Cara Setting Email Pop3/IMAPS di Microsoft Outlook 2010
Apabila mempunyai domain sendiri berikut hosting, tentunya Anda bisa membuat email sendiri
yang bisa di akses melalui webmail, dan biasanya email tersebut dengan nama domain sendiri
semisal punya saya nama-email@[Link] dan kadang kita malas untuk membuka
email tersebut lewat kontrol panel semisal webmail, untuk itu supaya mempermudah untuk
mengakses email, maka saya akan memberikan tips untuk membuka email yang sudah dibuat
yang biasanya berbasis Pop3 atau IMAPS, untuk di setting melalui Microsot Outlook 2010.
Disini saya tidak perlu menjabarkan tentang cara membuat email di hosting, dan biasanya
kontrol panel menggunakan cPanel yang paling populer, dan tentunya saya anggap semua sudah
bisa membuat email tersebut, apabila masih binggung saya ada link untuk dipelajari tentang
Cara Membuat Email di cPanel.
Mari kita masuk ke materi utama yaitu cara Setting Email Pop3 di Microsoft Outlook 2010
dan jika membuka Outlook 2010 yang belum di setting sama sekali maka Anda akan menjumpai
berikut ini yaitu diminta untuk membuat New Account :
Silahkan pilih Manually Configure Server Settings karena kita akan melakukan setting
terhadap server, kemudian klik Next.
Setelah itu pilih layanan email, pilih Internet e-mail, kemudian klik Next.
Setelah itu Anda akan dibawa kepada setting account email, Anda disuruh mengisi.
Silahkan isi sesuai dengan data email Anda, untuk [Link] bisa di isi dengan
namadomain milik sendiri, kemudian email juga disesuaikan dengan nemail yang sudah dibuat,
kemudian perlu untuk setup Port, supaya bisa sambung antara microsoft Outlook dengan server
email hosting.
Klik pada More Setting, kemudian klik Advanced dan silahkan isi port sebagai berikut ini :
Catatan : Jika Outgoing 26 tidak bisa, bisa dicoba 25.
Kemudia klik OK.
Kemudian silahkan klik Test Account Settings untuk mencoba koneksi dari Outlook ke server
Hosting.
Biarkan berjalan beberapa saat untuk melakukan test, dan jika sudah selesai hasilnya sukses
ditandai dengan centang hijau, kemudia jika sudah selesai klik Close.
Setelah itu klik Finish.
Setelah
selesai klik Finish, Anda sudah bisa berhasil setting email di webmail Anda di Microsoft
Outlook 2010 dengan ditandai email pertama dari Microsoft Outlook seperti gambar dibawah ini.
Tentunya Andabisa mencoba cara seperti ini untuk setting email webmail yang berbasis Pop3
atau IMAPS pada Microsoft Outlook 2010, semoga bermanfaat.