0% menganggap dokumen ini bermanfaat (0 suara)
16 tayangan32 halaman

Personal Branding di Instagram Ambon

Dokumen ini menyajikan hasil penelitian mengenai lokasi dan demografi Kota Ambon, dengan fokus pada Kecamatan Sirimau dan negeri Batu Merah sebagai lokasi penelitian. Di negeri Batu Merah, terdapat 11.936 penduduk dengan 5.999 kepala keluarga yang aktif menggunakan media sosial, khususnya Instagram, untuk membentuk personal branding. Penelitian ini melibatkan 15 responden yang menggunakan Instagram untuk berbagai tujuan, termasuk promosi usaha dan hiburan.

Diunggah oleh

Aisah Tuanaya
Hak Cipta
© All Rights Reserved
Kami menangani hak cipta konten dengan serius. Jika Anda merasa konten ini milik Anda, ajukan klaim di sini.
Format Tersedia
Unduh sebagai PDF, TXT atau baca online di Scribd
0% menganggap dokumen ini bermanfaat (0 suara)
16 tayangan32 halaman

Personal Branding di Instagram Ambon

Dokumen ini menyajikan hasil penelitian mengenai lokasi dan demografi Kota Ambon, dengan fokus pada Kecamatan Sirimau dan negeri Batu Merah sebagai lokasi penelitian. Di negeri Batu Merah, terdapat 11.936 penduduk dengan 5.999 kepala keluarga yang aktif menggunakan media sosial, khususnya Instagram, untuk membentuk personal branding. Penelitian ini melibatkan 15 responden yang menggunakan Instagram untuk berbagai tujuan, termasuk promosi usaha dan hiburan.

Diunggah oleh

Aisah Tuanaya
Hak Cipta
© All Rights Reserved
Kami menangani hak cipta konten dengan serius. Jika Anda merasa konten ini milik Anda, ajukan klaim di sini.
Format Tersedia
Unduh sebagai PDF, TXT atau baca online di Scribd

34

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A. HASIL PENELITIAN

1. Gambaran Umum Lokasi Penelitian

Sejarah Kota Ambon

Berdasarkan badan pusat penelitian (BPS) Kota Ambon memiliki letak

dan batas, kota Ambon berada di sebagian besar dalam wilayah pulau Ambon dan

secera geografis terletak pada posisi: 3o-4o Lintang Selatan dan 128o-129o Bujur

Timur. kota Ambon berbatas langsung dengan laut Banda sebelah Selatan, sebelah

Utara berbatasan dengan Kabupaten Maluku Tengah yakni petuanan desa Hitu,

Hila, Kaitetu dan Seith. Bagian Barat berbatasan dengan Kabupaten Maluku

Tengah yakni petuanan desa Hatu, sedangkan bagian Timur berbatasan langsung

dengan Kabupatane Maluku Tengah yakni petuanan desa Suli.

Luas dan jarak kota Ambon yang berdasarkan peraturan pemerintah nomor

13 tahun 1979 luas wilayah kota Ambon seluruhnya 377 km2 dan berdasrkan

survey tata guna tanah tahun 1980 luas daratan kota Ambon Nomor 2 tahun 2006,

kota Ambon memiliki lima kecamatan yakini Kecamatan Nusaniwe 8.834.30 Ha,

Kecamatan Sirirmau 8.681.32 Ha, Kecamatan Teluk Ambon 9.368.00 Ha,

Kecamatan Teluk Ambon Baguala 4.011.00 Ha, dan Kecamatan Leitimuri Selatan

dengan luas 5.050 Ha.

Jumlah desa, kelurahan atau negeri di kota Ambon 48 agar lebih jelas

perhatikan tabel berikut ini,

34
35

Tabel 4.1
Kecamatan dan desa yang ada di kota Ambon

No Kecamatan Ibu Kota Kecamatan Kel/Desa/Negeri

Negeri Latuhalat

Negeri Silale

Negeri Nusaniwe

Negeri Amahusu
1 Nusaniwe Amahusu Kelurahan Nusaniwe

Kelurahan Banteng

Kelurahan Wainitu

Kelurahan Kudamati

Negeri Urimesing

Kelurahan Waihaong

Kelurahan Silale

Neegeri Soya

Kelurahan Waihoka

Kelurahan Karang Panjang

2 Sirimau Karang Panjang Kelurahan Batu Meja

Kelurahan Batu Gaja

Kelurahan Ahuseng

Kelurahan Honipopu

Kelurahan Uritetu

Kelurahan Rijali

Kelurahan Amantelu

Negeri Batu Merah

Kelurahan Pandan Kasutri


36

Negeri Hatiwe Kecil

Negeri Galala

Negeri Laha

Negeri Tawiri

Negeri Hatiwe Besar

3 Teluk Ambon Wayame Desa Wayame

Negeri Rumah Tiga

Kelurahan Tihu

Negeri Poka

Negeri Hunut

Desa Waiheru

Desa Nania

Desa Negeri Lama

Negeri Passo
4 Baguala Passao Kelurahan Lateri

Negeri Hulung

Negeri Halong

Desa Latta

Negeri Naku

5 Leitimur Selatan Leahari Negeri Kilang

Negeri Hukurila

Negeri Ema

Negeri Hatalae

Negeri Hutumuri

Negeri Rutong
37

Negeri Leahari

Sumber. BPS Kota Ambon

Dari tabel diatas mendeskripsikan bahwa di kota Ambon terdapat 5

wilayah administratif Kecamatan dengan masing-masing Kecamatan memiliki

desa, kelurahan, dan negeri. Dari tabel diatas dapat diidentifikasi bahwasanya

Kecamatan Nusaniwe dengan ibu kota Kecamatan Amahusu terdapat 11 wilayah

yang di jabarakan erdiri dari 5 negeri 6 kelurahan.

Dari 5 kecamatan yang berada di kota Ambon yang menjadi titk lokas

dalam penelitian ini adalah Kecamatan Sirimau, negeri Batu Merah.

Negeri Batu Merah merupakan salah satu negeri adat di kepulauan Maluku yang

keberdaannya tepat berada di jantung Kota Ambon, ibu kota Provinsi Maluku,

struktur pemerinthannya tata aturan adat negeri-negeri yang secara luas di akui.

Negeri Batu Merah sebagai pusat pemukiman penduduk muslim di Kecamatan

Sirimau, negeri Batu Merah terbagi ata 4 kawasan yaitu Batu Merah Atas, Batu

Merah Dalam, Batu Merah Luar, dan Batu Merah Bawah. Negeri Batu Merah

secara geografis memiliki tanah berbukit dan bergunung, hanya sebagaian daratan

yang relative datar.

Negeri Batu Merah merupkan negeri terbesar yang berada di Kecamatan

Sirimau, dari 14 desa/kelurahan di kota [Link] penduduk sekitar 11.936

dengan kepadatan penduduk 4.154 jiwa per hektar. Dan jumlah kepala keluaraga

sebanyak 5.999, untuk di ketahui kondidi kependudukan di negeri Batu Merah

berikut adalah penjabaran yang terdapat di negeri Batu Merah.


38

Tabel 4.2
Jumlah Kepala Keluaraga (KK) di Negeri Batu Merah

No Rw Jumlah Penduduk KK

1 RW01 980 380

2 RW 02 1,450 780

3 RW 03 780 245

4 RW 04 1,670 670

5 RW 05 1,113 980

6 RW 06 680 351

7 RW 07 1,020 575

8 RW 08 790 250

9 RW 09 948 456

10 RW 10 859 570

11 RW 11 767 321

12 RW 12 879 421

Jumlah 11.936 5.999

Sumber, BPS Kota Ambon

Dari tabel diatas telah di ketahui banyak jumlah penduduk berdasarkan

RW yang berada di negeri Batu Merah, begitu juga dengan jumlah kepala

keluarga (KK) yang berada di negeri Batu Merah. Berdasarkan tabel di atas dapat

di lihat jumlah penduduk yang berada dalam lokas peneilitia yaitu 11.936 dan

jumlah kepala kelauaraga (KK) di lokasi tersebut sebanayak 5.999.

Berdasarkan jumlah penduduk dengan jumlah kelapa keluaraga (KK) yang

berada di lokasi penelitian, yang telah di uraikan diatas. Negeri Batu Merah
39

tergolong Negeri yang penduduknya aktif menggunakan media sosial untuk

membentuk personal branding diri mereka terutam di media sosial Instagram.

Pemebentuk personal branding di negeri batu merah kebnayaak di lakukan oleh

kalanagan milenial dan remaja.

Negeri Batu Merah menjadi lokasi dalam penelitian ini karena dalam kota

Ambon khusunya Kecamatan Sirimau negeri Batu merupaka lokasi dimana

penduduknya aktif dalam menggunakan Instagaram baik itu milenial maupun

remaja.

B. Pembahasan

Tabel 4.3
Gambaran Responden

No Responden Penelitian Gambaran Umum

Husniyanti Utamy Abbas, 24 tahun kelahiran


Ambon, 24 November 1996, ia merupakan anak
pertama dari dua bersaudara, ia juga salah satu
pegawai di Dinas PUPR Provinsi, selain menjadi
1
seorang pegawai, Tamy Abbas juga merupakan
salah satu selebgram di Kota Ambon, ia
menggunakan instagram sebagai media untuk
membentuk personal brandingnya, ia
menampilkan dirinya melalui akaun
instagarmnya @tamyabbas sebagai seoarng
foodgram, brand yang ia bentuk sejalan dengan
keseharian dan hobinya. Ia memiliki jumlah
followers sebanyak 33ribu followers.
40

2 Falwa Elhaya Alfatihah, wanita 24 tahun


kelahiran Ambon tanggal, 26 November 1998,
murupakan anak pertam dari dua bersaudara, ia
adalah salah satu pengguna Instagram aktif, ia
menggunakan instagram sebagai media untuk
membentuk personal branding, dan juga sebagai
media untuk mmepromosikan usaha yang ia
miliki, melalui akunnya @elhayaalfatiha, ia
memiliki 2.813 followers, ia memilih untuk
menggunakn Instagram karean Instagram
memiliki fitur-fitur yang muda untuk ia gunakan

3 Nindi Alfizharin wanita berusiah 23 tahun,


kelahiran Makassar, 28 Oktober 1999, anak ke
tiga dari empat bersaudara, ia merupakan salah
satu Mahasiswa S2 di Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Ambon, ia salah satu pengguna
Instagram aktif, ia menggunakan Instagarm
untuk membentuk persoanl brandingnya
melalaui akun Instagramnya @nindialfzharni,ia
memiiki 1.499 folower, ia menampilakn dirirnya
sebagais seorang puitis, brand yang ia bangun
seseuai dengan bakanya yang ia miliki
Mashita Marasabessy umur 24 tahun, kelahiran
Ambon 19 September 1998, biasa di panggilan
4 caca atau itha, ia adalah seoarang pegawai di
Dinas Sosial Provinsi Maluku Karpan. Itah
adalah anak pertama dari dua bersuadar , ia
menggunakan Instagram sebagai media untuk
membentuk persona brandindg melalui akun
Instgarmnya @ithamarssy ia memiliki 4.333
followers, ia membantuk persoanal brandingnya
dengan menggungah konten healing atau liburan
41

5 . Vera Fitria umur 25 tahun , kelahiran Blitar, 7


Septmber 1999, biasa di panggil Vera ia adalah
seoarng Mahasiswa di Universsitas Pattimura
Ambon,ia pengguna Instagram aktif, ia
menggunakn Insagram sebagai media untuk
hiburan dan media untuk membagikan
keseharianya di akun Instagramnya @cerafitrias,
ia memiliki 917 followers

6 Juliandara Angela umur 24 tahun, kelahiran


Saparua 1 Juli 1998, Juliandra atau kerap di sapa
Juandra ini adalah seoarng ibu rumah tangga
yang aktif menggunakan Instgaram.
Selain ibu rumah tangga juandara juga perna
menjadai seorang penyiar radio, host, presenter
di Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu,
ia juga perna menjadi seorang model iklan dan
host dekranasda, ia meggunakn instgaram
sebagai media untuk membentuk persoanl
brandingnya, melalui akin instagrmnya
@juandra ia memiliki 3.299 followers, ia
membentuk persosnal brandignya di Instgaram
dengan menggunakan bakat yang ia miliki yaitu
skiil dalm berkomunikais, ia menuaikan skillnya
mealalui konten meriview makanan maupun
klinik
42

Nianetti Utamy Tehuayo ,25 tahun kelahiran 2


juli 1998
Ia adalah salah satu pengguna Instagram aktif, ia
menggunakn Instgarm tidak hanya sebagai media
7
untuk membentuk personal brandinya, tetapi ia
juga menggunakan instagram untuk
mempromosikan usahanya melalui postinganya
jumat berkah, melalui kaun Instgaramnya
@nianetti, ia mimiliki 23,3 ribu followers . nia
membentuk personal brandignya di Instgaram
sebagai seorang pendakwa

Ayesah Maryam, 26 tahun, kelahiran 4 Juni


1997 seorang pengguna media sosial aktff seperti
Facebook dan Instagram, ia menggunakn
Instagaram sebagai media untuk membentuk
8
personal branding dan sebagai media untuk
mempromosikan usaha yang ia miliki, brand
yang ia bangun di akun Instagramnya
@[Link] yaitu fashion dengan pakaian
muslimah, fashion yang ia tampilkan sekaligus
untuk mempromiskan usaha yang ia miliki, ia
memiliki 1.878 Followers
Rafiel Yuni Tuasikal
Salah satu pegawai di rumah sakit peemrinta di
9 kota ambon, ia juga pengguna Instagram yang
aktif, ia menggunakn Instagarm sebgai media
untuk membangaauaana perspesi seseorang
terhadap diirinya, dan juga sebagai media untuk
relasi dengan orang lain melalui akaun
Instgaramnya @effeituasikal, ia memiliki
2.100 followers, dalam akun Isntgarmnya Effie
selalu menggungah postingan healing atau
liburan
43

Saruni Wakano 23 tahun, kelahiran Latu, 24


Oktober 1999, ia merupakan salah satu
10 mahasiswa yang aktif dalam menggunakn
Instagram, ia menggunkan instgarm sebagai
media untuk membnetuk personla brandignya,
sebagai media untuk realsi, dalam akun
Istagramnya @unhywakano24, ia memiliki 1.238
followers, ia menampikan dirinya sesuai dengan
ketertarikan atau hobi yang ia miliki yaitu
berfoto atau selfi

Syahdan Z Rolobessy, salah satu mahasiswa


jurnalistik islam, yang aktif dalam menggunakan
11 media sosial seperti Facebook, Tiitok, Instagram,
dan Yaotube. Syahdan menggunakan media
sosial Instagram untuk membentuk personal
brandingnya, sebagai seorang konten creator,
dimana pada akun Instagramnya ia sering
mengunggah konten terkait konten edukasi. ia
memiliki 402 followers

12 Arini Ode, 23 tahun kelahiran 5 oktober 1999,


seorang mahasiswi yang aktif
dalammenggunakan media sosial, Arini
menggunakn media sosal Instagarm tidak hanya
untuk membentuk personal branding, tetap ia
juga menggunakan Instagram sebagai media
untuk membangun relasi dengan orang lain, ia
membentuk pesepsi diri mata khalayak diakun
Instagramnya @ariniode5 sebagai seoarng
pendakwah dimana dalam akunya ia sering
mengunggah konten terkait dakwah,ia memiliki
674 followers
44

13 Salam, wanita 23 tahun, seoarng mahasiswi yang


aktif dalam menggunakan Instagram, ia
mengguanakn Instagram tidak hanya untuk
menampilkan dirinya tetapi ia juga
menggunakan Instagram sebagai media untuk
hiburan dan menghabiskan waktu luangnya, ia
menampilkan dirinya di Insatgram melalui
postingan dkawahnya.

14 Putri Handayani Kalidupa 23 tahun, kelahiran 27


Februari 2000, seoarang mahasiswi Fakultas
ekonomi dan bisnis, Putri menggunakan Instgarm
tidak hanya untuk membentuk personal
brandingnya, tetapi ia juga menggunan Instagram
sebagai media untuk usaha, dimana di Instagarm
ia mempromosikan ushan yang sedang ia bangun.

Putri Zainur, wanita 24 tahun, seorang mahasiswi

yang aktif dalam menggunakn Instagram, ia


15
mengguanakn Instagarm sebagai media untuk

mambnangun relasi, hibura, dan sebagai media

untuk mmebntuk personal brandingnya, ia

membentuk personal branding di akun

Instagramnya @putrizainurr yang sejalan dengan

hobinya yaitu liburan, ia memiliki 990 followers

Sumber Media Sosial Instagram


45

Terdapat lima belas informan yang membentuk personal branding mereka

melalu media sosial Instagram, dalam pembetukan personal branding terdapat

proses, elemen, dan cara pembentukan personal branding yang sejalan. Namun

dari kelima belas informan tersebut terdapat tujuh informan yang membentuk

personal branding dengan menggunakan elemen dan cara yang berbeda dari ke

delapan informan yang lainnya. Proses, elemen, dan cara yang digunakan sebagai

berikut:

a. Proses Pembentukan Personal Branding

Proses adalah langkah atau tahapan yang di tempuh untuk mencapai hasil

yang diinginkan. Proses yang di maksud adalah proses pembentukan, proses

pembentukan merupakan usaha yang dilakukan untuk memperoleh hasil yang

lebih baik. Pembentukan yang dimaksud disini yakni personal branding. Proses

pembentukan personal branding yang ditemukan di lapangan sesuai hasil

wawancara dan pengamatan di lokasi penelitian.

1. Instagram

Instagram adalah media sosial berbasis gambar yang memberikan layanan


berbagai foto atau video secara online. Instagram yang ditemukan sesuai
informan berupa foto dan video, Instagram seperti video dalam bentuk meriview,
sedangkan Instagram seperti foto dalam bentuk tampilan, sebagaimana yang di
kemukakan Tamy Abbas.
“Di Instagram saya sering menguggah konten terkait kuliner yang
ada di kota ambon, konten yang saya buat selalu dalam bentuk foto
maupun video, dalam bentuk video itu saya gunakan untuk meriview
alamat, tempat, serta rasa makanannya, kalau untuk foto saya
gunakan untuk menampilkan makanan yang akan di riview”18.

18
Wawancara Tamy Abbas, tanggal 13 April 2023, di Kebun Cengke BTN
46

(wawancara Tamy Abbas, tanggal 13 April 2023, di Kebun Cengke


BTN)

Berdasarkan pernyataan diatas dalam proses pembentukan personal

branding berawal dari Instagram, Tamy Abbas dengan menggunakan Instagram

dalam bentuk video berupa meriview, meriviw yang di maksud adalah merivie

alamat, tempat, dan rasa dari makanannya, sedangkan dalam bentuk foto berupa

temapilan, tampilan yang di maksud ialah hasil dari makanan yang akan di riview.

“kalau untuk Instagram sendiri saya sering mengungah konten saya


dalam bentuk foto, saya jarang untuk menggungah konten saya dalam
bentk video, karna fashion pakain yang saya tampilkan itu dalam
bentuk pakaian thrifting, dimana saya hanya bisa menampilkan brand
saya melalui foto, kalau untuk video sendiri saya tidak nyaman jadi
saya hanya menggunggah dalam bentuk foto”19. (Wawancara Falwa
Elhaya, Tanggal 13 April 2023, Di Citra Pukul 17:00 Wit)

Dalam penjelasan diatas Falwa menjelaskan bahwa pada akun Instagram

nya Falwa sering mengungah kontennya dalam bentuk foto, ia tidak tertarik untuk

menggungah kontennya dalam bentuk video, karena menurutnya fashion pakaian

yang ia tampilkan itu dari pakaian thrifting.

“Saya membentuk personal branding saya di Istgaram sebagai


seorang pendakwah, dimana saya sering mengunggah konten terkait
dakwahm baik itu dalam bentuk foto maupun video, kalau dalam
bentuk foto, saya sering menposting stiker berisi kajian-kajian yang
akan saya lakukan, sedangkan yang sejalan dengan topic yang akan
di bahas”20.
(Wawancara Nia Netti, Tanggal 3 Mei 2023, Di Depan Alfamidi Kebun
Cengka, Pukul 17:00 Wit)

Sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Nia Netty, bahwa ia membentuk

personal branding nya di Instagram sebagai seorang pendawkah. Nia

19
Wawancara Falwa, tanggal 13 april 2023, di Citra
20
Wawancara Nia Netti, tanggal 3 Mei 2023, di Alfamidi Kebun Cengke
47

memanfaatkan Instagram berupa foto dan video untuk menampilkan dirinya

sebagai seorang pendakwah.

2. Youtube

Youtube adalah media masa berbasis video. Youtube digunakan oleh

informan sebagai media untuk belajar, sebagaimana yang dikemukan oleh Tamy

Abbas saat di wawancarai.

“Sebelum saya menjadi seorang selebgram di kota Ambn, awalnya


saya tidak mengenal dunia selebgram, saya pertama kali
menggunakan Instgarm pada tahun 201, dalam penggunaan
Instagram pada akhir tahun 2016 followers saya encapa 8000-an,
saya juga tidak mengetahui mengapa followers saya bisa sebanyak
itu, dan pada saat itu saya tidak mengetahui bagaimana cara promosi
di media sosial, berjalannya waktu saya mulai belajar di youtube
bagaimana cara promosi, bagaimana cara membangun citra diri di
media sosial, setelah belajar dari youtube saya pun mulai membentuk
citra diri saya di Instagram”21. (Wawanacar Tamy Abbas, 13 April
2023, Di Kebun Cengke Btn, Pukul 13:00 Wit)

Berdasarkan peryataan diatas bahwa sebelum Tamy Abba membentuk

personal brandingnya di Instagarm, Tamy Abbas telah menggunakan apikasi

Youtube terlebih dahulu untuk belajar bagaiman cara membentuk citra diri di

media sosial.

2. Hobi

Hobi adalah kegemaran atau kesenangn. Dalam pembentukan personal

branding hobi menjadi salah satu langkah yang digunakan informan dalam proses

pemebntukan personal branding. Sebagaimana mana yang di kemukana oleh

Falwa saat di wawancarai.

21
Wawancara Tamy Abbas, taggal 13 Mei 2023, di Kebun Cengke BTN
48

“saya menyukai dunia fashion, sehigga saya menampilkan diri saya


kepada khalayak melalui fashion saya sendiri, tapi fashion yang saya
tampilkan ini agak berbeda dengan yang lainnya, fashion saya ini
dengan menggunakan pakaian thrifting”22. (Wawancara Falwa
Elhaya, Tanggal 13 April 2023, Di Citra Pukul 17:00 Wit)

Berdasarkan peryataan diatas bahawa Falwa menampilkan dirinya sejalan

dengan hobi yang di miliki yaitu fashion, ia selalu tampil dengan fashion dari

pakaian thrifting, hal tersbut membuat Falwa tampak berbeda dari yang lainnya.

Tidak hanya Falwa yang membentuk personal branding nya melalu hobi

tetapi, Mashita juga merupakan salah satu informan yang membentuk personal

branding nya melalui hobi yang di miliki yang yang ia sampaikan saat di

wawancarai.

“saya membentuk personal branding saya berawal dari keinginan saya


untuk sharing-sharing tempat wisata yang ada di Maluku, dimana haal
tersbeut telah menjadi hobi saya, saya tidak mengirah bahwa dari hobi
saya itu bisa menjadai karir untuk diri saya, dan sebelumnya personal
branding yang saya bentuk, saya telah memilih siapapun dapat melihat
postingan saya, tidak terdapat batas umur dalam postingan saya”23.
(Wawancara Mashita, Tanggal 16 April 2023, Di Kebun Cengke Air
Kuning Pukul 17:00 Wit)

Dari penyataan diatas, bahwa Mashita membentuk personal barndig nya

berawal dari keinginannya sendiri, hal tersebut telah menjadi hobi yang dimiliki

oleh mashita, persoanl branding yang di bentuk oleh Mashita yang sejalan dengan

hobi yang dimilki dapat menjadai karir untuk Mashita.

Dalam proses pembentukan personal branding pada kelima belas informan

terdapat persamaan dalam proses pembentukan personal branding oleh kelima

22
Wawancara Falwa Elhaya, tanggal 13 April 2023, di Citra
23
Wawanacara Mashita, tanggal 16 April 2023, di Kebun Cengke Air Kuning
49

belas informan, seperti yang telah di uraikan oleh peneliti terhadap empat

informan, dari kelima belas informan yang ada.

b. Elemen pembetukan personal branding di antaranya:

Elemen adalah komponen. Elemen yang dimaksud adalah elemen

pembentukan. Elemen pembentukan merupakan komponen yang menjadi bagaian

dari personal branding, elemen pembentukan personal branding yang ditemukan

di lapangan sesuai hasil pengamatan dan wawancara di lokasi penelitian adalah

1. You

You yang di maksud dalam hal ini adalah seseorang itu sendiri. Seseorang

dapat membentuk personal branding melalui polesan atau strategi dan metode

komunikasi yang di susun dengan baik. Strategi dan metode komunikasi tersebut

rancang untuk menyampaikan dua hal penting kepada khalayak, dianataranya:

-siapakah dirinya sebagai seorang pribadi?

-spesialisasi apa yang ia miliki atau di lakukannya?

Pada dasarnya personal branding adalah sebuah gambaran mengenai apa yang

masyarakat pikirkan tentang seseorang. Hal tersebut mencerminkan nilai-nilai

keribadian, keahlian, dan kualitas yang membuat seseorang berbeda dengan yang

Gambar 4.1dokumentasi Tamy Abbas


50

Gambar diatas menunjukan pada elemen you Tamy Abbas menampilkan

dirinya sebagai seorang foodgram, yang memahami kuliner yang ada di kota

Ambon, dalam mengulas atau meriview makanan mebuat Tamy di pandang oleh

followers nya sebagai seorang foodgram.

2.

Gambar 4.2 dokumentasi Falwa

Gambar diatas dalam kontek you menunjukan Falwa mendeskripiskan

dirinya sebagai seseorang yang menyukai dunia fashion, namun fashion yang di

tampilkan oleh falwa ini mengarah ke pakaian thrifting. Dimana tampilanya

dengan menggunakan pakaina thrifting membuat Falwa mudah di kenal oleh

followers nya, dan memiliki perbedaan dengan yang lainnya.

3.

Gambar 4.3 dokumentasi Nia Netty


51

Gambar diatas menujukan Nia Natty menampilkan dirinya di Instagram

sebagai seorang pendawah, pada gambar diatas Nia Netty sedang mengisi acara

“jumat sedekah ala nona Ambon di tribun Ambon”, dalam menggungah postingan

terkait kajian membuat Nia Netty di pandang oleh followers nya sebagai seorang

pendakwah

2. Promise

Personal branding adalah sebuah janji, sebuah tanggun jawab untuk

memnuhi harapan yang timbul pada masyarakat akibat dari personal branding itu

sendiri.

1. Dalam konteks ini Tamy Abbas mampu mempertahankan kualitas

kontennya pada setiap ulasan kuliner yang di upload, baik itu dari gambar,

caption, maupun pemilihan soundnya.

2. dalam konteks ini Falwa mampu mempertahankan passion yang ia

bentuk di mata khalayak

3. Dalam konteks ini Nia Netty masih mempertahakan brand yang teah ia

bentuk di mata kahalayak dengan terus menggunkan konten terkait dakwah baik

itu berupa foto terkait kajian-kajian maupun video saat ia berdakwah.

3. Relationship

Personal branding yang baik akan mampu menciptakan suatu relasi yang

baik dengan khalayak. Semakin banyak atribut-atribut yang dapat diterimah oleh

khalayak dan semakin tingginya tingkat kekuasaan seseorang, menunjukan

semakin baiknya tingkat relasi yang ada pada personal branding tersebut
52

1. Elemen ketiga pada konteks ini Tamy Abbas memiliki hubungan baik

dengan para followers nya, informan selalu memiliki cara tersendiri untuk

dapat berinteraksi dengan followers nya, yaitu dengan cara gimmick pada

insta story yang di buat, seperti yang di kemukakan oleh Tamy Abbas

“Cara saya berinteraksi dengan followers saya yaitu dengan cara


bercanda, seperti memberikan gimmick-gimmick bercanda, saya sering
share makanan di insta stoty saya, tetapi saya sengaja untuk tidak
memberikan alamat untuk makanan yang saya share, itu terlihat tidak
bagus, tapi dari cara itulah saya melakukan komunikasi dengan
followers saya”. (Wawancara Tamy Abbas, taggal 13 Mei 2023, di Kebun
Cengke BTN, Pukul 13:00 Wit)

Berdsarkan peryataan di atas bahwa Tamy Abbas selalu menjaga hubungan

baiknya dengan para followers nya, Tamy Abbas memiliki cara tersendiri untuk

bisa berkomunikasi dengan followers nya yaitu dengan melakukan gimmick-

gimick bercanda pada insta story nya.

2. dalam konteks relationship Falwa selalu menjaga hubungan baiknya

dengan para followers nya, seperti yang di katakana oleh Falwa

“Dalam membentuk personal branding menjaga hubungan bak


dengan para followers itu hal yang penting, karena bagi saya personal
branding akan berjalan dengan baik jika interkasi kita dengan followers
selalu terjaga. saya menjaga hubungan dengan followers saya dengan
cara selalu melakukan interaksi dengan mereka baik itu di kolom
komentar mauun direct message” (Falwa Elhaya, tanggal 13 April 2023, di
Citra, Pukul 17:00 Wit)

Dari penjelasan diatas, Falwa selalu menjaga hubungan baiknya dengan

followers nya, Falwa selalu melakukan interaksi dengan followers nya baik itu

melalui kolom komentar maupun direct message.


53

3. Dalam konteks ini Nia Netty selalu menjaga hubungan baiknya dengan

para followers nya, ia selalu memberikan tanggapan yang baik kepada

followers nya, baik itu saat kajian maupn diluar kajian.

dalam pembentukan persona branding oleh kelima belas informan

terdapat delapan informan yang membentuk personal branding dengan

menggunakan elemen yang berbeda dengan informan sebelumnya, elemen yang

digunakan oleh kedelapan informan seperti keunikan atau ciri khas dan

penemapilan.

1. Keunikan atau ciri khas

Ciri khas atau keunikan yang di miliki dapat menjadi komponen personal

branding yang ingin di bangun. Keunikan dapat menjadi pembeda jika di

bandingkan dengan yang lain.

1.

Gambar 4.4 dokumentasi Efi

gambar diatas menunujukan Efi memiliki keunikan seperti saat healing Efi

selalu tampil dengan mengenakan pakaian syari atau pakaian yang terutup,

sebagaiman yang ia kemukakan

“dalam keseharaian saya, saya selalu tampil dengan mengenakan pakaian


syari atau bisa dikatakan tertutup, tidak hanya untuk berpergian atau ke
kampus tetapi juga pakaian itu saya juga kenakan untuk jalan-jalan atau
helaing, dimata orang lain mungkin healing dengan pakaian tesebut
tidaklah cocok atau pas, pakaian tesebut cocoknya dikenakan untuk ke
54

pengajian atau apa, tetapi saya nyaman dan saya tidak merasa keberatan
dengan pakaian saya, selagi masi bisa menutupi saya akan kenakan”24
(Wawancara Efi 5, tanggal 4 Mei 2023, di kebun Cengke, Pukul 14:00 wit)

Dari peryataan diatas dapat disimpulkan bahwa pakaian syar’i yang di

kenakan Efi tidak hanya untuk healing atau ngampus tetapai pakain tersbut juga

dikenakan dalam keseharian Efi pakaian syar’i tersebut menjadi ciri khas atau

keunikan yang dimiliki oleh Efi. .

2.

Gambar 4.5 dokumentasi Syahdab

Gambar diatas menunjukan pada elemen keunikan, keunikan yang dimiliki

oleh Syahdan ialah dalam konten eduksi yang di buat Syahdan selalu

menggunakan kata “apa yang terjadi” dalam mengulas sebuah video, kalimat

tersebut menjadi ciri khas atau keunikan yang dimiliki oleh Syahdan.

2. Penampilan

Berkaitan dengan penampilan fisik seperti fashion, aksesori, tata rambut

dan laian-lain. penampilan data mempengaruhi personal branding seseorang,

penampilan juga memempunyai peranan yang sangat penting.

24
Wawancara Efi 5, tanggal 4 Mei 2023, di kebun Cengke
55

1. Dalam elemen penampilan, Efi selalu tampil dengan mengenakan gamis

yang di padukan dengan jilbab yang memilki warna senada dengan

gamisnya membuat tampilan informan lebih menarik.

2. Elemen penampilan, pada komponen ini Syahdan selalu tampil dengan

mengenakan gaya rambu tousled hair, saat membuat konten.

c. Cara Pemebentukan Persoanl Branding Di Media Sosial

Cara adalah teknik atau langkah untuk melakukan sesuatu untuk mencapai

tujuan tertentu. Cara yang di maksud adalah cara pembentukan. Cara

pembentukan adalah langkah yang digunakan untuk mencapai hasil yang

diinginkan, pembentukan yang di maksud adalah personal branding. Cara

pembentukan personal branding yang di temui di lapangan sesuai hasil

pengamatan dan wawancara adalah

1. Spesialisasi: kemampuan atau kelebihan khusus yang dimiliki seseorang yang

menjadi daya tarik khalayak dan akan membuat kita di pandang ahli oleh suatu

bidang.

1. Pada konteks ini Tamy Abbas, membentuk personal branding nya

sebagai seorang foodgram yang memahami serta menyukai kuliner yang

ada di kota Ambon,

Dapat dilihat pada gambar di sampimg, Tamy

Abbas menunujukan spesialisasinya dalam

mengulas kuliner yang berda di kota Ambon

Dokumentasi Tamy Abbas


56

[Link], membentuk personal branding nya sebagai seseorang yang

menyukai fashion pakaian thrifting,

Dapat di lihat pad gambar disamping, Falwa mampu

memperlihatkan spesialisasinya dalam memdukan

busana yang ia kenakan sehingga terlihat menarik

Dokumentasi Falwa

3. Nia Netty, menampilkan dirinyaa sebagai seorang pendakwah, dapat

dilihat pada

Gambar di samping, Nia Netty

memperlihatkan spesialisasinya dalam

berdakwah, dimana Nia Netty menjadi

salah satu narsumber dalan acar “sedekah


Dokumentasi Nia Netty jumat ala nona Ambon” di tribun Ambon

2. Kepemimpinan: personal branding yang baik harus dilengkapi dengan

kekuasaandan dan kreadibilitas sehingga mampu memposisikan seseorang

sebagai pemipmpin yang terbentuk dari kesempurnaan.

1. Dalam konteks ini Tamy Abbas telah mampu mengarahkan dan

memimpin followers nya khususnya kalangan anak muda untuk ikut

mencicipi kuliner yang berda di kota Ambon, melalui konten yang ia buat.
57

2. Dalam konteks kepemimpinan Falwa, memiliki keahalian dalam

memadukan busana yang di kenakan sehingga terlihat menarik, membuat

para followers nya meminta tanggapan serta saran dari Falwa terhadap

gaya busana dengan pakaian thrufting yang akan digunakan, secara tidak

langung Falwa telah mengarahakan serta memimpin followers nya dalam

memadukan busana dengan pakaian thrifting.

3. dalam konteks kepemimpinan, Nia Netty telah mampu mengarahakan

followers nya melalui kajian dakwah yang sering di buat, seperti pada saat

mengisi kajian sedeka jumat ala nona ambon, dalam kajian tersebut

terdapat beberapa fallowers dari Nia Netty yang ikut bersedakah dalam

program yang dibuat yaitu sedekah jumat dan tawaf, secara tidak langung

Nia telah mampu mempimpin atau mengarahkan followers nya.

3. Kepribadian: dalam pembentukan personal branding harus didasarkan pada

kepribadian yang apa adanya, dan hadir apa adanya dengan segala ketidak

sempurnaannya.

1. Dalam konteks ini Tamy Abbas, menunjukan personal branding nya yang

mamiliki kepribadian yang ramah pada siapa saja, hal ini dapat di lihat

pada video dan foto saat mengulas kuliner yang berada di kota Ambon,

dalam setiap ulasan Tamy Abbas selalu mengawali dengan sapaan yang

khas “hello gengs, dan gengs” hal ini menunjukan bahwa Tamy Abbas

memiliki kepribadian yang ramah, gemar menyapah followers nya, melalui

konten-kontennya.
58

2. Sedangkan Falwa personal branding yang di bentuk oleh Falwa

menunjukan ia adalah orang yang apa adanya, dapat di lihat pada gambar-

gambar sebelumnya, dimana Falwa tampil sederhana dengan busananya,

tanpa menggunakan akesosris tambahan, dalam hal ini menunjukan

kepribadian yang sederhana yang tampil dengan apa adanya dengan

ketidaksempurnaan.

3. Nia Netty personal branding yang di tampilkan menunjukan Nia Netty

memiliki kepribadian yang rama dengan siapapun, perilaku yang baik.

Seperti yang di ungkapkan oleh followers nya.

“Kak Nia memiliki kepribadaian yang baik, ia selalu menyapa orang-


orang, kalau misalkan dari kami ada yang menyapa duluan kak Nia
selalu balas dengan senyuman dan sapaan kembali”25. (Wawancara
Followers Nia Netty, Tanggal 3 Mei 2023, Pukul 16:00 Wit)

Dari penjelasan di atas dapat di simpulkan bahwa Nia Netty memiliki

kepribadian yang rama, selalu menyapa followers nya baik dnegan senyuman

maupun kata-kata

4. Perbedaan: personal branding yang baik harus di tampilkan dengan cara yang

berbda dengan yang lainnya.

1. Pada konteks ini Tamy Abbas, memiiki perbedaan dengan foodgram yang

lainnya dapat di temukan dalam beberapa hal, Tamy Abbas memiliki

perbedaan ketika mengulas kuliner yang dapat di temukan pada penuliasn

caption yang mamiliki daya tarik tersendiri seperti gambar 4.1 Tamy

Abbasn selalu mensgwali kontennya dengan sapaan “gengs”, hal ini

menjadi perbedaan. Seperti yang di kemukakan followers nya


25
Wawancara informan 3, 3 Mei 2023, di Alfamidi Kebun Cengke
59

“Dalam setiap ulasan makanan, saya suka sapaannya gengs atau


hello gengs yang dibuat pada caption saat mengulas kuliner, di orang
lain munkin terlihat biasa saa tapi bagi saya caption itu memberikan
rasa penasaran terhadap makanannya, dan sapaan itu seperti
pangilan”. (Wawancara Followers Tamy Abbas, Tanggal 13 April,
Pukul 14:00 Wit)

Dari penjelasn diatas dapat disimpulkan bahwa Tamy Abbas di pandang oleh

followers nya sebagai foodgram yang memiliki keunikan tersenidiri dalam

membuat caption, hal tersebut dapat menjadi poin pembeda antara tamy Abbas

dengan foodgram yang lain.

2. Falwa pada konteks perbedaan Falwa memiliki perbedaan dengan

pengguna Instagram lainnya dalam fashion, fashion yang di tampilkan

oleh Falwa adalah fashion dari pakaian thrifting, hal tersebut yang menjadi

pembeda antara Falwa dengan yang lainnya.

3. Nia Netty memiliki perbedaan dengan pendakwah lainnya dapat di lihat

pada gambra diatas, dimana dalam setiap postingan konten yang di buat

berupa foto Nia Netty selalu memberikan sebuah hadist yang sejalan

dengan isi topik yang akan di bahas.

5. kenampakan: untuk membetuk personal branding yang efektif harus

melakukanya secara konsisten, terus menerus, sampai personal branding dapat di

kenali.

1. Pada konteks ini Tamy Abbas secara sadar dan konsisiten

mempublikasikan dirinya melalui konten-konten yang di buat, sampai saat

ini Tamy Abbas selalu konsisten dalam mengungah konten terkait kuliner

di kota Ambon.
60

2. Falwa dalam pembentukan personal branding, sampai saat ini ia selalu

konsisten dan terus mengupload konten fashion nya sehingga Falwa muda

untuk di kenali oleh para followrs nya.

3. Nia Netty sampai saat ini masi memperahankan brand yang ia tampilkan

dengan terus mengunggah konten dakwahnya secara konsisten.

6. Kesatuan: kehidupan pribadi yang sejalan dengan apa yang di bentuk dalam

personal branding seseorang.

1. Dalam konteks ini Tamy Abbas memiliki kehiudan yang sejalan dengan

apa yang dibentuk dirinya. Apa yang ada dalam kehidupn sehari-hari

sebagai realita, dalam hal ini Tamy membentuk personal branding nya

sebagai seorang foodgram yang memahami kuliner serta menyukai

kuliner, hal ini sejalan dengan kehidupan sehari-harinya.

2. Falwa menampilkan dirinya di media sosial sebagai seseorang yang

menyukai fashion pakaian thrifting itu sejalan dengan kehidupan sehari-hari

Falwa gaya busana Falwa di Isntagram tidak hanya untuk keperluan foto

tetapi juga Falwa kenakan untuk berpergian kesuatu tempat.

3. Nia Netty personal branding yang dibentuk oleh Nia Netty di media sosial

sejalan dengan kehidupannya di dunia nyata, apa yang Nia Netty

tampilkan itu juga ia alaimi di kehidupan sehari-harinya, seperti sharing-

sharing ilmu dakwa htidak hanya di media sosial tetapi juga die kehidupan

pribadinya.

7. Keteguhan: personal branding tidak akan mungkin terjadi hanya dalam satu
malam, diperlukan waktu sehingga sesorang harus memiliki keteguhan pada
personal branding yang telah dibentuk tanpa perna ragu-ragu untuk
mengubahnya.
61

1. Pada konteks ini Tamy Abbas membentuk foodgram personal branding

nya dengan penuh keteguhan, meskipun ada tanggapan yang kurang baik

tetapi Tamy Abbas tetap pada jalab awal yang telah dibentuk yakni

sebagai seorang foodgram.

2. Falwa Personal branding yang telah di bentuk olehny tidak perna

menggubah brand yang telah dibentuk meskipun Falwa tampil dengan

pakaian thrifting tetapi Ia tetap mempertahankan brandnya tanpa ragu-

ragu.

3. Nia Netty selalu teguh terhadap brand yang talah di bangun di media

sosial, Nia Netty selalu berusah untuk menampilkan dirinya lebih baik dari

sebelumnya, meskipun banyak tanggapan yang tidak baik dari luar ia

selalu konsisten untuk terus memperthankan brand nya tanpa ragu-ragu.

8. Maksud Baik: memberikan hasil yang lebih baik dan bertahan lama maka

seseorang tersebut harus diasosiasikan dengan sebuah nilai atau ide yang diakui

secara umum positif dan bermanfaat.

1. Pada konteks Tamy Abbas ini konten-konten yang dibuat oleh Tamy

Abbas selalu memberikan manfaat untuk khalayak, dan konten-konten

yang dibuat selalu memiliki nilai positif, kontennya tidak perna viral

karema hal negtif.

2. Falwa konten yng di buat olehnya memiliki manfaat tersendir oleh


khalayak lain, seperti yang di kemukakan oleh Falwa
“Saya menyukai fashion tapi dalam bentuk pakaian thrifing, saya
menampilkan dirinya melalui fashion dengan menggunakan pakaian
thrifting tidak lain untu menagaja orang-orang atau khalayak untuk
mencintai bumi, tidak mengotori bumi dengan pakaian-pakaian
bekas”. (Wawancara Falwa, Taggal 13 April 2023, Di Citra, Pukul
17:00 Wit)
62

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa konten yang dibuat oleh

Falwa memiliki manfaat yang positif untuk khalayak, dari konten yang dibuat

secara tidak langsung ia telah menjaga khalayak untuk mencintai bumi.

[Link] Netty konten yang dibuat oleh Nia Netty memiliki nilai baik dan

manfaat yang positif untuk khalayaknya.

dari hasil penelian diatas dapat disimpulkan bahwa ke tujuh informan

membentuk personal brandingnya dengan menggunakan cara yang sejalan

dengan teori yang digunakan yaitu teori personal brading menurur Montoya,

dimana Montoya menjelaskan cara pembentukan personal branding terdiri dari

delapan cara yaitu, spesialis, kepemipinan, keteguhan, kesatuan, maksud baik,

kepribadaian, perbedaan dan kenampakan.

Dalam hasil penelitian teradapat delapan responden yang menggunakan

elemen dan cara dalam pembentukan personal baranding yang berbeda dengan

tujuh informan sebelumnya, delapan informan tersebut membentuk personal

branding dengan menggunakan cara kenali diri sendiri, nama, profil, dan strategi

konten.

1. Kenali diri sendiri

Dalam membentuk personal branding harus berlandaskan kejujuran,

seseorang harus menjadi dirinya sendiri, dengan menampilkan dirinya yang

sejathnya.

1. Efi, menampilkan dirinya, yang sejalan dengan hobi yang ia miliki yaitu

jalan-jalan atau helaing. Seperti yang disampaikan saat di wawamcarai.


63

“saya memiliki hobi jalan-jalan atau helaing setiap weekend saya


selalu menghabiskan waktu saya untuk healing, dari hobi tesbeut saya
memutuskan untuk meampilakn diri saya di Instagarm sesuai dengan
hobi yang saya miliki”26. (Wawancara Efi, 4 Mei 2023, Di Kebun
Cengke, Pukul 14:00 Wit)
Berdasarkan peryataan diatas, bahwa Efi memiliki hobi jalan-jalan atau

healing ia selalu menghabiskan waktunya untuk healing, dari hobi yang dimilki ia

menggunakan hobi tersebut untuk menampilkan dirinya di Instagram.

2. Syahdan menampilakan dirinya yang sejalan dengan kehidupannya sebagai

seorang mahasiswa dalam hal ini ia sering membuat konten edukasi

dimana dalam konten tersbut ia selalu mengulas suatu kejadian yang

terjadi.

[Link]

Nama adalah identitas pertama yang wajib digunakan untuk semua platfrom

media sosial. Dalam pembentukan personal branding nama menjadi hal yag

penting sebab dengan nama dapat memudahknan orang lain menemukan kita.

1. dalam penggunanaan nama Efi menggunakan nama panggilan dengan

marganya untuk memudahkan khalayak untuk menemukan akunnya.

Seperti yang disampaikan.

“dalam akun Instagram saya, saya menggunakan nama yang sering


di pakai oleh orang-orang untuk menyapa saya, dari nama tersbut
saya tambahkan marga saya agar mudah untuk di temui oleh orang
lain”. (Wawancara Efi, 4 Mei 2023, Di Kebun Cengke, Pukul 14:00
Wit)
Dari penjelasan diatas, dalam penggunaan nama Efi menggunakan nama
panggilannya yang sering di pakai oleh teman-temannya di padukan dengan
marganya, agar memudahkan khalayak menemukan akunnya.

26
Wawancara Efi, 4 Mei 2023, di Kebun Cengke
64

2. Konteks nama, syahdan menggunakan nama lengkapnya pada akun


Instagram nya, dengan tujuan untuk memudahkan orang lain menemuka
akunya, seperti yang disampaikan oleh Syahdan

“Saya menggunakan nama lengkap saya di akun Instagram saya


agar memudahakan orang lain untuk menemukan akun saya, dan
melihat konten-konetn yang saya buat”27 (Wawancara Syahdan, 5
Mei 2023, di Lab Uswah Kampus IAIN Ambon Pukul 10:00 Wit)
Dari penjelasan diatas, bahwa Sayhdan menggunakan nama lengkapnya pada
akun Instagram nya agar memudahkan orang lain menemukan akun serta melihat
konten yang di buat.
3. Profil
Profil adalah gambaran yang ada dalam diri seseorang, dalam
pembentukan personal branding di media sosial terdapat kolom pada bagian
profil yang bisa dimanfaatkan untuk mendeskripiskan diri seseorang.

1. Efi mendeskripsikan dirinya melalui kolom bio yang terdapat di profil


sebagai seseorang yang menyukai bunga matahar, seperti yang
dikemukakan Efi saat di wawancarai

“Di Instagram saya mendeskripsikan diri saya pada kolom bio


sebagai seseorang yang menyukai bunga matahari, dengan
memberikan gambar bunga matahari pada bio di profil saya”.
(Wawancara Efi, 4 Mei 2023, Di Kebun Cengke, Pukul 14:00 Wit)

Berdasarkan peryataan diatas, bahwa pada kolom bio di bagian profil Efi
melampirkan gambar bunga matahari, yang mendeskripsikan Efi menyukai bunga
matahari.

27
Wawancara Syahdan, 5 Mei 2023, di Kampus IAIN Ambon
65

2. Syahdan memanfaatkan kolom bio pada profil untuk menjelaskan dirinya

secara singkat, dalam bionya Syahdan menjelaskan dirinya sebagai

seorang konten creator, pada setiap media sosial seperi Instgarma, Tiktok,

dan Youtube, seperti yang di sampaikan oleh Syahdan saat di wawancarai.

“dalam bio, saya melampirkan diri saaya sebagai seorang konten


creator, di setiap akun media sosial yang saya punya seperti
Youtube, Instagram, dan Tiktok, dalam bio tersbeut saa juga
melampirkan nama akun dari setipa media sosial saya”.
(Wawancara Syahdan, 5 Mei 2023, di Lab Uswah Kampus IAIN
Ambon Pukul 10:00 Wit)
Berdasarkan peryataan diastas, Sayhdan mendeskripsikan dirinya sebagai

seorang konten creator, dalam bio tersebut ia juga melampirkan nama akun dari

setiap media sosial yang ia gunakan seperti Youtube, Instagram, dan Tiktok.

4. Strategi konten

Membentuk personal barnding seseorang harus memiliki strategi

penerbitan konten yang kuat, dalam pembuatan konten harus konsisten dan

hadirkan konten yang digerap dengan serius.

1. dalam pembuatan konten Efi selalu konsisten dalam meenggungah konten

yang sejaln degan hobi yang dimiliki.

2. Dalam konteks ini Syahdan selalu konsiste dalam mengunggah kontan

yang talah di bentuk dari awal dengan serius.

Pada penelitian diatas dapat di simpulkan bahawa dari lima belas informan

terdapat delapan informan yang menggunkana cara yang berbeda dari ketujuh

infroman sebelumnya. Cara yang digunakan oleh kedelapan informan ini sejalan

dengan teori yang di pakai yaitu teori personal branding menurut Jeff Bezos.

Anda mungkin juga menyukai