0% menganggap dokumen ini bermanfaat (0 suara)
13 tayangan13 halaman

Panduan Analisa Fundamental Kripto

Diunggah oleh

izzulbintang3
Hak Cipta
© All Rights Reserved
Kami menangani hak cipta konten dengan serius. Jika Anda merasa konten ini milik Anda, ajukan klaim di sini.
Format Tersedia
Unduh sebagai TXT, PDF, TXT atau baca online di Scribd
0% menganggap dokumen ini bermanfaat (0 suara)
13 tayangan13 halaman

Panduan Analisa Fundamental Kripto

Diunggah oleh

izzulbintang3
Hak Cipta
© All Rights Reserved
Kami menangani hak cipta konten dengan serius. Jika Anda merasa konten ini milik Anda, ajukan klaim di sini.
Format Tersedia
Unduh sebagai TXT, PDF, TXT atau baca online di Scribd

00:00:00 Kembali lagi dengan saya Kalimasada dan

00:00:01 hari ini kita akan membahas mengenai


00:00:03 analisa fundamental kripto untuk pemula.
00:00:07 Jadi di sini saya akan mengajari
00:00:09 teman-teman bagaimana cara melihat nilai
00:00:12 intrinsik suatu project altcoin. Karena
00:00:15 teman-teman paham sekarang altcoin itu
00:00:17 jumlahnya banyak sekali. Ada puluhan
00:00:20 ribu yang tercatat ya mungkin udah
00:00:22 ratusan ribu bahkan jutaan altcoin yang
00:00:25 ada. itu menyebabkan kita memperoleh
00:00:27 namanya paradox of choices. Ya, saya
00:00:30 tahu banyak yang bilang bahwa
00:00:31 fundamental itu enggak penting. Yang
00:00:33 penting hype. Kalau ada hype itu bisa
00:00:36 naik. Tapi dengan fundamental kita tahu
00:00:38 benar apa yang kita pegang barangnya.
00:00:40 Sehingga ketika ada goyangan harga
00:00:42 seperti kemarin, kita ini tidak goyah.
00:00:45 Itulah mengapa teman-teman terutama yang
00:00:48 pemula yang enggak ngerti gimana caranya
00:00:51 lihat fundamental suatu project. Yuk,
00:00:53 tonton video ini sampai selesai. Kita
00:00:55 juga punya buat teman-teman komunitas
00:00:57 gratis, tempat di mana teman-teman bisa
00:01:00 memperoleh update harian dari kita.
00:01:03 Kemudian juga ada beberapa market
00:01:05 outlook dan juga berita-berita yang kita
00:01:08 share secara gratis di Discord kita.
00:01:10 Jadi, kalau teman-teman mau bergabung ke
00:01:12 komunitas gratis akademi Crypto, klik
00:01:14 link di bawah. Nah, sebenarnya apa sih
00:01:17 analisa fundamental? Jadi analisa
00:01:19 fundamental itu merupakan suatu analisa
00:01:21 di mana ada beberapa faktor-faktor yang
00:01:23 kita perhatikan di dalam suatu project
00:01:27 altcoin. pertama teknologi, kemudian
00:01:29 utilitas, tokenomics, dan juga
00:01:32 faktor-faktor pendukung yang lain. Jadi
00:01:34 ketika teman-teman ini mau membeli
00:01:36 sesuatu, pastikan dulu teman-teman tuh
00:01:39 tahu barangnya itu barang siapa, itu
00:01:42 kerjaannya ngapain, berapa banyak token
00:01:46 yang udah beredar di market,
00:01:48 developernya kayak gimana. Itu adalah
00:01:49 hal-hal yang sangat penting teman-teman.
00:01:51 Perhatikan sebelum teman-teman beli,
00:01:53 jangan asal karena dengar temannya, oke
00:01:55 saya beli aster, kami ikut beli aster.
00:01:57 Oke, saya beli XPL. Terus ikut beli SPL,
00:02:01 akhirnya turun lebih dari 50%. Jadi
00:02:04 penting sekali untuk mengetahui suatu
00:02:06 fundamental karena ada beberapa hal
00:02:08 penting yang harus teman-teman
00:02:09 perhatiin. Pertama, kegunaan proyek itu
00:02:12 ngapain sih projectnya? Apa yang mau
00:02:14 di-sove? Karena sama seperti bisnis,
00:02:16 altcoin itu sama seperti bisnis. ketika
00:02:18 dia tidak melakukan apapun ya dia tidak
00:02:22 memiliki nilai. Contohnya apa? Kita
00:02:24 doing bisnis di sini kita media kripto
00:02:27 paling besar, kita platform edukasi
00:02:29 paling besar ya tujuannya ngajarin
00:02:31 kalian supaya kalian ngerti crypto itu
00:02:33 adalah value kita. Sama dengan altcoin.
00:02:36 Altcoin kalau enggak ada fungsinya
00:02:37 apa-apa ya dia hanya jadi batu. Oke. Dia
00:02:40 tidak memiliki suatu thesis yang kuat.
00:02:43 Kemudian kedua, tim pengembang. Siapa
00:02:46 yang ngerjain? Kalau di sini ya, Akademi
00:02:48 Crypto Timoti sama Kalimasada itu yang
00:02:50 ngerjain. Ketiga, komunitas gede enggak
00:02:53 komunitasnya. Semakin gede suatu
00:02:55 komunitas berpeluang besar suatu project
00:02:57 itu dikenal orang. Sama kayak akademi
00:02:59 Crypto. Suatu project komunitasnya gede,
00:03:03 orang banyak yang tahu. Kemudian adopsi
00:03:05 pengguna ya itu adalah jumlah orang yang
00:03:08 menggunakan project tersebut, produk
00:03:10 tersebut. Sama juga ya dengan akademi
00:03:12 crypto yang gunakan juga banyak orang.
00:03:15 Kemudian terakhir ya, data onchain di
00:03:17 mana kita bisa membedah ya struktur
00:03:20 kedalaman dep dari suatu altcoin itu
00:03:22 dengan melakukan analisa onchain karena
00:03:25 semua hal di blockchain itu sifatnya
00:03:28 transparan dan kalian bisa melihatnya.
00:03:31 Apa itu analisa fundamental crypto? Jadi
00:03:34 fundamental itu suatu genre yang mana
00:03:37 udah ada dari zaman dulu. Dulu orang tuh
00:03:40 dua analisa pakemnya mereka. Analisa
00:03:42 teknikal, kedua analisa fundamental.
00:03:45 analisia fundamental ini digunakan ke
00:03:47 banyak sekali aset kelas dari saham oke
00:03:51 dari currency, kemudian fundamental dari
00:03:54 properti dan juga komoditas-komoditas
00:03:57 yang lain. Jadi kripto itu
00:04:01 udah niru yang dulu sebelumnya udah ada
00:04:03 ya sebelumnya itu fundamental tuh sama
00:04:06 ya cara valuasi dan lain sebagainya.
00:04:07 Mungkin istilahnya saya ngomong
00:04:09 matriks-matriksnya itu ada perbedaan
00:04:12 istilah tapi overall itu sama. Kalau
00:04:14 kita ngomongin ya adopsi apa misalkan
00:04:17 perusahaan Walmart ya kan perusahaannya
00:04:19 sudah publik. Kita lihat revenue-nya.
00:04:22 Oke, kita lihat misalkan berapa banyak
00:04:25 orang yang ke sana itu sama juga dengan
00:04:27 di crypto ya. Crypto juga ada protocol
00:04:29 revenue, ada juga daily active address.
00:04:32 Itu kan pelanggannya yang pakai jaringan
00:04:34 tersebut tuh berapa banyak. Itu adalah
00:04:36 matriks yang bisa teman-teman perhatikan
00:04:38 ya. Ini ada tiga ya jenis matriks utama.
00:04:41 ada matriks onchain, matriks project,
00:04:44 dan juga matriks keuangan yang akan kita
00:04:45 bahas lebih lanjut. Nah, orang yang
00:04:48 selalu memiliki mindset tentang
00:04:51 fundamental itu adalah mereka yang
00:04:52 selalu berpikir jangka panjang. Saya
00:04:55 setuju ketika kamu mau trade jangka
00:04:57 pendek, fundamental doesn't matter.
00:04:59 Kalau kamu mau scalping, saya mau buka
00:05:01 posisi hari ini, saya mau close nanti
00:05:04 malam, yaitu kamu memang enggak harus
00:05:07 lihat fundamental. kamu cukup lihat
00:05:08 tchnical, kamu lihat pattern, kamu juga
00:05:10 lakukan analisa derivatif, kemudian kamu
00:05:13 lihat ya open interest, CVD, volume dan
00:05:16 lain sebagainya untuk kamu eksekusi.
00:05:19 Masuk hari ini keluar nanti malam. Itu
00:05:22 juga bisa teman-teman lakukan karena
00:05:24 kita juga di dalam ngasih sinyal harian
00:05:26 ke teman-teman yang malas cari, enggak
00:05:28 pengin mungkin mungkin lagi belajar tapi
00:05:31 juga pengin belajar sambil lihat hasil
00:05:33 atau sambil dapat hasil. kita di dalam
00:05:35 ada ya teman-teman untuk calls di
00:05:37 akademi crypto kita kasih sinyal harian
00:05:39 ke teman-teman setiap hari kalian bisa
00:05:41 melihat apa yang kita lakukan sebagai
00:05:43 wujud analisa internal kita jadi kita
00:05:45 cariin nih ke teman-teman kita saringin
00:05:47 nih mana yang potensi jadi top gainer
00:05:49 setiap harinya supaya apa ya supaya
00:05:52 teman-teman enggak kelewatan bisa
00:05:54 belajar ya sambil makan ikan untuk di
00:05:56 dalam jadi link ada di bawah buat
00:05:58 teman-teman yang mau bergabung ke
00:06:00 akademi Crypto. Nah, mengapa fundamental
00:06:03 ini penting? Jadi kita kalau enggak
00:06:06 memiliki suatu keyakinan, saya
00:06:09 ngomongnya conviction, kita enggak tahu
00:06:11 project itu ngapain. Kita juga enggak
00:06:13 tahu prospek dia ke depan itu kuat atau
00:06:16 lemah. Sama seperti melihat bisnis.
00:06:18 Misalkan kamu tawarin saya bisnis, oke,
00:06:20 warung bakso, saya kan juga harus lihat
00:06:22 ya kamu berapa pendapatan kamu, berapa
00:06:25 banyak customer yang beli kembali,
00:06:27 berapa banyak orang yang puas, berapa
00:06:29 banyak orang yang suka dengan tempatnya.
00:06:31 Itu adalah hal yang saya analisa untuk
00:06:35 saya melihat kamu ini bisnisnya punya
00:06:37 prospek atau enggak. Sama juga dengan
00:06:39 altcoin. Misalkan oke ini ada protokol A
00:06:42 apa ini? Layer one. Oke saya harus
00:06:43 melihat berapa banyak yang pakai
00:06:45 jaringan layer one tersebut
00:06:47 brandingannya seperti apa. Kira-kira
00:06:49 bertambah enggak orangnya setiap harinya
00:06:51 fitur yang buat dia lebih oke daripada
00:06:53 layeruan yang lain apa? misalkan
00:06:55 transaction per second-nya tuh lebih
00:06:56 cepat atau misalkan oke ini lebih retail
00:07:00 friendly fee-nya lebih rendah. Nah, itu
00:07:02 adalah suatu uniqueness kita ngomongnya
00:07:04 unique selling point ya. Itulah mengapa
00:07:07 ya dengan fundamental yang solid suatu
00:07:09 project itu bisa bertahan dalam jangka
00:07:11 waktu yang lama. Solana itu udah around
00:07:15 ya dari sekitar tahun 2020-an ya. Jadi
00:07:17 teman-teman harus paham juga enggak
00:07:20 serta-merta jadi Solana yang sekarang.
00:07:22 Etherium udah juga sejak ya tahun
00:07:25 2013-an. Jadi, Teman-teman harus paham
00:07:28 bahwa mereka ini enggak di sini dalam
00:07:31 waktu yang dekat doang. Oke, mereka ini
00:07:34 udah ada di sini sejak lama.
00:07:37 Karena bagi beberapa orang yang memiliki
00:07:39 nilai fundamental ya dalam pikiran
00:07:42 mereka dan mereka mengamini betun,
00:07:44 banyak sekali ya fan-fan di luar sana
00:07:47 yang memiliki konsep ya thesis driven
00:07:50 investing. Jadi mereka itu berinvestasi
00:07:52 sesuai dengan tesis tertentu. Mereka tuh
00:07:54 paham bahwa projek-projek ini ini
00:07:56 memiliki nilai beneran digunain. Jadi
00:07:59 kalau teman-teman mau mengambil suatu
00:08:02 pendekatan value investing di crypto,
00:08:04 teman-teman bisa melihat fundamentalnya.
00:08:06 Meskipun kalau kita ngomong fundamental
00:08:09 itu only matters 20% ya, 50% yaitu
00:08:13 adalah narrative-nya ya, 30% itu adalah
00:08:17 technical analysis-nya ya. 20% itu baru
00:08:20 fundamentalnya. Meskipun 20% ya itu
00:08:22 adalah sesuatu yang tetap harus kita
00:08:24 perhatikan. Mengapa kita penting untuk
00:08:27 melihat fundamental? pertama mengurangi
00:08:29 risiko. Warren Buffet pernah ngomong ya
00:08:31 meskipun beliau ini adalah orang saham
00:08:34 cuman banyak sekali hal-hal man sense
00:08:36 yang dia sampaikan itu applicable juga
00:08:38 buat kripto. Beliau ini menyampaikan
00:08:41 teman-teman bahwa ketika kita
00:08:43 berinvestasi kita itu harus menerapkan
00:08:45 margin of safety. Jadi kita membeli
00:08:47 sesuatu itu yang relatif under value.
00:08:49 Keadaan under value itu merupakan
00:08:51 keadaan di mana value dari suatu crypto
00:08:54 itu lebih tinggi daripada nilai
00:08:56 pasarnya. itu adalah sesuatu yang under
00:08:57 value. Sementara sesuatu yang over value
00:09:00 itu harga pasarnya itu jauh lebih tinggi
00:09:02 daripada nilai dia seharusnya. Sehingga
00:09:04 ketika kita membeli sesuatu yang under
00:09:06 value, under its own value, ya, misalkan
00:09:10 market price-nya itu masih segini ya,
00:09:12 tapi valueya itu harusnya segini.
00:09:14 Misalkan dia dijual altcoin di pasar
00:09:17 100$00 dolar, padahal kamu tahu harusnya
00:09:19 dia ini 200 karena apa? protokol yang
00:09:22 lain dengan market cap yang sama, TVL
00:09:24 yang sama, usage user dan juga jaringan
00:09:28 yang sama ini dia dinilai segini. Nah,
00:09:30 ini berarti dia itu bisa naik dua kali
00:09:32 lipat lagi. Nah, di situ mengapa ya
00:09:34 risiko ini berkurang ketika kita membeli
00:09:36 sesuatu yang lebih fundamental base dan
00:09:39 kedua meningkatkan kepercayaan diri.
00:09:41 Kalau kamu tahu ya itu seperti apa
00:09:43 produknya, seperti apa projectnya, ada
00:09:46 market dam kayak kemarin 40% minus
00:09:48 sehari kamu, oke, this will come back.
00:09:51 ya dalam jangka waktu yang cukup
00:09:53 panjang. Apa elemen-elemen yang harus
00:09:54 teman-teman perhatikan ketika
00:09:56 teman-teman ini melakukan analisa
00:09:58 fundamental? Pertama itu adalah utility.
00:10:00 Dia ini ngapain? Solusi apa yang dia
00:10:03 tawarkan? Karena banyak ya teman-teman
00:10:06 harus perhatikan bahwa permintaan yang
00:10:09 tinggi ya itu menunjukkan dia memiliki
00:10:11 prospek yang cukup bagus dan teknologi
00:10:15 blockchain itu selalu melakukan yang
00:10:16 namanya inovasi. ada layer one. Oke ya,
00:10:20 base layer ya, jaringan. Terus kemudian
00:10:24 dia lambat, V-nya tinggi keluar layer 2
00:10:27 ya sebagai solusi untuk layer one yang
00:10:30 memiliki blockchain 35 problem dan
00:10:33 kemudian dari layer 3 ya lebih
00:10:35 application models dan lain sebagainya.
00:10:36 Jadi blockchain itu pun selalu
00:10:39 berkembang. Teknologi dan juga inovasi
00:10:41 itu adalah dua kata yang tidak pernah
00:10:44 bisa dipisahkan. Jadi kalau kita ngomong
00:10:46 utility itu selalu comes back to inovasi
00:10:50 ya. Inovasi itu adalah sesuatu yang
00:10:52 sangat penting. Nah, kadang ada
00:10:54 pertanyaan-pertanyaan yang harus kita
00:10:55 pikirkan. Apakah suatu token ini
00:10:59 memiliki suatu use case atau enggak?
00:11:01 Karena banyak sekali ya kita berada di
00:11:04 era di mana hype yang terlalu tinggi itu
00:11:07 membuat orang itu jual beli batu. Kalau
00:11:09 kita ngomong ya fard coin, apa fungsinya
00:11:11 fard coin? Nothing. Kita tanya lagi
00:11:14 Godus Maximus apa fungsinya? Nothing.
00:11:17 Apa fungsinya? Ya, dog with head.
00:11:19 Nothing. Kalau Solana ada fungsinya.
00:11:21 Solana fungsinya apa? Untuk melahirkan
00:11:23 dog with head. Untuk melahirkan fcoin
00:11:27 dia adalah jaringan di mana token-token
00:11:29 tersebut itu bisa dibangun. Itulah
00:11:31 mengapa saya selalu punya prinsip yang
00:11:33 udah saya omongin di publik dari dulu.
00:11:35 Daripada kamu beli cip kasinonya, yang
00:11:38 mending kamu beli kasinonya. Ya, kamu
00:11:40 beli solan itu sama dengan kamu beli
00:11:41 kasinonya. karena banyak sekali
00:11:44 token-token yang dilahirkan di jaringan
00:11:46 Solana. Jadi, kamu harus paham juga
00:11:49 bahwa sangat penting ya untuk membeli
00:11:53 kasinya ya daripada membeli token di
00:11:55 kasinonya. Nah, ini contoh ya utilitas.
00:11:58 Memang Bitcoin itu kita ngomong digital
00:12:00 gold itu batu, emas pun juga batu. Dia
00:12:03 store of value yang udah dianggap dan
00:12:06 juga diakui nilainya oleh semua orang di
00:12:08 dunia. Itu adalah fungsi dari Bitcoin.
00:12:11 sama seperti emas digital. That's it.
00:12:13 That's all. Sementara Bitcoin ini tidak
00:12:15 fleksibel, tidak berkembang, dan tidak
00:12:17 bisa diprogram. Berbeda dengan Ethereum.
00:12:20 Etherium itu memiliki utilitas karena
00:12:22 dia punya teknologi smart contract.
00:12:24 Etherium itu bisa dibangun. Kita bisa
00:12:27 membangun sesuatu ya, decentralized
00:12:30 application di atas jaringan Ethereum.
00:12:32 Itulah mengapa dia memiliki utilitas
00:12:34 yang kuat untuk berbagai defi,
00:12:37 decentralized finance, NFT, nonfungible
00:12:39 token, game, dan lain sebagainya. Itulah
00:12:42 mengapa orang sebut bahwa Etherum ini
00:12:44 adalah uang yang bisa diprogram, ini
00:12:46 adalah uang masa depan yang fleksibel
00:12:48 sesuai dengan utilitas tertentu. Jadi,
00:12:50 di sini kita sudah bisa melihat ya dua
00:12:52 perbedaan landscape dari Bitcoin dan
00:12:55 juga Ethereum itu sendiri. Nah,
00:12:57 selanjutnya kita juga harus melihat
00:12:59 tokenomics, distribusi dari token dan
00:13:02 juga model ekonominya. Karena percuma
00:13:04 kalau misalkan mereka ini bagus, oke,
00:13:06 mereka punya fundamental yang oke.
00:13:09 Mereka mau bikin layer one yang paling
00:13:10 cepat di dunia, paling murah 0 V dan
00:13:13 lain sebagainya. Tapi harus dilihat juga
00:13:15 tokenomic-nya seperti apa. Berapa banyak
00:13:17 orang pegang berapa. Kalau misalkan ya
00:13:19 token-nya itu sangat tersentralisasi,
00:13:22 oke artinya apa? yang pegang itu lebih
00:13:25 banyak adalah developernya sendiri ya.
00:13:28 Kamu memegang kepercayaan yang terlalu
00:13:31 tinggi ke developernya. Artinya apa? Ya,
00:13:33 kamu stor duit ke sana terus ketika
00:13:35 harga suatu token itu naik. Jadi yang
00:13:38 paling penting ya token itu harus rata.
00:13:40 Rata artinya apa ya? developer fine ya,
00:13:43 mereka butuh bagian, mereka juga butuh
00:13:45 makan bikin project ini. Dua, investor
00:13:48 enggak masalah ya ada venture capital
00:13:50 dan sebagainya karena mereka juga akan
00:13:52 bantu naikin value suatu project.
00:13:54 Kemudian ketiga, community ya yang mana
00:13:57 biasanya dapat ya airdrop dan lain
00:13:59 sebagainya itu harus balance antara tiga
00:14:01 itu. Jangan terlalu berat ke
00:14:03 developernya atau terlalu berat ke
00:14:05 investornya. Jadi memang harus rata,
00:14:08 tapi kebanyakan ya kalau kita melihat
00:14:10 sekarang ya model dari tokenomic
00:14:13 berbagai altcoin seperti hyperliquid ini
00:14:15 mereka ya men buang ya investor di
00:14:20 tengah. Jadi itu tentang ya dari DEF dan
00:14:23 juga para early contributor dalam
00:14:27 jaringan tersebut yang mana dia dapat
00:14:29 airdrop ya dari hype terus-menerus dan
00:14:31 itu adalah airdrop paling sukses
00:14:33 sepanjang sejarah kripto. Jadi
00:14:35 teman-teman harus perhatikan ya total
00:14:37 supply seberapa banyak maksimum token
00:14:40 ini bisa ya diproduksi. Kemudian
00:14:43 circulating supply mengenai berapa
00:14:46 banyak yang ada sekarang dan maksimum
00:14:48 supply ya ini pol yaitu bisanya berapa
00:14:51 dan juga dilihat ya distribusi token dan
00:14:53 juga holdernya awal tuh seperti apa,
00:14:55 udah berapa banyak yang keluar sampai
00:14:57 kapan ya schedule keluarnya itu juga
00:15:00 harus teman-teman perhatikan.
00:15:02 Teman-teman bisa pakai ya inside unlock
00:15:04 website yang gratis itu untuk melihat ya
00:15:07 kira-kira ini token mau unlock kapan.
00:15:09 Kemudian juga lihat ya mekanisme bakar
00:15:11 atau emisi. Kita tahu banyak sekali ya
00:15:14 BNB itu deflationary itulah mengapa
00:15:16 harganya bisa naik terus. Beberapa
00:15:18 project ya seperti ya kita ngomong pam
00:15:21 dan lain sebagainya mereka itu tidak
00:15:23 melakukan yang namanya burn tapi mereka
00:15:25 itu buy back ya. It's kind of different
00:15:27 ya daripada mereka melakukan yang
00:15:29 namanya burn. Jadi mereka itu enggak
00:15:31 dibuang tokennya tapi mereka belikan
00:15:33 lagi tokennya di market ya. Pumpfund,
00:15:36 hyperliquid, WLFI juga itu memiliki
00:15:38 strategi ya, forme meme itu juga mereka
00:15:41 memiliki strategi di mana mereka bikin
00:15:43 protokol, mereka dapat revenue,
00:15:45 revenue-nya buat beli tokennya di
00:15:47 market. Oke, sehingga berharap apa ya
00:15:50 mengalami kenaikan harga. Selanjutnya
00:15:52 ada ya utility dalam ekosistem karena
00:15:56 token ya tanpa utility yang nyata itu
00:15:59 memiliki risiko yang cukup tinggi. Jadi
00:16:02 mengapa ya Bitcoin ini memiliki
00:16:04 tokenomics yang disukai oleh investor?
00:16:06 Pertama ya dia supppynya itu sudah
00:16:07 maksimal di 21 juta. Jadi kita tahu
00:16:10 bahwa Bitcoin itu tidak akan bisa terbit
00:16:12 lagi setelah dia hit
00:16:18 sekian. Jadi tinggal sedikit bitcoin
00:16:20 yang bisa diperebutkan. Itulah mengapa
00:16:22 banyak orang yang cukup bullish ya
00:16:23 dengan token Omic dari Bitcoin dan juga
00:16:26 semakin kecil penerbitannya karena
00:16:28 adanya halving dan juga makin lama yang
00:16:30 ditambang itu udah habis dan tiga ya
00:16:32 selalu diminati orang sebagai store of
00:16:34 value digital hanya 21 juta diakui semua
00:16:37 orang dan lain sebagainya itulah mengapa
00:16:40 dia memiliki nilai selanjutnya kita bisa
00:16:43 melihat ya matriks onchain dan juga
00:16:44 kinerja jaringan pertama penting untuk
00:16:47 kita melihat jumlah transaksi dan volume
00:16:49 transaksi kira-kira kira barang ini
00:16:51 beneran dijual beli atau enggak atau
00:16:54 fake demand-nya. Ini sangat penting.
00:16:57 Kemudian kedua ya kita bisa melihat
00:16:59 apakah volume transaksi dan juga jumlah
00:17:01 transaksi itu real atau tidak itu dengan
00:17:04 melihat active address. Active address
00:17:06 ini relatif sulit di fake. Ini
00:17:08 menunjukkan apa? Apakah ada orang yang
00:17:10 beneran pakai jaringannya? Teman-teman
00:17:12 bisa pakai website [Link] untuk
00:17:15 melihat ya secara gratis kira-kira
00:17:17 dipakai enggak sih project ini? Artemis
00:17:20 di Devi lama itu juga bisa teman-teman
00:17:23 gunakan juga. Selanjutnya teman-teman
00:17:25 juga melihat ya untuk matrix
00:17:27 stacking-nya apakah bertambah terus atau
00:17:29 berkurang. Kemudian has rate-nya ya
00:17:32 untuk altcoin ya berbasis proof of work
00:17:35 ini juga penting untuk dilihat apakah
00:17:37 minor mereka profitable atau enggak.
00:17:40 Kemudian teman-teman lihat biaya
00:17:41 transaksi dan juga TVL total value lock
00:17:44 atau seberapa banyak aset yang dikunci
00:17:46 dalam platform tersebut. Ini penting ya
00:17:48 matriks untuk diperhatikan terkait
00:17:50 dengan berbagai ya project-project defi.
00:17:53 Ada juga matriks lain ya seperti volume,
00:17:55 order book. Kemudian lihat juga ya di
00:17:58 NFT marketplace-nya. Lihat juga untuk
00:18:00 iname transaction count-nya kalau dia
00:18:02 memang project gaming. Kemudian juga
00:18:04 lihat ya stable coins reserve itu juga
00:18:07 sangat penting teman-that. Nah
00:18:08 teman-teman juga bisa melihat ya
00:18:10 aktivitas developer dan juga pertumbuhan
00:18:12 komunitasnya apakah bagus atau stagnan.
00:18:15 Karena komunitas yang berkembang ya itu
00:18:17 akan buzzing around. Kita tahu ya
00:18:20 hyperliquid itu punya komunitas sendiri
00:18:22 ya sampai orang username-nya di
00:18:24 belakangnya ada DH HL ya itu menunjukkan
00:18:26 dia support hyperliquid dan ya mereka
00:18:29 akan terus ngomongin hyperliquid enggak
00:18:31 berhenti-berhenti sampai semua orang
00:18:34 dengar. Nah, selanjutnya ya developer
00:18:36 activity ini juga teman-teman bisa
00:18:38 lihat, teman-teman juga bisa lihat ya
00:18:41 seperti apa solid atau tidak ya smart
00:18:43 contractnya itu di website seperti
00:18:45 GitHub dan juga teman-teman lihat
00:18:48 roadmap-nya apakah mereka ini omon-omon
00:18:51 atau enggak, apakah mereka ini kerjain
00:18:53 beneran atau tidak. Kemudian juga lihat
00:18:55 ya inovasinya karena ya kita lihat ya
00:18:58 contoh project seperti Hyperliquid Aster
00:19:00 mereka terus melakukan inovasi ya
00:19:02 mengembangkan bikin jaringan sendiri
00:19:05 kemudian bangun mim coin juga banyak di
00:19:07 sana it's a very inovative ya itulah
00:19:09 mengapa banyak ya dulu mengkritik ya
00:19:12 hyperliquid eh dibedain juga ya dengan
00:19:15 dydx dulu cuman hyperliquid menunjukkan
00:19:18 kalau dia project yang memang lebih
00:19:20 komplit selanjutnya media sosial penting
00:19:23 untuk melihat lihat apakah aktivitasnya
00:19:25 bagus di Twitter, di Discord, di
00:19:27 Telegram. It's a very important thing.
00:19:29 Kemudian terkait ya dengan sentimen
00:19:31 komunitas, apakah orang bullish atau
00:19:33 beish in the project, it's very
00:19:34 important. Terus dilihat growth
00:19:36 rate-nya, apakah Telegram grupnya,
00:19:39 Discord-nya, Twitter-nya itu berkembang
00:19:40 overtime atau enggak? Karena penting
00:19:42 juga kamu lihat, oke ini naik nih bulan
00:19:44 yang lalu 5.000 sekarang 7.000. Nah, itu
00:19:47 penting untuk teman-teman perhatikan.
00:19:49 Selanjutnya ya teman-teman harus ya
00:19:51 penting untuk melihat ya developernya
00:19:54 ini berjalan ideal atau enggak sesuai
00:19:56 dengan komunitas mau. Karena pentingnya
00:19:58 ada komunitas. Komunitas itu seringkiali
00:20:01 ya teman-teman mereka ini memperhatikan
00:20:04 developernya ini ngapain. Mereka ini
00:20:06 fungsinya adalah check and balances.
00:20:08 Mereka memastikan developer ini
00:20:10 melakukan sesuatu itu dengan baik dan
00:20:12 benar. Jadi mereka akan mengaudit ya
00:20:14 developer ini kerja atau enggak dan
00:20:16 biasanya mereka akan selalu nagih di
00:20:18 komunitasnya. Selanjutnya lihat analisa
00:20:21 kompetitor dan pasar karena ya sama
00:20:23 seperti hyperliquid keluar kemudian
00:20:25 Changpengzo endorse aster ya dan juga
00:20:28 aster tiba-tiba juga langsung naik.
00:20:30 Harus dipahami ya adanya kompetitor dan
00:20:33 juga posisi pasar. Pentingnya atau cara
00:20:35 melakukan analisa kompetitor pertama
00:20:37 lihat pesaing utama. Kamu bisa buka tab
00:20:40 di Coin Market Cap. bisa buka tab di
00:20:42 Coin Geko kemudian search stop layer
00:20:45 one. Nah, di situ baru kelihatan tuh itu
00:20:47 kamu lihat semua pesaingnya. Kamu bisa
00:20:50 pakai website seperti [Link] ya.
00:20:53 It's free teman-teman bisa pakai. Terus
00:20:56 perhatikan ya teman-teman bisa compare
00:20:58 side to side misalkan. Oke, saya mau
00:21:00 compare market cap dari misalkan ya
00:21:03 Etherium sama Solana, TVL-nya, jumlah
00:21:05 penggunanya dan lain sebagainya itu juga
00:21:07 bisa di sana. Kemudian kamu lihat
00:21:09 analisa competitive advantage. Oke,
00:21:11 misalkan Solana ini lebih menang.
00:21:13 Kenapa? Karena dia lebih retail
00:21:14 friendly. Orang transis lebih mau main
00:21:16 di sana daripada di BNB atau di
00:21:18 Ethereum. Teman-teman lihat ya risiko
00:21:21 persaingannya apa. Oke. Apakah beneran
00:21:24 atau cuman false claim dan juga klaim
00:21:26 kosong? Teman-teman perlu juga ya
00:21:28 melihat tim pengembang dan juga
00:21:30 kemitraan apakah mereka jalan atau
00:21:32 tidak. Teman-teman lihat ya identitasnya
00:21:35 mereka pernah ngerjain apa, reputasinya
00:21:37 seperti apa, track record-nya projectnya
00:21:40 berhasil atau enggak, oke eksekusinya
00:21:42 oke atau enggak dan juga partnership dia
00:21:45 bekerja dengan siapa aja. Misalkan dia
00:21:46 oke ini partnership dengan Google Cloud,
00:21:48 partnership dengan Nvidia ya,
00:21:50 partnership dengan perusahaan-perusahaan
00:21:52 lain, it will be more bullish ya.
00:21:55 Selanjutnya penting teman-teman untuk
00:21:57 melihat white paper dan juga road map ya
00:21:59 suatu project karena itu sebagai
00:22:01 pratinjau apa yang mereka lakukan ya.
00:22:03 White paper yang penting itu dia logis,
00:22:06 tidak bombastis dan juga tidak plagiat.
00:22:09 Karena itu adalah tiga hal yang paling
00:22:10 penting. Logis, masuk akal atau enggak.
00:22:12 Misalkan ini adalah jaringan USDT z0 V
00:22:16 ya. Kamu harus lihat, kamu baca white
00:22:17 paper-nya apakah logis atau tidak. Terus
00:22:20 kemudian misalkan dia mau targetin ini
00:22:23 adalah akan ya menjadi kripto ya paling
00:22:26 besar di dunia itu kan terlalu bombastis
00:22:28 ya itu harus kamu coret. Dan ketiga ya
00:22:31 bebas plagaris semua kamu lihat apakah
00:22:34 dia ini ya ini sesuai atau enggak ya
00:22:36 dengan yang ada ya. Jangan-jangan dia
00:22:39 ini udah comot ya punya orang terus
00:22:41 akuin ini punya dia. Selanjutnya penting
00:22:43 melihat roadmap dia mau kapan ngapain
00:22:46 ya. Dia mau ngapain kapan tanggal
00:22:48 berapa. Ini penting untuk kamu lihat ya.
00:22:50 Takutnya nanti dia misalkan menjanjikan
00:22:52 oh akan launch produknya ya di tanggal
00:22:56 sekian. Tapi ketika udah tanggal sekian
00:22:58 produknya enggak ada. Itu penting ya
00:22:59 untuk kamu tagih ya nanti ke
00:23:01 developernya. Penting juga ya
00:23:03 teman-teman lihat rekam jejak ya
00:23:05 roadmap-nya juga. Karena ketika ya kamu
00:23:08 enggak lihat ya roadmap-nya dengan baik
00:23:10 dan benar nah itu kamu akan missing out
00:23:12 something. Ini contoh ya roadmap dari
00:23:15 Ethereum. mereka akan melakukan ya
00:23:17 banyak sekali the merch, the search ya,
00:23:20 the skirts, the fts ya, the pers, the
00:23:23 splurts ya. Ini banyak sekali update
00:23:25 yang akan mereka lakukan. Kamu harus
00:23:27 lihat, kamu harus perhatikan juga. Nah,
00:23:29 selanjutnya penting untuk melihat
00:23:31 keamanan proyek dan juga kepatuhan
00:23:33 mereka terhadap regulasi. Pertama, ya,
00:23:36 kamu harus audit smart contractnya
00:23:38 apakah oke atau enggak. Kemudian lihat
00:23:40 apakah ada rewiden pernah di-hack atau
00:23:43 tidak. Apakah dia ya cukup terdesentral
00:23:46 atau tidak ya? Karena banyak ya beberapa
00:23:48 jaringan yang memang enggak terdesentral
00:23:50 ya. Misalkan ada transaksi curigakan di
00:23:53 freeze yaitu itu menunjukkan ya kalau
00:23:55 dia tidak terlalu terdesentral.
00:23:57 Teman-teman lihat juga kualitas code-nya
00:24:00 bisa lihat di GitHub. Nah, kepatuhan
00:24:02 regulasi ini juga penting karena
00:24:05 teman-teman ya kalau lihat status hukum
00:24:07 ini juga penting. Contohnya XRP Ripple
00:24:09 ini bermasalah dengan SEC. dia dapat
00:24:12 legal case dari SEC dan itu menghambat
00:24:15 ya pertumbuhan proek mereka. Kemudian
00:24:18 teman-teman juga lihat ya kebijakan
00:24:19 pemerintah lokal seperti apa ya. Kalau
00:24:21 di Indonesia ada OJK dan juga BPEPTI
00:24:24 teman-teman lihat juga ya KYC compliance
00:24:26 dan juga risiko legal lain apakah pernah
00:24:29 terlibat hukum ya contohnya Teraluna ya
00:24:32 XRP dan lain sebagainya karena misalkan
00:24:35 ya Teraluna pernah bermasalah atau FTX
00:24:37 ya dengan FTT-nya pernah bermasalah
00:24:39 kalau dia bikin projject lagi
00:24:40 teman-teman juga harus mawas diri.
00:24:43 Itulah mengapa ya enggak bisa di sini
00:24:45 melakukan analisa fundamental itu hanya
00:24:47 dengan satu matriks, hanya dengan satu
00:24:49 faktor. Teman-teman harus melakukan
00:24:51 riset yang holistik, riset yang 360
00:24:54 derajat ke semua aspek ya harus
00:24:56 teman-teman perhatikan dan apa aja ya
00:24:59 tools dan juga sumber data untuk analisa
00:25:01 fundamental yang bisa teman-teman
00:25:03 gunakan ya. Pertama ya situs data
00:25:06 agregator. Coin market cap dan juga Coin
00:25:08 Geko itu adalah dua yang paling top tier
00:25:10 ya. Coin Market Cap ini diakuisisi oleh
00:25:12 Binance dan Coin Geko ini perusahaan ber
00:25:15 ya based on Singapore ya. Ini sangat
00:25:18 bagus teman-teman bisa melihat dia real
00:25:21 time akan update market cap, volume
00:25:23 perdagangan, Max Supply ya teman-teman
00:25:25 langsung bisa pakai Coin market cap dan
00:25:28 juga Coin Geko untuk melihat data
00:25:30 blockchain. Selanjutnya blockchain
00:25:32 explorer ya. Ini ada Ether Scan untuk
00:25:34 Ethereum ya, BSC scan untuk BSC dan juga
00:25:37 snow trace untuk Avalens. Fungsinya apa?
00:25:40 Di sini transaksi di blockchain itu
00:25:42 telanjang, enggak ada privasinya. Jadi,
00:25:44 kalau kamu pengin lihat suatu wallet ini
00:25:46 ngapain aja, kamu bisa copy paste ya,
00:25:49 others wallet-nya di dalam enter scan.
00:25:51 Di situ kelihatan dia ngapain aja. Oke,
00:25:54 analisa onchain yang lain yang udah
00:25:56 dibuat dalam grafis ya, dalam P chart
00:25:59 ya, dalam info grafis lain yang membuat
00:26:02 teman-teman lebih mudah itu ada Glass
00:26:04 Note, Crypto Quan dan juga sentiment ya.
00:26:06 Ini adalah Glasse. Ini yang levelnya
00:26:08 institusi Cryptocuan banyak yang free
00:26:10 ya. Santimen ini juga masih memulai tapi
00:26:13 juga relatif oke. Cuman saya saranin ya
00:26:16 grass note is the best one. It's
00:26:18 institutional grade ya onchain analytic
00:26:21 yang bisa teman-teman pakai cuman
00:26:23 minusnya ya dia mahal buat full
00:26:25 feature-nya. Untuk defy untuk lihat ya
00:26:28 decentralization ini bisa pakai defi
00:26:31 lama. Token terminal dep radar. Saya
00:26:34 suka token terminal karena lebih oke ya
00:26:37 infografisnya, gambarnya juga lebih oke
00:26:40 dan juga dia cenderung gelap ya. Di file
00:26:42 lama juga bisa gelap atau terang dia
00:26:44 lebih ke infografis ya. Tapi kalau yang
00:26:47 teman-teman mau export laporan
00:26:49 keuangannya ya financial statement-nya,
00:26:51 network function-nya ya, itu bisa pakai
00:26:54 token terminal dan juga ini sifatnya
00:26:56 gratis. Selanjutnya ada media ya, Coin
00:26:59 Desk, Coin Telegraph, The Block. Tapi ya
00:27:01 Akademi Crypto juga punya media juga.
00:27:03 Teman-teman bisa follow kita di
00:27:05 Instagram, kita kasih setiap hari update
00:27:07 ke teman-teman atau klik link Discord di
00:27:09 bawah supaya teman-teman bisa tahu apa
00:27:11 yang kita lakukan di dalam. Nah,
00:27:14 selanjutnya ya ketika kita ini memiliki
00:27:17 tools, kita melakukan analisa itu
00:27:19 sifatnya itu data driven. Artinya apa?
00:27:22 Kita enggak ngasal, ada data, ada fakta,
00:27:24 ada angkanya. kamu enggak melakukan
00:27:26 sesuatu tanpa sumber ya. Kamu do your
00:27:29 own research dan kamu melakukan sesuatu
00:27:30 itu dengan benar. Nah, ini contoh nyata
00:27:33 ya, analisa fundamental di project
00:27:35 crypto ya. Kalau Bitcoin kita lihat it's
00:27:38 a store of value ya. Elsavador beli
00:27:40 Bitcoin sebagai store of value karena
00:27:42 dia percaya fiat itu akan selalu nol
00:27:45 nilainya sehingga mereka bikin ya
00:27:48 Bitcoin strategy ya ini yang mereka
00:27:50 lakukan. Oke. Karena fundamentalnya apa?
00:27:53 hanya R1 juta di 2140 sudah habis secara
00:27:57 onchain adopsi meningkat ya aktivitas
00:27:59 jaringan tinggi ya dan developernya
00:28:01 sudah anonim dan juga dia sulit ya
00:28:04 secara fundamental ditiru oleh project
00:28:06 yang lain. Selanjutnya ada Ethereum,
00:28:08 tempat di mana building
00:28:09 decentralization,
00:28:11 bangun divine landing, DEX, NFT market
00:28:13 cap, game dan juga desentraliz ya,
00:28:15 autonomous organization ya. Di mana
00:28:18 secara token dia ini supply-nya enggak
00:28:21 fix ya, enggak kayak Bitcoin tapi
00:28:22 inflasi yang terkendali dan TVL-nya ya
00:28:26 terus mengalami kenaikan, ekosistemnya
00:28:28 adaptif, penggunanya bertambah dan
00:28:31 secara developer kita melihat Ethereum
00:28:33 ini ada lebih ya dari 6.000 developer
00:28:35 aktif bulanan. dan komunitasnya
00:28:38 terdesentral dan dia melakukan upgrade
00:28:41 ya terus-terusan ada the search the
00:28:43 first the pers the sps ya ini adalah
00:28:45 banyak sekali upgrade yang bisa mereka
00:28:47 lakukan supaya bisa unlock full
00:28:50 potensial dari jaringan mereka jadi apa
00:28:52 kesimpulan analisa fundamental untuk
00:28:54 pemula ini teman-teman harus pahami ya
00:28:57 pertama kamu harus ngerti dia itu
00:28:59 ngapain fungsinya apa. Kalau
00:29:01 fundamentalnya lemah
00:29:03 ya besar kemungkinan dia tidak melakukan
00:29:06 ya expand secara value. Tapi kalau
00:29:08 fundamentalnya kuat besar ya dia akan
00:29:10 melakukan expand value. Kemudian lihat
00:29:13 ya angka data, supply ya biarkan. Oke.
00:29:16 Jangan hanya ya ini rumor atau janji.
00:29:19 Kamu harus lihat ya biarkan data yang
00:29:21 berbicara. Lihat tim, lihat
00:29:23 transparansinya pakai tools yang beneran
00:29:25 untuk teman-teman melakukan riset.
00:29:27 Karena never trust, always verify. Dan
00:29:30 saya harap teman-teman tahu dengan
00:29:32 detail bagaimana pemula oke melakukan
00:29:35 analisa fundamental. Selanjutnya saya
00:29:37 akan lakukan analisa teknikal untuk
00:29:39 pemula, analisa
00:29:41 hype ya, analisa naratif untuk pemula.
00:29:44 Dan buat teman-teman yang mau dapat
00:29:46 update video seperti ini ya, pengumuman
00:29:49 pertama yuk gabung Discord Akademi
00:29:51 Crypto Free, link ada di bawah. Sampai
00:29:54 berjumpa di video-video selanjutnya.
00:29:56 Yeah.

Anda mungkin juga menyukai