00:00:00 Kembali lagi dengan saya Kalimasada dan
00:00:01 hari ini saya akan ngajarin teman-teman
00:00:03 mengenai cara cuan 1 juta per hari
00:00:06 secara konsisten di market crypto.
00:00:09 Sebelum saya menjelaskan mengapa
00:00:11 teman-teman harus mendengarkan dan juga
00:00:13 melihat ini, saya orang yang merubah ya
00:00:16 R juta menjadi sekarang ratusan miliar
00:00:18 di market cryptocurrency. Dan ketika
00:00:21 teman-teman mendengarkan dari saya,
00:00:23 teman-teman akan memperoleh satu dua hal
00:00:26 yang teman-teman bisa terapkan. Jadi
00:00:29 menjadi seorang trader crypto itu
00:00:30 merupakan impian saya sejak dulu ya.
00:00:34 Terutama menjadi seorang trader. Saya
00:00:36 selalu punya fantasi bahwa saya tuh bisa
00:00:38 hanya di depan laptop, di depan komputer
00:00:40 menghasilkan uang berjuta-juta waktu itu
00:00:43 beratus-ratus juta bahkan
00:00:45 bermiliar-miliar rupiah tanpa keluar
00:00:48 rumah. Karena memang saya adalah seorang
00:00:50 yang introvert dan banyak dari
00:00:52 teman-teman yang berpikir angkanya
00:00:54 mungkin enggak segede itu. Banyak yang
00:00:56 selalu memiliki fantasi bahwa oke, bisa
00:00:58 enggak sih saya ini di crypto market itu
00:01:00 dapat sejuta tiap hari? Jawabannya
00:01:03 sangat mungkin. Karena apa? Karena
00:01:05 crypto itu penuh dengan opportunity,
00:01:08 penuh dengan kesempatan. Setiap harinya
00:01:11 selalu ada posisi yang teman-teman bisa
00:01:13 buka. Dan memang dari dulu saya udah
00:01:16 sejak SMA ya, saya sejak SMA itu ikut
00:01:19 lomba pasar modal, saya sudah
00:01:21 berkecimpung di dunia trading yang mana
00:01:23 ya saya sudah di field ini itu lebih
00:01:25 dari 10 tahun. Jadi apa pendekatan
00:01:29 trading harian yang mana bisa membuat
00:01:31 teman-teman ini memperoleh yang namanya
00:01:33 profit konsisten? Pertama, day trading
00:01:37 crypto itu membutuhkan suatu disiplin
00:01:39 yang tinggi. Sama seperti kamu ingin
00:01:41 menjadi dokter bedah terbaik, sama
00:01:43 seperti kamu pengin jadi seorang
00:01:45 pengacara terbaik, sama juga seperti
00:01:48 kamu ingin menjadi aparat penegak hukum
00:01:50 terbaik. Kamu harus tahu apa yang kamu
00:01:53 lakukan dan kamu disiplin setiap
00:01:56 harinya. Enggak ada loh ya dokter itu
00:01:58 tiba-tiba dalam satu hari itu
00:01:59 bermalas-malasan. Karena apa? Ilmunya
00:02:01 itu terus berkembang, case-nya itu
00:02:03 bertambah banyak. Jadi mereka itu selalu
00:02:06 setiap hari itu juga belajar. Mereka
00:02:08 setiap hari itu juga mengerjakan
00:02:10 sesuatu. Setiap hari juga mereka ini
00:02:13 terangsang ya untuk melakukan hal-hal
00:02:16 yang berbeda. Dan ketika kamu udah mau
00:02:18 masuk di market crypto menjadi seorang
00:02:20 trader, kamu harus disiplin. Karena
00:02:23 disiplin itu adalah kunci. Disiplin itu
00:02:25 adalah inti. Karena trading ini adalah
00:02:27 merupakan suatu profesi. Kalau
00:02:29 teman-teman bisa lihat ya di Jane Street
00:02:31 ya di point 72 capital ya. Kemudian di
00:02:34 Pantera Capital mereka ini di depan
00:02:36 laptop, di depan komputer-komputer
00:02:38 berlayar-layar mereka ini trading dan
00:02:40 itu yang mereka lakukan. Itu juga yang
00:02:42 saya lakukan setiap hari. Itu yang kita
00:02:44 lakukan ya di dalam bareng member-member
00:02:47 di akademi crypto. Dua, kamu harus punya
00:02:50 rencana yang matang. Jadi mengapa saya
00:02:52 bisa profit secara konsisten itu karena
00:02:55 saya memiliki plan yang matang. Saya
00:02:57 tahu strateginya. Saya tahu
00:02:59 kecenderungan-kecenderungan mana altcoin
00:03:01 yang bakal naik hari ini. Saya tahu mana
00:03:03 yang bakal top gainer, mana yang bakal
00:03:05 jadi top loser. Karena banyak sekali ya
00:03:08 variabel yang saya gabungkan dari price
00:03:10 action, derivative data, onchain data,
00:03:13 dan itulah mengapa ya risk managemen itu
00:03:17 juga harus saya perhatikan karena saya
00:03:18 tetap bisa di sini, tetap bisa ngajarin
00:03:21 ke teman-teman sharing, berbagi ilmu.
00:03:23 Karena saya dari dulu tidak pernah
00:03:25 mengalami likuidasi, tidak pernah
00:03:27 bangkrut ya. Bahkan kemarin ada crash
00:03:29 tarif lagi itu saya juga selamat ya. I'm
00:03:31 still here ya. Dan sebulan sebelumnya
00:03:33 saya sudah ngingetin semua orang buat TP
00:03:35 karena apa? Saya memiliki risk
00:03:37 management yang ketat. Jadi kalau
00:03:39 manajemen risiko saya itu ketat, saya
00:03:41 tuh bisa ya tetap bertahan di market
00:03:44 kripto. Pertama itu adalah konsistensi.
00:03:47 Ini semua itu enggak lahir dalam waktu 1
00:03:49 du hari aja. Saya sudah lebih dari 10
00:03:51 tahun ya baca chart, sudah lihat A B C
00:03:54 abita makro dan setiap hari saya terus
00:03:57 belajar. Karena apa? Karena saya paham
00:04:00 bahwa hal terbaik, investasi terbaik
00:04:02 yang bisa teman-teman dapatkan itu
00:04:03 adalah ilmu dan belajar dari orang yang
00:04:05 tepat itu adalah hal terbaik yang
00:04:08 mungkin ya dulu saya lakukan. Saya juga
00:04:10 mungkin banyak punya mentor ya secara
00:04:11 online di luar negeri yang saya
00:04:13 pelajarin bukunya dan lain sebagainya.
00:04:15 Dan dulu ya ketika saya trading crypto
00:04:18 enggak ada platform seperti Akademi
00:04:20 Crypto. Enggak ada platform yang setiap
00:04:21 hari kasih tahu saya ya market update
00:04:24 seperti apa, apa yang harus saya beli,
00:04:26 apa yang harus saya jual, dan
00:04:27 perkembangan market itu seperti apa. Dan
00:04:29 buat teman-teman ya yang mau bergabung
00:04:32 ya, ini ada link Discord di bawah. Nanti
00:04:34 kalau teman-teman bisa mengakses ya di
00:04:36 Akademi Crypto ya. Ini teman-teman bisa
00:04:38 mengakses bagian umum. Lihat nih, saya
00:04:40 setiap hari nge-share ke teman-teman
00:04:41 secara langsung keadaan market crypto
00:04:44 dan kita harus ngapain ya. Misalkan ada
00:04:46 kebijakan tarif crash, kita harus
00:04:48 ngapain. Saya setiap hari juga kasih ke
00:04:50 teman-teman. Di sini juga ada berita
00:04:51 gratis ya, yang mana teman-teman bisa
00:04:53 lihat ya. Plus juga kalau mau lihat ya
00:04:56 hasil belajar teman-teman yang lain bisa
00:04:58 ke testimony member dan juga daily win
00:05:00 member untuk mengetahui kira-kira apa
00:05:03 yang kita lakukan di dalam. Nah,
00:05:05 langsung kita ngomong mengenai gimana
00:05:07 sih ya strategi trading ya untuk
00:05:09 mendapatkan target harian R juta yang
00:05:12 mana R juta sehari ya kita ngomonglah ya
00:05:14 rata-rata 30-an juta setiap bulannya ya
00:05:17 itu lebih tinggi ya dari gaji beberapa
00:05:20 lini manager di luar sana apalagi
00:05:23 teman-teman lebih oke lagi kalau tetap
00:05:24 jadi manajer ya dapat 30 juta jadi
00:05:26 manajer plus dapat juga 30 juta dari
00:05:29 trading ya teman-teman menggandakan ya
00:05:32 dua oke sourch of income yang mana oke
00:05:35 juga ya karena more income is better ya
00:05:38 saya selalu more money is better pertama
00:05:41 ya strategi day trading di crypto ya
00:05:44 kita harus selalu memilih aset yang
00:05:46 liquid dan volatile ya jadi intinya di
00:05:50 market itu adalah supply and demand ada
00:05:52 yang jual ada yang berdagang di pasar
00:05:54 tersebut kalau pasar tersebut itu enggak
00:05:56 ada orang yang berdagang di sana ngapain
00:05:58 kita mau beli barang di sana kamu kalau
00:06:00 beli di pasar yang sepi, kamu mau jual
00:06:03 lagi barangnya nya itu enggak bisa. Jadi
00:06:05 harus selalu memilih aset yang cukup
00:06:07 liquid dan volatile. Saya selalu melihat
00:06:11 ya volatilitas itu sebagai suatu hadiah.
00:06:14 Saya enggak lihat fundamental. Kamu
00:06:16 kalau ngomongin market cap, kamu
00:06:17 ngomongin token distribution itu
00:06:19 fundamental. Saya cuman pengin lihat
00:06:21 hari ini berapa banyak orang yang jual
00:06:23 beli barang ini. Oke. Dan itu yang saya
00:06:25 lihat pertama. Jadi saya enggak akan
00:06:27 pergi ke pasar, ke market, ke tempat di
00:06:30 mana enggak ada yang jualan barang
00:06:31 tersebut. saya enggak akan mau. Oke.
00:06:33 Kedua, ya, selalu posisikan diri ya
00:06:37 dengan target tertentu untuk melihat
00:06:39 strategi breakout trading. Banyak orang
00:06:41 di sana yang selalu mengejar breakout
00:06:43 trading setelah ada konfirmasi volume
00:06:45 dan break. Tapi saya lebih suka
00:06:47 mengantisipasi yang namanya breakout.
00:06:49 Jadi, saya selalu ya membuka posisi itu
00:06:52 ketika harga itu berkonsolidasi dan
00:06:54 belum melakukan yang namanya breakout.
00:06:56 Ketika kita mengejar breakout, ris to
00:06:58 reward-nya tuh tidak oke. Jadi ketika
00:07:00 teman-teman udah lihat papan top gainer,
00:07:02 oke naik 20% 30% oke waktunya beli itu
00:07:04 salah. Itu waktunya kita triamming
00:07:07 position, waktunya kita melakukan
00:07:09 sedikit penjualan. Kamu beli ketika
00:07:11 harga itu sedang mengalami konsolidasi
00:07:14 baru naik 2 3% di sinilah ya kita play
00:07:18 ya the part kita masukin posisi buy
00:07:21 sebelum ketika dia melakukan kenaikan ya
00:07:24 kita mengantisipasinya. dengan melakukan
00:07:26 penjualan dan saya juga sering ya
00:07:29 memanfaatkan momentum banyak indikator
00:07:31 ya moving average RSI dan lain
00:07:34 sebagainya tapi saya selalu menggunakan
00:07:36 yang namanya stokastic di mana itu sudah
00:07:38 sesuai ya dengan sistem saya stokastic
00:07:40 biasa yang settingnya itu 533 dan itu
00:07:43 selalu saya gunakan karena dia selalu
00:07:45 catching momentum sangat bagus di market
00:07:48 crypto. Banyak juga ya yang memanfaatkan
00:07:51 ya minersion di mana mereka ini selalu
00:07:53 memiliki thesis bahwa at some point ya
00:07:56 harga itu akan selalu kembali ke titik
00:07:58 wajarnya. Jadi mereka selalu mencari
00:08:00 ketika dia udah jenuh nih ya dijual dia
00:08:03 masuk. Ketika dia udah jenuh ya dibeli
00:08:06 ya itu dia bisa keluar dulu posisinya.
00:08:08 Oke. Atau kadang juga kita bisa
00:08:11 melakukan yang namanya scalping.
00:08:12 Scalping ini kita meresisikokan 1/2%
00:08:15 sampai 2% dari capital yang kita miliki.
00:08:17 Dan kita membeli ya posisi ya membuka
00:08:20 posisi beberapa kali ya dalam sehari.
00:08:23 Tapi ingat ya jangan overtrade. Saya
00:08:25 selalu punya rules buat teman-teman yang
00:08:26 di dalam akademi crypto jangan trading
00:08:28 lebih dari tiga kali sehari karena
00:08:30 chances kamu akan overtrade, kamu akan
00:08:33 ganggu kerjaan, kamu juga capek juga.
00:08:35 Jadi harus dipahami teman-teman bahwa
00:08:38 scalping ya maksimal ya tiga kali dalam
00:08:41 sehari. Itulah mengapa ya ketika waktu
00:08:43 kita terbatas nih bahkan saya tulis nih
00:08:45 di sini ya satu sampai du setup yang
00:08:47 berkualitas satu sampai du setup yang
00:08:51 mana itu ya bisa memberikan ya life
00:08:53 changing moment ya life changing
00:08:56 opportunity yang mana bisa teman-teman
00:08:59 manfaatkan secara cuma-cuma ya karena
00:09:02 saya udah di sini ya lebih dari 10 tahun
00:09:04 maka dari itu saya sudah tahu nih mana
00:09:06 yang bakal naik mana yang enggak saya
00:09:07 sudah di dunia trading itu lebih dari 10
00:09:09 tahun dan di crypto juga udah ya tiga
00:09:12 siklus. Jadi saya benar-benar ya melihat
00:09:14 itu tahu ya kecenderungan setup-setup
00:09:16 mana yang bisa menghasilkan cuan. Dan di
00:09:18 dalam ya untuk member akademi crypto
00:09:20 kita menyajikan yang namanya analisa
00:09:23 internal khusus untuk member di dalam
00:09:25 ya. Kita memberikan daily trades.
00:09:27 Contohnya ini ya kemarin saya memberi ke
00:09:30 teman-teman di dalam ini potensi F ya
00:09:33 intraday long ya. Time frame H1 entry
00:09:36 0,013 ya. take profit 0,014 sampai
00:09:40 0,019.
00:09:42 Di situ saya juga jelasin ya conviction
00:09:44 saya, pattern saya, analisa derivatif
00:09:46 yang saya lakukan. Nah, waktu itu
00:09:48 harganya masih di sini ya, 0,013
00:09:52 dan per hari ini, per detik ini saya
00:09:54 syuting ya, bom ya, dia udah naik lebih
00:09:57 dari 80% ya, ke 0,02.
00:10:00 Jadi ini ya yang kita sajikan ke
00:10:03 teman-teman di dalam dan so far trading
00:10:06 win rate-nya itu adalah 90%. Teman-teman
00:10:09 juga bisa lihat nih ya di sini saya
00:10:10 kemarin juga kasih nih ya ada tanggalnya
00:10:12 kemarin lusa ini adalah light intraday
00:10:14 long ya waktu itu harganya di 1,86 ya
00:10:18 dan sekarang ya dia udah TP2 ya ini
00:10:23 untuk light. Terus saya juga share juga
00:10:27 ke teman-teman yang di dalam. Nah, ini
00:10:29 contohnya EVA ya, Eva A. Oke, ini masih
00:10:33 di sini posisinya 3,75
00:10:36 dan ya teman-teman bisa lihat ya
00:10:39 besoknya ya ini EVA ini udah hit ya
00:10:41 TP-nya bahkan sekarang harganya udah
00:10:44 sampai 9 ya untuk EVA. Nah, ini kalau
00:10:46 teman-teman lihat ya dia bahkan lebih
00:10:48 tinggi ya dari take profit nya ya. Saya
00:10:51 bahkan hanya target tuh sampai TP3.
00:10:54 Cuman kalau teman-teman tarik lagi ya,
00:10:55 TP3 saya itu cuman naik 59% tapi EVA ya
00:10:59 ini naik 150%
00:11:01 ya. Kenapa? Karena saya bisa
00:11:03 mengidentifikasi setup ini. Saya sudah
00:11:05 tahu setup mana dengan win rate terbaik.
00:11:08 Setup mana yang bisa ngasilin saya
00:11:10 sejuta tiap hari ya. Kalau saya mungkin
00:11:11 semiliar, 2 miliar ya. sekali trade saya
00:11:14 tahu ya, saya tahu di mana teman-teman
00:11:16 bisa memperoleh ini ya tanpa teman-teman
00:11:19 membeli ya 10 tahun waktu saya belajar
00:11:22 di market. Jadi kadang ya kita memang
00:11:26 belajar ya untuk memancing tapi ya
00:11:28 ngapain enggak belajar memancing sambil
00:11:30 kita makan ikannya. Nah ini apa aja
00:11:33 tools yang bisa teman-teman gunakan ya.
00:11:36 Pertama teman-teman butuh exchange
00:11:37 terpercaya. kita ada vlog juga buat
00:11:40 teman-teman ya yang mau trading ya di
00:11:42 vlog silakan ya bisa ya kita bahkan bisa
00:11:46 bitcoin ya beli hanya dengan harga
00:11:48 Rp1.000 aja saya selalu pakai Trading
00:11:50 View ya ini charting tools dan juga
00:11:52 indikator terbaik ya standar lah ya dan
00:11:55 teman-teman mungkin bisa upgrade ya
00:11:56 trading view-nya untuk menambah ya
00:11:58 beberapa indikator-indikator yang bisa
00:12:00 menarik di sana. Dan selanjutnya untuk
00:12:03 berita dan sentimen pasar teman-teman
00:12:05 bisa pakai X ya. Untuk Twitter
00:12:07 teman-teman juga bisa ya pakai ke
00:12:09 Discord kita ya. Discord kita gratis di
00:12:11 bawah untuk fit berita-berita setiap
00:12:13 hari kita kasih di dalam teman-teman ya
00:12:16 bisa ikuti beritanya di dalam.
00:12:18 Selanjutnya ya penting beberapa hal yang
00:12:21 kita butuhkan. Kita butuh memanajemen
00:12:23 order ya market order atau limit order.
00:12:26 Kita juga hitung slipage-nya. kita juga
00:12:28 harus tahu ya broker mana yang V-nya itu
00:12:31 paling rendah karena beberapa sekarang
00:12:33 ya perp dex ya perpetual decentraliz
00:12:35 exchange yang tanpa KYC mereka itu udah
00:12:38 bisa trading dengan zero V plus kamu
00:12:40 juga bisa farming di sana kamu juga bisa
00:12:42 dikasih ya di sana bonus poin untuk kamu
00:12:45 tukarkan ya dengan token ketika mereka
00:12:47 udah TGE selanjutnya ya penting untuk
00:12:50 melakukan jurnal trading catat setiap
00:12:52 entry setiap stop loss, setiap TP terus
00:12:54 kamu evaluasi kenapa trade ini berhasil,
00:12:57 kenapa ini tidak. Karena itu bagi pemula
00:12:59 itu sangat penting. Bagi pemula itu
00:13:02 sangat dibutuhkan supaya apa?
00:13:03 Teman-teman bisa menganalisa apa sih
00:13:05 yang kurang, setup apa sih yang enggak
00:13:07 works. Oh, pattern ini ternyata kurang.
00:13:09 Oh, ternyata winded saya lebih bagus
00:13:11 dengan pendekatan ini. Itu bisa
00:13:12 teman-teman terapkan. Nah, karena pada
00:13:14 dasarnya tools itu hanya merupakan suatu
00:13:17 alat bantu. Tools itu tidak determine
00:13:20 ya. Kamu akan selalu menang setiap saat.
00:13:22 selalu butuh 10 tahun experience dan
00:13:24 udah ngerubah puluhan juta sampai ke
00:13:27 puluhan ratusan miliar di market crypto.
00:13:29 Itu yang teman-teman butuhkan ya. Tools
00:13:31 itu memang alat bantu. Saya pun
00:13:32 tools-nya itu hanya juga trading view
00:13:35 ya. Hanya lihat chart, hanya lihat price
00:13:38 action-nya. Selanjutnya kita ngomong ya
00:13:40 manajemen risiko dan juga pengaturan
00:13:42 modal. Banyak sekali orang yang gagal di
00:13:44 sini karena tidak tahu ya manajemen
00:13:46 risiko yang baik dan benar. Mereka ini
00:13:49 enggak ngerti. mereka ini ada
00:13:50 kecenderungan juga overtrading,
00:13:52 oversizing, overpositioning
00:13:55 ya. Dan ketika semuanya itu serba over
00:13:58 ya, kamu enggak akan pernah ya bisa
00:14:00 bertahan di market ini. Jadi saya selalu
00:14:03 punya rules ya, ris per trade 1 sampai
00:14:05 2%. Artinya apa? Kalau teman-teman punya
00:14:07 duit Rp100 juta ya jangan risikokan
00:14:09 lebih dari R juta di setiap posisi
00:14:11 tunggal. Karena apa? Ya, Teman-teman
00:14:13 bisa buka posisi-posisi yang lain. Kalau
00:14:16 kamu buka tiga trade ya, kemudian ris
00:14:19 trade-nya 2%. Kalau 3tig-tiganya tuh
00:14:21 salah, kamu sudah kehilangan 6% dari
00:14:23 modal yang kamu miliki. Itulah mengapa
00:14:25 ya ris trade itu melindungi kalian dari
00:14:29 potensi ya kesalahan di satu tiker aja.
00:14:32 Itulah mengapa penting ya untuk
00:14:33 melakukan yang namanya diversifikasi
00:14:35 trade dan teman-teman harus gunakan ya
00:14:37 stop loss secara disiplin. Ketika dia
00:14:40 udah ada ya di bawah harganya di level
00:14:42 tertentu teman-teman harus melakukan
00:14:44 yang namanya stop loss. Kemudian dari
00:14:46 ris and reward ratio yang sehat ya,
00:14:48 pastikan ya teman-teman ini memiliki
00:14:51 profit oke 1 banding 2 ya dan minimal
00:14:55 itu karena saya selalu setup-nya tadi
00:14:57 kalau teman-teman lihat 1 banding 4 ya 1
00:15:00 bing 5 1 banding 6 ya kalau teman-teman
00:15:02 lihat ya di dalam semua trade yang
00:15:05 di-share di akademi crypto yang berhasil
00:15:07 ya take profit semuanya dan so far 90%
00:15:10 akurasinya tuh lihat ya ris to
00:15:12 reward-nya itu 1 banding 4 artinya apa
00:15:14 kalau di sini teman-teman merisikokan
00:15:16 R10 juta, Teman-teman memperoleh R0 juta
00:15:19 bahkan lebih. Oke, Teman-teman lihat nih
00:15:21 F. Terus teman-teman lihat nih, oke
00:15:24 light lihat nih EVA ya. Ini ris to
00:15:27 reward-nya berapa? 1 banding 4.
00:15:28 Teman-teman ngerisikoin Rp100 juta bisa
00:15:30 dapat R00 juta. Jadi itu adalah ris to
00:15:33 reward dan itu bukan satu-satunya ya. Di
00:15:36 sini juga ada nih ya di dalam humanity
00:15:38 protocol ya. Ini rest reward-nya 1
00:15:41 banding 4 dan ya ini humanity protocol
00:15:44 berhasil ya. eh TP2 ya dia hit TP2.
00:15:48 Terus di dalam ya ada Kijen ya, ini hit
00:15:52 TP3 dan trade-trade yang lain. Bahkan di
00:15:55 dalam ya saya kasih ke teman-teman ini
00:15:57 peluang short untuk Ethereum. Jadi
00:15:59 jangan ngomong kita cuman dapat cuan
00:16:01 ketika bull market. Waktu be market ya
00:16:03 kena tarif kita pun juga nge-call
00:16:05 Etherium untuk short ya. time frame H4
00:16:07 ya dilihat entry oke 4100 ya di sini dan
00:16:13 ya teman-teman bisa lihat oke dia
00:16:16 sekarang Ethereum itu udah TP2 ya dan
00:16:18 bleeding ya sampai target kita ini
00:16:20 ris-nya 1 banding 3 harganya sampai di
00:16:23 3750 jadi kita selalu ya dapat cuan
00:16:27 market naik market turun kan saya bilang
00:16:29 konsisten ya setiap hari sejuta setiap
00:16:31 hari secara konsisten. Nah, selanjutnya
00:16:34 hati-hati ya dengan sizing posisi ya.
00:16:36 Dengan leverage terlalu gede karena
00:16:38 fee-nya juga mahal karena leverage yang
00:16:40 terlalu gede itu membuat kita
00:16:43 overtrading dan emosinya itu capek ya.
00:16:45 Kalau kita terlalu banyak posisi, kita
00:16:46 enggak bisa berpikir jernih, baca berita
00:16:49 apa, tiba-tiba diclose posisinya. Ya,
00:16:51 jangan seperti itu. Selanjutnya punya ya
00:16:53 kesiapan menghadapi ya volatilitas yang
00:16:55 ekstrem karena di market crypto itu
00:16:57 selalu swing-nya tuh tinggi ya.
00:16:59 Tiba-tiba bisa drop 10% hanya dalam
00:17:01 hitungan menit aja ya. Jadi harus sangat
00:17:04 hati-hati. Nah, ini saya akan memberikan
00:17:06 gambaran ya, pandangan. Oke, saya mau
00:17:09 sejuta setiap bulan. Berapa sih
00:17:11 modalnya? Ya, ini dengan skenario
00:17:13 pertama ya, modalnya itu Rp100 juta.
00:17:15 Oke, modal Rp100 juta itu kamu berarti
00:17:18 ya butuh ya sepersen setiap hari atau
00:17:21 kalau modalnya R10 juta, modalnya lebih
00:17:23 kecil itu tapi risikonya jauh lebih
00:17:24 tinggi karena kamu butuh ya gain 10%
00:17:27 setiap harinya. Ya masih mungkin
00:17:29 meskipun cukup berat ya. Jadi, gimana
00:17:33 kalau misalkan teman-teman ini punya
00:17:34 modal tersebut? Ya, pertama teman-teman
00:17:36 harus memanfaatkan ya perdagangan dua
00:17:38 arah. Teman-teman juga harus bisa ambil
00:17:40 posisi long, ambil posisi short. Kenapa?
00:17:43 Karena that's where the money come from.
00:17:45 Kalau kamu hanya berharap di spot market
00:17:47 dan kita memasuki yang namanya be market
00:17:49 ya, siklusnya sudah berakhir terus harga
00:17:52 turun semua, kamu enggak akan pernah
00:17:53 bisa konsisten sejuta tiap hari. Saya
00:17:55 pun malah performa terbaik itu malah
00:17:57 ketika be market. Kenapa? karena selalu
00:17:59 ada opportunity dan juga sepi marketnya
00:18:02 sepi dalam artian sepi dari euforia,
00:18:04 berita-berita yang luar biasa yang
00:18:06 kadang merusak bias psikologis kita ya.
00:18:09 Jadi ketika teman-teman ambil yang
00:18:10 namanya perdagangan dua arah, oke
00:18:12 teman-teman itu ambil posisi long untuk
00:18:15 beli dan juga short untuk sell atau
00:18:17 untuk jual. Long itu berharap harga
00:18:19 suatu aset itu mengalami kenaikan. Short
00:18:22 itu teman-teman berharap ya harga suatu
00:18:24 aset itu mengalami penurunan. Oke, jadi
00:18:27 ketika ya teman-teman trading dua arah
00:18:29 misalkan unjlok nih beritanya kemarin
00:18:31 kayak oke ini ada berita tentang Trump
00:18:34 ya, tarif dan lain sebagainya. Bitcoin
00:18:36 drop. Teman-teman bisa cuan ketika
00:18:38 Bitcoin drop karena apa? Teman-teman
00:18:40 yang di dalam ini cuan ketika Ethereum
00:18:41 ini drop ya. Etherium turun dari 4.100
00:18:45 ke 3.700
00:18:47 orang-orang yang di dalam ya,
00:18:48 member-member akademi crypto ya makan
00:18:51 tiap hari dari analisa internal yang
00:18:53 kita buat. beberapa ya yang trading dua
00:18:56 arah ini juga sebagai bentuk hatch.
00:18:58 Artinya apa? Bitcoin-nya enggak dijual.
00:19:00 Misalkan dia punya 10 bitcoin, 10
00:19:02 bitcoin itu enggak dijual. Tapi di saat
00:19:04 yang bersamaan dia juga short 10
00:19:06 Bitcoin. Jadi ketika harganya Bitcoin
00:19:08 ini turun ya memang spot position dia
00:19:10 rugi tapi short position dia ya ini
00:19:14 untung. Dan bitcoinnya yang 10 ini kan
00:19:16 memang dia mau hold untuk 10 tahun ke
00:19:18 depan. Jadi itu konsep dari hedging.
00:19:20 Oke. Dan memang derivatif dan leverage
00:19:23 itu memiliki risiko yang sangat tinggi.
00:19:26 Itulah mengapa saya selalu ngomong ris
00:19:27 per trade. Ris per trade 1% 2% 1% 2%.
00:19:30 Tapi kalau kamu tiap hari lakuin ya kamu
00:19:33 bisa compounding juga. Jangan percaya
00:19:35 dengan orang yang oke risk per trade-nya
00:19:36 10%. Risk per trade-nya you will get
00:19:39 burn. Ya, saya udah ngomong by
00:19:42 experience dengan yang setiap hari kayak
00:19:44 saya nge-share trade trade demi trade
00:19:45 trade demi trade you will get burn.
00:19:47 ketika kamu lebih dari 2%. Oke, jadi
00:19:50 memanfaatkan ya peluang dua arah itu
00:19:52 enggak peduli market hijau atau merah
00:19:54 selalu ada sesuatu yang bisa
00:19:56 diradingkan. Oke, ini contoh ya skenario
00:19:59 buat trading harian dapat R1 juta.
00:20:02 Misalkan ya kamu modalnya itu Rp100
00:20:04 juta. Ini yang paling gampang ya. Ini
00:20:06 ilustrasi day trading paling gampang. R
00:20:08 juta itu juga oke. Karena apa?
00:20:10 Teman-teman mau buka coffee shop, mau
00:20:12 beli franchise ayam geprek itu tetap
00:20:15 juga butuh yang namanya Rp100 juta ya
00:20:17 rata-rata modalnya. Oke. Risper
00:20:19 trade-nya misalkan 1% ya modal. Oke,
00:20:23 dari modal 1% R juta itu kan berarti R
00:20:25 juta ya. Ekspektasi per trade kamu dapat
00:20:28 1% sampai 2% ya itu kan berarti tinggal
00:20:32 ya ris to reward 1 banding 2 itu kamu
00:20:33 bisa dapetin ya 2 juta per hari ketika
00:20:36 tradeemu itu benar ya. ketika salah ya
00:20:38 in average lah ya kamu misalkan ya
00:20:41 dengan 50% lah ya win rate-nya enggak
00:20:43 usah 90% kayak yang saya kerjain di
00:20:45 dalam misalkan 50% aja itu gimana ya
00:20:48 dari kamu nge-trade ya misalkan 20 kali
00:20:51 trade setiap hari ya rest reward-nya
00:20:52 berapa 1 banding 2 oke 1 banding 2
00:20:55 berarti setiap kali kamu benar oke kamu
00:20:57 itu dapat 2 juta terus kamu trade
00:21:00 berarti se yang benar ya 10 kali itu kan
00:21:03 berarti kamu sudah dapat R2 juta. kamu
00:21:05 minus R jutanya yang salah ya. Kamu
00:21:07 masih dapetin ya rata-rata R10 juta ya
00:21:10 setiap bulannya. Tapi kalau kamu jago
00:21:12 banget ya kamu bisa konsisten trading
00:21:14 setiap hari dapetin 1% ya dengan modal
00:21:17 awal Rp100 juta itu sangat posibel juga.
00:21:20 Ini contoh ya. Kamu di trading target
00:21:22 sejuta modalnya Rp100 juta pagi ini ya.
00:21:25 Misalkan kamu seorang manajer kamu yah
00:21:27 nyaring 1015 ya potensial aset. Tapi ini
00:21:30 kalau kesulitan ya udah ikutin daily
00:21:32 trade yang kita kasih di dalam. Terus
00:21:34 kamu lihat, oke ini contoh Ethereum ada
00:21:37 di area resistance 1800. Oke, mendekati
00:21:41 potensi ya area 60. Oke, terus kamu
00:21:44 lihat ya kedua ya ada XRP ya turun 5%
00:21:48 terus kamu kemudian pasang long di sini.
00:21:51 Nah, terus di akhir hari kamu bisa
00:21:52 melihat nih ya kamu bisa melakukan
00:21:54 evaluasi kira-kira bisa atau enggak dan
00:21:56 berhasil atau enggak ya trade-nya yang
00:21:58 ada di dalam. Ini contoh ya, ilustrasi.
00:22:00 Kamu nge-long Etherium karena dia
00:22:02 breakout ya, dia relatif bullish ya. Ini
00:22:04 mungkin seperti ini ya. Nah, ini
00:22:06 Etherium. Nah, nah di sini kamu
00:22:09 melakukan beli ya. Oke. Entry misalkan
00:22:13 di sini 1800.
00:22:16 Oke, ini misalkan 1800.
00:22:20 Oke, terus kemudian di sini di bawah
00:22:22 sini stop loss-nya 17
00:22:26 70. Oke. Dan ketika dia naik ya,
00:22:31 misalkan kamu position size ya, ini 50%
00:22:34 dari modal ya. Dan kamu hanya berharap
00:22:38 ya dia naik kecil di sini ya. Terus kamu
00:22:40 kemudian take profit ya untuk dapetin ya
00:22:43 2 sampai 3,5% dari modal yang mana kamu
00:22:45 sudah cuan 2 sampai 3,5 juta ya. Jadi
00:22:48 kalau kita ngomong cuan per harinya itu
00:22:50 kan juga bisa rata-rata. Misalkan di
00:22:52 hari ini kamu menang, besok-besoknya
00:22:53 enggak trading, itu profit hari ini ya
00:22:56 Rp3 juta ini bisa nutup. Kamu enggak
00:22:57 perlu trading sampai 3 hari ke depan.
00:22:59 Jadi beberapa kali ya bisa istirahat
00:23:02 juga. Ini juga contoh ya, kamu lihat XRP
00:23:05 ya, momentum baris misalkan dia seperti
00:23:08 ini ya. Terus kamu short posisi ya
00:23:11 ketika
00:23:12 dia mengalami penurunan ya. dia tembus
00:23:16 di sini. Misalkan di sini kamu entry ya
00:23:18 0,5 ya stop loss misalkan di sini 0,53
00:23:23 ya terus dia drop ya sampai misalkan
00:23:26 0,46.
00:23:28 Nah di sini nah di sini kamu take
00:23:31 profit. Oke. Dan ya bisa diatur ya
00:23:36 adjustment-nya. Misalkan di sini kamu
00:23:37 sudah dapat ya potensi ya turun 2% dari
00:23:41 potensi modal ya itu kamu juga udah bisa
00:23:44 ya cuan setiap hari untuk ilustrasinya
00:23:47 XRP. Nah, misalkan dua trade tadi udah
00:23:49 profit nih kamu sudah dapat ya R5 juta
00:23:51 ya. Jadi ini skenario yang bisa
00:23:54 teman-teman lihat, teman-teman bisa
00:23:55 evaluasi enggak perlu trading tiap hari.
00:23:57 Ini mungkin hanya dua kali ya dalam 1
00:24:00 minggu ya. ini dua kali dalam 1 minggu
00:24:03 kamu bisa trade ya dan dapetin
00:24:05 keuntungan yang maksimum. Intinya ya
00:24:08 konsisten dan selalu respect ya trading
00:24:11 plan-nya karena banyak ya trader itu
00:24:12 yang memaksakan set up. Saya itu tipikal
00:24:15 yang tidak pernah memaksakan set up.
00:24:17 Kalau hari ini enggak ada makanan, saya
00:24:19 enggak mau kasih makanan basi ya. Kalau
00:24:21 hari ini ada makanan yang enak, saya
00:24:23 bagi-bagi. Ya, itu yang selalu saya
00:24:26 lakukan. Jadi, screening altcoin ya
00:24:28 terbaik untuk harian. Oke, ini memang ya
00:24:31 balik lagi ya, screening itu butuh
00:24:33 waktu, butuh kekuatan mental ya, butuh
00:24:36 knowledge yang tinggi. Dan kalau kamu
00:24:38 kebingungan ya mungkin kamu juga ya
00:24:41 tinggal dapetin ya yang kita share di
00:24:44 dalam dengan pertama yang saya
00:24:46 perhatikan yaitu adalah volume dan
00:24:47 likuiditas. Semakin tinggi dia semakin
00:24:49 oke. Dua, saya harus lihat tren ya.
00:24:52 beberapa indikator saya gunakan juga
00:24:54 untuk melihat tren dan penting juga ya
00:24:58 fundamental ini ada event apa, dia mau
00:25:00 ke mana. Oke, pakai screening tools yang
00:25:02 baik ya. Coin market cap, coin geko itu
00:25:05 bisa untuk filter. Kemudian lihat juga
00:25:07 analisa fundamental dan teknikal.
00:25:09 Terakhir diversifikasi posisi ya 2
00:25:12 sampai 3 posisi. Jangan kamu 10 posisi.
00:25:15 Itu stres kamu kalau lihat dan juga
00:25:18 pengin ya trading dengan konsisten dan
00:25:21 selalu hindari FOMO ya. Seringki ngejar
00:25:25 koin naik ya tanpa ngerti itu ngapain ya
00:25:28 kamu hanya berspekulasi dan orang yang
00:25:31 spekulasi itu selalu get burn. Jadi
00:25:34 semua itu ya menangnya itu di screening.
00:25:36 Kenapa saya bisa dapetin ya daily trade
00:25:38 terbaik? karena saya menang di screening
00:25:41 ya. Eksekusi itu setelah screening ya.
00:25:44 Screening itu selalu yang paling matters
00:25:47 dan dengan strategi yang tepat ya sangat
00:25:50 posibel mendapatkan sejuta per hari ya.
00:25:53 Tadi saya bahas juga antara R00 juta
00:25:55 atau R juta. 10 juta itu sulit ya. Kamu
00:25:58 harus ambil ris per trade yang jauh
00:26:00 lebih tinggi. Sementara R00 juta itu
00:26:02 relatif lebih bisa ya manageable karena
00:26:05 ya mungkin kamu hanya butuh dua sampai
00:26:07 kali trade seminggu. Dan ketika kamu
00:26:09 dapat kemenangan ya, kamu bisa dapetin 1
00:26:12 juta per hari secara rata-rata ya,
00:26:14 konsisten. Berarti kan dari R00 juta
00:26:16 kamu perlu grow 30% ya setiap bulan ya.
00:26:20 Yang mana dengan daily trade yang kita
00:26:22 kasih ya teman-teman mungkin ya bisa
00:26:24 mendapatkan itu. Nah, gimana cara
00:26:26 mendapatkan profit sejuta per hari? Ya
00:26:28 pertama lihat ya rencana bikin sesuatu
00:26:31 yang target realistis. Oke. Dua,
00:26:34 evaluasi. Cari ya pattern-pattern yang
00:26:37 oke. Kemudian pahami mental jangka
00:26:40 panjang ya, fokus. Dan terakhir adalah
00:26:42 disiplin. Karena banyak orang yang di
00:26:44 sini baru kegoyang dikit ya, dia udah
00:26:47 enggak disiplin. Akhirnya mereka
00:26:48 terjauhkan ya dari financial freedom.
00:26:51 Dan kita selalu ngomong boleh
00:26:52 teman-teman fokus crypto tapi enggak
00:26:54 boleh full time crypto. Enggak boleh
00:26:56 keluar pekerjaan terus mau full time
00:26:57 jadi seorang trader. Karena apa? Karena
00:27:00 kamu butuh yang namanya fixed income
00:27:02 untuk biaya hidupmu sehari-hari. Dan
00:27:04 ketika kamu bisa dapat tambahan uang
00:27:07 makan ya, uang rokok, uang jalan-jalan
00:27:09 dari trading, itu adalah bonus. Saya
00:27:11 Kalimasada sampai berjumpa di Akademi
00:27:14 Crypto link di bawah. Yeah.