0% menganggap dokumen ini bermanfaat (0 suara)
7 tayangan4 halaman

Profil dan Motivasi Linda untuk CS

Diunggah oleh

wellyshalawa44
Hak Cipta
© All Rights Reserved
Kami menangani hak cipta konten dengan serius. Jika Anda merasa konten ini milik Anda, ajukan klaim di sini.
Format Tersedia
Unduh sebagai DOCX, PDF, TXT atau baca online di Scribd
0% menganggap dokumen ini bermanfaat (0 suara)
7 tayangan4 halaman

Profil dan Motivasi Linda untuk CS

Diunggah oleh

wellyshalawa44
Hak Cipta
© All Rights Reserved
Kami menangani hak cipta konten dengan serius. Jika Anda merasa konten ini milik Anda, ajukan klaim di sini.
Format Tersedia
Unduh sebagai DOCX, PDF, TXT atau baca online di Scribd

1.

Perkenalan diri :

Terima kasih atas kesempatannya, perkenalkan nama saya Linda Permatasari. Biasa dipanggil
Linda. Usia saya saat ini 27 Tahun. Saat ini saya berdomisili di jakarta Barat kemanggisan.
Saya lulus dari jurusan tasawuf psikoterapi di UIN Bandung. Sebelumnya saya telah memiliki
pengalaman kerja pada 3 perusahaan. Pertama, selama 9 bulan di JNE di posisi costumer
service tracer, kemudian saya juga pernah bekerja di PT grab teknologi indonesia pada posisi
costumer service selama 2,5 tahun dan sebelum itu saya pernah bekerja di PT Arafa berkah
berlimpah sebagai CRM selama 11 bulan. Dalam waktu lebih dari 4 tahun diposisi CS tersebut
saya telah berpengalaman menangani costumer melalui inbound call, outbound call, email dan
sosial media perusahaan. Oleh karena itu saya melamar sebagai posisi CS di perusahaan ini
karena sesuai dengan pengalaman yang saya miliki untuk membangun karier yang lebih baik
kedepannya. Demikian perkenalan saya, terima kasih.

2. Apa motivasi kamu bekerja disini?


- Saya ingin berkontribusi pada perusahaan ini karena pendidikan dan pengalaman saya
relevan untuk posisi ini.
- Perusahaan Bapak/Ibu adalah salah satu yang terbaik di bidangnya, hal ini yang
memotivasi saya untuk bisa berkarir di industri ini.

3. Apakah ada pertanyaan ?


- Bisa di ceritakan bagaimana keseharian pegawai yang ada di posisi ini ?
- Apa hal tersulit yang dialami ketika bekerja pada posisi ini di perusahaan ini ?
- Boleh di ceritakan budaya perusahaan, apa yang membuat Bapak/Ibu senang bekerja
disini ?
- Kriteria pegawai seperti apa menurut Bapak/Ibu yang akan sukses menjalani posisi ini?

4. Apakah kamu melamar di perusahaan lain ?


- Ada, namun lamaran saya ke perusahaan lain hanya sebagai opsi, besar harapan saya
untuk bisa diterima di perusahaan ini
- Ada, saya melamar pada perusahaan bidang A….

5. Dari mana kamu mendapatkan info pekerjaan ini?


- Saya tahu lowongan pekerjaan ini dari social media/ ig/ linkeind/ teman. Saya melihat
posisi nya sangat menarik perhatian dan minat saya karena sesuai dengan
pengalaman saya.

6. Apa ekspektasi bekerja disini ?


- Harapan saya dalam bekerja disini adalah untuk terus mengembangkan
keterampilan profesional saya. Saya ingin bekerja dilingkungan yang mendorong
pembelajaran dan pertumbuhan karir, sehingga bisa terus menambah nilai dan
memajukan perusahaan.
- Saya berharap untuk bekerja dalam tim yang sinergis, di mana setiap anggota
mendukung dan memotivasi satu sama lain. Lingkungan kerja yang kolaboratif
sangat penting bagi saya untuk menghasilkan kinerja terbaik.
7. Kenapa resign ?
- Alasan saya resign karena perusahaan sebelumnya tidak memperpanjang
kontrak saya hal ini dikarenakan adanya perubahan kebijakan dari satu
perusahaan sehingga terjadinya restrukturisasi.
- Terimakasih atas pertanyaannya, dari perusahaan sbelumnya saya memang
tidak diperpanjang secara kontrak namun kali ini saya fokus untuk mencari
peluang baru yang sesuai dengan pengalaman dan kemampuan yang saya
miliki.
- Dengan pengalaman kerja selama X tahun, saya rasa saya sudah siap untuk
mengambil tantangan yang lebih besar di lingkungan baru, serta di tim yang jauh
lebih besar juga.
- Saya memutuskan untuk resign karena pada perusahaan sebelumya, saya
merasa sulit untuk terus produktif karena ada bberapa kendala dalam lingkungan
kerja. Saya mencari tempat yang lebih mendukung kolaborasi dan inovasi, sperti
yang saya lihat di perusahaan ini.
8. Apa kelebihan kamu?
- Kemampuan problem solving : Problem solving adalah kekuatan saya karena saya bisa
menganalisis situasi dengan cepat, menemukan akar masalah, dan memberi solusi
paling efektif untuk mendapatkan hasil terbaik.
9. Apa kelemahan kamu ?
- Kurang menguasai bahasa asing : Kelemahan saya adalah saya belum
menguasai bahasa asing X, tetapi saya sedang berusaha memperbaikinya
dengan mengikuti kursus dan berlatih secara konsisten. Selain itu saya juga
memiliki kemampuan berbahasa Y yang juga dapat mendukung pekerjaan saya.
- Overthinking : Kelemahan saya adalah overthinking yang menyebabkan analisis
berlebihan. Namun, saya telah menerapkan strategi yang membantu saya lebih
fokus dan membuat keputusan dengan lebih cepat.
10. Apa kelebihan dan kekurangan kamu?
- Kelebihan saya adalah saya mampu membagi waktu dengan baik. Ketika ada
workload yang banyak, saya bisa urutkan prioritas dan selesaikan tugas sesuai
deadline. Kelemahan saya adalah terkadang saya kehilangan fokus. Belakangan
ini, saya selalu terapkan teknik Pomodoro dan itu sangat membantu saya untuk
menjaga fokus.
11. Apa saja yang kamu tahu tentang posisi dan perusahaan ini?
- Sesuaikan dengan perusahaan dan posisi yang kamu lamar

12. Apa saja rencanamu di 3–5 tahun ke depan?


- Saya ingin menjadi TL di masa depan. Untuk bisa menggapainya, saya harus
bisa belajar dan berkembang dengan cepat. Itulah mengapa saya tertarik pada
posisi ini.
13. Apa yang bisa meyakinkan kami untuk merekrut kamu?
- Saya yakin saya mampu mengisi posisi ini karena saya memiliki kemampuan
dalam mengoperasikan tools tools yang di gunakan di CS. Saya juga sangat
familier dengan lingkungan kerja seperti di perusahaan ini karena sesuai dengan
posisi saya di perusahaan sbelumnya.

14. Kapan kamu bisa mulai bergabung dengan tim kami?


- Saya bisa mulai bekerja sesuai kebutuhan perusahaan. Saya akan sangat
berterima kasih jika diberi waktu sekitar 3-5 hari untuk siap-siap terlebih dahulu.
Akan tetapi, saya juga cukup fleksibel jika memang perusahaan membutuhkan
saya sedikit lebih awal.

15. Berapa ekspektasi gaji yang kamu inginkan?


- Berdasarkan hasil riset saya, saya lihat bahwa rata-rata gaji untuk posisi ini di Jakarta
adalah Rp X – Rp Y. Ekspektasi saya di kisaran Rp W – Rp Z, berdasarkan data
tersebut, skill, dan pengalaman kerja saya. Namun, saya tetap fleksibel dan terbuka
untuk mendiskusikan lebih lanjut sesuai kebijakan perusahaan.

16. Kenapa kamu tertarik untuk bekerja di perusahaan ini?


- Saya sudah mengikuti perusahaan ini sejak lama, dan saya sudah tahu bahwa
perusahaan berusaha mewujudkan pendidikan yang inklusif. Hal ini sesuai
dengan passion dan value yang saya miliki.

17. Ceritakan tentang masa ketika kamu berada di situasi yang sulit
- Di pengalaman kerja sebelumnya, saya mengalami kesulitan dalam menghadapi
costumer yang HC sampai dia tidak mau di putus telponnya terkait kendala yang
dia keluhkan. Saya akhirnya mendiskusikan masalah tersebut kepada TL dan
mendapatkan solusi yang tepat dari TL sehingga cust yang saya tangani dapat
memahami dan mengerti penjelasan saya.
18. Apa yang bisa kamu tawarkan yang kandidat lain tidak bisa?
- Saya memiliki pengalaman bekerja di tiga industri berbeda, yang membuat saya
memahami berbagai sudut pandang bisnis. Hal ini memungkinkan saya
memberikan solusi kreatif dan menyeluruh yang mungkin tidak dimiliki oleh
kandidat lain.
- Saya sangat mudah beradaptasi dengan perubahan dan memiliki kemampuan
belajar yang cepat. Dalam posisi terakhir saya, saya mempelajari sistem baru
dalam waktu singkat.

19. Apa yang memotivasi kamu?


- Saya selalu fokus pada hasil. Saya sangat termotivasi ketika berhasil meredam
masalah. Itulah mengapa saya ingin mengejar karier di bidang CS.
20. Apa hal yang mantan bos kamu akan minta untuk perbaiki tentang dirimu?
- Atasan saya pernah memberi feedback kepada saya. Ia mengatakan bahwa
saya harus lebih percaya diri dalam beropini. Sejak saat itu, saya selalu
berusaha menyiapkan ide sebelum brainstorming supaya lebih percaya diri.

21. Apa yang membuatmu tidak nyaman?


- Sebagai seorang introvert, terkadang saya kurang nyaman jika harus
berinteraksi dengan orang-orang. Namun, sekarang saya sudah belajar supaya
lebih terbuka dan tetap berkomunikasi dengan rekan kerja secara efektif.

22. Apa gaya kerjamu?


- Saya suka mengerjakan beberapa project yang berbeda. Saya juga senang
bekerja dengan manager yang bisa memberi arahan, tetapi juga kebebasan bagi
saya untuk eksplorasi dan bekerja dengan tim lain.
23. Bagaimana kamu memprioritaskan pekerjaanmu?
- Saya selalu menyusun to-do lists setiap hari berdasarkan skala prioritas. Jika
ada tugas yang mendadak, saya akan lihat dulu urgensinya. Jika
memungkinkan, saya akan mengubah ulang prioritas atau mendelegasikan
tugas. Apabila tidak memungkinkan, saya coba komunikasikan dengan atasan
agar mereka memahami situasinya, lalu menyarankan deadline yang lebih bisa
dicapai.
24. Bagaimana cara kamu mengatasi tekanan?
- Selama beberapa bulan ini, saya mulai belajar meditasi dan mindfulness setiap
hari selama 15-30 menit. Ternyata, hal tersebut sangat membantu saya
mengatasi stres dan tekanan saat bekerja.

25. Apa kegiatan sehari-hari saat ini ?


- Selain melamar pkerjaan, saya juga suka belajar hal baru dan mengembangkan diri.
Saya sering menghabiskan waktu dengan membaca buku dan dan mendengarkan
podcast edukasi. Selain itu saya juga menjaga kesehatan dan kebersihan diri dan
lingkungan. Saya selalu bangun pagi dan berolahraga ringan dan merapikan tempat
tinggal saya. Saya percaya bahwa kesehatan dan kebersihan adalah modal utama
untuk bekerja dengan baik.

26. Apa motivasi dalam bekerja ?


- Motivasi kerja saya ada dua. Secara profesional saya memang ingin bekerja di
bidang CS di perusahaan ini karena memang ini minat saya dan saya memiliki
latar belakang pengalaman yang sesuai. Dan yang kedua tentunya saya ingin
mendapatkan manfaat finansial dari pekerjaan saya
Dengan kedua motivasi tersebut saya yakin bisa memberikan loyalitas dan
kinerja terbaik untuk perusahaan.

Anda mungkin juga menyukai