00:00:00 Kembali lagi dengan saya Kalimasada dan
00:00:01 hari ini saya akan mengajarkan ke
00:00:03 teman-teman mengenai strategi scalping
00:00:06 crypto win rate tinggi. Jadi banyak
00:00:09 pemula di sini yang mulai pengin trading
00:00:12 harian di crypto, pengin mulai scalping
00:00:14 di market crypto dan bingung kira-kira
00:00:18 gimana caranya. Jadi pertama tanpa
00:00:21 basa-basi itu adalah price action. Saya
00:00:25 bukan orang yang peduli ya dengan news.
00:00:27 Peduli terlalu banyak juga ya. dan
00:00:30 terlalu mendetail tentang fundamental
00:00:32 etc naratif ya itu mengambil peran.
00:00:36 Cuman menurut saya pribadi market itu
00:00:39 bisa kelihatan hanya dilihat dengan
00:00:41 chartnya. Itulah mengapa saya aliran
00:00:44 technical analysis, aliran price action
00:00:47 dan itu yang menurut saya harus kita
00:00:50 perhatikan. Apalagi kalau di sini kita
00:00:52 trading, kita scalping harian. hanya
00:00:55 price action yang penting untuk kita
00:00:57 perhatikan. Dan banyak juga ya
00:00:59 aliran-aliran trader yang mana dia hanya
00:01:01 rally on technical analysis. Dia udah
00:01:03 enggak peduli dengan news, fundamental,
00:01:06 laporan keuangan, rate cut, dan lain
00:01:08 sebagainya ya. Dia enggak peduli what
00:01:10 the fat says. Dia hanya lihat chart-nya.
00:01:12 Oke, ini waktunya beli, oke, ini
00:01:14 waktunya jual. Dan saya juga orang yang
00:01:17 ada ya dalam stans tersebut. Jadi saya
00:01:19 sangat memperhatikan price action,
00:01:22 sangat memperhatikan chart, dan menurut
00:01:23 saya itu yang paling penting. Level
00:01:25 pertama yang harus teman-teman
00:01:26 perhatikan itu adalah support and
00:01:29 resistance. Ini yang paling basic di
00:01:31 mana ya mungkin saya gambar-gambar juga
00:01:33 ya, level support itu merupakan area di
00:01:35 mana ada kecenderungan harga ini
00:01:38 mengalami kenaikan. Karena apa ya? Level
00:01:41 support itu level yang dijadikan orang
00:01:44 untuk melakukan pembelian ya. Jadi
00:01:47 ketika harga itu turun ya, dia pasti
00:01:51 akan menahan dan titik harga ini menahan
00:01:55 kita sebut dengan support. Dan ketika
00:01:57 harga mendekati support ya ada
00:01:58 kecenderungan dia melakukan yang namanya
00:02:00 peningkatan ya atau bounch. Selanjutnya
00:02:02 resistance ini adalah area when you sell
00:02:05 ya when you close the position. Jadi
00:02:09 ketika ya harga ini mendekati suatu area
00:02:11 resistance ya biasanya dia akan
00:02:13 mengalami yang namanya penolakan
00:02:16 memberikan ya kita potensi untuk
00:02:18 melakukan yang namanya penjualan karena
00:02:20 biasanya apa? Di sini seller itu antri
00:02:23 dia pasang order jual dan harga
00:02:27 cenderung mengalami penurunan. Dan
00:02:29 supply and demand ya ini adalah istilah
00:02:32 lain. Kalau di dalam support and
00:02:35 resistance kita hanya ngomong marking
00:02:37 suatu area. Tapi kalau supply and demand
00:02:39 ini konsepnya juga sebenarnya relatif
00:02:41 mirip ya. Demand area permintaan. Kalau
00:02:44 mereka meminta sesuatu, mereka akan
00:02:46 beli. Kemudian supply zone ya, area
00:02:50 penawaran yang mana kalau kita ngomong
00:02:52 ketika mereka menawarkan sesuatu berarti
00:02:54 mereka ini juga melakukan penjualan.
00:02:56 Basically it's a supply and demand ya,
00:02:59 it's a support and resistance. The same
00:03:02 thing ya, itulah mengapa kalau
00:03:04 teman-teman perhatikan setiap kali harga
00:03:06 mendekati area support ya, dia mengalami
00:03:09 yang namanya peningkatan. Nah, kenapa
00:03:12 bawah ini bisa disebut sebagai area
00:03:14 support? Karena harga udah pernah
00:03:16 mendekati area ini. Dan teman-teman
00:03:18 lihat ya, ketika harga mendekati ya area
00:03:20 ini lagi ya, dia mengalami kenaikan.
00:03:23 Kenapa ini disebut resistance? Karena
00:03:24 setiap kali harga mendekati area ini ya
00:03:27 dia mengalami yang namanya penurunan.
00:03:29 Jadi suatu support and resistance atau
00:03:32 supply zone and demand zone itu sesuatu
00:03:34 bisa dibilang oh ini support, oh ini
00:03:37 demand zone, oh ini supply zone, oh ini
00:03:40 resistance. itu adalah ketika ya udah
00:03:42 ada harga yang pernah ada di area
00:03:45 tersebut. Jadi kita enggak bisa bilang
00:03:47 ini supply and demand tanpa harga itu
00:03:50 mengalami sentuhan ya atau mengunjungi
00:03:53 range ini selama beberapa kali. Jadi
00:03:55 ketika harga mendekati range supply ya
00:03:58 dia mengalami penolakan dan mengalami
00:04:00 penurunan. Begitu juga sebaliknya
00:04:03 penting ya bagi teman-teman untuk
00:04:05 memahami yang namanya market structure
00:04:06 ya. Kalau bull market baby ya, ini kita
00:04:09 dalam keadaan yang uptrend ya, harga
00:04:12 membentuk yang namanya higher high dan
00:04:14 juga higher low ya. Di mana di sini
00:04:17 selalu membentuk higher low ya, titik
00:04:19 low yang semakin tinggi dan membentuk
00:04:21 yang namanya higher ya. higher high ini
00:04:24 adalah titik tinggi yang semakin tinggi.
00:04:27 Jadi harus teman-teman pahami ketika be
00:04:29 market ya downtrend ini market justru
00:04:32 membentuk ya yang namanya lower high ya
00:04:36 dan di sini lower low ya artinya apa ya
00:04:39 artinya ini titik rendah yang semakin
00:04:41 rendah ini titik tinggi yang semakin
00:04:43 tinggi dan ketika market sideway ya itu
00:04:46 dia enggak ke mana-mana teman-teman ya
00:04:48 jadi dia hanya ranging aja ya enggak
00:04:51 membuat suatu struktur naik atau turun
00:04:54 dan keadaan ini ya Ini neraka ya untuk
00:04:58 breakout trader, tapi ini surga untuk
00:05:00 range trader. Artinya apa? Orang yang
00:05:03 suka trading dengan supply and demand ya
00:05:05 mereka akan suka market yang ranging.
00:05:07 Sementara orang yang suka yang membeli
00:05:09 ketika harga mengalami breakout ya ini
00:05:12 ketika sideway dia enggak akan bisa
00:05:14 trading dengan baik. Oke. Nah, kita
00:05:16 ngomongin ya pendekatan dari para trader
00:05:19 profesional. What they do, what I do,
00:05:21 what we do. Ya, jadi mereka memang
00:05:24 menggunakan analisa teknikal cuman
00:05:27 mereka juga mengelola emosinya. Ya, ini
00:05:30 saya setuju partnya. Jadi cukup kita
00:05:32 melihat tchnikal, derivative data, order
00:05:34 flow mungkin akan kita jelaskan lebih
00:05:36 dalam nanti. Tapi yang paling penting
00:05:38 itu adalah mengelola manajemen emosi.
00:05:41 Dan manajemen emosi ini bisa teman-teman
00:05:43 kelola kalau teman-teman bisa
00:05:45 memanajemen risikonya. Kalau risikonya
00:05:47 terlalu tinggi pasti psikologismu
00:05:49 bermasalah. Resikonya terlalu rendah,
00:05:51 kamu enggak bisa grow. Resikonya pas,
00:05:54 kamu bisa bertahan dan konsisten. Jadi,
00:05:57 mindset profesional itu selalu paham
00:06:00 enggak ada setup yang 100% profit. Saya
00:06:02 pun ya nge-share untuk teman-teman
00:06:04 akademi crypto di dalam ya. Ini pun ya
00:06:06 bisa teman-teman lihat ya. Memang most
00:06:09 of the time 80 sampai 90% yaitu selalu
00:06:12 hit TP1 ya, hit TP2, TP3 dan ya saya
00:06:17 selalu membuat setup ya untuk
00:06:18 teman-teman di dalam tapi selalu ada
00:06:20 momen di mana saya terkena stop loss ya.
00:06:23 Ini contohnya jelly-jelly. Saya membuat
00:06:26 ya potensi beli jelly-jelly di 0,07 ya.
00:06:29 Target 0,12 dia hit sampai TP4. Tapi
00:06:33 sayangnya apa? Saya kena stop loss dulu
00:06:36 ya. harga turun 6% dari area invalidasi
00:06:39 saya dan bom ya, dia mengalami kenaikan.
00:06:42 Kalau saya enggak bisa menjaga risiko
00:06:44 ya, ini misalkan duit saya semua saya
00:06:46 taruh jell-jel kena stop loss terus
00:06:48 tiba-tiba dia terbang mungkin saya bisa
00:06:50 gila. Ya, itulah mengapa penting bagi
00:06:52 teman-teman ini untuk menjaga risiko.
00:06:54 Kalau ini saya pakai risiko 3% 5% dari
00:06:58 modal yang saya punya ya ketika dia lost
00:07:01 ya udah saya bisa terima dengan legowo.
00:07:03 Tapi ketika ini ris trade-nya itu tinggi
00:07:05 banget dan saya ditarik ya turun ke
00:07:08 bawah terus terbang ya saya mungkin bisa
00:07:09 gila ya. Itulah mengapa ketika
00:07:12 posisi-posisi lain ya yang saya share
00:07:15 untuk member akademi crypto di sini full
00:07:17 take profit saya juga enggak euforia ya.
00:07:19 contoh taho udah TP1 kemudian beberapa
00:07:23 ya trade ya tadi recall turtle ya TP1
00:07:27 nah ini humanity protocol ya 250% saya
00:07:30 enggak terlalu euforia ya karena ini
00:07:33 juga F ya hit semua target karena saya
00:07:35 pakai ya light TP2 karena saya pakai
00:07:38 risk management yang tepat kalau semua
00:07:40 duit saya taruh di sini saya akan wah
00:07:42 keringetan ya setiap hari lihat
00:07:44 posisinya itulah mengapa ya kalau kamu
00:07:47 mau ya trade dengan trader yang
00:07:50 profesional ya. Kamu bisa trade dengan
00:07:52 kita bisa masuk juga ya komunitas gratis
00:07:54 ya. Link di bawah kita akan tunjukin
00:07:56 teman-teman dan lihat hasil belajar dari
00:07:59 teman-teman yang lain karena penting
00:08:00 sekali ya untuk ikut profesional ya.
00:08:02 Kalau kamu ikut pemula kamu sulit cuan
00:08:05 tapi kalau kamu ikut profesional chance
00:08:07 cuan kamu itu juga semakin tinggi. Nah
00:08:10 penting ya untuk melihat yang namanya
00:08:12 ris to reward ya. Ini RR 1 bing 2 ya 1 b
00:08:15 3 ini 1 b artinya apa? Kalau RR ini 1
00:08:18 banding 2 ya, kamu mengorbankan R1 juta,
00:08:21 kamu dapat R juta. Kalau RR 1 bing 3,
00:08:23 kamu mengorbankan 1 juta. Kalau posisimu
00:08:26 salah kamu gen Rp3 juta. RR 1 banding 4
00:08:29 kamu R juta kamu gen R juta. Ya,
00:08:33 meskipun kamu ya hanya pakai 1 banding 2
00:08:36 ya, wind rate 50% pun ya teman-teman
00:08:38 kamu masih bisa untung. Kalau RR-mu di
00:08:41 bawah 1 banding 2, you will net never ya
00:08:44 get anything. Elah mengapa di dalam pun
00:08:46 ya ini saya teman-teman bisa lihat ya RR
00:08:48 saya selalu 1 banding 4 ya 1 bing 5.
00:08:50 Jadi ketika dia full TP seperti ini ya
00:08:54 saya bisa banding 1 banding 17 ya ini
00:08:57 humanity protocol ini 1 banding 17
00:08:59 artinya apa? Saya mungkin mengorbankan
00:09:01 R00 juta ini dapat 1,7 miliar ya itulah
00:09:05 setup trading dan itulah market ya.
00:09:07 Itulah pentingnya mengapa risk
00:09:09 management ya managing risk to reward is
00:09:12 very important. Selanjutnya kita
00:09:14 ngomongin psikologi dan juga disiplin.
00:09:17 Banyak ya yang sudah punya trade idea
00:09:20 ya. Contohnya seperti ini. Oke, harga
00:09:24 begini. Nah, kamu di sini udah entry ya,
00:09:28 di sini SL. Nah, ketika dia naik ya, ini
00:09:32 TP-nya di sini. Nah, ini ditarik dulu ke
00:09:35 bawah entry. Nah, terus habis itu kamu
00:09:37 close posisi terus dia tiba-tiba
00:09:39 terbang. Sering terjadi ya. Itulah
00:09:41 mengapa kalau udah punya yang namanya
00:09:43 trading plan, tolong ya respect the
00:09:47 trading plan. Karena sulit ya mengontrol
00:09:50 emosi. Kalau kamu size-nya itu terlalu
00:09:53 gede, kamu akhirnya enggak lihat
00:09:54 chart-nya. Kamu enggak tahu harga ini
00:09:56 mau naik atau mau turun, ya. Kamu lihat
00:09:58 cuman PNL-nya. Oke, duitnya jadi berapa,
00:10:00 duitnya jadi berapa, ya. Terus oke
00:10:02 duitnya jadi segini, oke, close close
00:10:03 terus tiba-tiba besok terbang terus
00:10:05 stres. Terus dia F mobile di atas terus
00:10:08 turun terus rungkat. Ya, itu yang selalu
00:10:10 terjadi. Evaluasi diri juga penting ya.
00:10:13 Bikin jurnal ya, jurnaling. Lihat,
00:10:16 perbaikin kesalahan. Kenapa suatu setup
00:10:18 enggak benar, kenapa suatu setup gagal
00:10:21 dan miliki ya mindset jangka panjang.
00:10:24 Memang ya trading is for a long term
00:10:26 game ya. Jangan berharap kamu bisa
00:10:29 langsung profit dalam jangka waktu
00:10:31 pendek ya kalau kamu belajar sendiri ya.
00:10:33 kecuali kamu ikut ya arahan profesional
00:10:35 dan ya selalu memiliki mindset jangka
00:10:38 panjang. Nah, trading plan is very
00:10:40 important yang saya bilang ya. Di mana
00:10:43 kamu entry,
00:10:45 di mana kamu
00:10:47 put loss, di mana targetnya ya. Karena
00:10:52 kalau kamu enggak begini ya, kamu hanya
00:10:54 asal mainnya ya. Kamu enggak ngerti itu
00:10:57 sama aja kayak kamu main sepak bola
00:10:59 bolanya kamu masukin gawangmu sendiri
00:11:02 ya. itu ke orang yang enggak punya
00:11:03 trading plan tuh ya. Jadi kalau kamu
00:11:05 tahu ya ini oh ini ini gawang kita ya.
00:11:09 Oke. Ini gawang musuh ya. Ini ada bola
00:11:12 di sini. Nah ini kamu. Nah kalau kamu
00:11:15 tahu trading plan, nah kamu tendang ke
00:11:17 sini goal ya. Ini ini yang tahu trading
00:11:20 plan ya. Jadi kan di sini goal.
00:11:24 Tapi kalau kamu enggak ngerti trading
00:11:26 plan, mungkin kamu tendang ke gawangmu
00:11:27 sendiri terus kayak kipermu marah-marah
00:11:29 ya. Jadi itulah pentingnya punya trading
00:11:32 plan yang bagus dan benar. Kadang ya
00:11:34 kalau kamu lagi ruet, lagi putus sama
00:11:37 pacar ya, lagi berantam sama istri atau
00:11:41 lagi kena maki sama atasan kadang ya
00:11:44 memang okelah ya aku enggak treat dulu.
00:11:46 Kenapa? Mental health. Mental health itu
00:11:49 enggak apa-apa ya. Karena kamu daripada
00:11:51 kamu trading hatimu lagi enggak enak.
00:11:54 chance
00:11:56 probability kamu losing money itu lebih
00:11:59 gede ya daripada ketika kamu itu trade
00:12:03 ya ketika psikologismu lagi bagus ya
00:12:05 mengapa sangat penting ya dan
00:12:09 seringkiali ya teman-teman gimana sih
00:12:12 kalau saya mau trading ya menunggu setup
00:12:15 pertama adapatif dengan kondisi pasar
00:12:17 saya tuh paling enggak suka trade dengan
00:12:19 news ya ini unpopular opinion karena
00:12:22 menurut saya pribadi kalau Kalau kamu
00:12:24 trading nunggu news itu kamu enggak
00:12:26 cukup jago buat cari setup profitable
00:12:29 setiap harinya. Ya, it's hard to say.
00:12:32 Tapi kalau kamu hanya trading nunggu
00:12:34 news, oke malam ini FOMC nih, saya mau
00:12:36 begadang. Saya nanti atas bawah, atas
00:12:38 bawah ini prediksinya bawah terus salah
00:12:40 semua habis duitmu. Kamu enggak jago
00:12:42 enough buat spoting opportunity di luar
00:12:45 adanya volatility yang disebabkan oleh
00:12:47 news. Saya bukan aliran yang trade the
00:12:49 news ya. Kenapa? Karena nobody can know
00:12:52 anything ya. Tapi yang jelas kamu tahu
00:12:54 itu adalah ini adalah support, ini
00:12:56 adalah resistance. Di sini kamu beli ya,
00:12:58 di sini kamu close. That's it. Ya, chart
00:13:02 itu enggak ngerti ini lagi red cut atau
00:13:04 enggak ya. Market itu enggak peduli ya
00:13:06 FOMC-nya gimana. The market is only
00:13:09 care. Yaitu tentang keadaan yang ada. Ya
00:13:12 memang fundamental
00:13:14 beberapa kali ya take influence ke
00:13:16 market. Cuman kan kamu selalu harus ya
00:13:18 melihat posisi yang benar. Jangan karena
00:13:20 oke ini news-nya begini nih tapi ini di
00:13:22 resistance kamu beli jedar ya turun. Oke
00:13:26 ya. Sama juga ya di market crypto pun
00:13:28 juga ada ya fenomena dulu Dodge ya SNL
00:13:32 life Elon udah joget-joget ya udah over
00:13:34 extended di 0,8 terus orang di sini all
00:13:37 in terus jedar ya enggak pernah balik
00:13:39 all time high lagi. Boom. Oke, itulah
00:13:42 mengapa sangat penting kita harus fokus
00:13:44 ya sedikit instrumen ya. Mungkin ada
00:13:48 juga ya yang aliran mereka hanya trading
00:13:50 Bitcoin oke dan mereka enggak trading
00:13:53 yang lain. Nah, ini enggak apa-apa ya.
00:13:55 Ini menunjukkan apa? Mereka punya
00:13:57 kedewasaan. Mereka tahu strategi yang
00:13:59 tepat. Dan yang terakhir yang paling
00:14:02 penting kamu itu harus konsisten. Ini
00:14:04 game bukan sehari du hari, ini game
00:14:06 bukan setahun 2 tahun. ini satu duade ke
00:14:09 depan kalau kita ngomong ya tentang
00:14:11 eksekusi profesional, kita ngomongin
00:14:13 entry, timing ya, jenis order ya,
00:14:15 konfirmasinya ini kita ngomong ya,
00:14:17 taktik mengenai mengeksekusi order. Oke,
00:14:21 selalu gunakan ya support kamu. Kalau
00:14:23 beli di support ya, probabilitas kamu
00:14:26 menang itu tinggi ya, Win itu lebih
00:14:30 tinggi. Kalau kamu beli pas retest itu
00:14:32 ris to reward-nya itu lebih bagus
00:14:35 daripada harga ini ngpump ya. Terus kamu
00:14:38 langsung di sini beli ya. Retest itu
00:14:40 seperti ini. Harga mengunjungi titik
00:14:42 sebelumnya. Nah, ini retest ini lebih
00:14:45 bagus ya daripada kamu chase the pump
00:14:48 dan reversal pattern. Oke, itu adalah
00:14:51 keadaan ketika tren sebelumnya itu
00:14:53 barish. Terus di sini kamu melihat nih
00:14:55 ini bisa aku beli ya. Terus kamu di sini
00:14:59 positioning buy dan dia mengalami
00:15:02 namanya kenaikan. Untuk timing eksekusi
00:15:05 crypto itu selalu 24 jam. Tapi memang
00:15:07 waktu ya London New York Times ini yang
00:15:10 paling aktif. Kenapa? Karena kan banyak
00:15:13 ya mereka algo ya, mereka trading dengan
00:15:17 a lot of big institution. Nah, itulah
00:15:19 mengapa
00:15:21 kadang preferable ya jam 10. malam dan
00:15:23 lebih ya itu yang paling volatile
00:15:26 memang. Nah, kemudian kamu antara limit
00:15:29 atau market ya seringkiali ya kalau kamu
00:15:31 sizemu kecil ya market is fine. Kamu
00:15:33 kalau mau kejar yang namanya momentum ya
00:15:36 ini kamu lebih baik pakai market.
00:15:39 Kecuali kalau kita ya size order-nya
00:15:41 gede ya sometimes you use limit order.
00:15:43 Kenapa? Karena kalau market order kita
00:15:45 itu slipage-nya itu terlalu tinggi ya.
00:15:48 Kita dieksekusi di harga yang enggak
00:15:49 kita sukai dan itu terlalu tinggi
00:15:51 kadang. Nah, kadang kala ya ini order
00:15:54 flow sesuatu yang lebih rumit. Kita
00:15:56 ngomongin volume ya, kita ngomongin juga
00:15:59 kecenderungan. Tapi teman-teman enggak
00:16:01 masalah ya. Karena apa? Karena kita
00:16:04 selalu lengkap ya di akademi crypto di
00:16:07 mana teman-teman di dalam pun juga bisa
00:16:10 ya belajar tentang order flow. Nah,
00:16:12 ngomongin order flow teman-teman kalau
00:16:15 jadi ya pelajar di akademi crypto kita
00:16:17 benar-benar ya modul crypto trading-nya
00:16:19 ini kayak kamu telusuri mungkin enggak
00:16:22 akan pernah habis ya karena ini di
00:16:24 dalamnya ya kita juga ngad ngajarin ya
00:16:26 saya pribadi ngajarin order flow dan
00:16:28 gimana teman-teman eksekusi ya order
00:16:30 flow-nya teman-teman lihat volume, lihat
00:16:32 kecenderungan dan itulah mengapa ya kita
00:16:35 punya win rate ya yang cukup tinggi ya
00:16:37 kita tahu ya which one to pick dan ya
00:16:41 enggak ada salahnya ya, belajar lebih
00:16:43 dalam mengenai trading crypto. Kalau
00:16:46 tools ya untuk scalping, apa sih
00:16:48 teknikalnya ya, data turunannya apa yang
00:16:51 dipakai dan kita akan ngomong ya
00:16:53 mengenai gimana cara trader ini
00:16:55 mengambil keputusan terutama ya
00:16:57 trader-trader profesional mereka selalu
00:17:01 melihat ya yang namanya volume ketika
00:17:03 harga ini ya naik oke let's say ini naik
00:17:06 ya harga ini naik nah harga mengalami
00:17:09 kenaikan dia juga harus melihat ya
00:17:12 apakah kenaikan ini didukung oleh volume
00:17:14 atau tidak Karena harga yang naik dan
00:17:17 tidak didukung oleh volume itu
00:17:18 menunjukkan hanya beberapa orang yang
00:17:20 mencoba menaikkan harga tersebut. It's
00:17:22 not a real demand. It's a artificial
00:17:25 demand yang digunakan oleh beberapa
00:17:27 orang untuk menarik para retil. Dan
00:17:29 ketika itu terjadi ya chances market
00:17:31 cenderung mengalami penurunan ya karena
00:17:34 di sini not real volume ya dan di sini
00:17:36 orang akan dimakan ordernya dan harga
00:17:39 mengalami yang namanya penurunan.
00:17:41 Kemudian yang paling populer ya bisa
00:17:43 pakai moving average. Kalau saya pribadi
00:17:45 itu pakai 13 and 21. Saya sudah reset
00:17:48 selama bertahun-tahun dan menurut saya
00:17:50 ini yang paling oke ya terutama dipakai
00:17:52 di daily chart adalah 13 and 21 EM. Ini
00:17:55 menunjukkan ya em posibilitas ketika
00:17:58 harga ini mendekatin ya IM-nya ini
00:18:01 adalah area yang terbaik untuk melakukan
00:18:03 pembelian ya. Teman-teman bisa lihat
00:18:04 ketika ya retest di ME harga mengalami
00:18:07 kenaikan. Retest di EME harga mengalami
00:18:09 kenaikan. dites di ME ya harga ini juga
00:18:11 mengalami kenaikan. Dan selanjutnya ya
00:18:14 footprint ini akan saya ajari lebih
00:18:16 dalam ya karena apa? Di dalam setiap
00:18:19 candle ya itu kalau teman-teman
00:18:21 breakdown ceritanya lebih dalam itu ada
00:18:24 banyak kumpulan dari bit dan juga AS
00:18:26 yang akan saya ajari ya di modul di
00:18:28 academ crypto lebih panjang. Oke,
00:18:31 selanjutnya kita ngomong ya kombinasi
00:18:32 tools untuk melakukan yang namanya
00:18:35 scalping. Kita akan ngomong ya pola
00:18:37 price action yang umum ya yang digunakan
00:18:39 oleh para trader profesional itu adalah
00:18:42 mereka selalu melihat pattern dari
00:18:44 beberapa altcoin di time frame yang
00:18:46 kecil ya. Pertama kita akan ngomongin
00:18:49 liquidity swip ya. Ini adalah konsep
00:18:51 stop hunting di mana ketika harga
00:18:53 mengalami penurunan terus dia kembali
00:18:55 lagi ke dalam range-nya ya ini biasanya
00:18:58 menunjukkan ya liquidity di sini udah
00:19:00 diambil dan harga akan berpotensi
00:19:02 mengalami kenaikan. Dia ambil dulu ya
00:19:04 stop loss dari para trader sebelum dia
00:19:07 berpotensi mengalami kenaikan. Sama juga
00:19:10 ya ketika harga ini dalam posisi naik.
00:19:12 Nah, nah seringkiali ya di stop dulu
00:19:15 orang yang short baru dia mengalami yang
00:19:17 namanya penurunan. Jadi, liquidity ship
00:19:20 juga bisa diperhatikan ya. False
00:19:22 breakout ya, it's kind of the same thing
00:19:24 ya. Harga di sini mengalami break ke
00:19:26 atas resistance dan orang yang namanya
00:19:29 breakout trader ini mereka akan ambil ya
00:19:31 posisi di sini. Jadi selama saya di
00:19:34 crypto ya, saya enggak pernah percaya
00:19:36 yang namanya flat horizontal breakout
00:19:39 ya. Ini sering kali menjadi suatu yang
00:19:41 namanya jebakan. Bitcoin pun juga ya di
00:19:43 all time sering sekali di time frame
00:19:45 gede itu ya flat breakout ya di
00:19:48 horizontal line terus seorang breakout
00:19:50 big sini di sini beli terus kayak boom
00:19:52 harga mengalami penurunan dan ya mereka
00:19:55 kehilangan harta yang mereka miliki
00:19:58 memang ya kalau kamu mau trade breakout
00:20:02 kamu mending nunggu yang namanya retest
00:20:04 itulah mengapa di sini disebut breakout
00:20:05 and retest ya dia udah break resistance
00:20:08 ya di sini kamu ya resistance-nya udah
00:20:11 jadi support kamu di sini buy ya. Kalau
00:20:14 di sini kamu enggak buy ya, kamu buy ya.
00:20:18 Harga biasanya cenderung mengalami
00:20:19 penurunan kalau kamu ngejar breakout-nya
00:20:22 di sini ya. Kalau kamu entry breakout
00:20:24 dan retest itu ris to reward-nya itu
00:20:26 jauh lebih tinggi. Nah, ini contoh ya
00:20:28 ketika ada breakout yang tinggi ya. Ini
00:20:31 compression breakout ya. di sini
00:20:33 biasanya ya kelihatan adalah waktu
00:20:35 akumulasi yang tinggi dan ketika ya dia
00:20:38 breakout di sini didukung dengan volume
00:20:40 ya itu adalah konfirmasi kita untuk
00:20:42 melakukan yang namanya pembelian. Nah,
00:20:45 kita ngomong ya pola-pola yang pas ya
00:20:47 buat intraday trade yang mana ya ini
00:20:50 pola yang selalu kita pakai ya di dalam.
00:20:53 Nah, kita selalu ngomong ya potential ya
00:20:56 intraday ya kita selalu ngomongnya
00:20:58 intraday. Jadi apa sih ya pattern yang
00:21:02 selalu digunakan? Nah, data derivatif
00:21:05 itu nanti akan saya bahas yang mendetail
00:21:07 di modul di dalam untuk akademi crypto.
00:21:10 Tapi kita akan ngomongin di sini price
00:21:11 action. Nah, kita mungkin bisa ya
00:21:13 ngomongin sedikit aja data perpetual
00:21:15 future. Pertama, open interest yaitu
00:21:18 sebanyak apa ya orang yang membuka
00:21:20 kontrak perdagangan. Jadi ketika harga
00:21:23 ini naik ya, open interest ini juga naik
00:21:25 dia menunjukkan tren yang sehat. Berbeda
00:21:27 ya. ketika harga naik tapi open interest
00:21:29 ini turun. Ini menunjukkan apa? Orang
00:21:31 udah sedikit yang mulai trade ini short
00:21:33 covering position. Jadi harga ini bisa
00:21:35 mengalami kenaikan karena orang yang
00:21:37 short itu dia tutup posisinya. Ya,
00:21:39 itulah mengapa this is not bullish ya.
00:21:42 This is bullish karena apa? Harga naik,
00:21:44 open interest naik. Berarti harga naik
00:21:45 karena orang buka kontrak perdagangan
00:21:48 yang baru. Dan kemudian ya kumulatif
00:21:50 volume delta ya ini mengukur ya selisih
00:21:53 volume market buy and sell. Jadi netnya
00:21:55 berapa? Kalau harga naik. Oke, CVD-nya
00:21:59 ini juga naik. Ini juga menunjukkan ya
00:22:01 buyer ini agresif ya, dia pusing up the
00:22:04 price dan dia relatif cukup agresif. Dan
00:22:07 ya seringkiali ya kalau teman-teman
00:22:09 lihat berita ya misalkan terlikuidasi R
00:22:12 juta ya dalam sejam terakhir di criptoet
00:22:15 ini teman-teman bisa lihat ya datanya
00:22:17 juga di Coin Glass ini selalu ada peta
00:22:19 likuidasi. Misalkan Bitcoin hit harga
00:22:22 sekian ya, ini akan terjadi yang namanya
00:22:25 liquidation
00:22:27 silakan 100 juta dolar. Nah, ini bisa
00:22:29 teman-teman lihat di Coin Glass ya.
00:22:32 Itulah mengapa teman-teman bisa melihat
00:22:33 yang namanya kecenderungan.
00:22:35 Kecenderungan apa? Kecenderungan di mana
00:22:37 ketika harga mendekati ini, ini akan
00:22:40 kelikuidasi segini banyak. Jadi, enggak
00:22:41 boleh mendekati ini. Itulah mengapa area
00:22:44 ini bisa dijadikan juga sebagai support
00:22:46 dan juga resistance ya, liquidation heat
00:22:49 map. Jadi winning formula kalau saya
00:22:51 pribadi selalu mengkombinasikan price
00:22:54 action, mengkombinasikan ya em volume
00:22:58 dan juga derivatif data. Itu yang saya
00:23:01 lakukan. Jadi apa kesimpulannya ya?
00:23:04 Mendapatkan profit sejuta sehari ya
00:23:06 scalping dengan win rate tinggi itu
00:23:08 butuh yang namanya pengendalian risiko
00:23:09 dan juga konsistensi yang tinggi. Jadi
00:23:12 kalau mau sukses scalping pertama
00:23:13 perhatikan price action. Dua, atur
00:23:15 psikologi ya. Psikologi itu bisa diatur
00:23:19 dengan apa? dengan manajemen risiko yang
00:23:20 baik dan didukung dengan data derivatif
00:23:23 yang oke. Jadi, selalu fokus ya pada
00:23:26 proses bukan pada hasil trade dan
00:23:28 gunakan indikator-indikator yang lain ya
00:23:30 seperti derivative data, liquidation,
00:23:33 price, volume, open interest ya CVD
00:23:36 untuk teman-teman memperoleh entry yang
00:23:38 berkualitas tinggi. Tapi kalau kamu
00:23:41 maunya ya udahlah saya mau belajar,
00:23:42 tetap mau belajar tapi tetap dapat ya
00:23:45 sinyal kayak supaya saya bisa belajar
00:23:47 sambil makan. Klik link di bawah dan
00:23:49 sampai berjumpa di Akademi Crypto.