0% menganggap dokumen ini bermanfaat (0 suara)
24 tayangan11 halaman

Panduan Trading Crypto untuk Pemula

Diunggah oleh

izzulbintang3
Hak Cipta
© All Rights Reserved
Kami menangani hak cipta konten dengan serius. Jika Anda merasa konten ini milik Anda, ajukan klaim di sini.
Format Tersedia
Unduh sebagai TXT, PDF, TXT atau baca online di Scribd
0% menganggap dokumen ini bermanfaat (0 suara)
24 tayangan11 halaman

Panduan Trading Crypto untuk Pemula

Diunggah oleh

izzulbintang3
Hak Cipta
© All Rights Reserved
Kami menangani hak cipta konten dengan serius. Jika Anda merasa konten ini milik Anda, ajukan klaim di sini.
Format Tersedia
Unduh sebagai TXT, PDF, TXT atau baca online di Scribd

00:00:00 Kembali lagi dengan saya Kalimasada dan hari ini saya akan ngajarin teman-

teman semuanya trading crypto dari nol untuk


00:00:07 pemula memahami analisa teknikal dan fundamental di market crypto. Kenapa
00:00:12 saya membuat video ini? Karena saya tahu banyak teman-teman ini yang
enggak ngerti dengan pembelajaran-pembelajaran
00:00:19 yang saya kasih secara gratis 100% ke teman-teman di channel Akademi
Crypto dan merasa gimana sih kalau saya ini
00:00:26 baru kenal crypto itu minggu ini, baru tahu crypto kemarin, baru daftar
broker
00:00:33 exchange crypto itu pagi ini. Saya enggak ngerti sama sekali. Dan ya ini
saya kasih platform media buat
00:00:40 teman-teman belajar secara gratis 100% dan juga akhirnya langsung paham.
Dan buat teman-teman kalau mau bergabung ke
00:00:47 komunitas privat kita bisa klik link Discord di bawah. Di situ kita setiap
hari membagikan info ke teman-teman,
00:00:54 berita juga dan juga pengumuman-penguman penting terkait dengan market
crypto. Nah, saya tahu teman-teman trading
00:01:00 crypto itu aktivitas yang sangat menyenangkan. Saya pun dulu ya berhasil
00:01:05 merubah ya R juta menjadi 7 miliar di Bullrun di tahun 2021 itu karena
fantasi
00:01:11 saya tentang kripto, fantasi saya tentang trading. Berbagai perlombaan-
perlombaan dan olimpiade yang
00:01:17 saya lakukan ketika di SMA waktu itu akhirnya membuahkan hasil. Karena
selama
00:01:23 kuliah S1 saya memang tidak berkecimpung di market, tapi saya selalu
memiliki
00:01:28 mindset, saya selalu ya memiliki keinginan, fantasi tentang enak banget
00:01:35 ya kalau saya tuh punya ruangan kosong tapi penuh layar-layar dan saya
bisa dapat duit otomatis ya dari market, dari
00:01:41 langit. Dan karena saya orangnya introvert ya, saya yakin juga teman-teman
banyak di luar sana yang
00:01:47 pengin hanya sandalan ya, pakai celana pendek ya, tapi profitnya bisa
miliaran
00:01:54 dengan hanya tidur-tiduran di rumah dan itu bisa tercapai kalau teman-
teman ini
00:01:59 trading di market crypto. Mengapa orang ini suka banget dan memilih kripto
dibandingkan instrumen lain? Karena saya
00:02:06 tahu ada saham, oke, ada forex, ada komoditas gold dan lain sebagainya.
00:02:11 Satu, potensi keuntungan di market crypto itu sangat tinggi. Kita tahu
minggu yang lalu, oke, ada aster bisa
00:02:18 naik 10 kali lipat dalam waktu 4 hari, Teman-teman. Taruh duit Rp10 juta
itu bisa jadi Rp100 juta hanya dalam waktu
00:02:25 10 hari. Kemarin di dalam kita juga kasih trade ke teman-teman XPL ya atau
00:02:30 plasma dalam waktu 1 malam aja dia naik dua kali lipat R10 juta jadi R
juta
00:02:36 karena potensi keuntungan itu yang sangat tinggi dan juga volatilitasnya
itu ekstrem. Dia bisa naik tinggi, bisa
00:02:43 turun dan ketika turun kita bisa positioning untuk melakukan yang namanya
pembelian. Plus ya cryptoarket itu buka
00:02:50 24 jam dan tidak pernah libur bahkan di hari Minggu. Berbeda dengan ketika
00:02:55 teman-teman trading saham, teman-teman trading forex, Sabtu Minggu dia
enggak buka marketnya. Berbeda dengan market
00:03:02 crypto. Sabtu Minggu kamu free ya di rumah pagi-pagi hari Minggu ya ngopi,
00:03:10 makan singkong bisa buat buka laptop terus trading crypto. Itu enggak bisa
kalau teman-teman trading di market
00:03:16 lain. Itulah mengapa saya ngomong market ini tuh indah ya. Market yang
selalu memberikan peluang dan juga kesempatan.
00:03:23 Jadi apa sih sebenarnya trading crypto itu? Trading itu merupakan
aktivitas jual dan beli. Kalau kita ngomong di
00:03:31 market crypto itu ada dua. Satu spot market, dua derivative market. Spot
market itu konsepnya persis kayak
00:03:36 teman-teman jualan di pasar. Teman-teman kulakan beli dengan harga murah,
terus
00:03:42 teman-teman jual dengan harga yang lebih mahal. Kalau pasar derivatif itu,
Teman-teman, memperjual belikan kontrak
00:03:49 perdagangan berbeda. Sehingga kalau kontrak perdagangan itu teman-teman
bisa membuka posisi sebaliknya. Jadi ketika
00:03:57 market itu turun teman-teman tetap bisa memperoleh keuntungan. Ketika
market naik teman-teman juga bisa memperoleh
00:04:02 keuntungan. Itu sama dengan market di forex ya. Bisa ambil posisi dua
arah. Tapi untuk hari ini spesial kita akan
00:04:09 lebih dalam ya membahas mengenai spot market. Jadi spot market itu
konsepnya seperti jualan di pasar. Kamu beli
00:04:16 murah, kamu jual mahal. Nah, saya suka volatilitas di market crypto karena
00:04:22 setiap menit, setiap jam, setiap hari itu ada opportunity baru dan posisi
itu bergerak ya dengan swing move yang
00:04:29 sangat tinggi. Bitcoin itu dalam waktu 1 minggu bisa drop sampai 10%.
Altcoin
00:04:34 dalam waktu 1 hari yaitu bisa drop 10 ya sampai 30%. Bisa juga naik 10
sampai
00:04:40 30%. Jadi kalau saya misalkan punya capital R00 juta dalam waktu 1 hari
saya
00:04:45 itu bisa cuan sampai R3 juta. And that's the beauty of crypto. Itulah
indahnya market crypto karena volatilitasnya
00:04:52 tinggi. Banyak orang yang enggak suka dengan volatilitasnya. Tapi itulah
00:04:57 ladang di mana kita bisa memperoleh yang namanya keuntungan. Karena ingat
teman-teman hanya bisa memancing di air
00:05:03 yang keruh. Teman-teman tuh enggak bisa memancing di air yang bening. Jadi
harus paham dengan adanya hiruk pikuk sesuatu
00:05:11 yang sangat keruh. Di situlah teman-teman bisa scanning ya opportunity dan
juga membeli altcoin yang mungkin
00:05:17 mengalami kenaikan yang signifikan. Jadi teman-teman harus paham ada
beberapa hal
00:05:22 yang harus Teman-teman pahami di sini. Trading itu aktivitas dengan tujuan
jangka pendek. Jadi teman-teman masuk
00:05:29 positioning 4 hari terus keluar itu trading. Kalau teman-teman mau
investasi misalkan ya ikutin series borong Bitcoin
00:05:36 punya longterm vision saya mau beli Bitcoin untuk 10 tahun ke depan ya
untuk
00:05:41 pensiun anak cucu saya itu bisa. Itu teman-teman memiliki longterm
mindset.
00:05:47 Tapi kalau teman-teman punya tujuan jangka pendek itu adalah trading. Jadi
trading itu selalu berfokus ke jangka
00:05:53 pendek. Kira-kira 4 jam ke depan naik atau enggak. Kalau enggak naik saya
mungkin akan reevaluasi dan mungkin
00:05:58 keluar dari posisi tersebut. Misalkan 1 jam ini pergerakannya seperti apa.
Itu yang harus teman-teman perhatikan. Dua,
00:06:05 teman-teman juga harus berenang dalam volatilitas. Itulah mengapa penting
sekali untuk memahami ya saya ngomong
00:06:13 yang namanya entry di market. Teman-teman harus tahu analisa teknikal.
Karena cara untuk melawan volatilitas
00:06:20 yang tinggi dan memanfaatkan momentum yang terbaik itu adalah dengan
mengetahui technical analysis.
00:06:28 Selanjutnya, teman-teman harus tahu bahwa market ini buka 24 jam. Kalau
kamu
00:06:34 terlalu dive into di market ini dan terus ya involve dari hari ke hari,
00:06:39 detik ke detik, menit ke menit, teman-teman itu kadang overwhelming,
kadang burn out, kadang capek. Kadang
00:06:46 juga teman-teman harus tahu ya kapan waktu di mana saya harus off. Jangan
sampai nanti crypto ini buka 24 jam jam
00:06:53 seteng 3 pagi kamu keasikan ya mencet-mencet begini terus besok enggak
bisa optimal kalau besok waktunya
00:06:59 bekerja. Jadi harus paham ya market buka 24 jam juga asetnya ini ada
banyak. Kamu
00:07:05 jangan takut kehilangan peluang atau kehilangan kesempatan. Karena
misalkan, "Oke, saya miss aster, akan ada lagi
00:07:13 aster baru minggu depan. Akan ada lagi potensi yang bisa kamu trade di
minggu ini." Jadi, crypto itu selalu penuh
00:07:20 dengan opportunity ya. Jangan sampai kamu membatasi diri dengan banyaknya
00:07:25 peluang yang ada. Itulah mengapa sangat penting untuk memiliki framework
risiko
00:07:31 dan juga menjadi orang yang disiplin di market. Karena orang yang bisa
bertahan di market apalagi kripto yang mana
00:07:37 volatilitasnya itu sangat tinggi, kamu harus bisa menahan ya risiko dan
juga sangat
00:07:45 disiplin di sini. Karena kripto ya ini mungkin untuk bisa menjadi
penghasilan
00:07:51 kalau teman-teman cukup jago, punya modal yang gede dan juga bisa tahan
risiko ya ini bisa menjadi salah satu
00:07:58 penghasilan tambahan. Meskipun saya enggak pernah menyarankan untuk teman-
teman all in di crypto, fokus
00:08:05 crypto boleh, tapi full time crypto itu enggak boleh. Harus tetap punya
pekerjaan, harus punya bisnis baru ya
00:08:12 sisanya trending crypto enggak masalah. Jangan bisnis ditutup, kerjaan
keluar terus mau fokus kripto ya full time di
00:08:20 crypto. Itu adalah resep untuk kehancuran. Jangan sampai seperti itu
00:08:25 ya. Kamu tetap butuh dapetin penghasilan sesuatu yang pasti. kriptonya ya.
Ini untuk
00:08:32 menopang ya sesuatu yang pasti ini. Oke. Lalu gimana mulainya trading?
Saya harus
00:08:38 mulai dari mana? Pertama mulai trading yaitu adalah memilih platformnya.
Ada
00:08:45 banyak sekali platform crypto. Salah satunya teman-teman bisa pakai Vlog
FLO.
00:08:50 Teman-teman bisa download di App Store dan juga Google Play. Dan ya itu
00:08:56 platform ya untuk trading crypto dengan interface yang mudah. Teman-teman
bisa memilih ya platform yang terpercaya
00:09:02 tentunya dan diawasi oleh OJK. Selanjutnya ya daftar akun dan KYC. KYC
00:09:08 itu adalah know your customer, suatu prosedur untuk menghindari ya AML
atau anti money laundering. Dan teman-teman
00:09:16 harus serahkan identitasnya, tunjukin mukanya baru dia bisa diproses.
00:09:21 Selanjutnya ya deposit ke akun. Deposit itu bisa dua hal. Pertama bisa
deposit
00:09:27 melalui rekening atau e-wallet gopay dan lain sebagainya. Jadi teman-teman
top up dana ini,
00:09:33 transfer dari rekeningnya ke exchange ini, baru di sini buat beli crypto.
Atau yang kedua teman-teman ini bisa
00:09:40 menggunakan yang namanya crypto juga. Jadi teman-teman juga bisa deposit
crypto dari wallet yang lain untuk masuk
00:09:47 ke dalam wallet di exchange ini. Kemudian ya lihat ya potensi pantau dan
00:09:53 kelola transaksinya. Dan teman-teman pilih ya aset mana yang akan teman-
teman
00:09:58 beli. Kalau untuk pemula biasanya belinya Bitcoin dulu. Jadi setelah
daftar exchange, setelah daftar akun ya
00:10:06 udah deposit uang masuk dari bank, terus pilih-pilih ya mungkin buat
latihan
00:10:12 yaitu pertama beli Bitcoin dulu. Nah, setelah udah ya dan teman-teman ini
udah
00:10:18 membeli Bitcoin, pertama saya selalu saranin teman-teman mulai dengan
modal yang kecil. Seiring dengan pemahaman
00:10:24 kita yang meningkat, kita harusnya ya menjadi semakin lebih agresif.
Jangan
00:10:30 sampai kamu mau agresif di awal, tapi kamu enggak punya knowledge-nya. Itu
00:10:35 sama aja saya mau tiba-tiba ya ikut F1 di Singapura pasti nabrak, pasti
mati
00:10:42 saya 100% ya. Jadi jangan sampai kamu enggak punya knowledge tapi kamu
pengin terjun ke sana. Itu namanya bunuh diri.
00:10:50 Karena keberanian harus diikuti juga dengan keterampilan. Keberanian tanpa
keterampilan
00:10:56 itu adalah rumus untuk kehancuran, ya. Jadi jangan sampai kamu enggak
terampil tapi gaya-gayaan
00:11:03 ya. Jangan. Itulah mengapa saya selalu ngomong kalau teman-teman di awal
mulailah dengan modal yang kecil. Dan
00:11:10 tips untuk teman-teman pemula hindari leverage trading, hindari market
derivatif yang bisa dua arah. Kenapa?
00:11:17 Karena kamu kalau salah atau kalah di market yang hanya nebak satu arah,
gimana kamu nebak dua arah itu kamu
00:11:25 pasti lebih berantakan dan hindari leverage yang berlebihan. Itulah
mengapa saya ngomong buat teman-teman pemula
00:11:31 baru 1 tahun di crypto, fokus aja di spot market. Jangan coba ya untuk
00:11:36 trading derivatif apalagi lihat PNL yang naik turun kamu pasti stres, kamu
pasti
00:11:41 pusing dan kamu pasti enggak bisa berpikir dengan objektif. Harus teman-
teman pahami ya money management
00:11:48 oke di sini adalah seni pengelolaan modal karena banyak sekali orang yang
psikologisnya bermasalah itu karena
00:11:55 tidak bisa mengelola money managemen yang baik dan benar. Karena teman-
teman harus paham ini adalah game tentang
00:12:01 mencari uang, mengelola uang, mengalokasikan uang. Jadi, manajemen tentang
uang itu adalah hal yang
00:12:07 paling-paling penting yang harus teman-teman pahami. Jadi, banyak yang
gagal di market ya 90%. Nah, itu karena
00:12:16 faktor money managemen dan juga faktor psikologis. Jadi, money managemen
tentang cara mengatur uang ini harus
00:12:23 dipahami. Lalu, gimana sih ya sebenarnya cara menerapkan money
managementen? Pertama, yang paling gampang teman-teman
00:12:30 harus pakai uang dingin. Kenapa? Karena kripto apapun termasuk Bitcoin itu
00:12:35 merupakan aset yang bisa turun sampai 70%. Jadi kalau teman-teman punya
uang
00:12:41 Rp100 juta ketika mau berinvestasi di cripto harus punya mindset bahwa ini
uang saya bisa tinggal R30 juta aja
00:12:48 bahkan ketika saya itu membeli Bitcoin. Kenapa? Karena potensi risiko dan
volatilitasnya itu sangat tinggi. Itu
00:12:54 harga yang harus teman-teman bayar untuk potensi kenaikan yang tinggi
juga. Jadi di dunia ini itu sangat adil. enggak ada
00:13:01 potensi kenaikan tinggi dengan risiko yang minimum itu enggak ada. Itulah
00:13:06 mengapa sangat penting membatasi risiko per transaksi. Ya, saya selalu
ngomong
00:13:12 di sini aturan risiko per transaksi itu adalah 2 sampai 5% dari modal.
Misalkan
00:13:18 teman-teman ya, modalnya ini R10 juta, setiap transaksi itu maksimal R00
sampai
00:13:24 Rp500.000. Jadi misalkan deposit R10 juta ke flog, oke itu 200 sampai
00:13:29 Rp500.000 R per transaksi. Jangan lebih dari itu. Misalkan teman-teman mau
membeli koin di situ, Arbitrum, mau
00:13:35 membeli hyperliquid, mau membeli misalkan Polkadot, Solana ya maksimal
00:13:41 itu adalah Rp500.000 kalau teman-teman itu modalnya adalah R10 juta.
Karena teman-teman harus membagi posisi ke
00:13:49 beberapa ya itulah mengapa jangan lebih dari 5% untuk setiap trade yang
00:13:54 teman-teman lakukan. Selanjutnya yang paling penting itu adalah menentukan
di
00:13:59 mana letak take profit dan juga stop loss. Misalkan teman-teman membeli
BNB
00:14:04 di harga R5 juta, nanti ketika dia udah naik ke R10 juta dan teman-teman
mau
00:14:10 merealisasikan keuntungannya, misalkan tadi masuk Rp500.000 dia jadi R1
juta, ya teman-teman klik tombol jual. Klik
00:14:17 tombol jual itu sama pentingnya dengan klik tombol beli. Itu adalah take a
profit. itu adalah suatu skema di mana
00:14:26 teman-teman ini bisa merealisasikan keuntungannya. Begitu juga stop loss.
Misalkan teman-teman membeli BNB, oke di
00:14:33 harga R5 juta dengan uang Rp500.000 dan ketika BNB ini turun ke
00:14:39 2.500 misalkan. Oke, itu teman-teman udah drop portofolionya tinggal
00:14:44 Rp250.000 aja. Di situ teman-teman juga bisa memilih opsi untuk stop loss
untuk
00:14:49 opsi buang posisinya. Oke, itulah mengapa ya penting sekali untuk
00:14:56 mengendalikan emosi dan jangan FOMO ya. Kalau misalkan aset itu naiknya
udah tinggi ya kita take profit. Jangan naik
00:15:03 naik udah tinggi ya kita tambahin posisi lagi. Ingat ya keserakahan itu
bisa
00:15:08 menjerumuskan. Jadi teman-teman harus sangat hati-hati. Dan di sini ya di
crypto itu penting untuk melakukan
00:15:15 diversifikasi. Kalau teman-teman udah beli Bitcoin ya, teman-teman juga
bisa melihat peluang untuk membeli yang lain.
00:15:22 Mungkin Ethereum, mungkin Ripple, mungkin BNB, mungkin Solana. Tujuannya
apa? Melakukan diversifikasi. Enggak ada
00:15:28 yang tahu ya Bitcoin ini naik terus atau enggak. Bisa aja keempat aset
yang lain
00:15:33 yang naik. Tapi kalau kita beli Bitcoin terus Bitcoin ini sideway enggak
ke mana-mana, sementara aset yang empat ini
00:15:39 tadi naik, ya kita akan kehilangan potensi kenaikan dari empat ini. Itulah
mengapa diversifikasi itu penting.
00:15:45 Karena enggak ada jaminan ya, satu koin yang kamu pilih itu dia akan naik
sendiri. Bisa aja dia enggak naik ketika
00:15:52 semuanya ini naik. Itulah sangat penting ya untuk melakukan diversifikasi
supaya apa? Kalau misalkan ada satu yang enggak
00:15:59 naik, mungkin yang keempat ini bisa naik. Begitu juga sebaliknya. Oke,
kalau yang satu ini ya turun ya, harapannya
00:16:06 yang empat ini turunnya juga enggak signifikan juga. Jadi, money
managementen itu sama seperti pakai
00:16:12 sabuk pengaman. Meskipun kamu bukan seorang pengemudi yang terampil,
setidaknya amit-amit kalau kamu nabrak
00:16:19 tembok ya kamu nabrak mobil yang lain, kamu masih punya sabuk pengaman
yang melindungi kamu. Karena pada dasarnya ya
00:16:25 market itu relatif sulit dan teman-teman harus menerapkan money
managementen yang baik dan benar. Oke, kita masuk sistem
00:16:33 trading. Di sini saya akan mengajari teman-teman analisa teknikal dan
fundamental yang dasar. Jadi sangat
00:16:39 penting ya untuk menganalisa pasar itu kita satu ya melakukan yang namanya
analisa teknikal, melihat grafik,
00:16:48 menarik-narik garis supaya bisa tahu ini grafik ini mau ke arah mana.
Selanjutnya
00:16:53 kita melakukan analisa fundamental untuk mengetahui nilai intrinsik dari
suatu aset itu seperti apa. Saya suka pakai
00:17:00 teknikal dulu baru saya kombinasikan dengan fundamentalnya. Saya bukan
aliran yang lihat fundamental dulu baru
00:17:06 teknikal. Kenapa? Karena saya percaya aset itu bisa dilihat hanya dengan
chart. Hanya dengan chart itu kita bisa
00:17:13 melihat psikologi pasar, kita bisa melihat area of value, kita bisa
melihat
00:17:19 ini waktunya beli atau waktunya jual. Nah, analisa teknikal itu terkait
dengan
00:17:24 melihat chart. Jadi, kalau teman-teman pakai platform trading view atau
kalau misalkan di vlog ya itu juga bisa ya
00:17:30 melihat chart-nya. ini teman-teman akan disajikan chart seperti ini. Jadi
kalau teman-teman melihat chart seperti ini
00:17:36 itu teman-teman adalah ya melakukan analisa teknikal. Jadi ketika teman-
teman oke ini chart-nya mau naik,
00:17:41 oh ini chart-nya mau turun itu teman-teman melakukan yang namanya
technical analysis atau analisa
00:17:48 teknikal. Jadi ya analisa teknikal itu mengedepankan
00:17:53 chart, mengedepankan garis ya, mengedepankan grafis ini mau ke mana
00:17:58 daripada nilai intrinsiknya. Nilai intrinsik itu tentang fundamental
value, tentang revenue-nya berapa, tentang
00:18:05 siapa di baliknya, tentang sekarang ini ada red cut atau enggak, itu
fundamental. Oke, teknikal itu tentang
00:18:12 oke ini chart-nya bagus nih untuk dibeli. Itu adalah teknikal. Dan kalau
00:18:18 kita ngomongin tchnikal, sangat penting kita untuk membahas yang namanya
candlestick. Candlestick itu komponennya
00:18:24 dua yang paling gampang, candle naik dan candle turun. Candle naik
biasanya digambarkan dengan warna yang terang.
00:18:30 Biasanya hijau, biasanya putih, atau warna terang yang lain. Sementara
candle turun ya untuk menunjukkan bahwa harga
00:18:38 ini turun digambarkan dengan warna merah atau warna hitam atau warna gelap
lain
00:18:43 untuk menunjukkan bahwa ada penurunan harga. Tapi kalau candlesticknya ini
terang, itu ditujukan untuk menunjukkan
00:18:50 ke teman-teman ada yang namanya kenaikan harga dan pembukaan ya atau harga
pembukaan dari suatu candle. itu dari
00:18:58 bawah bodinya untuk candle yang mengalami kenaikan. Sementara yang di sini
ya kalau teman-teman lihat itu
00:19:04 selalu ada wig ya. Candle itu kan seperti lilin. Oke ini adalah tubuh
lilinnya. Ini adalah bagian sumbunya.
00:19:10 Harga paling rendah ya atau lowest price itu ada di bawah ya ketika kita
ngomongin candle yang bullish dan harga
00:19:18 penutupan ya itu di tunjukkan ya dari atas dari bodinya. Sementara week
paling
00:19:24 atas itu adalah harga paling tinggi dari suatu sesi tersebut. Begitu juga
ya
00:19:29 sebaliknya ketika candle mengalami penurunan ya ini ada lowest price tapi
close price-nya itu di bawah bodinya dan
00:19:37 open price itu adalah di atas body dan highest price atau weak atasnya itu
adalah harga paling tinggi dari candle
00:19:44 yang mengalami penurunan. Jadi ada dua yang harus teman-teman perhatikan.
Pertama body dan kedua itu adalah
00:19:51 shadow. Shadow ini bisa juga disebut wick, bisa juga disebut sebagai sumbu
lilinnya. Sementara ini adalah tubuh
00:19:58 dari lilin itu. Jadi harus dipahami. Oke, ada harga paling rendah, harga
ada
00:20:03 harga paling tinggi, begitu juga ya sama dengan harga yang mengalami
penurunan. Ada harga paling rendah, ada harga
00:20:09 paling tinggi. Nah, selanjutnya ketika kita sudah memahami tentang candle,
kita penting juga untuk melihat yang namanya
00:20:16 time frame. Time frame itu ada time frame besar, ada time frame kecil.
Time frame besar itu selalu digunakan untuk
00:20:22 melihat tren jangka panjang. Saya selalu gunakan chart bulanan, chart
mingguan, bahkan chart tahunan untuk melihat
00:20:28 kira-kira trennya Bitcoin ini naik atau turun. Selanjutnya saya perkecil
lagi ke time frame yang lebih kecil untuk ke
00:20:35 daily chart atau chart 4 jam untuk melihat di mana saya bisa melakukan
00:20:40 entry. Jadi, teman-teman harus paham chart besar, time frame besar
bulanan,
00:20:46 mingguan itu digunakan untuk melihat tren. Chart harian, chart 4 zaman itu
00:20:52 digunakan untuk mengetahui analisa teknikal atau kita entry-nya di mana.
00:20:57 Jadi harus teman-teman pahami higher time frame and lower time frame. Dan
00:21:02 candlestick itu selalu memiliki pola ya. pola itu adalah suatu formasi,
suatu
00:21:08 bentuk tertentu yang menunjukkan psikologis di market. Contohnya ya,
00:21:13 ketika market ini mau bullish, selalu ada yang namanya hammer pattern.
Hammer
00:21:18 pattern itu menunjukkan ya bahwa harga ini udah jenuh turun. Oke, udah
mencapai titik paling rendahnya di bawah.
00:21:26 Kemudian di sini para pembeli yang mencoba menaikkan harga, ngpush harga
naik dan bentuknya seperti palu ya. Sama
00:21:35 ya seperti teman-teman yang melihat palu, palu itu kalau dipukul dep ya
barang itu bisa naik. Sama seperti
00:21:41 mainan ya di pasar malam yang mana kita mukul ya dengan hammer bu ya
kemudian bolanya naik. Sama juga ya dengan
00:21:48 analogi hammer pattern ini di mana ketika kita melihat momentum hammer itu
00:21:53 adalah momentum untuk melakukan pembelian di semua time frame. Selanjutnya
ya ada bullish angle thing
00:21:59 di mana di sini adalah candle body yang full. Ini menunjukkan apa teman-
teman? ini menunjukkan bahwa ada confidence,
00:22:06 ada pembeli yang banyak ya, volumen-nya gede yang menunjukkan kalau harga
ini udah ada konfirmasi bakal melakukan
00:22:13 rally dan biasanya ketika ada bullish angle fining ya dengan formasi ya
omong bullish anglefin ini adalah bullish
00:22:20 candle yang tebal yang volumenya gede oke di situ ada ya potensi untuk
00:22:25 mengalami kenaikan selanjutnya ya ada morning star ya di mana di sini
berbeda dengan hammer hammer ini ada ee shadow
00:22:33 ya di bawah aja. Tapi kalau Morning Star itu shadow di dua sisi ya, dengan
candle
00:22:38 yang tidak terlalu besar bodinya. Dan ini pun juga bisa teman-teman
jadikan suatu potensi ya harga ini akan
00:22:45 mengalami kenaikan. Selanjutnya ada hanging man pattern ini adalah
kebalikan
00:22:50 ya dari hammer di mana hanging man itu sama seperti hammer tapi dia
cenderung
00:22:56 berish ya. Warnanya baris dan biasanya ada ketika harga ini ada di atas.
Ini menunjukkan apa? menunjukkan bahwa harga
00:23:04 ini berpotensi ya mengalami yang namanya penurunan. Sama juga ya baris
engolfing
00:23:10 dengan bullish engolfing hanya kebalikannya ini menunjukkan momentum
selling yang tinggi atau para penjual ya
00:23:17 ini ingin ya menjual harga dan evening star ya sama dengan morning star
kebalikannya shadow di dua sisi dan
00:23:25 warna merah ya biasanya di atas ini pola candlestick yang harus teman-
teman perhatikan. Nah, itulah mengapa ya
00:23:32 membaca candlestick ketika bullish itu sangat penting karena ada banyak
sekali bullish formation ya, ada ratusan ya
00:23:38 formasi candlestick yang teman-teman bisa cari sendiri ya. Contohnya ada
bullish spinning top ya, bullish marubozu ya, morning star yang mana
00:23:46 selalu ya setiap kali ya ada candlestick yang bullish itu memberikan
momentum kenaikan ke market. Sama seperti ini ya,
00:23:52 kalau kita lihat di Bitcoin di sini ya ada terpantau ada morning star di
sini
00:23:58 kemudian bullish englefing dan ketika kita melakukan pembelian ya harga
ini cenderung mengalami kenaikan. Sama juga
00:24:04 nih di sini ya ada bullish anglefing kita melakukan pembelian dan harga
mengalami kenaikan. Jadi membaca
00:24:10 candlestick itu tentang ya teman-teman memahami momentum di market ya
tentang memahami bahwa ada ya supply and demand
00:24:18 ya terbentuk suatu permintaan dan penawaran. Nah sama juga ya membaca
candlestick ketika baris yaitu
00:24:24 menunjukkan adanya tekanan jual ya seperti berish spinning top ya berish
00:24:29 marubozu ya evening star yang menunjukkan momentum harga itu mau mengalami
penurunan. Sama seperti ini
00:24:35 ya, kita melihat di sini ada barish angle fing dan ya itu pertanda di mana
oke saatnya take profit dan harga
00:24:41 mengalami penurunan. Sama juga ya seperti ini ya kita weekly chart juga
berpotensi ya teman-teman membentuk yang
00:24:48 namanya berri oke angle dan juga ya ada ya potensi penurunan yang lebih
lanjut.
00:24:55 Jadi teman-teman ya sangat penting untuk memahami candlestick ya, memahami
formasi dan tahu area di mana melakukan
00:25:03 pembelian dan melakukan penjualan. Nah, selanjutnya ada yang namanya
support and
00:25:08 resistance. Support and resistance itu menunjukkan area di mana kita itu
harus melakukan yang namanya pembelian atau
00:25:16 penjualan. Paling gampang beli itu diupport. Support itu area ya untuk
melindungi ya bahasanya support. Itulah
00:25:23 mengapa ketika mendekati support, orang akan support harganya itu supaya
naik. Resistance ya atau atap itu analoginya
00:25:30 sama seperti teman-teman melempar bola naik. Biasanya ketika dia natap di
atap ya, dia turun lagi ya. Itu adalah
00:25:37 analogi support and resistance yang sangat jelas. Jadi teman-teman harus
00:25:42 memahami, harus menggambar support itu selalu ada di bawah e atau di area
bawah
00:25:48 harga. Sementara resistance itu ada di area atas harga. Ketika harga
mengalami breakout dari atas resistance itu
00:25:54 menunjukkan bahwa harga akan mengalami kenaikan yang lebih tinggi.
Sementara ketika harga itu break di bawah support
00:26:00 itu menunjukkan bahwa support tersebut udah tidak bisa menahan harga dan
harga akan mengalami penurunan yang lebih
00:26:07 dalam. Nah, selanjutnya ada indikator teknis lain ya. Indikator itu ada
tiga. Pertama, tren indikator untuk melihat
00:26:14 ini tren ke mana. Dua, osilator untuk melihat area jenuh beli atau jenuh
jual. Ketiga itu adalah volume indikator. Nah,
00:26:20 ini contohnya ya. Moving average digunakan untuk melihat trend. Misalkan
teman-teman menggunakan moving average
00:26:27 13 atau 10 ya itu adalah merata-rata ya garis itu merata-rata dari 10
harga
00:26:32 terakhir. Kalau moving average 13 itu merata-rata dari 13 harga terakhir.
Jadi
00:26:38 teman-teman harus pahami ketika harga itu berada ya di atas moving
average-nya itu teman-teman bisa melakukan ya posisi
00:26:45 pembelian sama seperti ini ya garis moving average harga ada di atasnya.
Kalau teman-teman membeli harga akan
00:26:51 terus mengalami kenaikan. Dan ketika dia ya turun di bawah moving average-
nya ya sama seperti ini itu waktunya melakukan
00:26:57 penjualan dan terbukti ya harga mengalami penurunan. Selanjutnya RSI ya
relative strength index untuk melihat ya
00:27:05 area overboat dan juga oversold untuk mengetahui ya kira-kira market ini
00:27:10 momentumnya seperti apa. Apakah orang sudah jenuh beli dan jenuh jual?
Kalau orang itu sudah jenuh beli dan harga
00:27:16 naik terus itu RSA itu ada di area yang tinggi. Itu menunjukkan apa? itu
00:27:21 waktunya melakukan penjualan. Ya, sama seperti ini ya teman-teman ketika
lihat RSI ada di area tinggi Bitcoin mengalami
00:27:27 koreksi. Sama juga di Maret 2024 RSI di area tinggi Bitcoin juga mengalami
00:27:32 koreksi ya. MACD juga bisa digunakan untuk melihat momentum. Sama juga
dengan volume indikator ya. Volume itu
00:27:39 bentuknya seperti bar. Kalau tinggi ya volume penjualannya itu
mengkonfirmasi
00:27:44 bahwa harga itu berpotensi mengalami penurunan. analisa teknikal yaitu
membutuhkan waktu dan latihan. Sama
00:27:51 seperti teman-teman latihan gambar ya, latihan melihat suatu seni. Enggak
ada sesuatu yang pasti. Tapi overtime kalau
00:27:59 teman-teman setiap hari ya selama 2 bulan tuh lihat chart, lihat chart,
lihat chart, saya yakin teman-teman itu
00:28:04 akan paham mendalam ya tentang technical analysis. Selanjutnya kita akan
melihat
00:28:09 analisa fundamental. Analisa fundamental ini tentang mengetahui apakah
aset itu layak dihargai atau enggak. Kalau kita
00:28:16 lihat ya di website token terminal, kita lihat nih Bitcoin ya seperti apa,
banyak atau enggak aktif address-nya, aktivitas
00:28:23 jaringannya itu seperti apa. Dengan kita melihat aktivitas jaringan, kita
akan mengetahui aset ini beneran ada nilainya
00:28:29 atau enggak. Jangan sampai ya aset itu bisa mengalami kenaikan yang
signifikan tapi hanya didorong oleh hype. Ya, itu
00:28:37 sangat penting untuk melihat yang namanya fundamental. Nah, analisa
fundamental di dalam kripto terutama
00:28:42 project altcoin itu bisa dilihat dari beberapa. Pertama, teknologi dan use
case. Apakah dia defi, apakah dia layer
00:28:49 one, apakah dia layer two, apakah dia project AI? Fungsinya apa? Kira-kira
project itu dibangun itu buat apa? Itu
00:28:56 harus teman-teman pahami. Kedua, teman-teman juga harus melihat tim
pengembangnya. Siapa sih di belakangnya,
00:29:02 developernya jago atau enggak, dulu projectnya ini bermasalah atau enggak,
itu sangat penting untuk teman-teman
00:29:08 lihat. Selanjutnya, komunitas dan dukungan investor. Kira-kira ada
investor besar enggak sih yang invest di
00:29:13 sana? kira-kira komunitasnya jalan atau enggak itu juga bisa teman-teman
lihat. Selanjutnya ya, market cap dan juga
00:29:19 volume untuk melihat ya apakah orang ini suka ya transaksi di sini atau
enggak dan terakhir lihat sentimen publik bagus
00:29:26 atau enggak dengan project tersebut. Itulah mengapa ya penting sekali
kalau kita lihat ya project ini menguasai ya
00:29:33 suatu fungsi tertentu. Dia juga diinvest oleh investor besar dan komunitas
00:29:40 responnya bagus. Ya, itu juga menjadi kunci fundamental untuk mendukung
harganya. Misalkan tadi kita oke ya
00:29:46 secara chart saya beli di support kemudian RSI-nya jenuh jual, ada potensi
00:29:52 dia mengalami kenaikan terus juga ada bullish anglfing. Terus kita juga
melihat ya fundamentalnya bagus ya
00:29:57 didukung oleh banyak investor ya itu juga mendukung ya analisa yang kita
lakukan. Kadang kala ya kita juga
00:30:05 melihat faktor eksternal dan juga makro karena makro itu sangat berkaitan
erat ya keadaan ekonomi makro. Kalau ekonomi
00:30:13 dunia lagi dalam fase resesi, orang sudah enggak pikir tuh beli koin,
enggak pikir tuh beli Bitcoin. Mereka pikirnya
00:30:19 akan beli makanan ya, beli bayar ya, kontrakan. Itu yang akan mereka
pikir.
00:30:26 Itulah mengapa ya faktor eksternal dan makro itu sangat mempengaruhi. sama
ya seperti dulu kenaikan Tesla di 2021 itu
00:30:33 didukung ya oleh adanya ya faktor eksternal yang luar biasa bagus. Dan
00:30:38 selanjutnya ya teman-teman juga bisa ya membaca white paper. White paper
itu semacam panduan ya mengapa project itu
00:30:45 dibuat, bagaimana fungsinya, seperti apa konsensusnya dan teman-teman
harus baca juga ya white paper dari Bitcoin ya,
00:30:52 peer to peer electronic cash system untuk mengetahui kira-kira project ini
seperti apa dan arahnya ini bagaimana.
00:30:59 Harus teman-teman pahami selanjutnya ya, jenis-jenis trading di crypto itu
ada beberapa. Saya ngomong trading style ini
00:31:06 sangat personal karena trading style saya itu berbeda dengan trading style
teman-teman. Gaya trading kalian pertama
00:31:12 ada yang det trading ya. Ini jangka pendek biasanya close posisi di hari
yang sama. Kamu ambil posisi 2 3 jam
00:31:19 kemudian kamu sudah keluar. Ya itu ada yang suka seperti itu. Ada juga
yang swing trading harian, mingguan juga
00:31:26 bisa. Misalkan sekarang beli, minggu depan baru dijual. Itu juga ada.
Karena apa? Mungkin mereka bekerja enggak bisa
00:31:33 setiap hari lihat chart. Misalkan minggu ini saya beli arbitrum. Oke,
minggu depan arbitroom-nya saya jual. Oke,
00:31:38 minggu ini saya beli hyper liquid. 4 hari lagi saya jual hyper liquid-nya.
Itu swing trading. Ada juga ya yang
00:31:44 scalping ini lebih agresif lagi. Bisa kamu buka posisi 45 menit lagi kamu
00:31:50 close. Ya, ada juga yang karakternya investasi jangka panjang. Jadi
investor aja beli Bitcoin nabung untuk 5 sampai
00:31:57 10 tahun ke depan. Jadi itu gaya orang ya berbeda-beda. Oke. Dan di market
ya
00:32:02 seperti crypto yang sudah saya jelaskan ada spot trading. Kamu hanya bisa
ambil satu posisi dan berharap marketnya itu
00:32:08 naik. Kamu beli di harga murah, kamu jual di harga mahal. Kalau derivatif
itu kamu bisa ambil posisi dua. Kamu bisa
00:32:15 long atau buy dan berharap harga ini mengalami kenaikan dari titik rendah
ke titik tinggi. Kamu juga bisa pasang
00:32:22 posisi sell short. Nanti kalau harga itu dari titik tinggi ke titik
rendah, kamu bisa memperoleh yang namanya keuntungan.
00:32:28 Kamu juga bisa pakai margin ya atau leverage. Kalau kamu bisa lihat 10 * 5
itu maksudnya apa? Kali 5 leverage itu
00:32:35 kalau kamu punya modal R10 juta kamu bisa dikali 5 modalnya. Jadi, modal
yang kamu miliki itu bisa jadi Rp50 juta.
00:32:42 Tapi ingat ya, kalau dia harganya turun ya di bawah harga likuidasi, kamu
bisa kehilangan semua uang yang kamu miliki.
00:32:49 Itulah mengapa harus sangat hati-hati dengan yang namanya margin trading.
Dan
00:32:54 kunci sukses ya di dalam trading crypto itu adalah manajemen risiko yang
tinggi. Karena overtime ya performa kita itu
00:33:02 harus dievaluasi. Ini ada proyeksi ya yang harus teman-teman lakukan ya
sebelum melakukan trading. Pertama ya
00:33:09 teman-teman harus membuat yang namanya perkiraan saya entry dan exit itu
di mana. Contoh tadi saya beli BNB di harga
00:33:17 R5.000 gitu misalkan ya atau BNB dulu ya misalkan di harga R5 juta. Saya
mau exit
00:33:23 di harga R10 juta ya itu adalah perkiraan. Jadi harus teman-teman punya
yang namanya trading plan. Oke, saya
00:33:28 misalkan mau beli Bitcoin di harga R00 juta, saya akan jual Bitcoin di
harga R miliar. Oke, setelah naik 4 kali lipat.
00:33:36 Itu adalah suatu prediksi dan perkiraan yang harus teman-teman lakukan.
Teman-teman juga harus membuat yang
00:33:41 namanya proyeksi. kira-kira dalam berapa minggu atau bulan nih Bitcoin
bisa mencapai target saya tersebut dan kalau
00:33:48 enggak bisa itu saya harus apain? Jadi, Teman-teman juga harus membuat ya
proyeksi itu jangka menengah, jangka
00:33:54 panjang dan ketika di tengah-tengah dia tidak sesuai dengan harapan teman-
teman, teman-teman bisa melakukan yang namanya
00:34:00 evaluasi posisi. Ya, selanjutnya lihat target, lihat skenario. Ada banyak
ya
00:34:06 alat bantu ya, trendline, chart, dan juga indikator. Tapi itu sifatnya
membantu bukan yang utama. yang utama ya
00:34:13 teman-teman harus perhatikan juga ya analisa-analisa yang lain seperti
fundamental dan sentimen. Perlu
00:34:20 diisclaimer bahwa tidak ada yang pasti. Banyak berita yang tiba-tiba ya
keluar
00:34:25 tidak terduga dan sewaktu-waktu harus kita ambil aksinya. Itulah mengapa
kita
00:34:31 sediain komunitas gratis ke teman-teman. Klik link Discord di bawah kalau
mau masuk ke dalam komunitas kita secara
00:34:37 gratis. Dan di situ kita akan tunjukin ke teman-teman, kamu ini harus
ngapain hari ini, market ini mau ke mana. Itu
00:34:43 kita akan bagi gratis untuk teman-teman yang join di dalam private
community kita. Jadi klik ya link gratis di bawah
00:34:51 untuk join ke Discord. Jadi apa kesimpulan hari ini? Kalau mau trading
00:34:56 dari nol mulai dengan langkah yang kecil. Pakai uang dingin karena kripto
itu bisa turun 70%. Belajar teknikal,
00:35:04 belajar fundamental. Habis itu coba kelola emosi dengan baik ya. Coba
tanpa emosi karena trading itu aktivitas
00:35:11 berisiko tinggi. Dan setelah itu kamu punya proyeksi kapan harus keluar,
kapan
00:35:16 harus masuk. Dan semua itu enggak ada yang bisa ya lahir dalam waktu 1
hari
00:35:21 saja. Itulah mengapa selalu latihan, selalu belajar. Semoga video ini
00:35:27 bermanfaat untuk teman-teman semuanya. Jangan lupa gabung private
community kita, link Discord di bawah. Sampai
00:35:33 berjumpa di video selanjutnya. Yeah.

Anda mungkin juga menyukai