SMK NEGERI 3 KOTA BEKASI
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
No. Jobsheet : Tanggal Pelaksanaan : Durasi :
[Link].019 __________________ 8 x 45 menit
Tugas / Job :
JARINGAN ROUTER
1. TUJUAN
a. Peserta didik dapat memahami menu-menu di aplikasi Cisco Packet Tracer.
b. Peserta didik dapat mengenal device-device yang ada di aplikasi Cisco Packet Tracer.
c. Peserta didik dapat melakukan konfigurasi jaringan router.
2. DASAR TEORI
Ini materi agak sedikit sulit tapi asyik, sekarang kita akan mencoba menghubungkan sebuah jaringan computer
dengan subnet / gang yang berbeda dan studi kasusnya akan kita coba untuk menghubungkan IP Class yang
berbeda.
Langsung aja, di SMK Negeri 3 Kota Bekasi mempunyai 2 buah Lab Komputer yaitu Lab A dan Lab B, dimana
Lab A itu terhubung dengan Indihome dengan IP address [Link] dst. Sedangkan untuk Lab B itu hanya
jaringan LAN biasa, jadi kita setting [Link]. Nah, kalau kita langsung ping menggunakan Switch ini jelas
tidak akan terhubung atau RTO (Request Time Out).
3. ALAT DAN BAHAN
PC / Laptop
Aplikasi Cisco Packet Tracer
4. LANGKAH KERJA
Sekarang coba designkan sebuah jaringan komputer seperti dibawah ini di satu layar Cisco Packet Tracer !
Gambar 1 : Gambar Design seluruhnya
Kalo sudah kita coba diping untuk tiap-tiap jaringan di lab masing-masing.
Nah, pertanyaannya adalah… kenapa tidak kita hubungkan langsung aja dari switch ke switch, kan portnya
masih banyak tuh.
Oke, kita coba, terus kita ping apakah bisa terhubung?
Kabel yang digunakan untuk jaringan SWITCH – SWITCH adalah Crossover yaa.
Gambar 4 : Contoh design jaringan yang salah
Kenapa salah yaa, coba lihat aja, ketika kita ping dari komputer A01 ke B01 yang terjadi adalah RTO ??
Gambar 5 : Request Time Out
Nah, ini jelas tidak bisa berhubung karena subnet setiap komputer jelas berbeda atau gang yang ada, Lab A
adalah Gang 1 dan Lab B adalah Gang 0, untuk itu kita membutuhkan sebuah router untuk menghubungkan
kedua jaringan tersebut.
Oke kita coba yaa.
Gambar 6 : Jaringan Router
Nah, ini kalo mau di PING jelasnya masih tidak bisa gan, tuh lihat routernya masih mati kan!!! yang harus kita
atur adalah IP addressnya, kita coba setting untuk fa 0/0 adalah [Link] dan fa 0/1 adalah [Link]
Caranya :
- Klik 2x pada router masuk ke Tab CLI.
Gambar 7 : Tab CLI dan Perintahnya
- Perintah-perintahnya gini yaa!!!
a. Awalnya ada pertanyaan tuh, kita ketikkan aja no
b. Enable
c. Configure terminal
d. Interface fa 0/0 --> Karena yang akan kita setting fashethernet ke 0/0
e. Ip address [Link] [Link] --> setting IP address dan subnet mask
f. No shutdown
g. Exit --> keluar dari interface 0/0
h. Exit --> keluar dari configure terminal
i. Write --> menyimpan
j. Exit --> keluar dari router
- Sekarang coba lakukan konfigurasi untuk Router interface fa 0/1, caranya sama kayak diatas. Tapi IP
addressnya dirubah jadi [Link] yaa, langkah-langkahnya dari point b s/d j lagi paham yah.
- Oke deh semangat kawan-kawan.
Nah, tahap selanjutnya adalah mengatur GATEWAY untuk masing-masing komputer, kita contohkan satu aja ya
untuk komputer A01.
Gambar 8 : Gateway untuk Komputer A01
Seluruh komputernya diatur ya kawan-kawan, jika sudah coba kembali kita ping dari komputer A01 ke B01.
Perhatikan command prompt dibawah ini!
Gambar 9 : Reply
Nah lihat diatas ada 3 reply dan 1 RTO, itu kenapa yaa bisa RTO aku kurang jelas kenapa, waktu guruku
jelasin, aku kurang dengerin alias main dan melamun… hehehe…