REFLEKSI DIRI SEMESTER 1
A. Pencapaian Pribadi
1. Sebutkan 3 hal yang menjadi pencapaian terbaikmu di Semester 1!
2. Bagaimana pencapaian tersebut bisa membuatmu berkembang sebagai seorang individu?
B. Tantangan Yang Dihadapi
1. Apa tantangan terbesar yang kamu hadapi selama menghadapi pembelajaran di semester 1!
2. Bagaimana kamu mengatasi tantangan tersebut? Jika belum berhasil apa yang akan kamu
coba di semester 2?
C. Kontribusi Di Kelas
1. Bagaimana kamu berkontribusi dalam kegiatan diskusi, proyek kelompok atau kegiatan kelas
lainnya?
2. Apakah kamu merasa sudah cukup aktif? Jika belum, apa yang bisa kamu lakukan untuk lebih
terlibat?
D. Penggunaan Teknologi
1. Apakah kamu menggunakan teknologi untuk mendukung pembelajaran? Jelaskan bagaimana
caranya?
2. Teknologi apa yang menurutmu bisa membantu meningkatkan pembelajaran di semester 2?
HARAPAN DAN RENCANA UNTUK SEMESTER 2
A. Tujuan Belajar
1. Sebutkan satu keterampilan atau penegtahuan yang ingin kamu kuasai di semester 2!
2. Apa langkah konkret yang akan kamu lakukan untuk mencapainya?
B. Pengembangan Diri
1. Apa yang ingin kamu lakukan dalam cara belajarmu?
2. Bagaimana kamu akan mengelola waktu agar lebih produktif?
C. Kolaborasi dan Kerjasama
1. Bagaiman kamu akan lebih aktif berkolaborasi dengan teman atau guru?
2. Apa peran yang akan kamun ambil dalam proyek kelompok berikutnya?
D. Kreativitas dan Inovatif
1. Apa ide kreatif atau inovasi yang ingin kamu coba di semester 2 untuk meningkatkan
kemampuan kamu?
2. Bagaimana kamu bisa mengaplikasikan ide tersebut ke dalam pembelajaran?
REFREKSI AKHIR
A. Motivasi
1. Tuliskan hal yang memotivasi kamu untuk menjadi seorang yang bisa dalam teknik komputer
dan jaringan yang lebih baik di semester 2!
B. Komitmen
1. Apa satu komitmen yang akan kamu pegang selama menjalani pembelajaran di semester 2?