00:00:00 Kembali lagi dengan saya Kalimasada dan
00:00:01 hari ini kita akan membahas mengenai
00:00:03 analisa fundamental kripto untuk pemula.
00:00:07 Jadi di sini saya akan mengajari
00:00:09 teman-teman bagaimana cara melihat nilai
00:00:12 intrinsik suatu project altcoin. Karena
00:00:15 teman-teman paham sekarang altcoin itu
00:00:17 jumlahnya banyak sekali. Ada puluhan
00:00:20 ribu yang tercatat ya mungkin udah
00:00:22 ratusan ribu bahkan jutaan altcoin yang
00:00:25 ada. itu menyebabkan kita memperoleh
00:00:27 namanya paradox of choices. Ya, saya
00:00:30 tahu banyak yang bilang bahwa
00:00:31 fundamental itu enggak penting. Yang
00:00:33 penting hype. Kalau ada hype itu bisa
00:00:36 naik. Tapi dengan fundamental kita tahu
00:00:38 benar apa yang kita pegang barangnya.
00:00:40 Sehingga ketika ada goyangan harga
00:00:42 seperti kemarin, kita ini tidak goyah.
00:00:45 Itulah mengapa teman-teman terutama yang
00:00:48 pemula yang enggak ngerti gimana caranya
00:00:51 lihat fundamental suatu project. Yuk,
00:00:53 tonton video ini sampai selesai. Kita
00:00:55 juga punya buat teman-teman komunitas
00:00:57 gratis, tempat di mana teman-teman bisa
00:01:00 memperoleh update harian dari kita.
00:01:03 Kemudian juga ada beberapa market
00:01:05 outlook dan juga berita-berita yang kita
00:01:08 share secara gratis di Discord kita.
00:01:10 Jadi, kalau teman-teman mau bergabung ke
00:01:12 komunitas gratis akademi Crypto, klik
00:01:14 link di bawah. Nah, sebenarnya apa sih
00:01:17 analisa fundamental? Jadi analisa
00:01:19 fundamental itu merupakan suatu analisa
00:01:21 di mana ada beberapa faktor-faktor yang
00:01:23 kita perhatikan di dalam suatu project
00:01:27 altcoin. pertama teknologi, kemudian
00:01:29 utilitas, tokenomics, dan juga
00:01:32 faktor-faktor pendukung yang lain. Jadi
00:01:34 ketika teman-teman ini mau membeli
00:01:36 sesuatu, pastikan dulu teman-teman tuh
00:01:39 tahu barangnya itu barang siapa, itu
00:01:42 kerjaannya ngapain, berapa banyak token
00:01:46 yang udah beredar di market,
00:01:48 developernya kayak gimana. Itu adalah
00:01:49 hal-hal yang sangat penting teman-teman.
00:01:51 Perhatikan sebelum teman-teman beli,
00:01:53 jangan asal karena dengar temannya, oke
00:01:55 saya beli aster, kami ikut beli aster.
00:01:57 Oke, saya beli XPL. Terus ikut beli SPL,
00:02:01 akhirnya turun lebih dari 50%. Jadi
00:02:04 penting sekali untuk mengetahui suatu
00:02:06 fundamental karena ada beberapa hal
00:02:08 penting yang harus teman-teman
00:02:09 perhatiin. Pertama, kegunaan proyek itu
00:02:12 ngapain sih projectnya? Apa yang mau
00:02:14 di-sove? Karena sama seperti bisnis,
00:02:16 altcoin itu sama seperti bisnis. ketika
00:02:18 dia tidak melakukan apapun ya dia tidak
00:02:22 memiliki nilai. Contohnya apa? Kita
00:02:24 doing bisnis di sini kita media kripto
00:02:27 paling besar, kita platform edukasi
00:02:29 paling besar ya tujuannya ngajarin
00:02:31 kalian supaya kalian ngerti crypto itu
00:02:33 adalah value kita. Sama dengan altcoin.
00:02:36 Altcoin kalau enggak ada fungsinya
00:02:37 apa-apa ya dia hanya jadi batu. Oke. Dia
00:02:40 tidak memiliki suatu thesis yang kuat.
00:02:43 Kemudian kedua, tim pengembang. Siapa
00:02:46 yang ngerjain? Kalau di sini ya, Akademi
00:02:48 Crypto Timoti sama Kalimasada itu yang
00:02:50 ngerjain. Ketiga, komunitas gede enggak
00:02:53 komunitasnya. Semakin gede suatu
00:02:55 komunitas berpeluang besar suatu project
00:02:57 itu dikenal orang. Sama kayak akademi
00:02:59 Crypto. Suatu project komunitasnya gede,
00:03:03 orang banyak yang tahu. Kemudian adopsi
00:03:05 pengguna ya itu adalah jumlah orang yang
00:03:08 menggunakan project tersebut, produk
00:03:10 tersebut. Sama juga ya dengan akademi
00:03:12 crypto yang gunakan juga banyak orang.
00:03:15 Kemudian terakhir ya, data onchain di
00:03:17 mana kita bisa membedah ya struktur
00:03:20 kedalaman dep dari suatu altcoin itu
00:03:22 dengan melakukan analisa onchain karena
00:03:25 semua hal di blockchain itu sifatnya
00:03:28 transparan dan kalian bisa melihatnya.
00:03:31 Apa itu analisa fundamental crypto? Jadi
00:03:34 fundamental itu suatu genre yang mana
00:03:37 udah ada dari zaman dulu. Dulu orang tuh
00:03:40 dua analisa pakemnya mereka. Analisa
00:03:42 teknikal, kedua analisa fundamental.
00:03:45 analisia fundamental ini digunakan ke
00:03:47 banyak sekali aset kelas dari saham oke
00:03:51 dari currency, kemudian fundamental dari
00:03:54 properti dan juga komoditas-komoditas
00:03:57 yang lain. Jadi kripto itu
00:04:01 udah niru yang dulu sebelumnya udah ada
00:04:03 ya sebelumnya itu fundamental tuh sama
00:04:06 ya cara valuasi dan lain sebagainya.
00:04:07 Mungkin istilahnya saya ngomong
00:04:09 matriks-matriksnya itu ada perbedaan
00:04:12 istilah tapi overall itu sama. Kalau
00:04:14 kita ngomongin ya adopsi apa misalkan
00:04:17 perusahaan Walmart ya kan perusahaannya
00:04:19 sudah publik. Kita lihat revenue-nya.
00:04:22 Oke, kita lihat misalkan berapa banyak
00:04:25 orang yang ke sana itu sama juga dengan
00:04:27 di crypto ya. Crypto juga ada protocol
00:04:29 revenue, ada juga daily active address.
00:04:32 Itu kan pelanggannya yang pakai jaringan
00:04:34 tersebut tuh berapa banyak. Itu adalah
00:04:36 matriks yang bisa teman-teman perhatikan
00:04:38 ya. Ini ada tiga ya jenis matriks utama.
00:04:41 ada matriks onchain, matriks project,
00:04:44 dan juga matriks keuangan yang akan kita
00:04:45 bahas lebih lanjut. Nah, orang yang
00:04:48 selalu memiliki mindset tentang
00:04:51 fundamental itu adalah mereka yang
00:04:52 selalu berpikir jangka panjang. Saya
00:04:55 setuju ketika kamu mau trade jangka
00:04:57 pendek, fundamental doesn't matter.
00:04:59 Kalau kamu mau scalping, saya mau buka
00:05:01 posisi hari ini, saya mau close nanti
00:05:04 malam, yaitu kamu memang enggak harus
00:05:07 lihat fundamental. kamu cukup lihat
00:05:08 tchnical, kamu lihat pattern, kamu juga
00:05:10 lakukan analisa derivatif, kemudian kamu
00:05:13 lihat ya open interest, CVD, volume dan
00:05:16 lain sebagainya untuk kamu eksekusi.
00:05:19 Masuk hari ini keluar nanti malam. Itu
00:05:22 juga bisa teman-teman lakukan karena
00:05:24 kita juga di dalam ngasih sinyal harian
00:05:26 ke teman-teman yang malas cari, enggak
00:05:28 pengin mungkin mungkin lagi belajar tapi
00:05:31 juga pengin belajar sambil lihat hasil
00:05:33 atau sambil dapat hasil. kita di dalam
00:05:35 ada ya teman-teman untuk calls di
00:05:37 akademi crypto kita kasih sinyal harian
00:05:39 ke teman-teman setiap hari kalian bisa
00:05:41 melihat apa yang kita lakukan sebagai
00:05:43 wujud analisa internal kita jadi kita
00:05:45 cariin nih ke teman-teman kita saringin
00:05:47 nih mana yang potensi jadi top gainer
00:05:49 setiap harinya supaya apa ya supaya
00:05:52 teman-teman enggak kelewatan bisa
00:05:54 belajar ya sambil makan ikan untuk di
00:05:56 dalam jadi link ada di bawah buat
00:05:58 teman-teman yang mau bergabung ke
00:06:00 akademi Crypto. Nah, mengapa fundamental
00:06:03 ini penting? Jadi kita kalau enggak
00:06:06 memiliki suatu keyakinan, saya
00:06:09 ngomongnya conviction, kita enggak tahu
00:06:11 project itu ngapain. Kita juga enggak
00:06:13 tahu prospek dia ke depan itu kuat atau
00:06:16 lemah. Sama seperti melihat bisnis.
00:06:18 Misalkan kamu tawarin saya bisnis, oke,
00:06:20 warung bakso, saya kan juga harus lihat
00:06:22 ya kamu berapa pendapatan kamu, berapa
00:06:25 banyak customer yang beli kembali,
00:06:27 berapa banyak orang yang puas, berapa
00:06:29 banyak orang yang suka dengan tempatnya.
00:06:31 Itu adalah hal yang saya analisa untuk
00:06:35 saya melihat kamu ini bisnisnya punya
00:06:37 prospek atau enggak. Sama juga dengan
00:06:39 altcoin. Misalkan oke ini ada protokol A
00:06:42 apa ini? Layer one. Oke saya harus
00:06:43 melihat berapa banyak yang pakai
00:06:45 jaringan layer one tersebut
00:06:47 brandingannya seperti apa. Kira-kira
00:06:49 bertambah enggak orangnya setiap harinya
00:06:51 fitur yang buat dia lebih oke daripada
00:06:53 layeruan yang lain apa? misalkan
00:06:55 transaction per second-nya tuh lebih
00:06:56 cepat atau misalkan oke ini lebih retail
00:07:00 friendly fee-nya lebih rendah. Nah, itu
00:07:02 adalah suatu uniqueness kita ngomongnya
00:07:04 unique selling point ya. Itulah mengapa
00:07:07 ya dengan fundamental yang solid suatu
00:07:09 project itu bisa bertahan dalam jangka
00:07:11 waktu yang lama. Solana itu udah around
00:07:15 ya dari sekitar tahun 2020-an ya. Jadi
00:07:17 teman-teman harus paham juga enggak
00:07:20 serta-merta jadi Solana yang sekarang.
00:07:22 Etherium udah juga sejak ya tahun
00:07:25 2013-an. Jadi, Teman-teman harus paham
00:07:28 bahwa mereka ini enggak di sini dalam
00:07:31 waktu yang dekat doang. Oke, mereka ini
00:07:34 udah ada di sini sejak lama.
00:07:37 Karena bagi beberapa orang yang memiliki
00:07:39 nilai fundamental ya dalam pikiran
00:07:42 mereka dan mereka mengamini betun,
00:07:44 banyak sekali ya fan-fan di luar sana
00:07:47 yang memiliki konsep ya thesis driven
00:07:50 investing. Jadi mereka itu berinvestasi
00:07:52 sesuai dengan tesis tertentu. Mereka tuh
00:07:54 paham bahwa projek-projek ini ini
00:07:56 memiliki nilai beneran digunain. Jadi
00:07:59 kalau teman-teman mau mengambil suatu
00:08:02 pendekatan value investing di crypto,
00:08:04 teman-teman bisa melihat fundamentalnya.
00:08:06 Meskipun kalau kita ngomong fundamental
00:08:09 itu only matters 20% ya, 50% yaitu
00:08:13 adalah narrative-nya ya, 30% itu adalah
00:08:17 technical analysis-nya ya. 20% itu baru
00:08:20 fundamentalnya. Meskipun 20% ya itu
00:08:22 adalah sesuatu yang tetap harus kita
00:08:24 perhatikan. Mengapa kita penting untuk
00:08:27 melihat fundamental? pertama mengurangi
00:08:29 risiko. Warren Buffet pernah ngomong ya
00:08:31 meskipun beliau ini adalah orang saham
00:08:34 cuman banyak sekali hal-hal man sense
00:08:36 yang dia sampaikan itu applicable juga
00:08:38 buat kripto. Beliau ini menyampaikan
00:08:41 teman-teman bahwa ketika kita
00:08:43 berinvestasi kita itu harus menerapkan
00:08:45 margin of safety. Jadi kita membeli
00:08:47 sesuatu itu yang relatif under value.
00:08:49 Keadaan under value itu merupakan
00:08:51 keadaan di mana value dari suatu crypto
00:08:54 itu lebih tinggi daripada nilai
00:08:56 pasarnya. itu adalah sesuatu yang under
00:08:57 value. Sementara sesuatu yang over value
00:09:00 itu harga pasarnya itu jauh lebih tinggi
00:09:02 daripada nilai dia seharusnya. Sehingga
00:09:04 ketika kita membeli sesuatu yang under
00:09:06 value, under its own value, ya, misalkan
00:09:10 market price-nya itu masih segini ya,
00:09:12 tapi valueya itu harusnya segini.
00:09:14 Misalkan dia dijual altcoin di pasar
00:09:17 100$00 dolar, padahal kamu tahu harusnya
00:09:19 dia ini 200 karena apa? protokol yang
00:09:22 lain dengan market cap yang sama, TVL
00:09:24 yang sama, usage user dan juga jaringan
00:09:28 yang sama ini dia dinilai segini. Nah,
00:09:30 ini berarti dia itu bisa naik dua kali
00:09:32 lipat lagi. Nah, di situ mengapa ya
00:09:34 risiko ini berkurang ketika kita membeli
00:09:36 sesuatu yang lebih fundamental base dan
00:09:39 kedua meningkatkan kepercayaan diri.
00:09:41 Kalau kamu tahu ya itu seperti apa
00:09:43 produknya, seperti apa projectnya, ada
00:09:46 market dam kayak kemarin 40% minus
00:09:48 sehari kamu, oke, this will come back.
00:09:51 ya dalam jangka waktu yang cukup
00:09:53 panjang. Apa elemen-elemen yang harus
00:09:54 teman-teman perhatikan ketika
00:09:56 teman-teman ini melakukan analisa
00:09:58 fundamental? Pertama itu adalah utility.
00:10:00 Dia ini ngapain? Solusi apa yang dia
00:10:03 tawarkan? Karena banyak ya teman-teman
00:10:06 harus perhatikan bahwa permintaan yang
00:10:09 tinggi ya itu menunjukkan dia memiliki
00:10:11 prospek yang cukup bagus dan teknologi
00:10:15 blockchain itu selalu melakukan yang
00:10:16 namanya inovasi. ada layer one. Oke ya,
00:10:20 base layer ya, jaringan. Terus kemudian
00:10:24 dia lambat, V-nya tinggi keluar layer 2
00:10:27 ya sebagai solusi untuk layer one yang
00:10:30 memiliki blockchain 35 problem dan
00:10:33 kemudian dari layer 3 ya lebih
00:10:35 application models dan lain sebagainya.
00:10:36 Jadi blockchain itu pun selalu
00:10:39 berkembang. Teknologi dan juga inovasi
00:10:41 itu adalah dua kata yang tidak pernah
00:10:44 bisa dipisahkan. Jadi kalau kita ngomong
00:10:46 utility itu selalu comes back to inovasi
00:10:50 ya. Inovasi itu adalah sesuatu yang
00:10:52 sangat penting. Nah, kadang ada
00:10:54 pertanyaan-pertanyaan yang harus kita
00:10:55 pikirkan. Apakah suatu token ini
00:10:59 memiliki suatu use case atau enggak?
00:11:01 Karena banyak sekali ya kita berada di
00:11:04 era di mana hype yang terlalu tinggi itu
00:11:07 membuat orang itu jual beli batu. Kalau
00:11:09 kita ngomong ya fard coin, apa fungsinya
00:11:11 fard coin? Nothing. Kita tanya lagi
00:11:14 Godus Maximus apa fungsinya? Nothing.
00:11:17 Apa fungsinya? Ya, dog with head.
00:11:19 Nothing. Kalau Solana ada fungsinya.
00:11:21 Solana fungsinya apa? Untuk melahirkan
00:11:23 dog with head. Untuk melahirkan fcoin
00:11:27 dia adalah jaringan di mana token-token
00:11:29 tersebut itu bisa dibangun. Itulah
00:11:31 mengapa saya selalu punya prinsip yang
00:11:33 udah saya omongin di publik dari dulu.
00:11:35 Daripada kamu beli cip kasinonya, yang
00:11:38 mending kamu beli kasinonya. Ya, kamu
00:11:40 beli solan itu sama dengan kamu beli
00:11:41 kasinonya. karena banyak sekali
00:11:44 token-token yang dilahirkan di jaringan
00:11:46 Solana. Jadi, kamu harus paham juga
00:11:49 bahwa sangat penting ya untuk membeli
00:11:53 kasinya ya daripada membeli token di
00:11:55 kasinonya. Nah, ini contoh ya utilitas.
00:11:58 Memang Bitcoin itu kita ngomong digital
00:12:00 gold itu batu, emas pun juga batu. Dia
00:12:03 store of value yang udah dianggap dan
00:12:06 juga diakui nilainya oleh semua orang di
00:12:08 dunia. Itu adalah fungsi dari Bitcoin.
00:12:11 sama seperti emas digital. That's it.
00:12:13 That's all. Sementara Bitcoin ini tidak
00:12:15 fleksibel, tidak berkembang, dan tidak
00:12:17 bisa diprogram. Berbeda dengan Ethereum.
00:12:20 Etherium itu memiliki utilitas karena
00:12:22 dia punya teknologi smart contract.
00:12:24 Etherium itu bisa dibangun. Kita bisa
00:12:27 membangun sesuatu ya, decentralized
00:12:30 application di atas jaringan Ethereum.
00:12:32 Itulah mengapa dia memiliki utilitas
00:12:34 yang kuat untuk berbagai defi,
00:12:37 decentralized finance, NFT, nonfungible
00:12:39 token, game, dan lain sebagainya. Itulah
00:12:42 mengapa orang sebut bahwa Etherum ini
00:12:44 adalah uang yang bisa diprogram, ini
00:12:46 adalah uang masa depan yang fleksibel
00:12:48 sesuai dengan utilitas tertentu. Jadi,
00:12:50 di sini kita sudah bisa melihat ya dua
00:12:52 perbedaan landscape dari Bitcoin dan
00:12:55 juga Ethereum itu sendiri. Nah,
00:12:57 selanjutnya kita juga harus melihat
00:12:59 tokenomics, distribusi dari token dan
00:13:02 juga model ekonominya. Karena percuma
00:13:04 kalau misalkan mereka ini bagus, oke,
00:13:06 mereka punya fundamental yang oke.
00:13:09 Mereka mau bikin layer one yang paling
00:13:10 cepat di dunia, paling murah 0 V dan
00:13:13 lain sebagainya. Tapi harus dilihat juga
00:13:15 tokenomic-nya seperti apa. Berapa banyak
00:13:17 orang pegang berapa. Kalau misalkan ya
00:13:19 token-nya itu sangat tersentralisasi,
00:13:22 oke artinya apa? yang pegang itu lebih
00:13:25 banyak adalah developernya sendiri ya.
00:13:28 Kamu memegang kepercayaan yang terlalu
00:13:31 tinggi ke developernya. Artinya apa? Ya,
00:13:33 kamu stor duit ke sana terus ketika
00:13:35 harga suatu token itu naik. Jadi yang
00:13:38 paling penting ya token itu harus rata.
00:13:40 Rata artinya apa ya? developer fine ya,
00:13:43 mereka butuh bagian, mereka juga butuh
00:13:45 makan bikin project ini. Dua, investor
00:13:48 enggak masalah ya ada venture capital
00:13:50 dan sebagainya karena mereka juga akan
00:13:52 bantu naikin value suatu project.
00:13:54 Kemudian ketiga, community ya yang mana
00:13:57 biasanya dapat ya airdrop dan lain
00:13:59 sebagainya itu harus balance antara tiga
00:14:01 itu. Jangan terlalu berat ke
00:14:03 developernya atau terlalu berat ke
00:14:05 investornya. Jadi memang harus rata,
00:14:08 tapi kebanyakan ya kalau kita melihat
00:14:10 sekarang ya model dari tokenomic
00:14:13 berbagai altcoin seperti hyperliquid ini
00:14:15 mereka ya men buang ya investor di
00:14:20 tengah. Jadi itu tentang ya dari DEF dan
00:14:23 juga para early contributor dalam
00:14:27 jaringan tersebut yang mana dia dapat
00:14:29 airdrop ya dari hype terus-menerus dan
00:14:31 itu adalah airdrop paling sukses
00:14:33 sepanjang sejarah kripto. Jadi
00:14:35 teman-teman harus perhatikan ya total
00:14:37 supply seberapa banyak maksimum token
00:14:40 ini bisa ya diproduksi. Kemudian
00:14:43 circulating supply mengenai berapa
00:14:46 banyak yang ada sekarang dan maksimum
00:14:48 supply ya ini pol yaitu bisanya berapa
00:14:51 dan juga dilihat ya distribusi token dan
00:14:53 juga holdernya awal tuh seperti apa,
00:14:55 udah berapa banyak yang keluar sampai
00:14:57 kapan ya schedule keluarnya itu juga
00:15:00 harus teman-teman perhatikan.
00:15:02 Teman-teman bisa pakai ya inside unlock
00:15:04 website yang gratis itu untuk melihat ya
00:15:07 kira-kira ini token mau unlock kapan.
00:15:09 Kemudian juga lihat ya mekanisme bakar
00:15:11 atau emisi. Kita tahu banyak sekali ya
00:15:14 BNB itu deflationary itulah mengapa
00:15:16 harganya bisa naik terus. Beberapa
00:15:18 project ya seperti ya kita ngomong pam
00:15:21 dan lain sebagainya mereka itu tidak
00:15:23 melakukan yang namanya burn tapi mereka
00:15:25 itu buy back ya. It's kind of different
00:15:27 ya daripada mereka melakukan yang
00:15:29 namanya burn. Jadi mereka itu enggak
00:15:31 dibuang tokennya tapi mereka belikan
00:15:33 lagi tokennya di market ya. Pumpfund,
00:15:36 hyperliquid, WLFI juga itu memiliki
00:15:38 strategi ya, forme meme itu juga mereka
00:15:41 memiliki strategi di mana mereka bikin
00:15:43 protokol, mereka dapat revenue,
00:15:45 revenue-nya buat beli tokennya di
00:15:47 market. Oke, sehingga berharap apa ya
00:15:50 mengalami kenaikan harga. Selanjutnya
00:15:52 ada ya utility dalam ekosistem karena
00:15:56 token ya tanpa utility yang nyata itu
00:15:59 memiliki risiko yang cukup tinggi. Jadi
00:16:02 mengapa ya Bitcoin ini memiliki
00:16:04 tokenomics yang disukai oleh investor?
00:16:06 Pertama ya dia supppynya itu sudah
00:16:07 maksimal di 21 juta. Jadi kita tahu
00:16:10 bahwa Bitcoin itu tidak akan bisa terbit
00:16:12 lagi setelah dia hit
00:16:18 sekian. Jadi tinggal sedikit bitcoin
00:16:20 yang bisa diperebutkan. Itulah mengapa
00:16:22 banyak orang yang cukup bullish ya
00:16:23 dengan token Omic dari Bitcoin dan juga
00:16:26 semakin kecil penerbitannya karena
00:16:28 adanya halving dan juga makin lama yang
00:16:30 ditambang itu udah habis dan tiga ya
00:16:32 selalu diminati orang sebagai store of
00:16:34 value digital hanya 21 juta diakui semua
00:16:37 orang dan lain sebagainya itulah mengapa
00:16:40 dia memiliki nilai selanjutnya kita bisa
00:16:43 melihat ya matriks onchain dan juga
00:16:44 kinerja jaringan pertama penting untuk
00:16:47 kita melihat jumlah transaksi dan volume
00:16:49 transaksi kira-kira kira barang ini
00:16:51 beneran dijual beli atau enggak atau
00:16:54 fake demand-nya. Ini sangat penting.
00:16:57 Kemudian kedua ya kita bisa melihat
00:16:59 apakah volume transaksi dan juga jumlah
00:17:01 transaksi itu real atau tidak itu dengan
00:17:04 melihat active address. Active address
00:17:06 ini relatif sulit di fake. Ini
00:17:08 menunjukkan apa? Apakah ada orang yang
00:17:10 beneran pakai jaringannya? Teman-teman
00:17:12 bisa pakai website [Link] untuk
00:17:15 melihat ya secara gratis kira-kira
00:17:17 dipakai enggak sih project ini? Artemis
00:17:20 di Devi lama itu juga bisa teman-teman
00:17:23 gunakan juga. Selanjutnya teman-teman
00:17:25 juga melihat ya untuk matrix
00:17:27 stacking-nya apakah bertambah terus atau
00:17:29 berkurang. Kemudian has rate-nya ya
00:17:32 untuk altcoin ya berbasis proof of work
00:17:35 ini juga penting untuk dilihat apakah
00:17:37 minor mereka profitable atau enggak.
00:17:40 Kemudian teman-teman lihat biaya
00:17:41 transaksi dan juga TVL total value lock
00:17:44 atau seberapa banyak aset yang dikunci
00:17:46 dalam platform tersebut. Ini penting ya
00:17:48 matriks untuk diperhatikan terkait
00:17:50 dengan berbagai ya project-project defi.
00:17:53 Ada juga matriks lain ya seperti volume,
00:17:55 order book. Kemudian lihat juga ya di
00:17:58 NFT marketplace-nya. Lihat juga untuk
00:18:00 iname transaction count-nya kalau dia
00:18:02 memang project gaming. Kemudian juga
00:18:04 lihat ya stable coins reserve itu juga
00:18:07 sangat penting teman-that. Nah
00:18:08 teman-teman juga bisa melihat ya
00:18:10 aktivitas developer dan juga pertumbuhan
00:18:12 komunitasnya apakah bagus atau stagnan.
00:18:15 Karena komunitas yang berkembang ya itu
00:18:17 akan buzzing around. Kita tahu ya
00:18:20 hyperliquid itu punya komunitas sendiri
00:18:22 ya sampai orang username-nya di
00:18:24 belakangnya ada DH HL ya itu menunjukkan
00:18:26 dia support hyperliquid dan ya mereka
00:18:29 akan terus ngomongin hyperliquid enggak
00:18:31 berhenti-berhenti sampai semua orang
00:18:34 dengar. Nah, selanjutnya ya developer
00:18:36 activity ini juga teman-teman bisa
00:18:38 lihat, teman-teman juga bisa lihat ya
00:18:41 seperti apa solid atau tidak ya smart
00:18:43 contractnya itu di website seperti
00:18:45 GitHub dan juga teman-teman lihat
00:18:48 roadmap-nya apakah mereka ini omon-omon
00:18:51 atau enggak, apakah mereka ini kerjain
00:18:53 beneran atau tidak. Kemudian juga lihat
00:18:55 ya inovasinya karena ya kita lihat ya
00:18:58 contoh project seperti Hyperliquid Aster
00:19:00 mereka terus melakukan inovasi ya
00:19:02 mengembangkan bikin jaringan sendiri
00:19:05 kemudian bangun mim coin juga banyak di
00:19:07 sana it's a very inovative ya itulah
00:19:09 mengapa banyak ya dulu mengkritik ya
00:19:12 hyperliquid eh dibedain juga ya dengan
00:19:15 dydx dulu cuman hyperliquid menunjukkan
00:19:18 kalau dia project yang memang lebih
00:19:20 komplit selanjutnya media sosial penting
00:19:23 untuk melihat lihat apakah aktivitasnya
00:19:25 bagus di Twitter, di Discord, di
00:19:27 Telegram. It's a very important thing.
00:19:29 Kemudian terkait ya dengan sentimen
00:19:31 komunitas, apakah orang bullish atau
00:19:33 beish in the project, it's very
00:19:34 important. Terus dilihat growth
00:19:36 rate-nya, apakah Telegram grupnya,
00:19:39 Discord-nya, Twitter-nya itu berkembang
00:19:40 overtime atau enggak? Karena penting
00:19:42 juga kamu lihat, oke ini naik nih bulan
00:19:44 yang lalu 5.000 sekarang 7.000. Nah, itu
00:19:47 penting untuk teman-teman perhatikan.
00:19:49 Selanjutnya ya teman-teman harus ya
00:19:51 penting untuk melihat ya developernya
00:19:54 ini berjalan ideal atau enggak sesuai
00:19:56 dengan komunitas mau. Karena pentingnya
00:19:58 ada komunitas. Komunitas itu seringkiali
00:20:01 ya teman-teman mereka ini memperhatikan
00:20:04 developernya ini ngapain. Mereka ini
00:20:06 fungsinya adalah check and balances.
00:20:08 Mereka memastikan developer ini
00:20:10 melakukan sesuatu itu dengan baik dan
00:20:12 benar. Jadi mereka akan mengaudit ya
00:20:14 developer ini kerja atau enggak dan
00:20:16 biasanya mereka akan selalu nagih di
00:20:18 komunitasnya. Selanjutnya lihat analisa
00:20:21 kompetitor dan pasar karena ya sama
00:20:23 seperti hyperliquid keluar kemudian
00:20:25 Changpengzo endorse aster ya dan juga
00:20:28 aster tiba-tiba juga langsung naik.
00:20:30 Harus dipahami ya adanya kompetitor dan
00:20:33 juga posisi pasar. Pentingnya atau cara
00:20:35 melakukan analisa kompetitor pertama
00:20:37 lihat pesaing utama. Kamu bisa buka tab
00:20:40 di Coin Market Cap. bisa buka tab di
00:20:42 Coin Geko kemudian search stop layer
00:20:45 one. Nah, di situ baru kelihatan tuh itu
00:20:47 kamu lihat semua pesaingnya. Kamu bisa
00:20:50 pakai website seperti [Link] ya.
00:20:53 It's free teman-teman bisa pakai. Terus
00:20:56 perhatikan ya teman-teman bisa compare
00:20:58 side to side misalkan. Oke, saya mau
00:21:00 compare market cap dari misalkan ya
00:21:03 Etherium sama Solana, TVL-nya, jumlah
00:21:05 penggunanya dan lain sebagainya itu juga
00:21:07 bisa di sana. Kemudian kamu lihat
00:21:09 analisa competitive advantage. Oke,
00:21:11 misalkan Solana ini lebih menang.
00:21:13 Kenapa? Karena dia lebih retail
00:21:14 friendly. Orang transis lebih mau main
00:21:16 di sana daripada di BNB atau di
00:21:18 Ethereum. Teman-teman lihat ya risiko
00:21:21 persaingannya apa. Oke. Apakah beneran
00:21:24 atau cuman false claim dan juga klaim
00:21:26 kosong? Teman-teman perlu juga ya
00:21:28 melihat tim pengembang dan juga
00:21:30 kemitraan apakah mereka jalan atau
00:21:32 tidak. Teman-teman lihat ya identitasnya
00:21:35 mereka pernah ngerjain apa, reputasinya
00:21:37 seperti apa, track record-nya projectnya
00:21:40 berhasil atau enggak, oke eksekusinya
00:21:42 oke atau enggak dan juga partnership dia
00:21:45 bekerja dengan siapa aja. Misalkan dia
00:21:46 oke ini partnership dengan Google Cloud,
00:21:48 partnership dengan Nvidia ya,
00:21:50 partnership dengan perusahaan-perusahaan
00:21:52 lain, it will be more bullish ya.
00:21:55 Selanjutnya penting teman-teman untuk
00:21:57 melihat white paper dan juga road map ya
00:21:59 suatu project karena itu sebagai
00:22:01 pratinjau apa yang mereka lakukan ya.
00:22:03 White paper yang penting itu dia logis,
00:22:06 tidak bombastis dan juga tidak plagiat.
00:22:09 Karena itu adalah tiga hal yang paling
00:22:10 penting. Logis, masuk akal atau enggak.
00:22:12 Misalkan ini adalah jaringan USDT z0 V
00:22:16 ya. Kamu harus lihat, kamu baca white
00:22:17 paper-nya apakah logis atau tidak. Terus
00:22:20 kemudian misalkan dia mau targetin ini
00:22:23 adalah akan ya menjadi kripto ya paling
00:22:26 besar di dunia itu kan terlalu bombastis
00:22:28 ya itu harus kamu coret. Dan ketiga ya
00:22:31 bebas plagaris semua kamu lihat apakah
00:22:34 dia ini ya ini sesuai atau enggak ya
00:22:36 dengan yang ada ya. Jangan-jangan dia
00:22:39 ini udah comot ya punya orang terus
00:22:41 akuin ini punya dia. Selanjutnya penting
00:22:43 melihat roadmap dia mau kapan ngapain
00:22:46 ya. Dia mau ngapain kapan tanggal
00:22:48 berapa. Ini penting untuk kamu lihat ya.
00:22:50 Takutnya nanti dia misalkan menjanjikan
00:22:52 oh akan launch produknya ya di tanggal
00:22:56 sekian. Tapi ketika udah tanggal sekian
00:22:58 produknya enggak ada. Itu penting ya
00:22:59 untuk kamu tagih ya nanti ke
00:23:01 developernya. Penting juga ya
00:23:03 teman-teman lihat rekam jejak ya
00:23:05 roadmap-nya juga. Karena ketika ya kamu
00:23:08 enggak lihat ya roadmap-nya dengan baik
00:23:10 dan benar nah itu kamu akan missing out
00:23:12 something. Ini contoh ya roadmap dari
00:23:15 Ethereum. mereka akan melakukan ya
00:23:17 banyak sekali the merch, the search ya,
00:23:20 the skirts, the fts ya, the pers, the
00:23:23 splurts ya. Ini banyak sekali update
00:23:25 yang akan mereka lakukan. Kamu harus
00:23:27 lihat, kamu harus perhatikan juga. Nah,
00:23:29 selanjutnya penting untuk melihat
00:23:31 keamanan proyek dan juga kepatuhan
00:23:33 mereka terhadap regulasi. Pertama, ya,
00:23:36 kamu harus audit smart contractnya
00:23:38 apakah oke atau enggak. Kemudian lihat
00:23:40 apakah ada rewiden pernah di-hack atau
00:23:43 tidak. Apakah dia ya cukup terdesentral
00:23:46 atau tidak ya? Karena banyak ya beberapa
00:23:48 jaringan yang memang enggak terdesentral
00:23:50 ya. Misalkan ada transaksi curigakan di
00:23:53 freeze yaitu itu menunjukkan ya kalau
00:23:55 dia tidak terlalu terdesentral.
00:23:57 Teman-teman lihat juga kualitas code-nya
00:24:00 bisa lihat di GitHub. Nah, kepatuhan
00:24:02 regulasi ini juga penting karena
00:24:05 teman-teman ya kalau lihat status hukum
00:24:07 ini juga penting. Contohnya XRP Ripple
00:24:09 ini bermasalah dengan SEC. dia dapat
00:24:12 legal case dari SEC dan itu menghambat
00:24:15 ya pertumbuhan proek mereka. Kemudian
00:24:18 teman-teman juga lihat ya kebijakan
00:24:19 pemerintah lokal seperti apa ya. Kalau
00:24:21 di Indonesia ada OJK dan juga BPEPTI
00:24:24 teman-teman lihat juga ya KYC compliance
00:24:26 dan juga risiko legal lain apakah pernah
00:24:29 terlibat hukum ya contohnya Teraluna ya
00:24:32 XRP dan lain sebagainya karena misalkan
00:24:35 ya Teraluna pernah bermasalah atau FTX
00:24:37 ya dengan FTT-nya pernah bermasalah
00:24:39 kalau dia bikin projject lagi
00:24:40 teman-teman juga harus mawas diri.
00:24:43 Itulah mengapa ya enggak bisa di sini
00:24:45 melakukan analisa fundamental itu hanya
00:24:47 dengan satu matriks, hanya dengan satu
00:24:49 faktor. Teman-teman harus melakukan
00:24:51 riset yang holistik, riset yang 360
00:24:54 derajat ke semua aspek ya harus
00:24:56 teman-teman perhatikan dan apa aja ya
00:24:59 tools dan juga sumber data untuk analisa
00:25:01 fundamental yang bisa teman-teman
00:25:03 gunakan ya. Pertama ya situs data
00:25:06 agregator. Coin market cap dan juga Coin
00:25:08 Geko itu adalah dua yang paling top tier
00:25:10 ya. Coin Market Cap ini diakuisisi oleh
00:25:12 Binance dan Coin Geko ini perusahaan ber
00:25:15 ya based on Singapore ya. Ini sangat
00:25:18 bagus teman-teman bisa melihat dia real
00:25:21 time akan update market cap, volume
00:25:23 perdagangan, Max Supply ya teman-teman
00:25:25 langsung bisa pakai Coin market cap dan
00:25:28 juga Coin Geko untuk melihat data
00:25:30 blockchain. Selanjutnya blockchain
00:25:32 explorer ya. Ini ada Ether Scan untuk
00:25:34 Ethereum ya, BSC scan untuk BSC dan juga
00:25:37 snow trace untuk Avalens. Fungsinya apa?
00:25:40 Di sini transaksi di blockchain itu
00:25:42 telanjang, enggak ada privasinya. Jadi,
00:25:44 kalau kamu pengin lihat suatu wallet ini
00:25:46 ngapain aja, kamu bisa copy paste ya,
00:25:49 others wallet-nya di dalam enter scan.
00:25:51 Di situ kelihatan dia ngapain aja. Oke,
00:25:54 analisa onchain yang lain yang udah
00:25:56 dibuat dalam grafis ya, dalam P chart
00:25:59 ya, dalam info grafis lain yang membuat
00:26:02 teman-teman lebih mudah itu ada Glass
00:26:04 Note, Crypto Quan dan juga sentiment ya.
00:26:06 Ini adalah Glasse. Ini yang levelnya
00:26:08 institusi Cryptocuan banyak yang free
00:26:10 ya. Santimen ini juga masih memulai tapi
00:26:13 juga relatif oke. Cuman saya saranin ya
00:26:16 grass note is the best one. It's
00:26:18 institutional grade ya onchain analytic
00:26:21 yang bisa teman-teman pakai cuman
00:26:23 minusnya ya dia mahal buat full
00:26:25 feature-nya. Untuk defy untuk lihat ya
00:26:28 decentralization ini bisa pakai defi
00:26:31 lama. Token terminal dep radar. Saya
00:26:34 suka token terminal karena lebih oke ya
00:26:37 infografisnya, gambarnya juga lebih oke
00:26:40 dan juga dia cenderung gelap ya. Di file
00:26:42 lama juga bisa gelap atau terang dia
00:26:44 lebih ke infografis ya. Tapi kalau yang
00:26:47 teman-teman mau export laporan
00:26:49 keuangannya ya financial statement-nya,
00:26:51 network function-nya ya, itu bisa pakai
00:26:54 token terminal dan juga ini sifatnya
00:26:56 gratis. Selanjutnya ada media ya, Coin
00:26:59 Desk, Coin Telegraph, The Block. Tapi ya
00:27:01 Akademi Crypto juga punya media juga.
00:27:03 Teman-teman bisa follow kita di
00:27:05 Instagram, kita kasih setiap hari update
00:27:07 ke teman-teman atau klik link Discord di
00:27:09 bawah supaya teman-teman bisa tahu apa
00:27:11 yang kita lakukan di dalam. Nah,
00:27:14 selanjutnya ya ketika kita ini memiliki
00:27:17 tools, kita melakukan analisa itu
00:27:19 sifatnya itu data driven. Artinya apa?
00:27:22 Kita enggak ngasal, ada data, ada fakta,
00:27:24 ada angkanya. kamu enggak melakukan
00:27:26 sesuatu tanpa sumber ya. Kamu do your
00:27:29 own research dan kamu melakukan sesuatu
00:27:30 itu dengan benar. Nah, ini contoh nyata
00:27:33 ya, analisa fundamental di project
00:27:35 crypto ya. Kalau Bitcoin kita lihat it's
00:27:38 a store of value ya. Elsavador beli
00:27:40 Bitcoin sebagai store of value karena
00:27:42 dia percaya fiat itu akan selalu nol
00:27:45 nilainya sehingga mereka bikin ya
00:27:48 Bitcoin strategy ya ini yang mereka
00:27:50 lakukan. Oke. Karena fundamentalnya apa?
00:27:53 hanya R1 juta di 2140 sudah habis secara
00:27:57 onchain adopsi meningkat ya aktivitas
00:27:59 jaringan tinggi ya dan developernya
00:28:01 sudah anonim dan juga dia sulit ya
00:28:04 secara fundamental ditiru oleh project
00:28:06 yang lain. Selanjutnya ada Ethereum,
00:28:08 tempat di mana building
00:28:09 decentralization,
00:28:11 bangun divine landing, DEX, NFT market
00:28:13 cap, game dan juga desentraliz ya,
00:28:15 autonomous organization ya. Di mana
00:28:18 secara token dia ini supply-nya enggak
00:28:21 fix ya, enggak kayak Bitcoin tapi
00:28:22 inflasi yang terkendali dan TVL-nya ya
00:28:26 terus mengalami kenaikan, ekosistemnya
00:28:28 adaptif, penggunanya bertambah dan
00:28:31 secara developer kita melihat Ethereum
00:28:33 ini ada lebih ya dari 6.000 developer
00:28:35 aktif bulanan. dan komunitasnya
00:28:38 terdesentral dan dia melakukan upgrade
00:28:41 ya terus-terusan ada the search the
00:28:43 first the pers the sps ya ini adalah
00:28:45 banyak sekali upgrade yang bisa mereka
00:28:47 lakukan supaya bisa unlock full
00:28:50 potensial dari jaringan mereka jadi apa
00:28:52 kesimpulan analisa fundamental untuk
00:28:54 pemula ini teman-teman harus pahami ya
00:28:57 pertama kamu harus ngerti dia itu
00:28:59 ngapain fungsinya apa. Kalau
00:29:01 fundamentalnya lemah
00:29:03 ya besar kemungkinan dia tidak melakukan
00:29:06 ya expand secara value. Tapi kalau
00:29:08 fundamentalnya kuat besar ya dia akan
00:29:10 melakukan expand value. Kemudian lihat
00:29:13 ya angka data, supply ya biarkan. Oke.
00:29:16 Jangan hanya ya ini rumor atau janji.
00:29:19 Kamu harus lihat ya biarkan data yang
00:29:21 berbicara. Lihat tim, lihat
00:29:23 transparansinya pakai tools yang beneran
00:29:25 untuk teman-teman melakukan riset.
00:29:27 Karena never trust, always verify. Dan
00:29:30 saya harap teman-teman tahu dengan
00:29:32 detail bagaimana pemula oke melakukan
00:29:35 analisa fundamental. Selanjutnya saya
00:29:37 akan lakukan analisa teknikal untuk
00:29:39 pemula, analisa
00:29:41 hype ya, analisa naratif untuk pemula.
00:29:44 Dan buat teman-teman yang mau dapat
00:29:46 update video seperti ini ya, pengumuman
00:29:49 pertama yuk gabung Discord Akademi
00:29:51 Crypto Free, link ada di bawah. Sampai
00:29:54 berjumpa di video-video selanjutnya.
00:29:56 Yeah.