00:00:00 Kembali lagi dengan saya Kalimasada dan hari ini saya akan ngajarin teman-
teman semuanya trading crypto dari nol untuk
00:00:07 pemula memahami analisa teknikal dan fundamental di market crypto. Kenapa
00:00:12 saya membuat video ini? Karena saya tahu banyak teman-teman ini yang
enggak ngerti dengan pembelajaran-pembelajaran
00:00:19 yang saya kasih secara gratis 100% ke teman-teman di channel Akademi
Crypto dan merasa gimana sih kalau saya ini
00:00:26 baru kenal crypto itu minggu ini, baru tahu crypto kemarin, baru daftar
broker
00:00:33 exchange crypto itu pagi ini. Saya enggak ngerti sama sekali. Dan ya ini
saya kasih platform media buat
00:00:40 teman-teman belajar secara gratis 100% dan juga akhirnya langsung paham.
Dan buat teman-teman kalau mau bergabung ke
00:00:47 komunitas privat kita bisa klik link Discord di bawah. Di situ kita setiap
hari membagikan info ke teman-teman,
00:00:54 berita juga dan juga pengumuman-penguman penting terkait dengan market
crypto. Nah, saya tahu teman-teman trading
00:01:00 crypto itu aktivitas yang sangat menyenangkan. Saya pun dulu ya berhasil
00:01:05 merubah ya R juta menjadi 7 miliar di Bullrun di tahun 2021 itu karena
fantasi
00:01:11 saya tentang kripto, fantasi saya tentang trading. Berbagai perlombaan-
perlombaan dan olimpiade yang
00:01:17 saya lakukan ketika di SMA waktu itu akhirnya membuahkan hasil. Karena
selama
00:01:23 kuliah S1 saya memang tidak berkecimpung di market, tapi saya selalu
memiliki
00:01:28 mindset, saya selalu ya memiliki keinginan, fantasi tentang enak banget
00:01:35 ya kalau saya tuh punya ruangan kosong tapi penuh layar-layar dan saya
bisa dapat duit otomatis ya dari market, dari
00:01:41 langit. Dan karena saya orangnya introvert ya, saya yakin juga teman-teman
banyak di luar sana yang
00:01:47 pengin hanya sandalan ya, pakai celana pendek ya, tapi profitnya bisa
miliaran
00:01:54 dengan hanya tidur-tiduran di rumah dan itu bisa tercapai kalau teman-
teman ini
00:01:59 trading di market crypto. Mengapa orang ini suka banget dan memilih kripto
dibandingkan instrumen lain? Karena saya
00:02:06 tahu ada saham, oke, ada forex, ada komoditas gold dan lain sebagainya.
00:02:11 Satu, potensi keuntungan di market crypto itu sangat tinggi. Kita tahu
minggu yang lalu, oke, ada aster bisa
00:02:18 naik 10 kali lipat dalam waktu 4 hari, Teman-teman. Taruh duit Rp10 juta
itu bisa jadi Rp100 juta hanya dalam waktu
00:02:25 10 hari. Kemarin di dalam kita juga kasih trade ke teman-teman XPL ya atau
00:02:30 plasma dalam waktu 1 malam aja dia naik dua kali lipat R10 juta jadi R
juta
00:02:36 karena potensi keuntungan itu yang sangat tinggi dan juga volatilitasnya
itu ekstrem. Dia bisa naik tinggi, bisa
00:02:43 turun dan ketika turun kita bisa positioning untuk melakukan yang namanya
pembelian. Plus ya cryptoarket itu buka
00:02:50 24 jam dan tidak pernah libur bahkan di hari Minggu. Berbeda dengan ketika
00:02:55 teman-teman trading saham, teman-teman trading forex, Sabtu Minggu dia
enggak buka marketnya. Berbeda dengan market
00:03:02 crypto. Sabtu Minggu kamu free ya di rumah pagi-pagi hari Minggu ya ngopi,
00:03:10 makan singkong bisa buat buka laptop terus trading crypto. Itu enggak bisa
kalau teman-teman trading di market
00:03:16 lain. Itulah mengapa saya ngomong market ini tuh indah ya. Market yang
selalu memberikan peluang dan juga kesempatan.
00:03:23 Jadi apa sih sebenarnya trading crypto itu? Trading itu merupakan
aktivitas jual dan beli. Kalau kita ngomong di
00:03:31 market crypto itu ada dua. Satu spot market, dua derivative market. Spot
market itu konsepnya persis kayak
00:03:36 teman-teman jualan di pasar. Teman-teman kulakan beli dengan harga murah,
terus
00:03:42 teman-teman jual dengan harga yang lebih mahal. Kalau pasar derivatif itu,
Teman-teman, memperjual belikan kontrak
00:03:49 perdagangan berbeda. Sehingga kalau kontrak perdagangan itu teman-teman
bisa membuka posisi sebaliknya. Jadi ketika
00:03:57 market itu turun teman-teman tetap bisa memperoleh keuntungan. Ketika
market naik teman-teman juga bisa memperoleh
00:04:02 keuntungan. Itu sama dengan market di forex ya. Bisa ambil posisi dua
arah. Tapi untuk hari ini spesial kita akan
00:04:09 lebih dalam ya membahas mengenai spot market. Jadi spot market itu
konsepnya seperti jualan di pasar. Kamu beli
00:04:16 murah, kamu jual mahal. Nah, saya suka volatilitas di market crypto karena
00:04:22 setiap menit, setiap jam, setiap hari itu ada opportunity baru dan posisi
itu bergerak ya dengan swing move yang
00:04:29 sangat tinggi. Bitcoin itu dalam waktu 1 minggu bisa drop sampai 10%.
Altcoin
00:04:34 dalam waktu 1 hari yaitu bisa drop 10 ya sampai 30%. Bisa juga naik 10
sampai
00:04:40 30%. Jadi kalau saya misalkan punya capital R00 juta dalam waktu 1 hari
saya
00:04:45 itu bisa cuan sampai R3 juta. And that's the beauty of crypto. Itulah
indahnya market crypto karena volatilitasnya
00:04:52 tinggi. Banyak orang yang enggak suka dengan volatilitasnya. Tapi itulah
00:04:57 ladang di mana kita bisa memperoleh yang namanya keuntungan. Karena ingat
teman-teman hanya bisa memancing di air
00:05:03 yang keruh. Teman-teman tuh enggak bisa memancing di air yang bening. Jadi
harus paham dengan adanya hiruk pikuk sesuatu
00:05:11 yang sangat keruh. Di situlah teman-teman bisa scanning ya opportunity dan
juga membeli altcoin yang mungkin
00:05:17 mengalami kenaikan yang signifikan. Jadi teman-teman harus paham ada
beberapa hal
00:05:22 yang harus Teman-teman pahami di sini. Trading itu aktivitas dengan tujuan
jangka pendek. Jadi teman-teman masuk
00:05:29 positioning 4 hari terus keluar itu trading. Kalau teman-teman mau
investasi misalkan ya ikutin series borong Bitcoin
00:05:36 punya longterm vision saya mau beli Bitcoin untuk 10 tahun ke depan ya
untuk
00:05:41 pensiun anak cucu saya itu bisa. Itu teman-teman memiliki longterm
mindset.
00:05:47 Tapi kalau teman-teman punya tujuan jangka pendek itu adalah trading. Jadi
trading itu selalu berfokus ke jangka
00:05:53 pendek. Kira-kira 4 jam ke depan naik atau enggak. Kalau enggak naik saya
mungkin akan reevaluasi dan mungkin
00:05:58 keluar dari posisi tersebut. Misalkan 1 jam ini pergerakannya seperti apa.
Itu yang harus teman-teman perhatikan. Dua,
00:06:05 teman-teman juga harus berenang dalam volatilitas. Itulah mengapa penting
sekali untuk memahami ya saya ngomong
00:06:13 yang namanya entry di market. Teman-teman harus tahu analisa teknikal.
Karena cara untuk melawan volatilitas
00:06:20 yang tinggi dan memanfaatkan momentum yang terbaik itu adalah dengan
mengetahui technical analysis.
00:06:28 Selanjutnya, teman-teman harus tahu bahwa market ini buka 24 jam. Kalau
kamu
00:06:34 terlalu dive into di market ini dan terus ya involve dari hari ke hari,
00:06:39 detik ke detik, menit ke menit, teman-teman itu kadang overwhelming,
kadang burn out, kadang capek. Kadang
00:06:46 juga teman-teman harus tahu ya kapan waktu di mana saya harus off. Jangan
sampai nanti crypto ini buka 24 jam jam
00:06:53 seteng 3 pagi kamu keasikan ya mencet-mencet begini terus besok enggak
bisa optimal kalau besok waktunya
00:06:59 bekerja. Jadi harus paham ya market buka 24 jam juga asetnya ini ada
banyak. Kamu
00:07:05 jangan takut kehilangan peluang atau kehilangan kesempatan. Karena
misalkan, "Oke, saya miss aster, akan ada lagi
00:07:13 aster baru minggu depan. Akan ada lagi potensi yang bisa kamu trade di
minggu ini." Jadi, crypto itu selalu penuh
00:07:20 dengan opportunity ya. Jangan sampai kamu membatasi diri dengan banyaknya
00:07:25 peluang yang ada. Itulah mengapa sangat penting untuk memiliki framework
risiko
00:07:31 dan juga menjadi orang yang disiplin di market. Karena orang yang bisa
bertahan di market apalagi kripto yang mana
00:07:37 volatilitasnya itu sangat tinggi, kamu harus bisa menahan ya risiko dan
juga sangat
00:07:45 disiplin di sini. Karena kripto ya ini mungkin untuk bisa menjadi
penghasilan
00:07:51 kalau teman-teman cukup jago, punya modal yang gede dan juga bisa tahan
risiko ya ini bisa menjadi salah satu
00:07:58 penghasilan tambahan. Meskipun saya enggak pernah menyarankan untuk teman-
teman all in di crypto, fokus
00:08:05 crypto boleh, tapi full time crypto itu enggak boleh. Harus tetap punya
pekerjaan, harus punya bisnis baru ya
00:08:12 sisanya trending crypto enggak masalah. Jangan bisnis ditutup, kerjaan
keluar terus mau fokus kripto ya full time di
00:08:20 crypto. Itu adalah resep untuk kehancuran. Jangan sampai seperti itu
00:08:25 ya. Kamu tetap butuh dapetin penghasilan sesuatu yang pasti. kriptonya ya.
Ini untuk
00:08:32 menopang ya sesuatu yang pasti ini. Oke. Lalu gimana mulainya trading?
Saya harus
00:08:38 mulai dari mana? Pertama mulai trading yaitu adalah memilih platformnya.
Ada
00:08:45 banyak sekali platform crypto. Salah satunya teman-teman bisa pakai Vlog
FLO.
00:08:50 Teman-teman bisa download di App Store dan juga Google Play. Dan ya itu
00:08:56 platform ya untuk trading crypto dengan interface yang mudah. Teman-teman
bisa memilih ya platform yang terpercaya
00:09:02 tentunya dan diawasi oleh OJK. Selanjutnya ya daftar akun dan KYC. KYC
00:09:08 itu adalah know your customer, suatu prosedur untuk menghindari ya AML
atau anti money laundering. Dan teman-teman
00:09:16 harus serahkan identitasnya, tunjukin mukanya baru dia bisa diproses.
00:09:21 Selanjutnya ya deposit ke akun. Deposit itu bisa dua hal. Pertama bisa
deposit
00:09:27 melalui rekening atau e-wallet gopay dan lain sebagainya. Jadi teman-teman
top up dana ini,
00:09:33 transfer dari rekeningnya ke exchange ini, baru di sini buat beli crypto.
Atau yang kedua teman-teman ini bisa
00:09:40 menggunakan yang namanya crypto juga. Jadi teman-teman juga bisa deposit
crypto dari wallet yang lain untuk masuk
00:09:47 ke dalam wallet di exchange ini. Kemudian ya lihat ya potensi pantau dan
00:09:53 kelola transaksinya. Dan teman-teman pilih ya aset mana yang akan teman-
teman
00:09:58 beli. Kalau untuk pemula biasanya belinya Bitcoin dulu. Jadi setelah
daftar exchange, setelah daftar akun ya
00:10:06 udah deposit uang masuk dari bank, terus pilih-pilih ya mungkin buat
latihan
00:10:12 yaitu pertama beli Bitcoin dulu. Nah, setelah udah ya dan teman-teman ini
udah
00:10:18 membeli Bitcoin, pertama saya selalu saranin teman-teman mulai dengan
modal yang kecil. Seiring dengan pemahaman
00:10:24 kita yang meningkat, kita harusnya ya menjadi semakin lebih agresif.
Jangan
00:10:30 sampai kamu mau agresif di awal, tapi kamu enggak punya knowledge-nya. Itu
00:10:35 sama aja saya mau tiba-tiba ya ikut F1 di Singapura pasti nabrak, pasti
mati
00:10:42 saya 100% ya. Jadi jangan sampai kamu enggak punya knowledge tapi kamu
pengin terjun ke sana. Itu namanya bunuh diri.
00:10:50 Karena keberanian harus diikuti juga dengan keterampilan. Keberanian tanpa
keterampilan
00:10:56 itu adalah rumus untuk kehancuran, ya. Jadi jangan sampai kamu enggak
terampil tapi gaya-gayaan
00:11:03 ya. Jangan. Itulah mengapa saya selalu ngomong kalau teman-teman di awal
mulailah dengan modal yang kecil. Dan
00:11:10 tips untuk teman-teman pemula hindari leverage trading, hindari market
derivatif yang bisa dua arah. Kenapa?
00:11:17 Karena kamu kalau salah atau kalah di market yang hanya nebak satu arah,
gimana kamu nebak dua arah itu kamu
00:11:25 pasti lebih berantakan dan hindari leverage yang berlebihan. Itulah
mengapa saya ngomong buat teman-teman pemula
00:11:31 baru 1 tahun di crypto, fokus aja di spot market. Jangan coba ya untuk
00:11:36 trading derivatif apalagi lihat PNL yang naik turun kamu pasti stres, kamu
pasti
00:11:41 pusing dan kamu pasti enggak bisa berpikir dengan objektif. Harus teman-
teman pahami ya money management
00:11:48 oke di sini adalah seni pengelolaan modal karena banyak sekali orang yang
psikologisnya bermasalah itu karena
00:11:55 tidak bisa mengelola money managemen yang baik dan benar. Karena teman-
teman harus paham ini adalah game tentang
00:12:01 mencari uang, mengelola uang, mengalokasikan uang. Jadi, manajemen tentang
uang itu adalah hal yang
00:12:07 paling-paling penting yang harus teman-teman pahami. Jadi, banyak yang
gagal di market ya 90%. Nah, itu karena
00:12:16 faktor money managemen dan juga faktor psikologis. Jadi, money managemen
tentang cara mengatur uang ini harus
00:12:23 dipahami. Lalu, gimana sih ya sebenarnya cara menerapkan money
managementen? Pertama, yang paling gampang teman-teman
00:12:30 harus pakai uang dingin. Kenapa? Karena kripto apapun termasuk Bitcoin itu
00:12:35 merupakan aset yang bisa turun sampai 70%. Jadi kalau teman-teman punya
uang
00:12:41 Rp100 juta ketika mau berinvestasi di cripto harus punya mindset bahwa ini
uang saya bisa tinggal R30 juta aja
00:12:48 bahkan ketika saya itu membeli Bitcoin. Kenapa? Karena potensi risiko dan
volatilitasnya itu sangat tinggi. Itu
00:12:54 harga yang harus teman-teman bayar untuk potensi kenaikan yang tinggi
juga. Jadi di dunia ini itu sangat adil. enggak ada
00:13:01 potensi kenaikan tinggi dengan risiko yang minimum itu enggak ada. Itulah
00:13:06 mengapa sangat penting membatasi risiko per transaksi. Ya, saya selalu
ngomong
00:13:12 di sini aturan risiko per transaksi itu adalah 2 sampai 5% dari modal.
Misalkan
00:13:18 teman-teman ya, modalnya ini R10 juta, setiap transaksi itu maksimal R00
sampai
00:13:24 Rp500.000. Jadi misalkan deposit R10 juta ke flog, oke itu 200 sampai
00:13:29 Rp500.000 R per transaksi. Jangan lebih dari itu. Misalkan teman-teman mau
membeli koin di situ, Arbitrum, mau
00:13:35 membeli hyperliquid, mau membeli misalkan Polkadot, Solana ya maksimal
00:13:41 itu adalah Rp500.000 kalau teman-teman itu modalnya adalah R10 juta.
Karena teman-teman harus membagi posisi ke
00:13:49 beberapa ya itulah mengapa jangan lebih dari 5% untuk setiap trade yang
00:13:54 teman-teman lakukan. Selanjutnya yang paling penting itu adalah menentukan
di
00:13:59 mana letak take profit dan juga stop loss. Misalkan teman-teman membeli
BNB
00:14:04 di harga R5 juta, nanti ketika dia udah naik ke R10 juta dan teman-teman
mau
00:14:10 merealisasikan keuntungannya, misalkan tadi masuk Rp500.000 dia jadi R1
juta, ya teman-teman klik tombol jual. Klik
00:14:17 tombol jual itu sama pentingnya dengan klik tombol beli. Itu adalah take a
profit. itu adalah suatu skema di mana
00:14:26 teman-teman ini bisa merealisasikan keuntungannya. Begitu juga stop loss.
Misalkan teman-teman membeli BNB, oke di
00:14:33 harga R5 juta dengan uang Rp500.000 dan ketika BNB ini turun ke
00:14:39 2.500 misalkan. Oke, itu teman-teman udah drop portofolionya tinggal
00:14:44 Rp250.000 aja. Di situ teman-teman juga bisa memilih opsi untuk stop loss
untuk
00:14:49 opsi buang posisinya. Oke, itulah mengapa ya penting sekali untuk
00:14:56 mengendalikan emosi dan jangan FOMO ya. Kalau misalkan aset itu naiknya
udah tinggi ya kita take profit. Jangan naik
00:15:03 naik udah tinggi ya kita tambahin posisi lagi. Ingat ya keserakahan itu
bisa
00:15:08 menjerumuskan. Jadi teman-teman harus sangat hati-hati. Dan di sini ya di
crypto itu penting untuk melakukan
00:15:15 diversifikasi. Kalau teman-teman udah beli Bitcoin ya, teman-teman juga
bisa melihat peluang untuk membeli yang lain.
00:15:22 Mungkin Ethereum, mungkin Ripple, mungkin BNB, mungkin Solana. Tujuannya
apa? Melakukan diversifikasi. Enggak ada
00:15:28 yang tahu ya Bitcoin ini naik terus atau enggak. Bisa aja keempat aset
yang lain
00:15:33 yang naik. Tapi kalau kita beli Bitcoin terus Bitcoin ini sideway enggak
ke mana-mana, sementara aset yang empat ini
00:15:39 tadi naik, ya kita akan kehilangan potensi kenaikan dari empat ini. Itulah
mengapa diversifikasi itu penting.
00:15:45 Karena enggak ada jaminan ya, satu koin yang kamu pilih itu dia akan naik
sendiri. Bisa aja dia enggak naik ketika
00:15:52 semuanya ini naik. Itulah sangat penting ya untuk melakukan diversifikasi
supaya apa? Kalau misalkan ada satu yang enggak
00:15:59 naik, mungkin yang keempat ini bisa naik. Begitu juga sebaliknya. Oke,
kalau yang satu ini ya turun ya, harapannya
00:16:06 yang empat ini turunnya juga enggak signifikan juga. Jadi, money
managementen itu sama seperti pakai
00:16:12 sabuk pengaman. Meskipun kamu bukan seorang pengemudi yang terampil,
setidaknya amit-amit kalau kamu nabrak
00:16:19 tembok ya kamu nabrak mobil yang lain, kamu masih punya sabuk pengaman
yang melindungi kamu. Karena pada dasarnya ya
00:16:25 market itu relatif sulit dan teman-teman harus menerapkan money
managementen yang baik dan benar. Oke, kita masuk sistem
00:16:33 trading. Di sini saya akan mengajari teman-teman analisa teknikal dan
fundamental yang dasar. Jadi sangat
00:16:39 penting ya untuk menganalisa pasar itu kita satu ya melakukan yang namanya
analisa teknikal, melihat grafik,
00:16:48 menarik-narik garis supaya bisa tahu ini grafik ini mau ke arah mana.
Selanjutnya
00:16:53 kita melakukan analisa fundamental untuk mengetahui nilai intrinsik dari
suatu aset itu seperti apa. Saya suka pakai
00:17:00 teknikal dulu baru saya kombinasikan dengan fundamentalnya. Saya bukan
aliran yang lihat fundamental dulu baru
00:17:06 teknikal. Kenapa? Karena saya percaya aset itu bisa dilihat hanya dengan
chart. Hanya dengan chart itu kita bisa
00:17:13 melihat psikologi pasar, kita bisa melihat area of value, kita bisa
melihat
00:17:19 ini waktunya beli atau waktunya jual. Nah, analisa teknikal itu terkait
dengan
00:17:24 melihat chart. Jadi, kalau teman-teman pakai platform trading view atau
kalau misalkan di vlog ya itu juga bisa ya
00:17:30 melihat chart-nya. ini teman-teman akan disajikan chart seperti ini. Jadi
kalau teman-teman melihat chart seperti ini
00:17:36 itu teman-teman adalah ya melakukan analisa teknikal. Jadi ketika teman-
teman oke ini chart-nya mau naik,
00:17:41 oh ini chart-nya mau turun itu teman-teman melakukan yang namanya
technical analysis atau analisa
00:17:48 teknikal. Jadi ya analisa teknikal itu mengedepankan
00:17:53 chart, mengedepankan garis ya, mengedepankan grafis ini mau ke mana
00:17:58 daripada nilai intrinsiknya. Nilai intrinsik itu tentang fundamental
value, tentang revenue-nya berapa, tentang
00:18:05 siapa di baliknya, tentang sekarang ini ada red cut atau enggak, itu
fundamental. Oke, teknikal itu tentang
00:18:12 oke ini chart-nya bagus nih untuk dibeli. Itu adalah teknikal. Dan kalau
00:18:18 kita ngomongin tchnikal, sangat penting kita untuk membahas yang namanya
candlestick. Candlestick itu komponennya
00:18:24 dua yang paling gampang, candle naik dan candle turun. Candle naik
biasanya digambarkan dengan warna yang terang.
00:18:30 Biasanya hijau, biasanya putih, atau warna terang yang lain. Sementara
candle turun ya untuk menunjukkan bahwa harga
00:18:38 ini turun digambarkan dengan warna merah atau warna hitam atau warna gelap
lain
00:18:43 untuk menunjukkan bahwa ada penurunan harga. Tapi kalau candlesticknya ini
terang, itu ditujukan untuk menunjukkan
00:18:50 ke teman-teman ada yang namanya kenaikan harga dan pembukaan ya atau harga
pembukaan dari suatu candle. itu dari
00:18:58 bawah bodinya untuk candle yang mengalami kenaikan. Sementara yang di sini
ya kalau teman-teman lihat itu
00:19:04 selalu ada wig ya. Candle itu kan seperti lilin. Oke ini adalah tubuh
lilinnya. Ini adalah bagian sumbunya.
00:19:10 Harga paling rendah ya atau lowest price itu ada di bawah ya ketika kita
ngomongin candle yang bullish dan harga
00:19:18 penutupan ya itu di tunjukkan ya dari atas dari bodinya. Sementara week
paling
00:19:24 atas itu adalah harga paling tinggi dari suatu sesi tersebut. Begitu juga
ya
00:19:29 sebaliknya ketika candle mengalami penurunan ya ini ada lowest price tapi
close price-nya itu di bawah bodinya dan
00:19:37 open price itu adalah di atas body dan highest price atau weak atasnya itu
adalah harga paling tinggi dari candle
00:19:44 yang mengalami penurunan. Jadi ada dua yang harus teman-teman perhatikan.
Pertama body dan kedua itu adalah
00:19:51 shadow. Shadow ini bisa juga disebut wick, bisa juga disebut sebagai sumbu
lilinnya. Sementara ini adalah tubuh
00:19:58 dari lilin itu. Jadi harus dipahami. Oke, ada harga paling rendah, harga
ada
00:20:03 harga paling tinggi, begitu juga ya sama dengan harga yang mengalami
penurunan. Ada harga paling rendah, ada harga
00:20:09 paling tinggi. Nah, selanjutnya ketika kita sudah memahami tentang candle,
kita penting juga untuk melihat yang namanya
00:20:16 time frame. Time frame itu ada time frame besar, ada time frame kecil.
Time frame besar itu selalu digunakan untuk
00:20:22 melihat tren jangka panjang. Saya selalu gunakan chart bulanan, chart
mingguan, bahkan chart tahunan untuk melihat
00:20:28 kira-kira trennya Bitcoin ini naik atau turun. Selanjutnya saya perkecil
lagi ke time frame yang lebih kecil untuk ke
00:20:35 daily chart atau chart 4 jam untuk melihat di mana saya bisa melakukan
00:20:40 entry. Jadi, teman-teman harus paham chart besar, time frame besar
bulanan,
00:20:46 mingguan itu digunakan untuk melihat tren. Chart harian, chart 4 zaman itu
00:20:52 digunakan untuk mengetahui analisa teknikal atau kita entry-nya di mana.
00:20:57 Jadi harus teman-teman pahami higher time frame and lower time frame. Dan
00:21:02 candlestick itu selalu memiliki pola ya. pola itu adalah suatu formasi,
suatu
00:21:08 bentuk tertentu yang menunjukkan psikologis di market. Contohnya ya,
00:21:13 ketika market ini mau bullish, selalu ada yang namanya hammer pattern.
Hammer
00:21:18 pattern itu menunjukkan ya bahwa harga ini udah jenuh turun. Oke, udah
mencapai titik paling rendahnya di bawah.
00:21:26 Kemudian di sini para pembeli yang mencoba menaikkan harga, ngpush harga
naik dan bentuknya seperti palu ya. Sama
00:21:35 ya seperti teman-teman yang melihat palu, palu itu kalau dipukul dep ya
barang itu bisa naik. Sama seperti
00:21:41 mainan ya di pasar malam yang mana kita mukul ya dengan hammer bu ya
kemudian bolanya naik. Sama juga ya dengan
00:21:48 analogi hammer pattern ini di mana ketika kita melihat momentum hammer itu
00:21:53 adalah momentum untuk melakukan pembelian di semua time frame. Selanjutnya
ya ada bullish angle thing
00:21:59 di mana di sini adalah candle body yang full. Ini menunjukkan apa teman-
teman? ini menunjukkan bahwa ada confidence,
00:22:06 ada pembeli yang banyak ya, volumen-nya gede yang menunjukkan kalau harga
ini udah ada konfirmasi bakal melakukan
00:22:13 rally dan biasanya ketika ada bullish angle fining ya dengan formasi ya
omong bullish anglefin ini adalah bullish
00:22:20 candle yang tebal yang volumenya gede oke di situ ada ya potensi untuk
00:22:25 mengalami kenaikan selanjutnya ya ada morning star ya di mana di sini
berbeda dengan hammer hammer ini ada ee shadow
00:22:33 ya di bawah aja. Tapi kalau Morning Star itu shadow di dua sisi ya, dengan
candle
00:22:38 yang tidak terlalu besar bodinya. Dan ini pun juga bisa teman-teman
jadikan suatu potensi ya harga ini akan
00:22:45 mengalami kenaikan. Selanjutnya ada hanging man pattern ini adalah
kebalikan
00:22:50 ya dari hammer di mana hanging man itu sama seperti hammer tapi dia
cenderung
00:22:56 berish ya. Warnanya baris dan biasanya ada ketika harga ini ada di atas.
Ini menunjukkan apa? menunjukkan bahwa harga
00:23:04 ini berpotensi ya mengalami yang namanya penurunan. Sama juga ya baris
engolfing
00:23:10 dengan bullish engolfing hanya kebalikannya ini menunjukkan momentum
selling yang tinggi atau para penjual ya
00:23:17 ini ingin ya menjual harga dan evening star ya sama dengan morning star
kebalikannya shadow di dua sisi dan
00:23:25 warna merah ya biasanya di atas ini pola candlestick yang harus teman-
teman perhatikan. Nah, itulah mengapa ya
00:23:32 membaca candlestick ketika bullish itu sangat penting karena ada banyak
sekali bullish formation ya, ada ratusan ya
00:23:38 formasi candlestick yang teman-teman bisa cari sendiri ya. Contohnya ada
bullish spinning top ya, bullish marubozu ya, morning star yang mana
00:23:46 selalu ya setiap kali ya ada candlestick yang bullish itu memberikan
momentum kenaikan ke market. Sama seperti ini ya,
00:23:52 kalau kita lihat di Bitcoin di sini ya ada terpantau ada morning star di
sini
00:23:58 kemudian bullish englefing dan ketika kita melakukan pembelian ya harga
ini cenderung mengalami kenaikan. Sama juga
00:24:04 nih di sini ya ada bullish anglefing kita melakukan pembelian dan harga
mengalami kenaikan. Jadi membaca
00:24:10 candlestick itu tentang ya teman-teman memahami momentum di market ya
tentang memahami bahwa ada ya supply and demand
00:24:18 ya terbentuk suatu permintaan dan penawaran. Nah sama juga ya membaca
candlestick ketika baris yaitu
00:24:24 menunjukkan adanya tekanan jual ya seperti berish spinning top ya berish
00:24:29 marubozu ya evening star yang menunjukkan momentum harga itu mau mengalami
penurunan. Sama seperti ini
00:24:35 ya, kita melihat di sini ada barish angle fing dan ya itu pertanda di mana
oke saatnya take profit dan harga
00:24:41 mengalami penurunan. Sama juga ya seperti ini ya kita weekly chart juga
berpotensi ya teman-teman membentuk yang
00:24:48 namanya berri oke angle dan juga ya ada ya potensi penurunan yang lebih
lanjut.
00:24:55 Jadi teman-teman ya sangat penting untuk memahami candlestick ya, memahami
formasi dan tahu area di mana melakukan
00:25:03 pembelian dan melakukan penjualan. Nah, selanjutnya ada yang namanya
support and
00:25:08 resistance. Support and resistance itu menunjukkan area di mana kita itu
harus melakukan yang namanya pembelian atau
00:25:16 penjualan. Paling gampang beli itu diupport. Support itu area ya untuk
melindungi ya bahasanya support. Itulah
00:25:23 mengapa ketika mendekati support, orang akan support harganya itu supaya
naik. Resistance ya atau atap itu analoginya
00:25:30 sama seperti teman-teman melempar bola naik. Biasanya ketika dia natap di
atap ya, dia turun lagi ya. Itu adalah
00:25:37 analogi support and resistance yang sangat jelas. Jadi teman-teman harus
00:25:42 memahami, harus menggambar support itu selalu ada di bawah e atau di area
bawah
00:25:48 harga. Sementara resistance itu ada di area atas harga. Ketika harga
mengalami breakout dari atas resistance itu
00:25:54 menunjukkan bahwa harga akan mengalami kenaikan yang lebih tinggi.
Sementara ketika harga itu break di bawah support
00:26:00 itu menunjukkan bahwa support tersebut udah tidak bisa menahan harga dan
harga akan mengalami penurunan yang lebih
00:26:07 dalam. Nah, selanjutnya ada indikator teknis lain ya. Indikator itu ada
tiga. Pertama, tren indikator untuk melihat
00:26:14 ini tren ke mana. Dua, osilator untuk melihat area jenuh beli atau jenuh
jual. Ketiga itu adalah volume indikator. Nah,
00:26:20 ini contohnya ya. Moving average digunakan untuk melihat trend. Misalkan
teman-teman menggunakan moving average
00:26:27 13 atau 10 ya itu adalah merata-rata ya garis itu merata-rata dari 10
harga
00:26:32 terakhir. Kalau moving average 13 itu merata-rata dari 13 harga terakhir.
Jadi
00:26:38 teman-teman harus pahami ketika harga itu berada ya di atas moving
average-nya itu teman-teman bisa melakukan ya posisi
00:26:45 pembelian sama seperti ini ya garis moving average harga ada di atasnya.
Kalau teman-teman membeli harga akan
00:26:51 terus mengalami kenaikan. Dan ketika dia ya turun di bawah moving average-
nya ya sama seperti ini itu waktunya melakukan
00:26:57 penjualan dan terbukti ya harga mengalami penurunan. Selanjutnya RSI ya
relative strength index untuk melihat ya
00:27:05 area overboat dan juga oversold untuk mengetahui ya kira-kira market ini
00:27:10 momentumnya seperti apa. Apakah orang sudah jenuh beli dan jenuh jual?
Kalau orang itu sudah jenuh beli dan harga
00:27:16 naik terus itu RSA itu ada di area yang tinggi. Itu menunjukkan apa? itu
00:27:21 waktunya melakukan penjualan. Ya, sama seperti ini ya teman-teman ketika
lihat RSI ada di area tinggi Bitcoin mengalami
00:27:27 koreksi. Sama juga di Maret 2024 RSI di area tinggi Bitcoin juga mengalami
00:27:32 koreksi ya. MACD juga bisa digunakan untuk melihat momentum. Sama juga
dengan volume indikator ya. Volume itu
00:27:39 bentuknya seperti bar. Kalau tinggi ya volume penjualannya itu
mengkonfirmasi
00:27:44 bahwa harga itu berpotensi mengalami penurunan. analisa teknikal yaitu
membutuhkan waktu dan latihan. Sama
00:27:51 seperti teman-teman latihan gambar ya, latihan melihat suatu seni. Enggak
ada sesuatu yang pasti. Tapi overtime kalau
00:27:59 teman-teman setiap hari ya selama 2 bulan tuh lihat chart, lihat chart,
lihat chart, saya yakin teman-teman itu
00:28:04 akan paham mendalam ya tentang technical analysis. Selanjutnya kita akan
melihat
00:28:09 analisa fundamental. Analisa fundamental ini tentang mengetahui apakah
aset itu layak dihargai atau enggak. Kalau kita
00:28:16 lihat ya di website token terminal, kita lihat nih Bitcoin ya seperti apa,
banyak atau enggak aktif address-nya, aktivitas
00:28:23 jaringannya itu seperti apa. Dengan kita melihat aktivitas jaringan, kita
akan mengetahui aset ini beneran ada nilainya
00:28:29 atau enggak. Jangan sampai ya aset itu bisa mengalami kenaikan yang
signifikan tapi hanya didorong oleh hype. Ya, itu
00:28:37 sangat penting untuk melihat yang namanya fundamental. Nah, analisa
fundamental di dalam kripto terutama
00:28:42 project altcoin itu bisa dilihat dari beberapa. Pertama, teknologi dan use
case. Apakah dia defi, apakah dia layer
00:28:49 one, apakah dia layer two, apakah dia project AI? Fungsinya apa? Kira-kira
project itu dibangun itu buat apa? Itu
00:28:56 harus teman-teman pahami. Kedua, teman-teman juga harus melihat tim
pengembangnya. Siapa sih di belakangnya,
00:29:02 developernya jago atau enggak, dulu projectnya ini bermasalah atau enggak,
itu sangat penting untuk teman-teman
00:29:08 lihat. Selanjutnya, komunitas dan dukungan investor. Kira-kira ada
investor besar enggak sih yang invest di
00:29:13 sana? kira-kira komunitasnya jalan atau enggak itu juga bisa teman-teman
lihat. Selanjutnya ya, market cap dan juga
00:29:19 volume untuk melihat ya apakah orang ini suka ya transaksi di sini atau
enggak dan terakhir lihat sentimen publik bagus
00:29:26 atau enggak dengan project tersebut. Itulah mengapa ya penting sekali
kalau kita lihat ya project ini menguasai ya
00:29:33 suatu fungsi tertentu. Dia juga diinvest oleh investor besar dan komunitas
00:29:40 responnya bagus. Ya, itu juga menjadi kunci fundamental untuk mendukung
harganya. Misalkan tadi kita oke ya
00:29:46 secara chart saya beli di support kemudian RSI-nya jenuh jual, ada potensi
00:29:52 dia mengalami kenaikan terus juga ada bullish anglfing. Terus kita juga
melihat ya fundamentalnya bagus ya
00:29:57 didukung oleh banyak investor ya itu juga mendukung ya analisa yang kita
lakukan. Kadang kala ya kita juga
00:30:05 melihat faktor eksternal dan juga makro karena makro itu sangat berkaitan
erat ya keadaan ekonomi makro. Kalau ekonomi
00:30:13 dunia lagi dalam fase resesi, orang sudah enggak pikir tuh beli koin,
enggak pikir tuh beli Bitcoin. Mereka pikirnya
00:30:19 akan beli makanan ya, beli bayar ya, kontrakan. Itu yang akan mereka
pikir.
00:30:26 Itulah mengapa ya faktor eksternal dan makro itu sangat mempengaruhi. sama
ya seperti dulu kenaikan Tesla di 2021 itu
00:30:33 didukung ya oleh adanya ya faktor eksternal yang luar biasa bagus. Dan
00:30:38 selanjutnya ya teman-teman juga bisa ya membaca white paper. White paper
itu semacam panduan ya mengapa project itu
00:30:45 dibuat, bagaimana fungsinya, seperti apa konsensusnya dan teman-teman
harus baca juga ya white paper dari Bitcoin ya,
00:30:52 peer to peer electronic cash system untuk mengetahui kira-kira project ini
seperti apa dan arahnya ini bagaimana.
00:30:59 Harus teman-teman pahami selanjutnya ya, jenis-jenis trading di crypto itu
ada beberapa. Saya ngomong trading style ini
00:31:06 sangat personal karena trading style saya itu berbeda dengan trading style
teman-teman. Gaya trading kalian pertama
00:31:12 ada yang det trading ya. Ini jangka pendek biasanya close posisi di hari
yang sama. Kamu ambil posisi 2 3 jam
00:31:19 kemudian kamu sudah keluar. Ya itu ada yang suka seperti itu. Ada juga
yang swing trading harian, mingguan juga
00:31:26 bisa. Misalkan sekarang beli, minggu depan baru dijual. Itu juga ada.
Karena apa? Mungkin mereka bekerja enggak bisa
00:31:33 setiap hari lihat chart. Misalkan minggu ini saya beli arbitrum. Oke,
minggu depan arbitroom-nya saya jual. Oke,
00:31:38 minggu ini saya beli hyper liquid. 4 hari lagi saya jual hyper liquid-nya.
Itu swing trading. Ada juga ya yang
00:31:44 scalping ini lebih agresif lagi. Bisa kamu buka posisi 45 menit lagi kamu
00:31:50 close. Ya, ada juga yang karakternya investasi jangka panjang. Jadi
investor aja beli Bitcoin nabung untuk 5 sampai
00:31:57 10 tahun ke depan. Jadi itu gaya orang ya berbeda-beda. Oke. Dan di market
ya
00:32:02 seperti crypto yang sudah saya jelaskan ada spot trading. Kamu hanya bisa
ambil satu posisi dan berharap marketnya itu
00:32:08 naik. Kamu beli di harga murah, kamu jual di harga mahal. Kalau derivatif
itu kamu bisa ambil posisi dua. Kamu bisa
00:32:15 long atau buy dan berharap harga ini mengalami kenaikan dari titik rendah
ke titik tinggi. Kamu juga bisa pasang
00:32:22 posisi sell short. Nanti kalau harga itu dari titik tinggi ke titik
rendah, kamu bisa memperoleh yang namanya keuntungan.
00:32:28 Kamu juga bisa pakai margin ya atau leverage. Kalau kamu bisa lihat 10 * 5
itu maksudnya apa? Kali 5 leverage itu
00:32:35 kalau kamu punya modal R10 juta kamu bisa dikali 5 modalnya. Jadi, modal
yang kamu miliki itu bisa jadi Rp50 juta.
00:32:42 Tapi ingat ya, kalau dia harganya turun ya di bawah harga likuidasi, kamu
bisa kehilangan semua uang yang kamu miliki.
00:32:49 Itulah mengapa harus sangat hati-hati dengan yang namanya margin trading.
Dan
00:32:54 kunci sukses ya di dalam trading crypto itu adalah manajemen risiko yang
tinggi. Karena overtime ya performa kita itu
00:33:02 harus dievaluasi. Ini ada proyeksi ya yang harus teman-teman lakukan ya
sebelum melakukan trading. Pertama ya
00:33:09 teman-teman harus membuat yang namanya perkiraan saya entry dan exit itu
di mana. Contoh tadi saya beli BNB di harga
00:33:17 R5.000 gitu misalkan ya atau BNB dulu ya misalkan di harga R5 juta. Saya
mau exit
00:33:23 di harga R10 juta ya itu adalah perkiraan. Jadi harus teman-teman punya
yang namanya trading plan. Oke, saya
00:33:28 misalkan mau beli Bitcoin di harga R00 juta, saya akan jual Bitcoin di
harga R miliar. Oke, setelah naik 4 kali lipat.
00:33:36 Itu adalah suatu prediksi dan perkiraan yang harus teman-teman lakukan.
Teman-teman juga harus membuat yang
00:33:41 namanya proyeksi. kira-kira dalam berapa minggu atau bulan nih Bitcoin
bisa mencapai target saya tersebut dan kalau
00:33:48 enggak bisa itu saya harus apain? Jadi, Teman-teman juga harus membuat ya
proyeksi itu jangka menengah, jangka
00:33:54 panjang dan ketika di tengah-tengah dia tidak sesuai dengan harapan teman-
teman, teman-teman bisa melakukan yang namanya
00:34:00 evaluasi posisi. Ya, selanjutnya lihat target, lihat skenario. Ada banyak
ya
00:34:06 alat bantu ya, trendline, chart, dan juga indikator. Tapi itu sifatnya
membantu bukan yang utama. yang utama ya
00:34:13 teman-teman harus perhatikan juga ya analisa-analisa yang lain seperti
fundamental dan sentimen. Perlu
00:34:20 diisclaimer bahwa tidak ada yang pasti. Banyak berita yang tiba-tiba ya
keluar
00:34:25 tidak terduga dan sewaktu-waktu harus kita ambil aksinya. Itulah mengapa
kita
00:34:31 sediain komunitas gratis ke teman-teman. Klik link Discord di bawah kalau
mau masuk ke dalam komunitas kita secara
00:34:37 gratis. Dan di situ kita akan tunjukin ke teman-teman, kamu ini harus
ngapain hari ini, market ini mau ke mana. Itu
00:34:43 kita akan bagi gratis untuk teman-teman yang join di dalam private
community kita. Jadi klik ya link gratis di bawah
00:34:51 untuk join ke Discord. Jadi apa kesimpulan hari ini? Kalau mau trading
00:34:56 dari nol mulai dengan langkah yang kecil. Pakai uang dingin karena kripto
itu bisa turun 70%. Belajar teknikal,
00:35:04 belajar fundamental. Habis itu coba kelola emosi dengan baik ya. Coba
tanpa emosi karena trading itu aktivitas
00:35:11 berisiko tinggi. Dan setelah itu kamu punya proyeksi kapan harus keluar,
kapan
00:35:16 harus masuk. Dan semua itu enggak ada yang bisa ya lahir dalam waktu 1
hari
00:35:21 saja. Itulah mengapa selalu latihan, selalu belajar. Semoga video ini
00:35:27 bermanfaat untuk teman-teman semuanya. Jangan lupa gabung private
community kita, link Discord di bawah. Sampai
00:35:33 berjumpa di video selanjutnya. Yeah.