Market Crypto
90% Altcoin akan mati
Cycle baru, narative baru, tech baru, coin baru, investor baru
Semua narative Alt coin hanya bertahan 2-4 bulan
Tidak ada yang terus naik tanpa ada koreksi/kembali ke titik awal sebelum narative itu terjadi. Tidak
ada istlah hold forever (siap beli siap jual, jangan ditahan terus). Jika sudah mendekati angka jenuh
dari suatu narative, mulai cash out perlahan/ moon back strategy (ketika nilai aset naik 100% jual 50%
untuk ambil modal)
Rotasi tetap kembali ke bitcoin
Perngaruh Halving
Siklus 4 tahunan dimana reward dari miner bitcoin dipotong 1/2 untuk menjaga kelangkaan
Narrative
Ide wawasan gagasan irl. Ex: metaverse, AI
Layer 1 (ETH, BNB, SOL)
Sistem membangun smart contract
Layer 2 (MATIC, OP, ARB)
Optimalisasi jaringan di layer 1
RWA/Real world asset (LINK, RIO, SNX)
Mentokenisasi aset irl
DEFI/Decentralized finance (UNI, CAKE, AAVE)
Tech transaksi keuangan tanpa pihak ke-3
DEPIN/ Decentralized physical infrastructure (LPT, HNT, RNDR)
Memberikan reward ke penyedia infrastruktur mereka secara digital, dibagikan dlm bentuk token
Special computing (AXS, SAND, MANA)
DEPIN, METAVERSE, [Link]
Cara melakukan Narative Trading
Pengamatan sosial
Apa yang sedang dibutuhkan
Sourcing berbagai data yang ada
Berita, report, artikel
Q1 2024 akan ada special computing karena melihat berita apple launch Vision Pro (oculus) di awal
tahun
Microsoft menggalakkan AI di Q1 2024, AI narrative, muncul AI coin
Mengikuti para smart money (whale)
Ada banyak tools, basic crypto data seperti ARKHAM, Dune Analytics untuk tracking. Bisa copy paste
apa yang mereka lakukan ke porto kita
Platform CryptoSlate, dijelaskan masing-masing sektor di crypto dan kenaikan masing-masing sektor,
amati smart money akumulasi di aset apa
Analisa Fundamental
Mengetahui nilai intrinsik (kecenderungan menilai secara internal)
Nilai intrinsik ≠ nilai pasar
Nilai intrinsik > nilai pasar (under value), sebenarnya punya nilai/valuasi yang lebih tinggi
Nilai intrinsik < nilai pasar (over value), naik karena hype/fundamental tidak baik
Pengetahuan -> klepercayaan -> keyakinan -> invest
Membuat tidak panik terhadap pergerakan/fluktuasi harga jangka pendek
Caranya:
Mengetahui tokenimics project
Ada prinsip ekonomi dalam menilai suatu token yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
suatu project
Cek developer project
Invest in the people, not idea
Apakah bernah gagal? apa projectnya bisa dilisting di exchange besar?
Ada yang doxx ataupun undoxx (Vitalik Buterin/Ethereum, Charles Hoskinsen/Cardano
Pastikan komunitas hidup/jalan
Mereka crosscheck dev, menciptakan herd behavior secara alami karena sudah invest to creat the
best, koar2 mengajak invest
Tokenomics
Karakteristik yang berkaitan dengan permintaan/penawaran harga dari project tertentu
Model bisnis
Altcoin project = tech company (ada pegawai, gedung, alat, metode untuk membuat suatu value)
Altcoin yang baik memiliki bisnis model yang generate revanue tanpa mengandalkan harga token,
karena ada juga project tanpa bisnis model dan hanya mengandalkan investor baru
Ethereum punya jaringan yang dipakai para web dev untuk membangun decentralized app di atas
jaringan ethereum sehingga secara cycle harganya stabil
Jumlah token
Makin banyak token yang sudah beredar dari semua token yang munkin beredar menunjukkan tidak
adanya token unlock lagi (lahir token baru/direlease). Makin banyak beredar, makin tidak langka, nilai
turun. Lihat apa semua token/hampir 100% sudah unlocked saat memilih
Market cap
Valuasi suatu token adalah jumlah perkalian token beredar dengan harga
(Market cap = token distributed x token price)
Makin tinggi market cap, makin banyak token beredar atau harganya makin tinggi
Perhatikan volume perdagangan karena untuk naikkan harga, diperhatikan 2 faktor yaitu market cap
dan volume perdagangan
Makin rendah volume perdagangan menunjukan interest/ketertarikan terhadap project tertentu
rendah sehingga harga mudah sekali naik/turun
Scalping cenderung hanya melihat volume perdagangan, apa yang sedang hangat
Sedangkan yang Swing trading, holding, invest cenderung lihat tokenomics, valuasi, market cap untuk
jangka panjang
Project yang bagus punya kapitalisasi pasar rendah tapi hampir semua persediaan token keluar