LANGKAH-LANGKAH KERJA KONFIGURASI MIKROTIK 1
[Link] pertama adalah koneksikan port 1 ke router dan port 2 ke
Komputer jalankan winboxnya,kemudian buka tab neighbors.
seperti gambar dibawah ini
Kemudian klik “connect”.selanjutnya
Kita akan mendapatkan tampilan seperti berikut:
[Link] anda masuk ke mikrotik,pertama-tama kita akan mulai dengan
merubah nama interface,agar tidak menyulitkan kita untuk mencari
Port mana untuk yang mana.
Klik tombol interface maka akan muncul jendela baru,yaituList
interface.
Double klik pada salah satu intreface untuk mengubah
namainterface [Link] beri nama ethernet 1 “internet”.
lihat contoh pada gambar dibawah ini:
[Link] memberi ip pada setiap ethernet,pertama kita beri ip
pada interfaces [Link] nya sebagai berikut:
Klil ip > address > “+”
Address [Link]/24
Kemudian klik “ok”
Dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
[Link] selanjutnya membuat gateway dengan cara sebagai berikut:
“Klik ip” > “Routes” > “+”
Gateway : [Link]
Klik “ok”
[Link] itu,kita akan setting DNS [Link] cara sebagai berikut:
[Link]
[Link]
setelah itu centang : “allow remote request”,kemudian klik “ok”.
maka tampilan nya seperti Gambar berikut ini:
[Link] langkah selanjutnya adalah membuat [Link] nya seperti dibawah ini
“Klik ip” > “firewall” > “nat” > “+”
Tab general
Chain = srcnat
Out-interface = ether1
Out-interfaces = ether2
Maka tampilan nya seperti gambar dibawah:
Tab action
Action = masquerade
Kemudian klik “ok”
Maka tampilan nya akan seperti dibawah ini:
[Link] selanjutnya adalah kita akan konfigurasi dhcp server,dhcp server
berfungsi untuk membagikan ip secara otomatis kepada client.
[Link] setting ip pada komputer anda masuk menu change adapter
options,lalu obtainkan ip address komputer anda,lalu klik [Link] akan
mucul gambar seperti dibawah ini:
[Link] mengecek status koneksi [Link] new terminal kemudian
check dengan ping [Link]. seperti gambar dibawah ini:
[Link] meyakinkan bahwa inter sudah berjalan di laptop kita,selanjutnya
kita bisa buka command prompt caranya klik tampilan windows didalam
kotak search programs,ketik CMD – enter lalu ketik ping [Link] jika
status replay maka menunjukkan bahwa laptop kita sudah terkoneksi
internet seperti gambar berikut: