Malam gan.... ane mau share cerita perjuangan ane masuk ppds cardio unpad....
alhamdulilah ane sudah keterima, dan tanpa beking sana-sini atau orang gede.... ane
bukan dari keluarga darah biru keturunan dokter, ikut tes ppds kardio lewat beasiswa
ppds bk walaupun status ane waktu daftar ppds bk masih PTT...
Begitu lulus dokter ane blm berani punya mimpi utk lanjut ppds,,,krn selain masalah
biaya yg udh malu buat minta ortu lagi,,,,ane sempat kemakan isu org2 yg bilang
masuk ppds itu perlu beking kuat... saran ane buat dokter2 muda yg baru lulus, be
optimis, jangan cepat patah semangat...
Karena belum ada tujuan setelah lulus , ane lebih memilih ptt di daerah sangat
terpencil,,, itung2 berpetualang dan cari pengalaman, dan ternyata status riwayat ptt di
daerah terpencil jadi nilai plus waktu daftar ppds kardio....seperempat waktu
wawancara ane kepake buat cerita pengalaman2 seru ane waktu ptt...dan kayanya
konsulennya pada semangat denger cerita ane ... setelah ptt ane kerja di igd dan icu
salah satu rsud,,, waktu ane cerita pengalaman icu ane, mereka malah bilang sy
kurang tertarik dg cerita dari rs
Bisa ya ppds BK padahal belum PNS... Bisa,,, tapi memang perlu surat rekomendasi
sakti yg di tanda tangan bupati di daerah tempat kita PTT... ko bisa dpat surat sakti
bupati? Jadi ceritanya di rs tempat ane ptt sedang ada akreditasi,,, ada dokter umum
yg males ikut, ane malah seneng bantu2,,, nostalgia masa2 organisasi dan
kemahasiswaan di senat dulu. Karena akreditasi ane jadi sering rapat dan di panggil
direktur rumah sakit... niat awal ikhlas tanpa pamrih, di akhir akreditasi ane ditawarin
daftar pns,,, langsung aja ane bilang kalau ane mau sekolah lagi,,,, mending dpt
beasiswa daripada jadi PNS,,, jadilah direktur yg berhutang budi ke ane ngebantuin
ngurus surat sakti bupati...
Ngurusin ppds bk itu ribet, tapi agan tinggal jalani prosesnya sekitar 6 bulanan, insya
alloh seleksinya fair... asal syarat administrasi lengkap, insya alloh keterima
Daftar kardio unpad.... syarat masuk kardio bisa di browsing di web unpad
[Link] atau [Link].... ngga ada syarat aneh2, cukup kursus acls
dan ekg yg masih berlaku dan ngga perlu menghadap... ini bener2 ngga perlu krn
waktu itu ane malah cuma kirim surat lamaran ppds via pos, tinggal telp ke panitia
unpad memastikan berkas kita sudah masuk dan diterima
Surat rekomendasi : surat ini penting banget, tapi bukan satu2nya elemen penilaian.
Kalau agan punya rekomendasi dari org kuat di kardio, misal ketua perki atau
konsulen di rs ternama kaya harapan kita itu lebih bagus. Biasanya utk dapat surat
rekomendasi sakti ini byk konsulen yg meminta kita magang yg di buktikan dg buku
log... RS salamun di bandung sering jd tempat magang. Tapj bukan berarti kalau
punya surat ini jalan agan pasti mulus, surat rekomendasi hanya salah satu nilai plus,
sama kaya ptt adalah nilai plus,,, dan ada byk org yg punya surat sakti ini. Jadi selain
surat sakti agan harus punya nilai plus lain...
Ane bukan termasuk pemegang surat rekomendasi sakti, ceritanya, 3 bulan sebelum
ujia ane menghadap ke salah seorang ketua perki di kota ane.... eh beliau minta ane
magang 1 th, padahal 3 bulan lg mau ujian. Akhirnya pantang menyerah ane
berkeliling ke seluruh tempat praktek spjp yg ane tau. Sampai akhirnya ada seorang
spjp baik hati, muda yg mau kasih ane rekomendasi, akhirnya ane punya surat tapi
ngga sakti2 amat....
Nilai plus yg paling penting adalah penempatan setelah lulus yg dibuktikan dg surat
dari direktur rumah sakit. Tapi perlu di ingat, spjp itu praktek di rs tipe b dg ruang
icu...ada cerita pelamar yg malah di ketawain krn bw surat rekomendasi dari rs tipe c
di papua... tanpa icu kamu gimana mau kerja nanti....surat ini penting dan jadi jalan
pelancar buat lulus krn visi kardio unpad adalah utk memeratakan spjp terutama di
jawa barat
Magang.... magang kardio punya nilai plus yg baik...biasanya anak2 magang 1 th di
spjp atau di bagian kardiologi unpad,,,, nah untuk bisa magang ini mungkin butuh
koneksi dg ppds/ dosen... ane ngga bisa cerita soal ini soalnya ane bukan dari jalur
magang
Persiapan ujian ....ane punya waktu belajar 1,5 bulan yg waktu itu disambil dg jaga
malam di igd....ada 3 ujian :
1. Test toefl : sebenarnya ini ngga ada syarat khusu, yang penting toelf jangan jatuh2
banget... sebagai pertimbangan utk sarjana di unpad batas minimal toefl 500 dan utk
s2 550,,,yah minimal toefl berada di kisaran itu tp tidak perlu sampai 600 segala
2. Test mmpi ; test ini sifatnya psikologis, saran ane be yourself...kalau agan isi di
buat2/malah kepribadian agan nanti keluar hasil sbg org yg menyembunyikan jati diri
dan tidak tampil apa adanya....
3. Test akademik : test akademik ini penting...karena ini satu-satunya jalan mulus
agan biar diterima walaupun tanpa beking org2 kuat... yg ane tau peringkat 1-3 test
akademik punya chance kuat sekali dan hampir selalu keterima....
Untuk persiapan test akademik tidak perlua lebay sampai baca semua guideline2
kardio, karena soal2nya adalah soal fisiologi dasar jantung.... untuk test ini ane baca
buku guyton, ganong dan buku kardiovaskular physiology concept karya richard
klabunkle...ini kudu belajar yg bener krn soalnya susah banget2... alhamdulilah nilai
test ane bagus,,, padahal soal2 susah ane pake tebak2an kancing baju, kata sekre
adminya nilai ane 65, udh termasuk nilai paling tinggi sehingga jalan masuk ane jadi
mulus....
Persiapan wawancara :
Penampilan penting. Waktu wawancara byk yg pada pake jas dan dasi, mungkin biar
terlihat confident dan profesional, ane sendiri pd waktu itu pake blazer rapi
Pertanyaan wawancara : ada 3 topik besar yg ditanyakan
Pertama ttg tempat kerja, bagaimana hubungan anda dg org2 di tempat kerja, apakah
pernah ada konflik, apakah anda menikmati pekerjaa anda. Di sini waktu sy byk habis
kepake cerita pengalaman seru waktu ptt, plus cerita pengalam kerja di igd dan icu yg
bikin ane tertarik jado spjp
Kedua ttg kepribadian,,, pertanyaannya seputar bagaimana kita menghadapi stres dan
konflik, bagaiman rasa ingin tahu dalam belajar dan bagaimana kita mengupdate ilmu
setelah lulus... ane sempat kelabakan jawab, krn selama ptt dan kerja di daerah hampir
ngga pernah ikut seminar update kardiologi,,, karena kn seminar kardio emang
banyaknya di kota besar,.,,tapi waktu itu ane jawab sy suka browsing dari situs web
dan nonton video kuliah2 di youtube, cukup bisa diterima
Ketiga tentang dukungan moril dan biaya dari keluarga...dan penempatan anda setelah
lulus... kalau agan bilang setelah lulus bakal kerja di kota besar kaya jakarta atau rs
swasta, siap2 agan pasti ngga akan keterima....usahakan agan punya rs kembali rs
umum di sekitar jawa barat utk mempermulus jalan
Soal beking untuk masuk kardio itu bener apa ngga? Ane ngga munafik, kardiologi
lagi booming, dan ane yakin di seluruh center kardio pasti ada titipan. Bahkan ada yg
ane dengar semuanya hanya menerima titipan. Yg bisa ane sampaikan untuk kardio
unpad, masih ada ko tempat utk rakyat2 jelata kaya ane, bukan golongan ningrat atau
darah biru, yang bisa diterima. Untuk kardio unpad, ane dengar memang ada titipan,
tapi jumlah titipan tidak akan sampai 50% dari jumlah yg diterima... jadi ucapan2 di
atas ane rasa keluar dari mulut2 yg frustasi...yg baru mau daftar tetap semangat dan
jangan termakan isu
Apakah ipk sked dan dokter berpengaruh.... banget... syarat administratif kardio ipk
gabungan sked dan profesi minimal 3,,, dan kalau ane perhatikan kalau agan punya
ipk di atas 3,5 itu bisa jadi nilai plus alias hampir pasti keterima,,,kalau punya ipk di
bawah 3 ngga akan bisa diterima walopun pake surat sakti dari dekan ataupun rektor.
Apakah lulusan negri atau swasta berpengaruh,,, yup,,,, lulusan negri pasti jadi nilai
plus, apalagi kalau agan lulusan unpad....heheheh. ane juga lulusan unpad, tapi banyak
juga ko dari unjani, atmajaya, maranatha, trisakti yg berhasil lulus kardio unpad.
So kesimpulannya : banyak faktor2 yg jadi pertimbangan dan nilai plus utk lulus test
kardio kaya ipk, pengalaman ptt/ magang, nilai toefl, nilai test akademik, penempatan
setelah lulus, surat rekomendasi, kepribadian.... masing2 nilai plus ada poinnya,,,
poin2 ini nanti bakal di rangking, rangking teratas yg diterima....
So jangan kecil hati kalau agan kurang di salah satu poin agan masih bisa mengejar
poin yg lainnya... spt yg ane bilang, org yg punya beking mungkin punya nilai tinggi
di rekomendasi, tapi bisa saja agan yg diterima krn punya poin lebih di aspek
penilaian lainnya....
Tips ane buat yg mau ujian, jangan kemakan omongan duluan, persiapkan amunisi
nilai plus sebanyak2nya,,, siapa tahu agan bisa jadi spt ane,,,, tanpa rekomendasi/
beking kuat tapi bisa di terima.....
So selamat mencoba, dan sampai ketemu di keluarga kardiologi unpad
1. ujian FULL basic science semua. no klinis. g udh baca braunwald atau mayo.
semua berkisar di:
1. anatomi kardio
2. embriologi kardio
saya belajar dari cleveland, moore, lange.
3. fisiologi kardio
saya belajar dari klabunde, guyton, ganong, papano.
total 100 soal, soal yang keluar sangat amat detail sekali, jadi jangan belajar hanya
hal2 pokok saja. menurut saya paling banyak keluar dari guyton dan ganong. cari
contoh2 soal di internet.
soalnya susah banget, dgr2 yg 5 besar pun nilainya berkisar 50-70an
2. surat balik
ppds unpad saat ini harus ikut beasiswa rektor unpad, jadi sekolah gratis, tapi.. harus
kembali ke jawa barat. walaupun tidak ada syarat tertulis, menurut analisis saya 3
angkatan terakhir.. semua yang masuk, punya surat kembali ke rsu di jawa barat.
usahakan diurus sampai ke walikota atau bupati.
3. tunjukan minat
ikut seminar2, workshop, maju poster penelitian atau case report. khususnya yang
diadakan oleh unpad. yg rutin ada, bandung cardiology update. kemarin2 ada af day
seminar, biennual joint symposium, dan kebetulan inaecho sempat ada di unpad.
seminar2 besar kardio yg diadakan di jakarta juga baiknya diikuti. asmiha, inash,
inaacc, inahf, wecoc, inahrs. ikuti pertandingan cerdas cermat di kardio biasa di di
inash dab wecoc ada. kemarin wawancara saya seputar itu.
3. magang kardio 1 tahun atau kerja di bawah supervisi kardiolog. lebih oke lagi kalau
dapat kesempatan bisa bantu2 penelitian konsulen/residen di rshs. tp ini infonya
sangat jarang sekali dan biasanya intern unpad yg lebih tahu infonya. perbanyak
relasi, berkenalanlah dengan residen kardio rshs, siapa tahu rezeki kita bisa bantu
penelitian dan bisa menunjukan kesungguhan pada konsulen di sana.
4. ptt
5. wawancara, tidak ada kiat khusus, pertanyaan seputar kehidupan pribadi. biasanya
nilai ujian kita sedikit dibahas di sana.
6. toefl, usahakan di atas 550 atau 600.
7. tkba, ini semacam tes potensi akademik, yaa usahakan di atas 500.
menurut pengalaman, alumnus unpad diterima lebih banyak dari pendaftar luar.
misal diterima 6: 4unpad - 2 non unpad
diterima 9: 6 unpad - 3 non unpad
diterima 7: 4 unpad - 3 non unpad
tetap semangat, jangan fokus ke hal2 yg kita tidak miliki. hidup hanya sekali. ever
tried, ever failed, no matter, try again, fail again, fail better.