudah naik 30% dalam 1 minggu. Beli ketika dia sudah turun 10 sampai
20%. Jangan beli lagi ya ketika dia sudah
00:24:42 naik 50%. Beli ketika dia sudah turun 50% untuk identifikasi potensi swing
low
00:24:48 untuk keuntungannya. Selanjutnya ada platform stacking yang teman-teman
bisa pilih ya di berbagai exchange bisa di
00:24:54 berbagai protocol stacking bisa cuman ya stacking itu memiliki risiko
kalau ada apa-apa dengan protokolnya kita bisa
00:25:01 kehilangan aset yang kita miliki. Teman-teman juga bisa airdrop hunting
banyak sekali airdrop yang sukses unbia
00:25:08 bahkan di siklus ini ada hyperliquid bisa teman-teman maksimalkan apa sih
airdrop hunting? Nah itu adalah suatu
00:25:14 aktivitas di mana teman-teman berinteraksi dengan jaringan baru tersebut.
Dan ketika teman-teman udah
00:25:21 berinteraksi dengan jaringan tersebut, teman-teman memperoleh reward di
mana teman-teman memperoleh tokennya itu secara gratis. Tapi itu tidak sepenuhnya
00:25:29 gratis. Teman-teman punya risiko ketika berinteraksi dengan jaringan yang
belum teruji. Jadi bisa aja teman-teman juga
00:25:35 kehilangan uang yang teman-teman miliki. Selanjutnya ada banyak ya teman-
teman metode yang bisa teman-teman lakukan
00:25:41 untuk memperoleh cuan di sini. Pertama trading altcoin microcap. membeli
di Descentr Exchange, pakai Phantom Wallet
00:25:48 di jaringan Solana. Oke, pakai Metamas ya, trading di jaringan BSC.
Kemudian
00:25:54 oke, ada token baru nih ya, cari dari misalkan dari Dex Screener ya.
Kemudian teman-teman trading di situ. Itu
00:26:01 risikonya tinggi meskipun ada ya potensi moonsot ya, aset kecil tuh naik 5
sampai
00:26:06 10 kali, tapi jangan sampai semua uangnya kamu taruh di sana ya, berharap
bisa naik. Kamu bisa kehilangan semuanya
00:26:13 juga. Kemudian orang juga bisa ya ikut ICO, IDO ya, berharap cuan ya
00:26:18 berkali-kali lipat ya. Itu pun juga memiliki risiko yang tinggi. Yield
farming ya, liquidity mining kita bisa
00:26:25 juga ya menyediakan liquiditas untuk platform defi. As I said before ya
itu memiliki risiko yang tinggi. Trading
00:26:32 futures dengan leverage itu juga sangat tinggi risikonya tidak disarankan
pemula. Dan terakhir ya teman-teman bisa
00:26:39 memanfaatkan ya banyak sekali project protokol baru, exchange baru ini
mereka punya program khusus dan teman-teman
00:26:45 bisa dapat bonus ketika berinteraksi dengan exchange tersebut. Nah, ini
bisa
00:26:51 ya teman-teman menggabungkan beberapa metode untuk bisa tumbuh ke 10 juta
pertama. ini kita akan melihat ya
00:26:57 skenario estimasi modal dari tingkat ya modal yang teman-teman miliki.
Pertama
00:27:03 teman-teman bisa mulai dengan modal kecil R1 juta. Berarti kalau teman-
teman R1 juta mau ke R10 juta itu berharap ya
00:27:10 kenaikan 1000%. Kalau modalnya itu R5 juta, Teman-teman tinggal naik
double buat R10 juta atau bisa modalnya
00:27:17 fleksibel bisa berapa aja yang bisa teman-teman masukkan. Nah, pertama
kalau kita ngomongin modal pertama R1 juta,
00:27:24 modal kecil mau ke R juta itu naik 1000% itu relatif berat ya harus naik
10 kali
00:27:30 lipat. Tapi masih bisa ya mungkin waktu yang bisa menjawabnya. Teman-teman
harus bersahabat dengan waktu makanya harus
00:27:36 bersabar. Pertama ya bisa manfaatin nabung DCA Bitcoin atau Ethereum. Aset
00:27:43 top 10 juga dengan rutin, tapi saya selalu saranin Bitcoin dan Ethereum.
Selanjutnya ya 80% aset itu harus di
00:27:49 tempat yang aman. Karena jangan sampai ya kamu R1 juta terus kamu beliin
mim coin di deck screener terus kamu hilang
00:27:56 semuanya terus kamu enggak jadi ke R jutanya jadi nol ya. Kemudian 10 20%
00:28:02 sama ya playbook-nya ke aset yang lebih berisiko. Dan terakhir ketika
teman-teman modalnya kecil kecilin dulu
00:28:08 ekspektasi teman-teman bakal butuh waktu yang lama. Dan ketika teman-teman
berproses ini, teman-teman tingkatin
00:28:14 skill dulu ya. beli buku ya R jutanya Rp100.000 bisa buat beli buku, buat
bayar kuota ya Rp10.000 dengerin video
00:28:21 ini itu fokus supaya teman-teman itu bisa mensimulasi otaknya bahwa ini
adalah sesuatu yang butuh proses.
00:28:29 Selanjutnya ya ini gimana ilustrasinya? Modal awal ya sejuta misalkan
teman-teman nabung ya rutin Rp500.000
00:28:36 R000 per bulan itu bisa dapat R juta ya, total modal R juta dan kalau
teman-teman
00:28:41 pakai DCA terus ya, beli Bitcoin, beli Ethereum dan market naik, teman-
teman bisa akhirnya kalau portonya tumbuh 50%
00:28:48 itu mencapai 10 juta pertamanya. Jadi kalau punya R juta fokus dulu nih
70%
00:28:53 80% ditabungin Bitcoin Ethereum kemudian bulan depan punya sejuta lagi
masukin
00:28:58 lagi 80%-nya ke Bitcoin Etherium. Begitu terus ya sampai 6 bulan. Dan
ketika asetnya itu tumbuh ya dalam 1 tahun,
00:29:06 teman-teman bisa cuan ya 50% dan dapetin yang 101 juta pertamanya.
Selanjutnya
00:29:12 ini yang lebih mudah kalau punya R5 juta itu tinggal naik 100%. Ini teman-
teman bisa melakukan yang namanya
00:29:18 diversifikasi portofolio. Karena saya anggap orang yang punya R5 juta itu
udah punya pikiran ya tentang uang yang
00:29:25 logis. Oke, B teman-teman bisa atur nih misalkan diversifikasi 50% ke blue
chip,
00:29:31 50%-nya beli Bitcoin, Ethereum, 30%-nya misalkan mau beli midap, Midcap,
mau beli Avalens, mau beli ton coin, itu
00:29:38 juga bisa. Lalu 20%-nya ini teman-teman tradingkan ya dengan kombinasi
koin-koin
00:29:43 baru yang baru listing. Oke, atau yang pattern-nya menarik itu bisa. Jadi,
Teman-teman pun juga bisa mengkombinasikan holding dan trading.
00:29:50 Ini waktunya paling juga lebih cepat ya, R5 juta ke R juta karena teman-
teman tinggal naik 100% enggak naik 1000%.
00:29:57 Teman-teman kalau udah punya cuan bisa dimanfaatkan ya fitur fitur
stacking ya, fitur pasif yang bisa teman-teman
00:30:03 dapatkan. Tapi ingat ya, jaga likuiditas, sisihin dana cadangan. Jangan
sampai ya kamu enggak punya ya
00:30:11 dana ketika market ini koreksi. Nah, ini strateginya gimana? Kalau punya
R5 juta, Teman-teman bisa split dulu Rp3 juta ke
00:30:19 Bitcoin ya, R 1,5 juta ke Ethereum kemudian trading ya dengan Rp500.000
dan
00:30:24 ketika aset itu bergerak naik ya 6 bulan kemudian. Nah, ini teman-teman
kalau starting-nya R5 juta enggak perlu nambah
00:30:30 capital lagi ya setiap bulan. Asumsinya Bitcoin naik 50% teman-teman sudah
dapat R,5 juta. Ethereum naik 80% itu 2,7
00:30:38 juta. Kalau trading ya teman-teman misalkan plus ya hampir dobble ya
00:30:43 Rp300.000 R000 dapat Rp800.000. Kemudian bisa DCA ya sisanya duitnya itu
misalkan
00:30:49 diingin ya itu dapat R2 juta. Akhirnya teman-teman ya congrats bisa dapat
R10 juta pertama ya estimasi bisa 6 bulan ya
00:30:57 ketika market ini terus mengalami kenaikan. Tapi enggak ada jaminan ya
market itu terus naik kadang kala market
00:31:03 itu juga mengalami penurunan. Ini adalah suatu skenario yang ideal. Nah,
00:31:08 selanjutnya kalau teman-teman modalnya itu fleksibel, bisa lebih banyak
ya, bisa lebih kecil, ini bisa memaksimalkan
00:31:15 ya manajemen risiko untuk lokasi yang lebih optimal. Teman-teman bisa atur
portofolio seperti ini. 50% Bitcoin, 20%
00:31:23 Ethereum, 15% altcoin, 15% stable coin. Kemudian DCA ya untuk entry yang
00:31:29 terbaik. Kemudian manfaatin juga ya banyak-banyak platform seperti
launchpad, kemudian mining ya NFT dan
00:31:37 lain sebagainya. Dan selalu ingat ya teman-teman harus melakukan yang
namanya profit stacking strategy. Dan ketika
00:31:43 udah naik ke targetnya karena kan modalnya fleksibel ya, nambah kurang
nambah kurang ya kata udah cuan enggak
00:31:49 ada salahnya mau mencapai R10 juta pertama itu juga bisa direalisasikan
keuntungannya. Jadi yang modalnya
00:31:56 fleksibel itu enggak tentang ya ngejar terbesar, tapi menjaga ya profit
dan juga meminimalisir ya kerugian yang bisa
00:32:03 teman-teman dapetin. Nah, kita masuk kesimpulan. Apa yang bisa disimpulkan
dari video ini? Pertama 10 juta itu
00:32:10 tidak impossible di kripto. 10 juta itu sangat possible. Teman-teman bisa
00:32:16 dapetin, teman-teman bisa lakukan asalkan teman-teman tahu pengetahuan,
strategi yang tepat. Dan yang penting
00:32:21 ada yang namanya pengelolaan risiko. Aset kripto itu bisa turun 70%.
Teman-teman bisa kehilangan lebih dari
00:32:27 setengah duitnya. Jadi harus gunakan uang yang benar-benar nganggur di
sini. Selanjutnya kalau mau trading, kalau mau
00:32:35 investing harus lebih bijak ya. Melihat ada banyak metode, ada banyak
risiko,
00:32:40 dan terakhir ya jangan sampai salah milih exchange. Teman-teman bisa pakai
exchange kita vlog dan link-nya juga ada
00:32:46 di deskripsi bawah. Kalau teman-teman mau juga ya bergabung ke private
community kita, ke komunitas gratis,
00:32:52 setiap hari kita akan share ke teman-teman. Ada juga berita gratis, ada
juga modul gratis. Link Discord ada di
00:32:58 bawah. Sampai berjumpa di dalam. Dan semoga teman-teman memperoleh 10 juta
pertamanya. Saya Kalimasada. Sampai
00:33:04 berjumpa di video selanjutnya. Yeah.

Anda mungkin juga menyukai