Adegan 1: lingkungan rs marinir cilandak
Terdapat 1 orang staf rumah sakit marinir cilandak sedang berjalan keluar dari
Koperasi,orang itu berjalan sambal menundukan pandangan dan memegang
dada kirinya.
Tiba tiba orang tersebut terhenti dan langsung tergeletak di depan ruangan
koperasi
Tidak lama kemudian salah 1 staf rumah sakit yang lain melihat orang tersebut
terjatuh.
Staf 2:”pak pak pak”! panggil orang tersebut sambil memukulkan tangan ke
Pundak korban.
Korban tidak merespon,staf 2 memberikan rangsangan nyeri pada jari korban.
Korban tetap tidak merspon.
Staf 2:”tolong tolong”,ada orang tidak sadarkan [Link] aktifkan code blue”
Staf 2 lalu melakukan Tindakan resositasi jantung paru pada korban
Petugas koperasi yang mendengarkan teriakan itu langsung menelpon ke
penjagaan
Petugas koperasi: halo apakah benar ini dengan penjagaan?
Penjagaan: benar ada yang bisa di bantu
Petugas koperasi: tolong ada orang yang tidak sadarkan diri di depan koperasi
rumah sakit cilandak. tolong aktifkan code blue!
Penjagaan: baik laksanakan.
Penjagaan langsung mengaktifkan kode blue
Penjagaan: perhatian perhatian code blue code blue di depan ruangan
koperasi rumah sakit marinir cilandak.
Adegan 2
Tim kode blue yang mendengar pengumuman tersebut langsung siap siaga
berlari menuju tempat kejadian
Setelah sampai di tempat kejadian
Leader: semua tim ambil alih di posisi masing masing!
Leader menanyakan kepada staf 2
Leader: apa yang terjadi? Boleh ceritakan secara singkat pak.
Sataf 2: saya menemukan laki laki berusia kurang lebih 30 tahun jatuh di depan
ruang koperasi setelah saya cek respon rangsang nyeri dan nadi korban tidak
merspon dan tidak ada nadi. Saya langsung melakukan resositasi jantung paru
sebanyak 5 kali.
Leader: baik pak Tindakan resositasi jantung paru kami ambil alih terima kasih
Tindakan resositasi jantung paru di ambil alih oleh code blue
Setelah 1 siklus
Leader: cek nadi tidak ada tukar posisi lihat monitor gambaran pea,lanjutkan
rjp dan berikan 1mg epinefrin
Setelah 2 siklus
Leader: cek nadi tidak ada tukar posisi cek monitor gambaran [Link] rjp
dan siapkan alat defibrillator sebesar 200 joule dengan alat bifasik.
Leader: hentikan [Link] meletakan pad pada dada korban leader
berkata Im clear, you are clear,evreybody clear.
Tim: clear!
Leader: charge!
Setelah aliran listrik di hantarkan gambaran monitor berubah menjadi sinus
rhytym
Leader: cek nadi terabah cek monitor sinus rhytym saturasi 97%,ubah menjadi
simple mask siapkan petugas tandu untuk mengevakuasi korban ke igd.
Petugas tandu dating mengevakuasi korban dengan posisi recovery
Leader menelpon ke igd
Leader: halo saya dokter gama saya akan mengevakuasi korban laki laki kurang
lebih berusia 30 tahun postcardiacarrest di depan koperasi. Pasien sudah rosc
dengan hemodinamik stabil.
Dokter igd: baik silahkan dikirim
Leader: terima kasih
Adegan 3
Korban di evakuasi menggunakan berangkar menujun igd
Setelah sampai di igd korban di masukan kedalam ruangan resositasi dan
dipakaikan alat monitoring yang lebih [Link] dan dokter igd operan
tentang keadaan korban terkini. Setelah itu leader mengevaluasi kinerja tim
code blue.