Cinta dan Persahabatan dalam BTS
Cinta dan Persahabatan dalam BTS
Aku ingin menjadikan mu bunga tetapi aku bukan lebah yang bisa menjaga bunga
dengan baik. Aku ingin kamu setia seperti KHODIJAH tetapi aku tidak bisa
seperti MUHAMMAD yang bisa membimbing kamu dengan baik. Jika aku ingin
menjadikan mu seperti HAWA aku bukan ADAM yang bisa romantis. Aku hanya
ingin kamu mendampingi ku seperti KHODIJAH dan HAWA yang mendampingi
MUHAMMAD dan ADAM. Aku ingin menjadi lebah agar bisa melindungimu
dari kumbang yang merusak.
HUJAN berasal dari PANAS dan UAP serta juga berasal dari dua fenomena alam
yang berbeda. Sama seperti CINTA berasal dari MATA dan HATI yang
menyatukan dua jenis insan yang berbeda.
AKU tidak faham soal AGAMA karena aku bukan NABI dan AKU bukan
HABIB. Tetapi AKU ingin membimbing KAMU seperti MUHAMMAD
membimbing AISYAH. AKU akan membawa KAMU ke SYURGA, wahai
BIDADARI ku ingin KITA bersama-sama ke SYURGA. AKU dan KAMU
bersanding SYURGA bersama ANAK-ANAK KITA nanti.
KATA-KATA INDAH
MENGGANTIKAN DIRIMU
…AKU BISA SUKA DAN JATUH CINTA SAMA BTS ADALAH SAAT MAS
SUGA SELESAI KONSER DI JAKARTA PADA TANGGAL : 28 MEI 2023…
...SEJAK SAAT ITU PADA TANGGAL 28 MEI 2023 AKU JATUH CINTA
DAN MASUK KE FANDOM YANG DIBERI NAMA ARMY INI…
…HINGGA SAAT INI MASIH ADA HAL DARI MEREKA YANG BELUM
AKU HAFAL YAITU BUAH KESUKAAN DARI MASING-MASING, TETAPI
YANG KU INGAT ADALAH BUAH KESUKAAN DARI SEORANG RAPPER
MAS SUGA BTS YAITU : BUAH JERUK BUAH TERSEBUT MERUPAKAN
BUAH YANG SANGAT DISUKAI OLEH NYA…
WORLDWIDE HANDSOME :
KALAU YANG SATU INI DATANG DARI SALAH SATU MEMBER NYA
YAKNI JIN BTS. ARMY MENJULUKINYA SEBAGAI MANUSIA PALING
TAMPAN, MAKA NYA DISEBUT [Link] HANDSOME.
JULUKAN INI PERTAMA KALI TERLONTAR SAAT MASA-MASA WINGS
TOUR FINALE 2017.
OUR PRESIDENT :
INTERNATIONAL PLAYBOY :
GOLDEN MAKNAE :
URI SUNSHINE :
SEJARAH :
Karya :
Grup beranggotakan tujuh orang ini ikut menulis dan menghasilkan banyak lagu
mereka, yang mana beberapa media telah menghubungkannya dengan kesuksesan
mereka. Gaya bermusik dan citra awal mereka terinspirasi oleh hiphop, seperti
dalam lagu berjudul "N.O." dan "No More Dream." MEREKA KEMUDIAN
MEMASUKKAN R&B dan ROCK dalam lagu berjudul "DANGER" dan "BOY
IN LUV.” Lagu solo anggota grup dalam album berjudul Wings menggabungkan
beragam aliran, seperti neo soul dalam lagu oleh V berjudul "STIGMA", gospel
oleh J-Hope berjudul "MAMA" dan PIONA DAN RAP dalam "FIRST LOVE"
oleh Suga.
BTS mempunyai pengikut yang besar di media sosial, yang kemudian membuat
mereka memenangkan penghargaan Top Social Artist di Billboard Music Awards
2017 setelah menerima lebih dari 300 juta dan menjadi grup Korea pertama yang
memenangkan sebuah BBMA. BTS juga kembali memenangkan penghargaan Top
Social Artist di Billboard Music Awards 2018. Mereka menjadi selebritas yang
paling banyak dicuitkan pada tahun 2017, menjadi yang "paling banyak disukai
dan dicuit ulang lebih dari setengah milyar kali (502 juta)" di seluruh dunia. Grup
ini pertama kali masuk dalam edisi tahun 2016 di Billboard Year-End terutama
dalam World Albums Artist dan World Digital Song Artists. Mereka masuk lagi
dalam edisi tahun 2017 berada di posisi 10 sebagai Top Artists, kedua di Top
Artists - Duo/Group, dan pertama di Social 50 Artis. Dan World Albums Artists.
Pada tahun 2018, BTS diberi penghargaan sebagai Outstanding Achievement in
Music di The Asian Awards. BTS juga menjadi grup Korea pertama yang
menerima sebuah penghargaan di American Music Awards, memenangkan
penghargaan sebagai Favorite Social Artist. Pada Oktober 2018, BTS dianugerahi
Hwagwan kelas lima Order of Cultural Merit dari Presiden Korea Selatan atas
kontribusi mereka menyebarkan budaya dan bahasa Korea.
USAHA LAIN :
SPONSOR : pada tahun 2015, bts menjadi duta untuk puma. Pada tahun 2016,
nexon merilis karakter avatar yang terinspirasi dari para anggota untuk permainan
rpg mereka, elsword. Pada tahun itu, mereka memuncaki 'boy group brand power
ranking' yang dipublikasikan oleh lembaga penelitian reputasi korporasi korea dari
9 atas 12 bulan, dan menjadi grup pria dengan reputasi tertinggi. Pada tahun 2017,
BTS dipilih sebagai duta pariwisata terhormat untuk Seoul sebagai bagian dari
program 'I Seoul U'. Grup ini memfilmkan sebuah iklan yang diproduksi oleh
Seoul Metropolitan Government, yang ditayangkan di lebih dari 100 negara. Lagu
promosi berjudul "With Seoul" dirilis daring pada 6 Desember dan video musiknya
pada 13 Desember. Mereka juga dipilih sebagai model baru untuk Lotte Duty Free
Shop. Pada tahun yang sama, BTS berkolaborasi dengan aplikasi komunikasi
populer Korea LINE, menciptakan 'karakter' Line yang terinspirasi dari grup ini,
bernama BT21, yang menjual emoji, stiker, pakaian, dan lainnya.
Memperluas sponsor mereka ke luar negeri, BTS bekerja bersama mall Jepang
bernama 109 untuk mempromosikan single Jepang kedelapan mereka, "Mic
Drop/DNA/Crystal Snow", melalui sebuah iklan Natal, diumumkan pada bulan
Oktober 2017, yang menggunakan "Crystal Snow" sebagai logo lagu atas
kolaborasi ini. Toko-toko pop-up yang menjual berbagai merchandise BTS asli dan
edisi terbatas dibuka di empat lokasi berbeda: gerai unggulan berada di Shibuya
109, dan kemudian cabang di Osaka, Kagoshima, dan Fukuoka.] Pada 17
Desember, Yahoo! Jepang mengumumkan BTS sebagai model promosi untuk
Yahoo WiFi, dengan sebuah iklan pendaftaran baru yang diluncurkan pada 29
Januari 2018.
Pada 27 Februari 2018, BTS diumumkan sebagai duta global untuk Puma,dengan
Puma meluncurkan remix dari lini 'Turin' mereka pada 2 Maret di Korea dan di
seluruh dunia pada bulan Juli atas perayaan akan ini. Grup ini juga menjadi fitur
dalam iklan global untuk lini Puma's Sportstyle. Pada Maret, mereka diumumkan
sebagai juru bicara baru untuk KB Kookmin Bank, satu dari empat bank terbesar di
Korea [Link] 3 April, LG Electronics mengumumkan bahwa BTS akan
"mempromosikan ponsel pintar di pasar global" untuk perusahaan teknologi ini,
termasuk model andalan yang akan dijadwalkan untuk dibuka per Juni 2018. Pada
29 April, media berita mengungkapkan bahwa Coca-Cola Korea, telah mengontrak
BTS sebagai model iklan merek ini, dengan aktivitas promosi yang dimulai pada
bulan Juni saat Piala Dunia 2018 di Rusia.
Grup ini menjadi duta dunia untuk produsen mobil Korea Hyundai Motor pada
tahun 2018, sebagai bagian dari promosi perusahaan ini untuk toko unggulan SUV
"Palisade" 2019 mereka. Mobil ini dipromosikan di LA Auto Show 2018 yang fitur
bersama klip anGGOTA GRUP SEDANG MEMPROMOSIKAN MOBIL INI.
FILANTROFI
Pada tahun 2015, BTS mendonasikan tujuh ton (7,187 kg) beras sebagai amal di
acara pembukaan K-Star Road yang diadakan di Apgujeong-dong. Pada tahun
berikutnya mereka berpartisipasi di acara amal kolaborasi ALLETS bersama Naver
bertajuk "Let's Share the Heart" untuk mengumpulkan donasi untuk LISA, sebuah
badan amal "yang membawa maju persiapan bisnis untuk melawan kebutaan
termasuk penelitian tentang pengobatan penyakit retina degeneratif dan kegiatan
untuk meningkatkan kesadaran sosial pada gangguan penglihatan."
Pada Januari 2017, media berita melaporkan bahwa BTS dan Big Hit
Entertainment telah mendonasikan KR₩100,000,000 (US$85,000) kepada 4/16
Sewol Families for Truth and A Safer Society, sebuah organisasi yang
berhubungan dengan para keluarga dari Tenggelamnya MV Sewol 2014. Setiap
anggota mendonasikan KR₩10,000,000 dan Big Hit Entertainment mendonasikan
tambahan sebesar KR₩30,000,000. Donasi ini dimaksudkan untuk diberikan
secara rahasia. Pada tahun yang sama, BTS secara resmi meluncurkan kampanye
Love Myself mereka, sebuah gerakan yang didedikasikan untuk membantu
"melindungi dan mendukung korban kekerasan anak-anak dan remaja dalam rumah
tangga dan sekolah serta kekerasan seksual di seluruh dunia...", dengan kerja sama
bersama Komisi Korea untuk UNICEF. BTS mendonasikan 500 juta won
(US$448,000) dari para anggota dan 100% semua penjualan dari barang resmi dari
kampanye Love Myself dua tahun ke depan, sebagai tambahan donasi
dikumpulkan dari meja donasi yang dipasang oleh UNICEF, terhadap beberapa
program sosial yang bermanfaat bagi pencegahan kekerasan terhadap anak-anak
dan remaja dan mendukung program bagi korban kekerasan. Sebagai tambahan,
3% penjualan dari setiap album dalam seri Love Yourself (Love Yourself: Her,
Love Yourself: Tear, dan Love Yourself: Answer) akan didonasikan atas masalah
ini. Kurang dari dua bulan dari peluncuran kampanye ini menghasilkan tambahan
sebanyak KR₩106,000,000, dengan total dana dari seluruh dunia sebesar
KR₩606,000,000.
Pada April 2018, BTS berpartisipasi di acara penghormatan untuk Martin Luther
King Jr. oleh Stevie Wonder bertajuk "Dream Still Lives" bersama para selebritas
lain, membagikan mimpi dan harapan mereka kepada dunia.
Pada 24 September 2018, BTS menghadiri Pertemuan Sidang Umum ke-73 United
Nations atas peluncuran gerakan kaum muda yang disebut "Youth 2030: The UN
Youth Strategy" dan kampanye sesuai UNICEF berjudul "Generation Unlimited".
Sebagai perwakilan grup, KETUA BTS RM berpidato selama enam menit
dalam Bahasa Inggris tentang penerimaan diri-sendiri, dan juga kampanye LOVE
MYSELF mereka. Menurut UNICEF, tujuan dari gerakan ini adalah "untuk
memberikan pendidikan dan pelatihan yang berkualitas bagi kaum muda". BTS
dipilih untuk datang karena pengaruh mereka terhadap budaya anak muda melalui
musik dan pesan sosial mereka, usaha amal sebelumnya, dan kepopuleran
demografis di antara orang berusia 15-sampai-25-tahun.
Wings (2016)
Be (2020)
ALBUM STUDIO JEPANG :
Wake Up (2014)
Youth (2016)
TUR KONSER :
KONSER ONLINE :
BANGBANGCON (2020)
{ BUAH : }
{BUAH : }
{BUAH : JERUK}
{BUAH : }
{BUAH : }
WAMIL BANGTAN :
MAS JIN : WAMIL 13 DESEMBER 2022
Rap Monster merupakan nama panggung sedangkan nama asli dari Rap Monster
adalah Kim Nam Joon, Rap Monster sendiri lebih akrab dipanggil RM BTS. RM
lahir di Ilsan Korea Selatan pada 12 September 1994. Memiliki tinggi badan 181
cm dan berat badan 67 kg. RM menempati posisi leader atau pemimpin di grup
sekaligus sebagai Rapper utama.
Jika biasanya pemimpin merupakan member tertua, BTS tidak menerapkan itu
karenanya RM yang dianggap pintar dan bisa menjadi pemimpin baik dipercaya
menjadi leader oleh member BTS lainnya. Sebelum debut sebagai rapper di BTS,
RM sendiri telah menunjukan bakat dan prestasinya sebagai rapper underground
dengan nama panggung Runch Randa. Pada waktu itu RM berkolaborasi dengan
Zico dari Block B yang juga seorang rapper underground.
Selain sebagai seorang rapper RM juga berbakat dalam menulis lagu, karena itu
banyak lagu BTS yang ditulis oleh RM. Di keluarganya RM merupakan anak
sulung dari dua bersaudara adiknya adalah seorang perempuan Bernama Kim
Gyeong Min.
Fakta unik ari RM lainnya adalah RM merupakan idol dengan IQ 149 membuat
dirinya jenius dan pintar dalam Bahasa. Skor TOEIC RM adalah 900, membuatnya
fasih dalam berbahasa Inggris. Dengan kemampuan berbahasa ini juga RM berhasil
memberikan pidato terbaiknya di sidang umum PBB. RM juga menjadi siswa
dengan nilai peringkat teratas saat ujian nasional.
Sebelum debut RM sudah tergabung dalam kru hip hop yang Bernama
Daenamhyup. RM juga merupakan member BTS pertama yang bergabung dengan
BigHit Entertainment yang menaunginya hingga saat ini pada tahun 2010. Sebelum
akhirnya debut RM menjadi peserta trainee selama 3 tahun terlebih dahulu, hingga
akhirnya debut dengan gaya kuat dan khas meskipun berkepribadian yang bertolak
belakang dengan kepribadian aslinya yang merupakan seorang introvert.
Warna favorit RM adalah warna hitam dan makanan favoritnya adalah daging dan
mie. Sebagai seorang idol RM juga memiliki idola yaitu Kanye West dan ASAP
Rocky. RM dikenal sebagai member BTS yang paling ceroboh dan memiliki
kebiasaan merusak barang apapun yang dia pegang. Kebiasaanya adalah menulis
lagu dan mencari inspirasi lirik di kafé, karenanya RM merupakan member BTS
yang paling sering mengunjungi kafe.
Sebagai rapper yang hebat, RM saat ini masuk kedalam jajaran rapper terbaik di
Korea Selatan. Sebagai seorang pimpinan grup RM dikenal sebagai leader yang
bijaksana dan mampu menjaga dan mengayomi grupnya.
Informasi terbaru dan terlengkap mengenai BTS yang dapat membuat para ARMY
lebih jatuh cinta lagi dapat ditemukan pada buku Bts Unofficial Book: Froom Boys
With Luv.
2. JIN BTS
Member selanjutnya adalah Jin yang memiliki nama asli Kim Seok Jin. Jin
merupakan member tertua di BTS, dia lahir di Gwacheon, Korea Selatan 4
Desember 1992. Memiliki tinggi badan 179 cm dan berat badan 60 kg. Di BTS Jin
menempati posisi sub vocalist dan visual di grup karena wajahnya yang tampan.
Sama seperti halnya RM, Jin juga menjalani tiga tahun masa trainee sebelum
akhirnya debut menjadi member BTS. Saat itu member BTS yang menjadi sahabat
pertamanya adalah V yang juga member BTS. Pertemanan antara V dan Jin dapat
terjalin dengan erat karena Jin dan V memiliki banyak kesamaan termasuk dalam
hal hobi.
Hobi Jin adalah menonton anime yang juga sama dengan V sehingga mereka
mudah untuk akrab. Keahlian lain yang dimiliki Jin adalah keahlian memasak, Jin
merupakan member yang terbaik dalam hal memasak, sehingga Jin menjadi koki
utama di grup. Berkat keahlian memasaknya Jin juga mengenal banyak makanan.
Warna favorit Jin adalah warna pink yang menurutnya cerah dan ceria sedangkan
angka yang dia sukai adalah angka 4.
Sebagai visual di grup Jin memiliki postur tubuh dan wajah yang menarik.
Kebiasaan dan fakta unik dari Jin adalah kebiasaanya mengedipkan mata sebelah
kiri ketika dirinya lapar.
3. SUGA BTS
Suga memiliki nama asli Min Yoon Gi lahir di Daegu, Korea Selatan pada tanggal
9 Maret 1993. Suga memiliki tinggi badan 176 cm dan berat badan 59 kg. Di dalam
grup, Suga menduduki posisi lead rapper. Sama seperti halnya RM sebelum
menjadi member BTS, Suga merupakan rapper underground yang terkenal di
daerah kelahirannya yaitu Daegu dengan julukan “Gloss”.
Suga juga merupakan lulusan Apgujeong High School yang merupakan sekolah
khusus laki-laki. Suga adalah anak kedua dari dua bersaudara dan Suga memiliki
kakak laki-laki. Suga dapat bergabung dengan BTS setelah berhasil menjadi runner
up dalam audisi terbuka yang diselenggarakan oleh Big Hit Entertainment pada
tahun 2010.
Salah satu prestasi Suga BTS adalah personil BTS yang telah menggelar mixtape
dengan nama August D sekaligus meluncurkan dua Music Video (MV) untuk lagu
Give it to Me dan lagu Agust D ciptaanya. Kedua lagu itu berhasil ditonton
sebanyak satu juta kali hanya dalam kurun waktu 2 jam di tahun 2016.
Hobi Suga adalah bermain game, fotografi , membaca komik dan menulis lagu.
Warna kesukaannya adalah warna monokrom putih dan hitam. Sama seperti RM,
Suga juga menyukai daging. Dengan hobi menulisnya Suga selalu membawa buku
catatan kemanapun pergi sehingga bisa menulis lagu setiap harinya.
Barang kesukaan Suga adalah barang-barang elektronik, film kesukaanya adalah
film Inception. Jika angka kesukaan Jin adalah 4, angka kesukaan Suga adalah 3.
Suga juga hebat dalam bermain basket. Dirinya merupakan pribadi yang sangat
percaya diri. Di dalam grupnya BTS, Suga merupakan sosok ayah bagi member
lainnya.
4. J-HOPE BTS
J-hope BTS memiliki nama asli Jung Ho Seok dia lahir di Gwangju, Korea Selatan,
18 Februari 1994. Tinggi badannya 177 cm dan berat badannya 65 kg di dalam
grup J-Hope menduduki posisi Lead Rapper dan penari utama bersama dengan
Jimin. Sebelum debut bersama BTS, J-Hope lebih dulu bergabung dengan grup
street dance Bernama NEURON. Karena tergabung dengan NEURON inilah J-
Hope mengikuti banyak kompetisi menari.
J-hope adalah anak kedua dari dua bersaudara kakaknya adalah seorang perempuan
Bernama Jung Da Won. J-Hope adalah moodmaker di dalam grup yang selalu
membawa kebahagiaan kepada member lainnya. Karena itulah jika Suga dianggap
sosok ayah di dalam grup, J-Hope dianggap sebagai sosok ibu di dalam
[Link] V member BTS lainnya, J-Hope sama seperti Doraemon karena
dapat menemukan solusi dari setiap masalah.
J-Hope juga merupakan member yang paling cerewet dibandingkan member
lainnya. Warna kesukaan J-Hope adalah warna hijau dan angka favoritnya adalah
angka 7. J-Hope adalah seseorang yang menyayangi binatang terutama anjing,
sebelum debut J-Hope memiliki anjing Bernama Smile Hoya. J-Hope adalah
member yang paling sering bertingkah imut (aegyo), J-Hope juga merupakan
member yang bersih dan rapi.
5. JIMIN BTS
Jimin memiliki nama panggung yang sama dengan nama aslinya yaitu Park Ji Min,
ahir di Busan, Korea Selatan, 13 Oktober 1995 memiliki tinggi badan 175 cm dan
berat badan 61 kg. Jimin menempati posisi Lead Vocalist dan Penari utama di
dalam grup.
Jimin adalah member yang memiliki banyak nama panggilan akrab di kalangan
penggemar seperti Chim Chim, Dolly atau Park Jiminie. Jimin memiliki idola yaitu
seniornya di industri KPop yaitu Taeyang Bigbang. Jimin menempuh pendidikan di
Sekolah Seni Busan dengan jurusan modern dance.
Sesuai dengan saran dari gurunya, Jimin akhirnya mengikuti audisi Big Hit
Entertainment dan berhasil lolos dan menjadi trainee dengan member lainnya.
Jimin adalah member BTS yang selalu mengatur pola makan yang baik dan rajin
melakukan diet. Jimin juga merupakan member BTS yang paling rajin melakukan
Latihan setiap harinya, Dibanding tidur Jimin lebih senang menghabiskan waktu
untuk Latihan.
Jimin adalah sosok yang perhatian dan penurut. Hobinya adalah menggambar,
menari bela diri dan bermain video game. Warna kesukaanya adalah warna biru
muda dan hitam, Angka favoritnya angka 3. Fakta unik dari Jimin adalah jari
tangan yang mungil dibanding dengan member lainnya.
6. V BTS
Member berikutnya adalah V yang memiliki nama asli Kim Tae Hyung, V lahir di
Daegu Korea Selatan pada tanggal 30 Desember 1995. Tinggi badan V adalah 178
cm dengan berat badan 58 kg. V adalah vokalis utama di BTS. Meskipun lahir di
Daegu, V besar di Geochang dan tumbuh besar disana. V merupakan lulusan Korea
Arts School.
Sebelum debut bersama BTS, V dulunya merupakan seorang ulzzang atau yang
merupakan julukan di Korea untuk menyebut seseorang dengan wajah sempurna.
Diantara member BTS lainnya, V memiliki kepribadian yang paling unik dan aneh,
dan juga dianggap sebagai member yang paling misterius. V adalah seseorang yang
unik dan tidak menyukai segala hal yang disukai oleh orang banyak. V lebih suka
menyukai lagu yang tidak banyak didengarkan oleh orang lain.
V juga memiliki kepribadian 4D , istilah kepribadian 4D popular di Korea untuk
menyebut seseorang dengan kepribadian tidak terduga. Terkadang dia bisa
berteriak atau memperlihatkan wajah yang aneh di depan kamera, atau bisa saja
heboh Ketika orang lain diam.
Blank Tae juga merupakan julukan yang disematkan kepada V, karena V seringkali
melamun dan blank tanpa ekspresi. Selain berbakat dalam menyanyi, V juga hebat
dalam berakting. Terbukti dengan banyaknya pujian yang diberikan V saat dirinya
membintangi drama Hwarang: The Beginning sebagai Hansung. V adalah member
BTS dengan fans perempuan paling banyak. Teman dekatnya adalah Jin karena
sama sama menyukai anime.
Sebagai salah satu boy band terbesar di dunia, BTS memiliki fans dan fandom yang
besar. Pelajari proses dari terbentuknya ARMY di seluruh dunia ini melalui buku
The Book Of Bts Army dibawah ini.
6. JUNGKOOK BTS
Jungkook memiliki nama asli Jeon Jeong Guk lahir di Busan, Korea Selatan, 1
September 1997. Jungkook memiliki tinggi badan 178 cm dan berat badan 66 kg.
Jungkook adalah member termuda di BTS sehingga dijuluki Maknae, Jungkook
juga menempati posisi vokalis utama, lead dance dan sub rapper.
Sebelum bergabung bersama dengan BTS, Jungkook sudah lebih dulu mengikuti
audisi Superstar K3. Di audisi itu Jungkook berakhir gagal namun menjadi incaran
banyak perusahaan hiburan di Korea, salah satunya adalah Bg Hit Entertainment
yang saat ini menaunginya.
Jungkook bergabung dengan Big Hit Entertainment pada tahun 2011. Di tahun
2012, Big Hit mengirim Jungkook ke Los Angeles dengan tujuan belajar tari di
salah satu akademi di Kota tersebut.
Dancer Amerika Kyle Hanagami pernah mengapresiasi kemampuan dan bakat tari
Jungkook yang luar biasa. Jungkook menjalani masa trainee di Los Angeles dan
setelah kembali dari LA akhirnya Jungkook debut bersama 6 member BTS lainnya.
Sebagai member termuda di BTS, Jungkook juga debut disaat umurnya masih
dibawah umur.
Idola Jungkook adalah G-Dragon dari Bigbang senior boygroup di industri musik
Korea. Hobi Jungkook adalah menari, menggambar, bermain skateboard. Makanan
kesukaanya adalah belut laut, pork soup rice, dan sashimi.
Sebagai maknae atau member termuda Jungkook merupakan member dengan
banyak bakat sehingga dijuluki dengan Golden Maknae. Berbeda dengan J-Hope
yang sangat rapi, Jungkook adalah member paling jorok dan berantakan. Jungkook
juga merupakan member yang paling tidak patuh terhadap member yang lebih tua
darinya.
BTS atau Bangtan Sonyeondan merupakan grup yang banyak sekali mendapatkan
perhatian di mata dunia. Banyak hal yang bis akita pelajari dari BTS tentang
bagaimana kita berusaha maksimal untuk mendapatkan apa yang menjadi mimpi
kita. Kerja keras. Kegigihan\ dan keuletan adalah kunci sukses dari BTS.
Kesuksesan yang BTS sekarang ini merupakan buah tentu saja karena mereka tidak
pernah lelah kerja keras dan latihan dari waktu ke waktu.
BTS mungkin hanya salah satu dari boyband yang mampu mencetak sejarah
dengan prestasi mereka. Namun kita dapat melihat bagaimana musikalitas BTS
terus berkembang semakin luas dan baik serta dan diakui musisi lainnya. Album
WINGS yang dirilis pada tahun 2016 lalu, menjadi album dengan raihan tangga
album tertinggi dan terlaris di Amerika Serikat. BTS mampu menggeser posisi
2NE1 dan EXO, yang merupakan senior BTS dan sebelumnya merajai tangga lagu
pada 2014 dan 2015.
BTS yang berasal dari perusahaan kecil menjadi satu-satunya grup yang masuk
dalam daftar Billboard Hot 200 meskipun tidak di bawah naungan tiga label
raksasa Korea, yaitu YG, SM, dan JYP Entertainment. Dalam beberapa waktu
terakhir, BTS pun seringkali mendapatkan pujian dari musisi internasional dan
bersaing dengan mereka dalam berbagai ajang penghargaan bertaraf internasional
FOTO-FOTO MEMBER BTS :
SAHABAT
TO DEAR : MY BEST FRIEND
Sulit untuk ku mendefinisikan tentang sosok diri nya dengan kata-kata. Tapi
menurutku SAHABAT itulah kata yang tepat untuk menggambarkan sosok dirinya.
DIA adalah seorang sahabat yang ku temui di tahun 2022 tepatnya pada Rabu
tanggal 2 November 2022, dua tahun yang lalu.
Nama nya adalah Muhammad Tio Saputra atau yang biasa ku panggil dengan
sebutan Tio/bestie. Dia adalah bestie terbaik yang aku miliki dalam hidupku, aku
selalu berbagi cerita kepada dirinya baik suka maupun duka.
Awal mula ku bertemu dengannya adalah disosmed, pada waktu itu kami memiliki
sebuah grub fansbase yaitu : GRUB JNATIONS disitulah awal mula kami bertemu.
Aku dikenalkan dengan sahabat yang ku miliki sekarang oleh salah satu abangnya
sendiri oleh sahabatku.
Pada saat itu adalah hari Rabu tanggal 2 November 2022, kami belum menjadi
seorang sahabat seperti sekarang ini, karena pada saat itu kami belum terlalu
begitumengenal satu sama lain. Sehingga masing-masing dari kami belum berani
untuk saling bercerita satu sama lain seperti saat ini.
Tepat pada tanggal januari 2023 kami menjadi seorang sahabat setelah ada
beberapa hal yang kami lewati sebelum menjadi sahabat seperti sekarang ini.
Aku begitu sangat menyayanginya layaknya seperti saudara kandung sendiri. Aku
memang tak sedarah dengannya tapi tak ada alasan untuk ku tak menyayanginya.
Karena dia selalu ada disaat aku membutuhkan nya setelah abang online ku. Dia
tempat ku berkeluh kesah bercerita tentang semua yang ada dalam hatiku, entah itu
tentang perasaan cinta sedang jatuh cinta ataupun tentang idolaku yaitu : BTS.
Hampir tak ada satu hal pun yang aku sembunyikan dari sahabat ku karena aku
begitu menyayanginya, percaya kepadanya. Serta kami sudah berjanji tak akan ada
kebohongan apapun diantara kami.
Sehingga tak ada alasan apapun untuk tak bercerita kepadanya kenapa? Karena
sebuah janji bagiku sama seperti harta benda yang takut jika akan hilang pada suatu
saat nanti dan sebuah janji bagiku adalah sama seperti hutang.
Pada suatu saat kami pernah mengalami suatu hal yang bisa disebut sebagai tragedi
ataupun ujian dalam persahabatan kami. Karena persahabatan kami hampir/nyaris
hancur akibat pengaruh dari orang-orang yang tak bertanggung jawab.
Notif yang setiap hari, setiap pagi, siang, malam bahkan menit detik jam selalu
hadir selalu berbunyi kini sudah tak ada lagi. Hanya tinggal kenangan dan
bayangan yang ada saat chattingan bersama dengan dirinya {SAHABATKU}.
Tetapi entah angin apa yang membawa sehingga membuat sahabatku itu kembali
lagi kepadaku. Dia membuka blokir sosmed FACEBOOK ku sehingga aku bisa
kembali berhubungan dan berkomunikasi dengan dirinya. Pada saat itu rasa
bahagia menghampiri diriku karena setelah sekian lama akhirnya bisa berhubungan
berkomunikasi dengan sahabatku. Namun kebahagiaan itu tak berselang lama
karena sahabatku kembali memblokir sosmedku {FACEBOOK} sampai waktu
yang tak tentu.
Aku juga mempunyai seorang adik online dia juga sama seperti sahabatku
termakan akan hasutan dari orang-orang tak bertanggung jawab tersebut. Yang
semulanya aku dan adik online ku itu sering chattingan menjadi jarang bahkan bisa
dibilang asing. Bahkan adikku yang biasa orangnya tak pernah menyindir atau
punya sifat yang menurutku tak akan pernah ada pada diri adik ku itu ini
berbanding terbalik dengan apa yang ku kira, karena HASUTAN dari orang-orang
tak bertanggung jawab itu.
Namun, pada suatu ketika adik ku itu tiba-tiba kembali menghubungi diriku dia
memanggil “Ka bintang” aku pun sedikit terkejut karena dia sudah begitu lama tak
menghubungi ku baik itu di FACEBOOK maupun WHATSAPP. Dan yang lebih
membuat ku terkejut adalah dia dengan secara tiba-tiba meminta maaf kepada
diriku tanpa tau sebab apa yang membuatnya meminta maaf. Dia mengatakan :
{“Ka maafin aku, aku sudah salah aku yang salah benar kata bang rahman aku
udah kehasut sama mereka aku belum tau sifat asli mereka gimana (ORANG-
ORANG TERSEBUT) aku salah engga memilih kakak dan bang rahman yang
benar dan aku lebih memilih mereka, sekarang aku tahu gimana posisi kakak saat
itu, aku udah merasakan apa yang kakak rasakan dulu aku benar-benar minta maaf
kak.”} kurang lebih seperti itu yang dikatakan oleh adikku itu.
Setalah meminta maaf kepadaku dia mulai terbuka menceritkan bagaimana dirinya
bisa menghilang tak pernah menghubungi ku lagi.
Ternyata selama adikku tak menghubungi ku orang-orang tersebut masih sama saja
seperti biasanya saat diriku masih sering berkomunikasi dengan adik ku itu. mereka
masih suka melakukan apa yang sudah menjadi kebiasaan mereka yaitu :
melakukan panggilan video (VC) dan yang lebih parahnya lagi adalah didalam
video panggilan itu mereka melakukan kebiasaa buruk mereka seperti mengghosip
(menceritakan tentang orang-orang yang tak bersalah atau yang mengurusi hidupn
orang lain, menyalahkan orang lain secara berlebihan, mengajak orang lain untuk
benci satu orang dan menyindir).
Bahkan adikku bercerita bahwa sifat buruk mereka yang paling aku benci pun tidak
berubah yaitu : selalu merasa benar dan merasa tidak pernah salah serta mau
menang sendiri.
Aku mengira bahwa setelah aku tak pernah berkomunikasi dan tak pernah
berhubungan atau hadir ditengah-tengah mereka, sifat dan kebiasaan buruk mereka
akan berubah tidak seperti dulu. Tapi ternyata mereka tetap sama seperti dulu
waktu masih bersama denganku.
Sifat dan kebiasaan yang dimiliki mereka itulah yang membuat persahabatan ku
hampir atau nyaris putus.
Tak lama setelah itu kurang lebih 1/2 bulan kemudian setelah menceritakan tentang
sifat dan kebiasaan buruk dari mereka (orang-orang tersebut) adikku juga
menceritakan tentang suatu hal yang sangat mengejutkan diriku yaitu tentang
sahabat ku sendiri. Dia bercerita bahwa ada sebuah kebohongan yang belum aku
ketahui tentang sahabatku itu, ternyata selama ini apa yang sahabatku katakan itu
mulai dari teman-temannya, memiliki teman yang diberi dengan nama TRZ {TIO,
RENDY, ZAN} dan juga memiliki sebuah bengkel yang juga diberi nama TRZ itu
tidaklah benar atau tidak nyata dan juga tentang teman-temannya yang lain seperti
wisnu, sam, sandi, dll itu juga tidak benar adanya.
Dan juga yang katanya dia bersama ayah nya, kakaknya, abangnya, adik-adiknya
yang ada bersama dengannya selalu membantu kesehariannya seperti pergi periksa
ke RS itu tidak benar. Sahabatku hanya tinggal berdua bersama dengan seorang
ART di sebuah rumah.
Satu hal yang juga membuat ku begitu sangat terkejut/kaget yaitu : Ternyata
selama ini yang katanya merupakan sahabatnya dari sahabtku itu yang juga pernah
chattingan denganku seperti wisnu rendy sam sandi dll itu juga sebuah kebohongan
alias tidak benar sama sekali.
Aku memang sangat kaget atau bisa dibilang syok mendengar semua apa yang adik
ku ceritakan itu terhadapku karena aku sangat tidak menyangka dengan semua
yang terjadi. Dan setelah mengetahui semua hal itu membuat aku berfikir “Jadi,
yang selama ini chattingan dengan ku siapa? Sahabatku sendiri? Akun yang
namanya pauzan dan temannya yang namanya rendy itu juga sahabatku sendiri?”
dan benar saja saat ku tanyakan langsung pada adikku itu ternyata selama ini yang
pernah melakukan chattingan dengan ku namanya wisnu sam rendy dan akun atas
nama pauzan itu palsu.
Tak berselang lama setelah adik ku menceritakan semua hal itu kepadaku ada
seseorang dengan inisial N dia kembali menghubungi diriku dia berkata : “Bin, aku
punya keperluan sama kamu bulan depan nanti bilang juga ke rahman” kemudian
aku bertanya balik ke dia “ada apa? ada perlu apa” dia menjawab “ tunggu bulan
depan saja” dan yah aku jawab : yaudah kalau begitu”. Namun tak lama kemudian
dihari yang sama hari itu juga si N dan teman-temannya atau (orang-orang
tersebut) membuat sebuah grub. Didalam grub itu si Ndan teman-temannya
menceritakan tentang kebohongan yang dilakukan oleh sahaatku selama ini, namun
karena aku sudah mengetahuinya terlebih dahulu jadi akupun tidak kaget dengan
apa yang mereka katakan didalam grub tersebut aku hanya berbicara beberpa kata
saja aku tak begitu menggapi apa yang mereka katakan. Aku hanya menyimak
sebntar saja lalu akupun keluar dari dalam grub tersebut.
Aku pun tak menyangka dengan kelakuan si Ndan teman-temannya yang begitu
tega membongkar kebohongan sahabatku itu, yang katanya begitu sangat
menyayangi sahabatku itu tidak mau sampai dia sedih drop ataupun sakit tapi pada
kenyataan nya itu hanyalah omong kosong belaka karena justru mereka sendirilah
yang membongkar semuanya sehingga membuat sahabat ku itu sakit sedih.
Bahkan ada satu orang diantara mereka yang sudah dianggap seperti adik nya
sendiri oelh sahabatku itu ikut andil dalam membongkar kebohongan sahabatku.
Padahal sahabatku itu suda melakukan begitu banyak pengorbanan demi adiknya
itu. DIA bahkan rela menunda utnuk tak pergi kuliah yang pada kenyataannya itu
adalah hal yang pada kenyataannnnnnnya itu adalah hal yang sangat
diinginkannya, semua DIA lakukan demi adik kesayangannya.
Adik nya itupun dengan tega juga membentak keluarga dari sahabatku itu yang
dimana umur adik sahabatku itu masih bisa dikatakan dibawah umur.
Tak berhenti disitu saja bahkan sahabatku itu bahkan juga meminum parfum saat
ditinggalkan oleh adiknya itu setelah tau akan semua kebohongan dariu sahabatku
itu.
Namun, pengorbanan yang dilakukan oleh sahabatku itu menurtuku hanya sia-sia
belaka karena jika memang benar dia begitu sangat menyayangi sahabatku dia tak
akan dengan tega membongkar semua kebohongan yang telah dilakukan oleh
sahabatku dan dia juga tak akan tega meninggalkan sahabatku itu karena tidak
ada manusia yang tak lepas dari suatu kesalahan dan kekhilafan dimuka
bumi.
Setelah sahabatku itu mengetahui bagaimana kelakuan dari adik kesayangannya itu
dia pun sangat kecewa dan DIA tak menyangka dengan adiknya.
Jujur setelah aku mengetahui akan semua hal itu aku juga sangat kecewa dan aku
mulai sedikit tak suka jika aku di hubungi oleh sahabatku, aku yang biasanya
berbicara membalas pesannya dengan panjang lebar pada saat itu hanya ku balas
dengan singkat saja pesan dari nya. Bahkan ku tak pernah bercerita (curhat) dan
juga bisa dikatakan aku ilfeel akan kehadirannya karena sering menghubungiku.
Sahabatku itu adalah orang yang mengerti aku karena disaaat aku tak suka (ilfeel)
akan kehadirannya da diaat DIA mengetahui hal tersebut DIA tidak membenci ku
ataupun marah. Dan setelah DIA mengetahi hal tersebut/yang ku lakukan
terhadapnya sahabatku itu tak pernah menghubungi lagi atau bisa dikatakan lost
contact.
Kami pun tak pernah melakukan komunikasi lagi, bahkan didalam grub yang kami
miliki yang berisikan sahabatku,abang online ku,adik online ku dan aku itu pun tak
pernah saling balas pesan satu sama lain.
Sebuah keajaiban bagiku datang kepadaku karenaa setelah sekian lama kami tak
pernah berkomunikasi atau lost contact. Itu terjadi karena ALLAH SWT
menginginkan kami untuk bersatu kembali melalui abang online ku yang sudah ku
anggap seperti abang kandungku sendiri. Disaat kami lost contact aku mendengar
cerita dari abang ku mengapa sahabatku tega melakukan kebohongan terhadap
diriku. Disitulah aku mulai mengerti dan aku mencoba memahami semuanya serta
memaafkan kesalahan yang telah dilakukan oleh sahabatku itu bahkan aku pu
menerimanya kembali sebagai sahabatku.
Setelah aku memaafkan dan menerima kembali sahaabtku itu disitu juga aku mulai
merindukan nya sehingga aku pun berkata kepada abangku “Abang jujur ade
kangen sama tio, dan tak lama kemudian abang ku berkata : itu tio bikin fb baru.”
Dan mulai saat itu pun aku mulai berkomunikasi lagi dengan sahabatku itu hingga
sekarang. Sekarang aku juga mengetahui bahwa dia memang benar selama ini
memiliki seorang abang kakak dll namun tak pernah bersama dengan sahabatku itu.
bahkan sekarang abang dari sahabatku itulah yang sering menjahili saat kami
melakukan chattingan.
Pesanku buat sahabatku dan persahabatanku yaitu :
AKU CUMAN MAU KASIH TAU BUAT SEMUA ORANG YANG ADA
DILUARAN SANA KITA HARUS BELAJAR MEMAAFKAN, MEMAHAMI
KESALAHAN ORANG LAIN. KARENA MEREKA MEMBUAT KESALAHAN
BUKAN DENGAN TIBA-TIBA BEGITU SAJA MEMBUAT KESALAHAN,
TETAPI ITU SEMUA ADA ALASAN SEPERTI PENCURI : MEREKA
MENCURI KARENA TERPAKSA, SEPERTI PEMABUK : MEREKA MABUK
KARENA BANYAK BEBAN FIKIRAN, DAN SEPERTI PEMBOHONG
SEPERTI KU : ITU SEMUA ADA ALASANNYA BAHKAN DALAM HATI
DAN FIKIRAN KU ITU BANYAK BEBAN. SEHINGGA AKU BERBUAT
SEPERTI ITU DAN SATU HAL LAGI JIKA KAMUMENGANGGAP DIA
SEORANG PENJAHAT JANGANLAH KAMU SEKALIPUN MENYEBARKAN
AIB NYA, KARENA KARENA KAMU JUGA SAMA SEPERTI ORANG ITU.
SATU HAL LAGI JIKA KAMU SAYANG PADA SAHABATKU JANGAN LAH
KAMU MENINDAS SAAT DIA MELAKUKAN KESALAHAN DAN SAYANG
KETIKA MELAKUKAN SERIBU KEBAIKAN KARENA DALAM
PERSAHABATANBAIK BURUK ITU HARUS DI TERIMA DALAM HAL
APAPUN. ITULAH YANG DIKATAKAN SAHABAT SEJATI SAYANGI LAH
SESEORANG ITU DENGAN TULUS SALING MEMAHAMI SALING
MENDUKUNG ITU LAH GUNA NYA SAHABAT.