0% menganggap dokumen ini bermanfaat (0 suara)
9 tayangan10 halaman

Strategi Scalping Crypto untuk Pemula

Diunggah oleh

izzulbintang3
Hak Cipta
© All Rights Reserved
Kami menangani hak cipta konten dengan serius. Jika Anda merasa konten ini milik Anda, ajukan klaim di sini.
Format Tersedia
Unduh sebagai TXT, PDF, TXT atau baca online di Scribd
0% menganggap dokumen ini bermanfaat (0 suara)
9 tayangan10 halaman

Strategi Scalping Crypto untuk Pemula

Diunggah oleh

izzulbintang3
Hak Cipta
© All Rights Reserved
Kami menangani hak cipta konten dengan serius. Jika Anda merasa konten ini milik Anda, ajukan klaim di sini.
Format Tersedia
Unduh sebagai TXT, PDF, TXT atau baca online di Scribd

00:00:00 Kembali lagi dengan saya Kalimasada dan

00:00:01 hari ini saya akan mengajarkan ke


00:00:03 teman-teman mengenai strategi scalping
00:00:06 crypto win rate tinggi. Jadi banyak
00:00:09 pemula di sini yang mulai pengin trading
00:00:12 harian di crypto, pengin mulai scalping
00:00:14 di market crypto dan bingung kira-kira
00:00:18 gimana caranya. Jadi pertama tanpa
00:00:21 basa-basi itu adalah price action. Saya
00:00:25 bukan orang yang peduli ya dengan news.
00:00:27 Peduli terlalu banyak juga ya. dan
00:00:30 terlalu mendetail tentang fundamental
00:00:32 etc naratif ya itu mengambil peran.
00:00:36 Cuman menurut saya pribadi market itu
00:00:39 bisa kelihatan hanya dilihat dengan
00:00:41 chartnya. Itulah mengapa saya aliran
00:00:44 technical analysis, aliran price action
00:00:47 dan itu yang menurut saya harus kita
00:00:50 perhatikan. Apalagi kalau di sini kita
00:00:52 trading, kita scalping harian. hanya
00:00:55 price action yang penting untuk kita
00:00:57 perhatikan. Dan banyak juga ya
00:00:59 aliran-aliran trader yang mana dia hanya
00:01:01 rally on technical analysis. Dia udah
00:01:03 enggak peduli dengan news, fundamental,
00:01:06 laporan keuangan, rate cut, dan lain
00:01:08 sebagainya ya. Dia enggak peduli what
00:01:10 the fat says. Dia hanya lihat chart-nya.
00:01:12 Oke, ini waktunya beli, oke, ini
00:01:14 waktunya jual. Dan saya juga orang yang
00:01:17 ada ya dalam stans tersebut. Jadi saya
00:01:19 sangat memperhatikan price action,
00:01:22 sangat memperhatikan chart, dan menurut
00:01:23 saya itu yang paling penting. Level
00:01:25 pertama yang harus teman-teman
00:01:26 perhatikan itu adalah support and
00:01:29 resistance. Ini yang paling basic di
00:01:31 mana ya mungkin saya gambar-gambar juga
00:01:33 ya, level support itu merupakan area di
00:01:35 mana ada kecenderungan harga ini
00:01:38 mengalami kenaikan. Karena apa ya? Level
00:01:41 support itu level yang dijadikan orang
00:01:44 untuk melakukan pembelian ya. Jadi
00:01:47 ketika harga itu turun ya, dia pasti
00:01:51 akan menahan dan titik harga ini menahan
00:01:55 kita sebut dengan support. Dan ketika
00:01:57 harga mendekati support ya ada
00:01:58 kecenderungan dia melakukan yang namanya
00:02:00 peningkatan ya atau bounch. Selanjutnya
00:02:02 resistance ini adalah area when you sell
00:02:05 ya when you close the position. Jadi
00:02:09 ketika ya harga ini mendekati suatu area
00:02:11 resistance ya biasanya dia akan
00:02:13 mengalami yang namanya penolakan
00:02:16 memberikan ya kita potensi untuk
00:02:18 melakukan yang namanya penjualan karena
00:02:20 biasanya apa? Di sini seller itu antri
00:02:23 dia pasang order jual dan harga
00:02:27 cenderung mengalami penurunan. Dan
00:02:29 supply and demand ya ini adalah istilah
00:02:32 lain. Kalau di dalam support and
00:02:35 resistance kita hanya ngomong marking
00:02:37 suatu area. Tapi kalau supply and demand
00:02:39 ini konsepnya juga sebenarnya relatif
00:02:41 mirip ya. Demand area permintaan. Kalau
00:02:44 mereka meminta sesuatu, mereka akan
00:02:46 beli. Kemudian supply zone ya, area
00:02:50 penawaran yang mana kalau kita ngomong
00:02:52 ketika mereka menawarkan sesuatu berarti
00:02:54 mereka ini juga melakukan penjualan.
00:02:56 Basically it's a supply and demand ya,
00:02:59 it's a support and resistance. The same
00:03:02 thing ya, itulah mengapa kalau
00:03:04 teman-teman perhatikan setiap kali harga
00:03:06 mendekati area support ya, dia mengalami
00:03:09 yang namanya peningkatan. Nah, kenapa
00:03:12 bawah ini bisa disebut sebagai area
00:03:14 support? Karena harga udah pernah
00:03:16 mendekati area ini. Dan teman-teman
00:03:18 lihat ya, ketika harga mendekati ya area
00:03:20 ini lagi ya, dia mengalami kenaikan.
00:03:23 Kenapa ini disebut resistance? Karena
00:03:24 setiap kali harga mendekati area ini ya
00:03:27 dia mengalami yang namanya penurunan.
00:03:29 Jadi suatu support and resistance atau
00:03:32 supply zone and demand zone itu sesuatu
00:03:34 bisa dibilang oh ini support, oh ini
00:03:37 demand zone, oh ini supply zone, oh ini
00:03:40 resistance. itu adalah ketika ya udah
00:03:42 ada harga yang pernah ada di area
00:03:45 tersebut. Jadi kita enggak bisa bilang
00:03:47 ini supply and demand tanpa harga itu
00:03:50 mengalami sentuhan ya atau mengunjungi
00:03:53 range ini selama beberapa kali. Jadi
00:03:55 ketika harga mendekati range supply ya
00:03:58 dia mengalami penolakan dan mengalami
00:04:00 penurunan. Begitu juga sebaliknya
00:04:03 penting ya bagi teman-teman untuk
00:04:05 memahami yang namanya market structure
00:04:06 ya. Kalau bull market baby ya, ini kita
00:04:09 dalam keadaan yang uptrend ya, harga
00:04:12 membentuk yang namanya higher high dan
00:04:14 juga higher low ya. Di mana di sini
00:04:17 selalu membentuk higher low ya, titik
00:04:19 low yang semakin tinggi dan membentuk
00:04:21 yang namanya higher ya. higher high ini
00:04:24 adalah titik tinggi yang semakin tinggi.
00:04:27 Jadi harus teman-teman pahami ketika be
00:04:29 market ya downtrend ini market justru
00:04:32 membentuk ya yang namanya lower high ya
00:04:36 dan di sini lower low ya artinya apa ya
00:04:39 artinya ini titik rendah yang semakin
00:04:41 rendah ini titik tinggi yang semakin
00:04:43 tinggi dan ketika market sideway ya itu
00:04:46 dia enggak ke mana-mana teman-teman ya
00:04:48 jadi dia hanya ranging aja ya enggak
00:04:51 membuat suatu struktur naik atau turun
00:04:54 dan keadaan ini ya Ini neraka ya untuk
00:04:58 breakout trader, tapi ini surga untuk
00:05:00 range trader. Artinya apa? Orang yang
00:05:03 suka trading dengan supply and demand ya
00:05:05 mereka akan suka market yang ranging.
00:05:07 Sementara orang yang suka yang membeli
00:05:09 ketika harga mengalami breakout ya ini
00:05:12 ketika sideway dia enggak akan bisa
00:05:14 trading dengan baik. Oke. Nah, kita
00:05:16 ngomongin ya pendekatan dari para trader
00:05:19 profesional. What they do, what I do,
00:05:21 what we do. Ya, jadi mereka memang
00:05:24 menggunakan analisa teknikal cuman
00:05:27 mereka juga mengelola emosinya. Ya, ini
00:05:30 saya setuju partnya. Jadi cukup kita
00:05:32 melihat tchnikal, derivative data, order
00:05:34 flow mungkin akan kita jelaskan lebih
00:05:36 dalam nanti. Tapi yang paling penting
00:05:38 itu adalah mengelola manajemen emosi.
00:05:41 Dan manajemen emosi ini bisa teman-teman
00:05:43 kelola kalau teman-teman bisa
00:05:45 memanajemen risikonya. Kalau risikonya
00:05:47 terlalu tinggi pasti psikologismu
00:05:49 bermasalah. Resikonya terlalu rendah,
00:05:51 kamu enggak bisa grow. Resikonya pas,
00:05:54 kamu bisa bertahan dan konsisten. Jadi,
00:05:57 mindset profesional itu selalu paham
00:06:00 enggak ada setup yang 100% profit. Saya
00:06:02 pun ya nge-share untuk teman-teman
00:06:04 akademi crypto di dalam ya. Ini pun ya
00:06:06 bisa teman-teman lihat ya. Memang most
00:06:09 of the time 80 sampai 90% yaitu selalu
00:06:12 hit TP1 ya, hit TP2, TP3 dan ya saya
00:06:17 selalu membuat setup ya untuk
00:06:18 teman-teman di dalam tapi selalu ada
00:06:20 momen di mana saya terkena stop loss ya.
00:06:23 Ini contohnya jelly-jelly. Saya membuat
00:06:26 ya potensi beli jelly-jelly di 0,07 ya.
00:06:29 Target 0,12 dia hit sampai TP4. Tapi
00:06:33 sayangnya apa? Saya kena stop loss dulu
00:06:36 ya. harga turun 6% dari area invalidasi
00:06:39 saya dan bom ya, dia mengalami kenaikan.
00:06:42 Kalau saya enggak bisa menjaga risiko
00:06:44 ya, ini misalkan duit saya semua saya
00:06:46 taruh jell-jel kena stop loss terus
00:06:48 tiba-tiba dia terbang mungkin saya bisa
00:06:50 gila. Ya, itulah mengapa penting bagi
00:06:52 teman-teman ini untuk menjaga risiko.
00:06:54 Kalau ini saya pakai risiko 3% 5% dari
00:06:58 modal yang saya punya ya ketika dia lost
00:07:01 ya udah saya bisa terima dengan legowo.
00:07:03 Tapi ketika ini ris trade-nya itu tinggi
00:07:05 banget dan saya ditarik ya turun ke
00:07:08 bawah terus terbang ya saya mungkin bisa
00:07:09 gila ya. Itulah mengapa ketika
00:07:12 posisi-posisi lain ya yang saya share
00:07:15 untuk member akademi crypto di sini full
00:07:17 take profit saya juga enggak euforia ya.
00:07:19 contoh taho udah TP1 kemudian beberapa
00:07:23 ya trade ya tadi recall turtle ya TP1
00:07:27 nah ini humanity protocol ya 250% saya
00:07:30 enggak terlalu euforia ya karena ini
00:07:33 juga F ya hit semua target karena saya
00:07:35 pakai ya light TP2 karena saya pakai
00:07:38 risk management yang tepat kalau semua
00:07:40 duit saya taruh di sini saya akan wah
00:07:42 keringetan ya setiap hari lihat
00:07:44 posisinya itulah mengapa ya kalau kamu
00:07:47 mau ya trade dengan trader yang
00:07:50 profesional ya. Kamu bisa trade dengan
00:07:52 kita bisa masuk juga ya komunitas gratis
00:07:54 ya. Link di bawah kita akan tunjukin
00:07:56 teman-teman dan lihat hasil belajar dari
00:07:59 teman-teman yang lain karena penting
00:08:00 sekali ya untuk ikut profesional ya.
00:08:02 Kalau kamu ikut pemula kamu sulit cuan
00:08:05 tapi kalau kamu ikut profesional chance
00:08:07 cuan kamu itu juga semakin tinggi. Nah
00:08:10 penting ya untuk melihat yang namanya
00:08:12 ris to reward ya. Ini RR 1 bing 2 ya 1 b
00:08:15 3 ini 1 b artinya apa? Kalau RR ini 1
00:08:18 banding 2 ya, kamu mengorbankan R1 juta,
00:08:21 kamu dapat R juta. Kalau RR 1 bing 3,
00:08:23 kamu mengorbankan 1 juta. Kalau posisimu
00:08:26 salah kamu gen Rp3 juta. RR 1 banding 4
00:08:29 kamu R juta kamu gen R juta. Ya,
00:08:33 meskipun kamu ya hanya pakai 1 banding 2
00:08:36 ya, wind rate 50% pun ya teman-teman
00:08:38 kamu masih bisa untung. Kalau RR-mu di
00:08:41 bawah 1 banding 2, you will net never ya
00:08:44 get anything. Elah mengapa di dalam pun
00:08:46 ya ini saya teman-teman bisa lihat ya RR
00:08:48 saya selalu 1 banding 4 ya 1 bing 5.
00:08:50 Jadi ketika dia full TP seperti ini ya
00:08:54 saya bisa banding 1 banding 17 ya ini
00:08:57 humanity protocol ini 1 banding 17
00:08:59 artinya apa? Saya mungkin mengorbankan
00:09:01 R00 juta ini dapat 1,7 miliar ya itulah
00:09:05 setup trading dan itulah market ya.
00:09:07 Itulah pentingnya mengapa risk
00:09:09 management ya managing risk to reward is
00:09:12 very important. Selanjutnya kita
00:09:14 ngomongin psikologi dan juga disiplin.
00:09:17 Banyak ya yang sudah punya trade idea
00:09:20 ya. Contohnya seperti ini. Oke, harga
00:09:24 begini. Nah, kamu di sini udah entry ya,
00:09:28 di sini SL. Nah, ketika dia naik ya, ini
00:09:32 TP-nya di sini. Nah, ini ditarik dulu ke
00:09:35 bawah entry. Nah, terus habis itu kamu
00:09:37 close posisi terus dia tiba-tiba
00:09:39 terbang. Sering terjadi ya. Itulah
00:09:41 mengapa kalau udah punya yang namanya
00:09:43 trading plan, tolong ya respect the
00:09:47 trading plan. Karena sulit ya mengontrol
00:09:50 emosi. Kalau kamu size-nya itu terlalu
00:09:53 gede, kamu akhirnya enggak lihat
00:09:54 chart-nya. Kamu enggak tahu harga ini
00:09:56 mau naik atau mau turun, ya. Kamu lihat
00:09:58 cuman PNL-nya. Oke, duitnya jadi berapa,
00:10:00 duitnya jadi berapa, ya. Terus oke
00:10:02 duitnya jadi segini, oke, close close
00:10:03 terus tiba-tiba besok terbang terus
00:10:05 stres. Terus dia F mobile di atas terus
00:10:08 turun terus rungkat. Ya, itu yang selalu
00:10:10 terjadi. Evaluasi diri juga penting ya.
00:10:13 Bikin jurnal ya, jurnaling. Lihat,
00:10:16 perbaikin kesalahan. Kenapa suatu setup
00:10:18 enggak benar, kenapa suatu setup gagal
00:10:21 dan miliki ya mindset jangka panjang.
00:10:24 Memang ya trading is for a long term
00:10:26 game ya. Jangan berharap kamu bisa
00:10:29 langsung profit dalam jangka waktu
00:10:31 pendek ya kalau kamu belajar sendiri ya.
00:10:33 kecuali kamu ikut ya arahan profesional
00:10:35 dan ya selalu memiliki mindset jangka
00:10:38 panjang. Nah, trading plan is very
00:10:40 important yang saya bilang ya. Di mana
00:10:43 kamu entry,
00:10:45 di mana kamu
00:10:47 put loss, di mana targetnya ya. Karena
00:10:52 kalau kamu enggak begini ya, kamu hanya
00:10:54 asal mainnya ya. Kamu enggak ngerti itu
00:10:57 sama aja kayak kamu main sepak bola
00:10:59 bolanya kamu masukin gawangmu sendiri
00:11:02 ya. itu ke orang yang enggak punya
00:11:03 trading plan tuh ya. Jadi kalau kamu
00:11:05 tahu ya ini oh ini ini gawang kita ya.
00:11:09 Oke. Ini gawang musuh ya. Ini ada bola
00:11:12 di sini. Nah ini kamu. Nah kalau kamu
00:11:15 tahu trading plan, nah kamu tendang ke
00:11:17 sini goal ya. Ini ini yang tahu trading
00:11:20 plan ya. Jadi kan di sini goal.
00:11:24 Tapi kalau kamu enggak ngerti trading
00:11:26 plan, mungkin kamu tendang ke gawangmu
00:11:27 sendiri terus kayak kipermu marah-marah
00:11:29 ya. Jadi itulah pentingnya punya trading
00:11:32 plan yang bagus dan benar. Kadang ya
00:11:34 kalau kamu lagi ruet, lagi putus sama
00:11:37 pacar ya, lagi berantam sama istri atau
00:11:41 lagi kena maki sama atasan kadang ya
00:11:44 memang okelah ya aku enggak treat dulu.
00:11:46 Kenapa? Mental health. Mental health itu
00:11:49 enggak apa-apa ya. Karena kamu daripada
00:11:51 kamu trading hatimu lagi enggak enak.
00:11:54 chance
00:11:56 probability kamu losing money itu lebih
00:11:59 gede ya daripada ketika kamu itu trade
00:12:03 ya ketika psikologismu lagi bagus ya
00:12:05 mengapa sangat penting ya dan
00:12:09 seringkiali ya teman-teman gimana sih
00:12:12 kalau saya mau trading ya menunggu setup
00:12:15 pertama adapatif dengan kondisi pasar
00:12:17 saya tuh paling enggak suka trade dengan
00:12:19 news ya ini unpopular opinion karena
00:12:22 menurut saya pribadi kalau Kalau kamu
00:12:24 trading nunggu news itu kamu enggak
00:12:26 cukup jago buat cari setup profitable
00:12:29 setiap harinya. Ya, it's hard to say.
00:12:32 Tapi kalau kamu hanya trading nunggu
00:12:34 news, oke malam ini FOMC nih, saya mau
00:12:36 begadang. Saya nanti atas bawah, atas
00:12:38 bawah ini prediksinya bawah terus salah
00:12:40 semua habis duitmu. Kamu enggak jago
00:12:42 enough buat spoting opportunity di luar
00:12:45 adanya volatility yang disebabkan oleh
00:12:47 news. Saya bukan aliran yang trade the
00:12:49 news ya. Kenapa? Karena nobody can know
00:12:52 anything ya. Tapi yang jelas kamu tahu
00:12:54 itu adalah ini adalah support, ini
00:12:56 adalah resistance. Di sini kamu beli ya,
00:12:58 di sini kamu close. That's it. Ya, chart
00:13:02 itu enggak ngerti ini lagi red cut atau
00:13:04 enggak ya. Market itu enggak peduli ya
00:13:06 FOMC-nya gimana. The market is only
00:13:09 care. Yaitu tentang keadaan yang ada. Ya
00:13:12 memang fundamental
00:13:14 beberapa kali ya take influence ke
00:13:16 market. Cuman kan kamu selalu harus ya
00:13:18 melihat posisi yang benar. Jangan karena
00:13:20 oke ini news-nya begini nih tapi ini di
00:13:22 resistance kamu beli jedar ya turun. Oke
00:13:26 ya. Sama juga ya di market crypto pun
00:13:28 juga ada ya fenomena dulu Dodge ya SNL
00:13:32 life Elon udah joget-joget ya udah over
00:13:34 extended di 0,8 terus orang di sini all
00:13:37 in terus jedar ya enggak pernah balik
00:13:39 all time high lagi. Boom. Oke, itulah
00:13:42 mengapa sangat penting kita harus fokus
00:13:44 ya sedikit instrumen ya. Mungkin ada
00:13:48 juga ya yang aliran mereka hanya trading
00:13:50 Bitcoin oke dan mereka enggak trading
00:13:53 yang lain. Nah, ini enggak apa-apa ya.
00:13:55 Ini menunjukkan apa? Mereka punya
00:13:57 kedewasaan. Mereka tahu strategi yang
00:13:59 tepat. Dan yang terakhir yang paling
00:14:02 penting kamu itu harus konsisten. Ini
00:14:04 game bukan sehari du hari, ini game
00:14:06 bukan setahun 2 tahun. ini satu duade ke
00:14:09 depan kalau kita ngomong ya tentang
00:14:11 eksekusi profesional, kita ngomongin
00:14:13 entry, timing ya, jenis order ya,
00:14:15 konfirmasinya ini kita ngomong ya,
00:14:17 taktik mengenai mengeksekusi order. Oke,
00:14:21 selalu gunakan ya support kamu. Kalau
00:14:23 beli di support ya, probabilitas kamu
00:14:26 menang itu tinggi ya, Win itu lebih
00:14:30 tinggi. Kalau kamu beli pas retest itu
00:14:32 ris to reward-nya itu lebih bagus
00:14:35 daripada harga ini ngpump ya. Terus kamu
00:14:38 langsung di sini beli ya. Retest itu
00:14:40 seperti ini. Harga mengunjungi titik
00:14:42 sebelumnya. Nah, ini retest ini lebih
00:14:45 bagus ya daripada kamu chase the pump
00:14:48 dan reversal pattern. Oke, itu adalah
00:14:51 keadaan ketika tren sebelumnya itu
00:14:53 barish. Terus di sini kamu melihat nih
00:14:55 ini bisa aku beli ya. Terus kamu di sini
00:14:59 positioning buy dan dia mengalami
00:15:02 namanya kenaikan. Untuk timing eksekusi
00:15:05 crypto itu selalu 24 jam. Tapi memang
00:15:07 waktu ya London New York Times ini yang
00:15:10 paling aktif. Kenapa? Karena kan banyak
00:15:13 ya mereka algo ya, mereka trading dengan
00:15:17 a lot of big institution. Nah, itulah
00:15:19 mengapa
00:15:21 kadang preferable ya jam 10. malam dan
00:15:23 lebih ya itu yang paling volatile
00:15:26 memang. Nah, kemudian kamu antara limit
00:15:29 atau market ya seringkiali ya kalau kamu
00:15:31 sizemu kecil ya market is fine. Kamu
00:15:33 kalau mau kejar yang namanya momentum ya
00:15:36 ini kamu lebih baik pakai market.
00:15:39 Kecuali kalau kita ya size order-nya
00:15:41 gede ya sometimes you use limit order.
00:15:43 Kenapa? Karena kalau market order kita
00:15:45 itu slipage-nya itu terlalu tinggi ya.
00:15:48 Kita dieksekusi di harga yang enggak
00:15:49 kita sukai dan itu terlalu tinggi
00:15:51 kadang. Nah, kadang kala ya ini order
00:15:54 flow sesuatu yang lebih rumit. Kita
00:15:56 ngomongin volume ya, kita ngomongin juga
00:15:59 kecenderungan. Tapi teman-teman enggak
00:16:01 masalah ya. Karena apa? Karena kita
00:16:04 selalu lengkap ya di akademi crypto di
00:16:07 mana teman-teman di dalam pun juga bisa
00:16:10 ya belajar tentang order flow. Nah,
00:16:12 ngomongin order flow teman-teman kalau
00:16:15 jadi ya pelajar di akademi crypto kita
00:16:17 benar-benar ya modul crypto trading-nya
00:16:19 ini kayak kamu telusuri mungkin enggak
00:16:22 akan pernah habis ya karena ini di
00:16:24 dalamnya ya kita juga ngad ngajarin ya
00:16:26 saya pribadi ngajarin order flow dan
00:16:28 gimana teman-teman eksekusi ya order
00:16:30 flow-nya teman-teman lihat volume, lihat
00:16:32 kecenderungan dan itulah mengapa ya kita
00:16:35 punya win rate ya yang cukup tinggi ya
00:16:37 kita tahu ya which one to pick dan ya
00:16:41 enggak ada salahnya ya, belajar lebih
00:16:43 dalam mengenai trading crypto. Kalau
00:16:46 tools ya untuk scalping, apa sih
00:16:48 teknikalnya ya, data turunannya apa yang
00:16:51 dipakai dan kita akan ngomong ya
00:16:53 mengenai gimana cara trader ini
00:16:55 mengambil keputusan terutama ya
00:16:57 trader-trader profesional mereka selalu
00:17:01 melihat ya yang namanya volume ketika
00:17:03 harga ini ya naik oke let's say ini naik
00:17:06 ya harga ini naik nah harga mengalami
00:17:09 kenaikan dia juga harus melihat ya
00:17:12 apakah kenaikan ini didukung oleh volume
00:17:14 atau tidak Karena harga yang naik dan
00:17:17 tidak didukung oleh volume itu
00:17:18 menunjukkan hanya beberapa orang yang
00:17:20 mencoba menaikkan harga tersebut. It's
00:17:22 not a real demand. It's a artificial
00:17:25 demand yang digunakan oleh beberapa
00:17:27 orang untuk menarik para retil. Dan
00:17:29 ketika itu terjadi ya chances market
00:17:31 cenderung mengalami penurunan ya karena
00:17:34 di sini not real volume ya dan di sini
00:17:36 orang akan dimakan ordernya dan harga
00:17:39 mengalami yang namanya penurunan.
00:17:41 Kemudian yang paling populer ya bisa
00:17:43 pakai moving average. Kalau saya pribadi
00:17:45 itu pakai 13 and 21. Saya sudah reset
00:17:48 selama bertahun-tahun dan menurut saya
00:17:50 ini yang paling oke ya terutama dipakai
00:17:52 di daily chart adalah 13 and 21 EM. Ini
00:17:55 menunjukkan ya em posibilitas ketika
00:17:58 harga ini mendekatin ya IM-nya ini
00:18:01 adalah area yang terbaik untuk melakukan
00:18:03 pembelian ya. Teman-teman bisa lihat
00:18:04 ketika ya retest di ME harga mengalami
00:18:07 kenaikan. Retest di EME harga mengalami
00:18:09 kenaikan. dites di ME ya harga ini juga
00:18:11 mengalami kenaikan. Dan selanjutnya ya
00:18:14 footprint ini akan saya ajari lebih
00:18:16 dalam ya karena apa? Di dalam setiap
00:18:19 candle ya itu kalau teman-teman
00:18:21 breakdown ceritanya lebih dalam itu ada
00:18:24 banyak kumpulan dari bit dan juga AS
00:18:26 yang akan saya ajari ya di modul di
00:18:28 academ crypto lebih panjang. Oke,
00:18:31 selanjutnya kita ngomong ya kombinasi
00:18:32 tools untuk melakukan yang namanya
00:18:35 scalping. Kita akan ngomong ya pola
00:18:37 price action yang umum ya yang digunakan
00:18:39 oleh para trader profesional itu adalah
00:18:42 mereka selalu melihat pattern dari
00:18:44 beberapa altcoin di time frame yang
00:18:46 kecil ya. Pertama kita akan ngomongin
00:18:49 liquidity swip ya. Ini adalah konsep
00:18:51 stop hunting di mana ketika harga
00:18:53 mengalami penurunan terus dia kembali
00:18:55 lagi ke dalam range-nya ya ini biasanya
00:18:58 menunjukkan ya liquidity di sini udah
00:19:00 diambil dan harga akan berpotensi
00:19:02 mengalami kenaikan. Dia ambil dulu ya
00:19:04 stop loss dari para trader sebelum dia
00:19:07 berpotensi mengalami kenaikan. Sama juga
00:19:10 ya ketika harga ini dalam posisi naik.
00:19:12 Nah, nah seringkiali ya di stop dulu
00:19:15 orang yang short baru dia mengalami yang
00:19:17 namanya penurunan. Jadi, liquidity ship
00:19:20 juga bisa diperhatikan ya. False
00:19:22 breakout ya, it's kind of the same thing
00:19:24 ya. Harga di sini mengalami break ke
00:19:26 atas resistance dan orang yang namanya
00:19:29 breakout trader ini mereka akan ambil ya
00:19:31 posisi di sini. Jadi selama saya di
00:19:34 crypto ya, saya enggak pernah percaya
00:19:36 yang namanya flat horizontal breakout
00:19:39 ya. Ini sering kali menjadi suatu yang
00:19:41 namanya jebakan. Bitcoin pun juga ya di
00:19:43 all time sering sekali di time frame
00:19:45 gede itu ya flat breakout ya di
00:19:48 horizontal line terus seorang breakout
00:19:50 big sini di sini beli terus kayak boom
00:19:52 harga mengalami penurunan dan ya mereka
00:19:55 kehilangan harta yang mereka miliki
00:19:58 memang ya kalau kamu mau trade breakout
00:20:02 kamu mending nunggu yang namanya retest
00:20:04 itulah mengapa di sini disebut breakout
00:20:05 and retest ya dia udah break resistance
00:20:08 ya di sini kamu ya resistance-nya udah
00:20:11 jadi support kamu di sini buy ya. Kalau
00:20:14 di sini kamu enggak buy ya, kamu buy ya.
00:20:18 Harga biasanya cenderung mengalami
00:20:19 penurunan kalau kamu ngejar breakout-nya
00:20:22 di sini ya. Kalau kamu entry breakout
00:20:24 dan retest itu ris to reward-nya itu
00:20:26 jauh lebih tinggi. Nah, ini contoh ya
00:20:28 ketika ada breakout yang tinggi ya. Ini
00:20:31 compression breakout ya. di sini
00:20:33 biasanya ya kelihatan adalah waktu
00:20:35 akumulasi yang tinggi dan ketika ya dia
00:20:38 breakout di sini didukung dengan volume
00:20:40 ya itu adalah konfirmasi kita untuk
00:20:42 melakukan yang namanya pembelian. Nah,
00:20:45 kita ngomong ya pola-pola yang pas ya
00:20:47 buat intraday trade yang mana ya ini
00:20:50 pola yang selalu kita pakai ya di dalam.
00:20:53 Nah, kita selalu ngomong ya potential ya
00:20:56 intraday ya kita selalu ngomongnya
00:20:58 intraday. Jadi apa sih ya pattern yang
00:21:02 selalu digunakan? Nah, data derivatif
00:21:05 itu nanti akan saya bahas yang mendetail
00:21:07 di modul di dalam untuk akademi crypto.
00:21:10 Tapi kita akan ngomongin di sini price
00:21:11 action. Nah, kita mungkin bisa ya
00:21:13 ngomongin sedikit aja data perpetual
00:21:15 future. Pertama, open interest yaitu
00:21:18 sebanyak apa ya orang yang membuka
00:21:20 kontrak perdagangan. Jadi ketika harga
00:21:23 ini naik ya, open interest ini juga naik
00:21:25 dia menunjukkan tren yang sehat. Berbeda
00:21:27 ya. ketika harga naik tapi open interest
00:21:29 ini turun. Ini menunjukkan apa? Orang
00:21:31 udah sedikit yang mulai trade ini short
00:21:33 covering position. Jadi harga ini bisa
00:21:35 mengalami kenaikan karena orang yang
00:21:37 short itu dia tutup posisinya. Ya,
00:21:39 itulah mengapa this is not bullish ya.
00:21:42 This is bullish karena apa? Harga naik,
00:21:44 open interest naik. Berarti harga naik
00:21:45 karena orang buka kontrak perdagangan
00:21:48 yang baru. Dan kemudian ya kumulatif
00:21:50 volume delta ya ini mengukur ya selisih
00:21:53 volume market buy and sell. Jadi netnya
00:21:55 berapa? Kalau harga naik. Oke, CVD-nya
00:21:59 ini juga naik. Ini juga menunjukkan ya
00:22:01 buyer ini agresif ya, dia pusing up the
00:22:04 price dan dia relatif cukup agresif. Dan
00:22:07 ya seringkiali ya kalau teman-teman
00:22:09 lihat berita ya misalkan terlikuidasi R
00:22:12 juta ya dalam sejam terakhir di criptoet
00:22:15 ini teman-teman bisa lihat ya datanya
00:22:17 juga di Coin Glass ini selalu ada peta
00:22:19 likuidasi. Misalkan Bitcoin hit harga
00:22:22 sekian ya, ini akan terjadi yang namanya
00:22:25 liquidation
00:22:27 silakan 100 juta dolar. Nah, ini bisa
00:22:29 teman-teman lihat di Coin Glass ya.
00:22:32 Itulah mengapa teman-teman bisa melihat
00:22:33 yang namanya kecenderungan.
00:22:35 Kecenderungan apa? Kecenderungan di mana
00:22:37 ketika harga mendekati ini, ini akan
00:22:40 kelikuidasi segini banyak. Jadi, enggak
00:22:41 boleh mendekati ini. Itulah mengapa area
00:22:44 ini bisa dijadikan juga sebagai support
00:22:46 dan juga resistance ya, liquidation heat
00:22:49 map. Jadi winning formula kalau saya
00:22:51 pribadi selalu mengkombinasikan price
00:22:54 action, mengkombinasikan ya em volume
00:22:58 dan juga derivatif data. Itu yang saya
00:23:01 lakukan. Jadi apa kesimpulannya ya?
00:23:04 Mendapatkan profit sejuta sehari ya
00:23:06 scalping dengan win rate tinggi itu
00:23:08 butuh yang namanya pengendalian risiko
00:23:09 dan juga konsistensi yang tinggi. Jadi
00:23:12 kalau mau sukses scalping pertama
00:23:13 perhatikan price action. Dua, atur
00:23:15 psikologi ya. Psikologi itu bisa diatur
00:23:19 dengan apa? dengan manajemen risiko yang
00:23:20 baik dan didukung dengan data derivatif
00:23:23 yang oke. Jadi, selalu fokus ya pada
00:23:26 proses bukan pada hasil trade dan
00:23:28 gunakan indikator-indikator yang lain ya
00:23:30 seperti derivative data, liquidation,
00:23:33 price, volume, open interest ya CVD
00:23:36 untuk teman-teman memperoleh entry yang
00:23:38 berkualitas tinggi. Tapi kalau kamu
00:23:41 maunya ya udahlah saya mau belajar,
00:23:42 tetap mau belajar tapi tetap dapat ya
00:23:45 sinyal kayak supaya saya bisa belajar
00:23:47 sambil makan. Klik link di bawah dan
00:23:49 sampai berjumpa di Akademi Crypto.

Anda mungkin juga menyukai