0% menganggap dokumen ini bermanfaat (0 suara)
30 tayangan10 halaman

Euphoria: Kisah Aca dan Bullying

Diunggah oleh

venustixcloud
Hak Cipta
© All Rights Reserved
Kami menangani hak cipta konten dengan serius. Jika Anda merasa konten ini milik Anda, ajukan klaim di sini.
Format Tersedia
Unduh sebagai DOCX, PDF, TXT atau baca online di Scribd
0% menganggap dokumen ini bermanfaat (0 suara)
30 tayangan10 halaman

Euphoria: Kisah Aca dan Bullying

Diunggah oleh

venustixcloud
Hak Cipta
© All Rights Reserved
Kami menangani hak cipta konten dengan serius. Jika Anda merasa konten ini milik Anda, ajukan klaim di sini.
Format Tersedia
Unduh sebagai DOCX, PDF, TXT atau baca online di Scribd

EUPHORIA

SCENE 1 : Bu Fitri, Aca, Bella, Chelsea


Setting : Ruang Kelas

NARATOR :
Euphoria adalah kesenangan yang di artikan sebagai suatu rasa kepuasan yang hadir di dalam diri
seseorang, kesenangan yang tidak objektif mungkin bagi sebagian orang merasakan kehadiran
teman-teman merupakan kesenangan tapi bagi sebagian yang lain kesenangan di dapatkan
dengan hal yang tidak biasa.
( Guru Walas memasuki kelas, para murid sudah duduk rapih dikelas )
Bu fitri : Selamat pagi, anak-anak. Hari ini kita kedatangan murid baru, Nasya. Silahkan,
nasya
Aca : Pagi, teman-teman. Nama saya Nasya, bisa dipanggil Aca. Salam kenal ya
Bu fitri : Baik aca, silahkan duduk dibangku kamu
Baik, anak-anak, kita mulai ya pelajaran nya. Hari ini kita memasuki materi…..
(Pelajaran berlanjut hingga bel waktu istirahat berbunyi. Waktu istirahat dimulai, para murid
meninggalkan kelas, terkecuali untuk bella dan aca)
Bu fitri : baik anak anak, kita akhiri pelajaran hari ini, Wassalamu’alaikum
Bella : hai! Anak baru kan? Kenalin gua bella
Aca : Aca.. Salam kenal ya.
(aca berusaha berjabat tangan, tetapi bella menarik tangannya)
( Ucap Aca sambil meraih tangannya, untuk berjabat tangan dengan Bella. Bel berbunyi, kelas
dimulai )
Bella : by the way.. karena lo baru disini, mau ikut nongkrong bareng gue ga? Ada
temen temen gue kok disana, jadi lo bisa kenalan sama mereka juga
Aca : Emang mau nongkrong dimana? Aku bilang mama dulu ya, boleh atau ngga nya.
(sound dialing hp : aca menelfon ibu nya untuk meminta izin pergi)
Aca : halo ma, aca boleh ikut main ga sama temen baru? Ohh oke, terimakasih ma.
Aku boleh ikut bel!
Bella : haha bagus deh kalau begitu. Langsung aja yuk, yang lain udah pada nunggu
pasti
(Bella melingkarkan tangan nya di pundak aca sambil tertawa kecil. Mereka berdua pergi
meninggalkan kelas dan pergi ke Gudang tempat dimana bella dan teman temannya biasa
berkumpul)

SCENE 2 : Davin, Bella, Chelsea, Raja, Selin, Aca


Setting : Tongkrongan (Gudang Kosong)
Davin : Mana nih mainan baru gue? (ucap davin sambil menyalakan rokok nya)
Chelsea : Au nih, padahal mau dikasih yang enak-enak
Bella : Halo guys, liat siapa yang gue bawa
(Bella masuk basecamp mereka sambil merangkul Aca masuk. Melihat itu Chelsea tertawa kecil,
ia menghampiri mereka berdua lalu merangkul aca tiba tiba. Ia menarik aca dan membiarkannya
dudk bergabung dengan yang lain)
Davin : /mengonsumsi narkoba yang ia bawa/
Bella : Vin, make mulu lo gila ya, ntar kalo ketauan gimana njir
Davin : Yaelah santai aja sih gue make ga nyampe high elah
Bella : Terserah deh, dibilangin ga pernah didengerin juga
Chelsea : Betul tuh. Jangan keseringan make, ga liat apa tampang lu udah begitu
Bella : Lo juga Chel, bisa serius bentar ga? Kerjaan lo cuman ngaca ya daritadi
Davin : Eh, anak baru siapa tadi nama lo? Eca, atau Caca? Oh iya Aca deh
/menuangkan minuman beralkohol, dan menyodorkannya pada aca/
Davin : Lo mau nyobain minuman gua ga? Spesial buat anak baru
Aca : Minuman apaan itu? Aca gamau!
Bella : Anak baru pinter banget ngomongnya (sambil mencengkram rahang aca)
Davin : Kalo gue suruh minum, ya minum! gausah banyak omong
(Davin membentak Aca seraya menyodorkan minuman itu tepat ke mulut Aca, dimana Bella
mencengkram rahang Aca lebih kuat agar membuka mulutnya sedikit)
(Aca pun batuk akibat meminum alkohol yang disodorkan paksa oleh bella dan davin. Tak lama
ia langsung terjatuh pingsan karena tak kuat menahan efek dari alkohol tersebut. Disamping itu
Chelsea sibuk merekam kejadian tersebut untuk hiburan mereka semata)
Bella : wow.. langsung tumbang nih? Ck.. lemah banget ternyata
Chelsea : ahh.. gaseru nih, cabut aja yu guys! Video yang tadi gua post di menfess sekolah
aja biar seru
(keempat-nya pergi meinggalkan tempat itu sambil tertawa, terkecuali untuk raja. Ia hanya diam
sedari tadi karena merasa iba)
Selin : aca! lo kenapa kok bisa begini? (selin memeluk aca yang menangis)
Raja : lo ngapain disini? (ucap raja sambil menarik tangan selin)
Selin : lo apain Aca? Lo gapunya hati ya, anak baru diginiin!
Raja : lo gatau yang sebenernya. gue cuman ngeliatin dia dan mau ngebantuin dia
sebenernya.
Selin : Kalo mau bantu, ya bantuin dari awal! Bukan cuma duduk nontonin doang!
Raja : ck.. ga segampang yang lo liat sel
Selin : bisa kalau lo mau, mikir makanya! (bentak selin sambil memukul pundak raja)
(setelahnya selin pergi meninggalkan raja di Gudang sambil merangkul aca untuk bangkit dari
tempat itu. Raja hanya terdiam mendengarkan bentakan yang dilontarkan selin barusan)

SCENE 3 : Davin, Bella, Chelsea, Raja, Selin, Aca, The Gossipers


Setting : Ruang Kelas
(seluruh kelas diramaikan dengan munculnya postingan video seorang murid yang mabuk. Seisi
kelas menjadi gaduh karena sibuk menebak siapa murid itu)
GS (tari) : eh lo semua udah liat video yang ada di menfess sekolah belum?
GS (ragil) : udah! Itu si aca anak baru itu bukan si?
Bella : kalian pasti ngomongin video cewe yang lagi mabuk itu ya?
GS (lambang) : iya, menurut lu itu beneran aca ga bel?
Bella : kalian jangan asal nuduh gitu lah, kasian aca juga guys
GS (ragil) : bener juga sih..
(aca memasuki kelas dengan wajah yang murung. tak ada satupun yang memihaknya, seisi kelas
penuh dengan bisikan yang seakan menghantui sosok aca. sementara itu bella dan teman
temannya sibuk menahan tawa kecil mereka)
(sound bell istirahat : semua murid keluar kelas, kecuali bella cs & aca)
Davin : Enak ga kemaren, atau lu mau lagi?
Bella : Anak baru banyak banget gaya
(bella mengambil kacamata aca lalu membuangnya ke lantai, ia juga berusaha menginjak
kacamata tersebut. Aca pun berusaha melindungi kacamata tersebut hingga tangan nya berakhir
diinjak oleh bella)
Aca : Aku punya salah apa ya sama kalian? ga seharusnya kalian lakuin hal ini ke
aku!
Chelsea : Loh, kita cuman ngajak lo main, masa gitu doang sampe nangis si? Lebay!
/Chelsea mondorong bahu aca/
(soundtrack karate : 2 anggota properti masuk)
Fikir : KARATE! KARATE!
Backstage : WOI! karage kali!
Fikri : Karage bang. 10k aja udah dapet nasi nih. Beli dong, diem-diem aja nih
Davin : Gue gamau, cabut aja lo!
Fikir : Yah bang, beli 1 aja kek. Murah bet ini, bantuin temen lah bang
Davin : Gue lagi ada urusan disini, lu mau keluar sendiri atau mau gue geret? Keluar
sana!
Fikri : Bilang aja kagak punya duit, pake acara nyolot lu! Karage, karage!
(firki pun meninggalkan ruang kelas. Setelahnya davin melanjutkan aksi pembullyan nya
dengam menuangkan isi tong sampah diatas kepala aca. melihat itu bella dan yang lain tertawa
puas)
Chelsea : Eww, awas kena tangan gua!

(bella cs terus membully aca hingga di interupsi oleh vandha dan pandu)
Vandha : Halo guys, balik lagi di Vandha Live (Vandha live) liat nih sekolah gua wihhh
apaan tuh lagi ada rame rame
: gila guys ada apaan yaa
Pandu : Halo guys, balik lagi sama gua pandhu (u..u..u..u) wihhhh udah ada siapa nih di
live gua? ada hadi, ada bohari, ada ilham, ada rizki. Rame juga
(keduanya sibuk dengan live masing masing hingga akhirnya bertabrakan)
Pandu : Apaan si lo? Kok ngikutin gue si?
Vandha : Lah gue duluan kali yang mulai channel beginian!
Pandu : Yeuuu, viewers ga seberapa juga. Lagi siapa si yang request school tour gajelas
ke lu?
Bella : Heh! Bisa diem ga lo berdua? Sini hp lo (bella merebut hp vandha dengan kasar)
: lo berdua kalau mau pansos gausah disini! Hapus history live kalian tadi!
(pandu mengabaikan perintah bella dan menyimpan video live itu di handphone nya. Kedua nya
pergi meninggalkan ruangan kelas dan melaporkan kejadian tersebut kepada selin)
Vandha : Ketua kelas, atur dong! ada yang ribut tuh dikelas
Selin : Kalian lagi pada ngapain? kenapa Aca bisa sampe kaya gitu?
Bella : ketus sok keras dating nih, cabut yu chel.
: urus sisanya ya bro! (ucap bella meninggalkan kelas dengan Chelsea)
Davin : Ah, elah! Dari tadi ada aja yang gangguin, sialan!
/davin melayangkan tangan nya seolah ingin menampar selin/
Raja : Cukup, Vin. Lo udah keterlaluan!
Davin : Kok lo ngebelain dia? Gue temen lo!
Raja : Gue udah muak ya!
Davin : Pengkhianat lo! Gausah sok suci, lo juga pelaku dalam hal ini ja. kalo sampe lo
berani buat aduin kita, gua gaakan segan segan buat ngabisin lo!
Selin : Kalian berdua bisa stop ga? (selin berusaha memisahkan merka berdua)
: Kalian inget baik baik ya, gua gaakan diam aja kali ini. Liat aja nanti!
Davin : SIALAN LO JA!
(selin membawa aca keluar dari ruangan itu, diikuti oleh raja. Melihat itu davin tak sanggup
menahan emosi nya hingga berteriak untuk melontarkan amarahnya)
SCENE 4 : Aca, Selin, Raja, Gossip Girls, Bella, Chelsea, Davin, Bu Fitri
Setting : Lorong Kelas
Vandha : Halo bestie! gue punya berita terbaru, terkini top deh
GS : Ihhh, apaan tuh apa, kasi tau donggg!
GS (ragil) : spill the tea dong!
Vandha : Gue liat gengnya Bella cs tadi lagi ngebully anak baru yang kemaren baru masuk
itu cuy!
GS (tari) : hah! Serius lu? Jangan jangan video cewe mabuk itu juga ulah mereka!
GS (lambang) : waduh bisa aja tuh, si bella pura pura gatau lagi tadi
Vandha : Mana gue lagi live streaming, eh diapus cuy buktinya
Pandu ; Gue masih ada buktinya (pandu masuk ke percakapan mereka sambil
menunjukkan bukti video didalam handphone nya)
: Gue pura-pura aja tuh ngapus videonya padahal gua bisa pulihkan lagi videonya
GS (lambang) : Kita harus laporin ke ketua kelas ga sih, gue takut kalo harus ngomong sama
guru BK

Selin : Video apaan itu? (tiba tiba selin datang menghampiri kerumunan mereka)
Pandu : Sel, kebetulan banget lo disini. gue punya bukti pembullyan Bella, coba lo liat
Selin : Oh.. oke, thanks ya Pan. Biar gue yang urus selebihnya
(selin pergi meninggalkan kerumunan itu. Ditengah jalan ia berpapasan dengan raja. Raja
menarik tangan selin utnuk mengajaknya bicara)
Raja : Ikut gue
Selin : Ngapain sih Ja?
Raja : Lo mau nolongin Aca kan?
Raja : Iya, dan sekarang gue bingung harus bantuin dengan cara apa
Raja : Barang bukti yang gue punya cuman ini, obat terlarang Davin (ucapnya sambil
menunjukkan sebungkus plastic obat terlarang milik davin)
Selin : Hah.. Lo serius ini punya Davin? Sebenernya gue punya bukti video, tapi lo
akan kena juga, lo yakin Ja?
Raja : Gue serius ko, ga sekali dua kali dia make. Dan gue juga yakin, emang gue
pantes digituin, karena bukannya dari awal bantuin Aca malah nontonin dia doang
Selin : Yauda, lo ikut gue deh, kita laporin sama-sama
(selin memegang tangan raja dan membawanya menuju ruang guru untuk melaporkan bukti yang
mereka simpan. Di perjalanan mereka bertemu dengan bu fitri)
Selin ; Bu Fitri! Maaf bu, boleh minta waktunya sebentar?
Bu Fitri : Iya kenapa nak?
Selin : Jadi, gini bu, ada pembullyan di sekolah ini. Dan korbannya Aca, murid baru
: Saya punya videonya, disitu ada Davin, Bella, Chelsea...
Bu Fitri : Mana? coba ibu liat
(selin menunjukkan bukti video yang ia dapatkan)
Raja : Saya juga terlibat dalam pembullyan itu bu. Saya juga punya bukti bu (ucap raja
sambil mengeluarkan sebungkus plastic obat dari kantong nya)
Bu Fitri : Saya ngerti ko, pasti ga segampang itu... Tapi ini apa?
Raja : Ini punya Davin bu, obat-obatan terlarang
Bu Fitri : Biar saya yang urus selebihnya. Raja, ikut saya! Kamu, Selin, silahkan kembali
ke kelas. Terima kasih ya nak.
(amarah bu fitri mulai terlihat. Ia dan raja bergegas pergi mencari bella dan lainnya)

SCENE 5 : The Gossipers, Bella, Chelsea, Davin


Setting : Lorong Kelas
(bella, chelsea dan davin berjalan di Lorong kelas. Ditengah perjalanan mereka dihadang oleh
sekumpulan murid, bella dan teman temannya pun bingung dengan situasi yang mereka hadapi
sekarang)
Vandha : Oh, jadi ini yang ngebully satu orang tapi berempat? Kenapa ga sendiri? Takut
ya?
Lambang : Lo ga malu apa ya, udah gede masih aja ngebully orang!
Tari : depan kita sok suci banget, ternyata video mabuk kemarin ulah kalian juga
Ragil : Ibunya guru BK, anaknya pembully!
Pandu : Dikira masih jaman kali ya ngebully gitu, WUUU!
Vandha : ngerasa keren lu pada ngebully orang kayak gitu? Ewh (ucapnya sambil
melemparkan sampah pada bella)
(kumpulan siswa itu terus mencaci maki bella dan temannya. Karena tak kuat menahan malu
mereka bertiga pun melarikan diri dari tempat itu dan mencari keberadaan aca)
Bella : aca! sini lo (teriaknya memanggil nama aca penuh dengan amarah. Bella
menghampiri aca dan melakukan sedikit kekerasan fisik pada nya)
Davin : maksud lo apa nyebarin video kita? Diem diem berani lo ngerekam kita!
Chelsea : gausan main dibelakang kita gini lah! Gatau diri lo
Bella : kurang ajar lo jadi anak baru! Udah baik kita mau bergaul ama orang kayak lo
(suara pertengkaran mereka terdengar jelas di sepanjang Lorong kelas, membuat bu fitri dan raja
mudah menemukan mereka. Bu fitri tak sanggu menahan emosi nya yang meluap, ia berteriak
untuk menghentikan aksi perundungan bella dan temannya yang lain)
Bu Fitri : kalian bertiga! Ikut saya keruang BK! Kamu juga aca.
(bella dan yang lainnya terlihat shock karena kemunculan bu fitri yang tiba tiba. Mereka
mengikuti bu fitri ke ruang BK sambil menundukkan kepala karena menerima tatapan asing dari
seluruh murid disekolah itu)

SCENE 6 : Bu Fitri, Bella, Aca, Chelsea, Raja, Davin, Polisi


SETTING : RUANG BK
Bu Fitri : Saya ga paham sama kalian, kalian itu sudah kelas 12. Udah bukan saatnya
melakukan hal-hal bodoh seperti. Ini keren buat kalian ya? Merasa hebat gitu?
: Aca, kenapa kamu tidak pernah memberitahu ibu tentang hal ini?
Aca : maaf bu, saya takut…
Bu Fitri : Aca, dengerin Ibu, Ibu adalah orang tua kamu di sekolah. Sudah seharusnya
kamu ngasi tau Ibu tentang hal ini. Ibu tau hal ini berat dan kamu juga ketakutan, tapi yang pasti
kalo kamu mau speak up, kita semua bakalan ngelindungin kamu bagaimanpun caranya. Kamu
boleh kembali ke kelas.
(Ucap Bu Fitri sambil menggenggam tangan Aca untuk menguatkannya, lalu melepaskan
tangannya)
Bu Fitri : Tindakan kalian merupakan pelanggaran di sekolah, hukumannya adalah SP-2,
yang artinya apabila kalian diketahui mengulangi hal tersebut maka sekolah tidak akan segan-
segan mengeluarkan kalian. Mungkin hukuman itu bukan apa-apa bagi kalian, tapi ingat sanksi
social itu akan terus berlaku dimanapun kalian berada, semua itu akan balik ke kalian juga.
Chelsea : Lo sih, Vin. Udah tau gue lagi ngerekam, malah main pake aja
Davin : Sialan lo, jangan sok suci! Emang lo ga make?
Bella : Gausah ngelak lah, emang cuman lo doang yang make
Bu Fitri : Diam! Ibu ga nyuruh kalian bicara! Untuk yang lain keluar, selain Bella, Chelsea
dan Davin
(Aca dan Raja keluar dari ruangan, meninggalkan mereka bertiga, dimana mereka lanjut
diinterogasi soal pemakaian obat terlarang )
Bu Fitri : Jujur sama saya, Davin. Apa yang kamu pake?
(bu fitri bertanya pada mereka bertiga tapi tak satupun dari mereka berani menjawab)
Bu Fitri : Jadi, siapa saja yang make ini?!
Bella : Cuman Davin doang bu, kan keliatan tuh dari tampangnya kayak orang beler
(suara ketukan pintu tiba tiba muncul diruangan tersebut. 3 pria dengan nuansa full hitam masuk
kedalam ruangan tersebut. Masing masing dari mereka memegang senjata kecil. Ketiga pelaku
perundung tersebut sudah menebak tentang apa yang akan terjadi pada mereka, beribu ribu cara
mereka coba pikirkan untuk dapat melarikan diri dari situasi tersebut)
Bu Fitri : kalian pikir pihak sekolah bodoh? Pihak berwenang akan turun tangan untuk
melakukan pengecekan pada kalian. Selamat ya buat kalian bertiga (ucap bu fitri dengan senyum
lebar seraya mengejek mereka bertiga)
(ruang BK dipenuhi dengan suara berontak dari mereka bertiga. Bahkan polisi sampai harus
menyeret mereka dengan paksaan karena mereka tak berhenti memberontak)
SCENE 7 : Aca, Selin, Raja, The gossipers
Setting : Lorong Kelas
(aca dan raja keluar dari ruang BK, didepan sana sudah banyak teman yang menunggu mereka.
Seolah ingin melindungi aca, mereka mengerumuni aca bahkan ada juga yang memeluknya.

NARATOR :
(All property out, all cast naik panggung)
Ini adalah akhir cerita kita, jati diri tidak akan bisa kita temukan kalo hanya dicari tapi jati diri
ada pada diri itu sendiri, buat kalian yang sedang berproses untuk menemukan jati diri semangat
cari lah dimana kalian bertumbuh dengan lingkungan yang positif dan dikelilingi oleh orang-
orang yang akan mengajak kita untuk selalu positif.
(All cast merangkul satu sama lain)
(soundtrack ending)

-ENDING-

Anda mungkin juga menyukai