Cara Mengetahui Fitur Auto Cut-Off Baterai Laptop ASUS
Cara Mengetahui Fitur Auto Cut-Off Baterai Laptop ASUS
Ketika kalian memiliki laptop, yang harus diperhatikan adalah cara pengisian ulang
baterainya. Jangan sampai baterai laptop kalian menjadi overcharge yang akan berdampak
pada penurunan umur baterai. Selain itu baterai laptop juga tidak bisa bertahan lama (baca:
ngedropan). report this ad
POS TERBARU
Rekomendasi Smartphone
dengan Fitur Vide…
report this ad
Cara Membuat Link WhatsApp
Langsung Chat…
5 REKOMENDASI
Nah, laptop ASUS yang saya pakai ini memiliki fitur Auto Cut-Off Baterai. Yang artinya
Rekomendasi Smartphone dengan Fitur Video
adalah ketika laptop digunakan dalam keadaan dicharger jika sudah mencapai 100% maka
Terbaik 2021
secara otomatis akan memutus arus ke baterai, dan penggunaan daya dialihkan dari
Rekomendasi Ultrabook Tipis dan Ringan
adaptor langsung. Sehingga ini tidak membuat laptop menjadi overcharge dan tetap aman Terbaik Tahun 2021
digunakan sambil dicolok listrik meski sudah full. Rekomendasi Laptop Gaming Di Bawah Rp 10
Juta
Laptop ASUS yang saya gunakan adalah tipe A455L Series (A455LD-WX1110D). Baca 5 Aplikasi Edit Foto Jadi Video Terbaik Android
: Review Laptop ASUS A455L Series Wajib Kamu Miliki
Rekomendasi 5 HP Gaming 1 Jutaan Yang
Saya rasa untuk laptop ASUS keluaran terbaru semuanya sudah ada fitur ini. Terjangkau
Tapi jika Anda masih ragu dan ingin mengetahuinya, bisa melakukan beberapa langkah di
bawah ini.
#1 Download dulu software Battery Care. Software ini nanti hanya untuk mengecek jika
tidak ada daya yang masuk setelah fitur Auto Cut Off berjalan. Silahkan download di sini.
#2 Gunakan laptop sambil dicharger. Untuk bisa mengeceknya, silahkan gunakan laptop
ASUS kalian sambil dicharger hingga kapasitas full. Kalau sudah full, jangan dilepas dulu.
#3 Arahkan kursor ke indikator baterai. Nah, jika kapasitas baterai sudah full, sekarang
tinggal arahkan kursor ke atas indikator baterai. Maka jika laptop kalian ada fitur “Auto Cut-
Off” akan muncul informasi “(plugged in, not charging)“. Jika muncul seperti ini, berarti
laptop ASUS kalian ada fitur ini. Plugged in, not charging ini maksudnya adalah charger
tetap hidup, tetapi tidak melakukan pengisian ulang baterai (not charging). Lhoh, jadi arus
listrik dari charger kemana? Ya dialihkan ke laptop langsung, jadi laptop pakai daya dari
adaptor langsung, bukan baterai. Jika charger dicabut, baru daya diambil dari baterai.
report this ad
Berlangganan
#4 Buka software Battery Care. Untuk lebih memastikan lagi, silahkan buka software
Battery Care yang sudah didownload dan install di laptop kalian. Silahkan masuk ke bagian
‘Detailed Information‘ lalu perhatikan informasi tentang ‘Charge/discharge rate‘. Jika
nilainya “0 W” artinya tidak daya yang masuk ke baterai, jadi fitur auto cut-off telah berfungsi.
Seperti itu cara mengetahui fitur Auto Cut-Off baterai laptop ASUS. Oh ya, sangat
disarankan agar selalu menghubungkan baterai ke adaptop meskipun kapasitasnya masih
full, ini untuk laptop ASUS aja lho ya. Soalnya dengan adanya fitur tersebut dan jenis baterai
yang Lithium Polymer, justru akan membuat baterai lebih awet dan tahan lama.
report this ad
SEBARKAN
POS TERKAIT
Rekomendasi Laptop ASUS ROG Zephyrus G14, HP Envy 13 X360 AMD Ryzen
Gaming Di Bawah Rp 10 Juta Laptop Gaming Ringan 7 2700U, Rp 15 Juta untuk
dengan Performa Menawan Profesional
report this ad
Tinggalkan Balasan
Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *
Komentar
Nama* Email*
Kirim Komentar
153 Komentar
daffa althof
21 Juni 2016 pukul 04:45
gan terus kok punya ane tulisanya fully charged 100%, itu tandanya aktif nggak nggan auto cut nya
Balas
virmansyah
21 Juni 2016 pukul 05:06
Aktif, loe cabut aja chargernya, kalau udah 98% pasang lagi entar juga kelihatan…
Balas
dirga
31 Mei 2018 pukul 10:27
nah yg gw sama kyk gini min .. gimana tuh .. bknnya klo kita mencabut charger dalam keadaan
nyala .. bisa berakibat fatal ke batre dan komponen lainnya .. pernah baca sih jadi konslet
Balas
VIRMANSYAH
31 Mei 2018 pukul 10:55
Aman ah. Nggak bikin konslet. Mungkin yang konslet itu karena emang laptop yang
baterainya udah soak kali.
Balas
Rafli05
12 Juni 2018 pukul 20:05
Balas
Adam Rifaldy
30 Juli 2016 pukul 14:26
gan punya ane udah plugin , not charging , tetapi saya cek di battery care , arus listrik masih masuk ,
jadi bukan 0 W , gmna gan??
Balas
virmansyah
30 Juli 2016 pukul 15:00
Balas
Roffi Anugrah
7 Agustus 2016 pukul 01:03
GAN PUNYA ANE PAS UDAH 100 persen malah fullcharge tulisannya. Terus ane cabut udah gt colok
lagi,ttep full charge tulisannya. TAPI ANE CHECK BATTRE CARE GADA DAYA MASUK KE LAPTOP
“0” itu aktif ttep?
Balas
virmansyah
24 Agustus 2016 pukul 17:51
Aman gan…
Balas
ricky
24 Agustus 2016 pukul 17:33
Gan laptop ane asus X455LA, charge/discharge rate 0 W setelah 100%, tapi “fully charged” bkn
“plugin, not charging”…..kira2 auto cutoff ny aktif g ??
Balas
virmansyah
24 Agustus 2016 pukul 17:51
Aktif gan
Balas
Yoyo
24 Juli 2020 pukul 10:15
Balas
VIRMANSYAH
24 Juli 2020 pukul 10:30
Balas
latif
9 September 2020 pukul 08:48
itu mungkin udah di setting ke mode seimbang. jadi batas maks 80%
Balas
Fadhil Amadan
24 Agustus 2016 pukul 21:58
Gan, untuk ini solusi’nya bagaimana?
Balas
virmansyah
24 Agustus 2016 pukul 22:01
lepas charger, biarin sampai 95-98% lalu coba pasang lagi chargernya. terus cek.
Balas
Daffa Putra
28 Agustus 2016 pukul 09:45
gan kalo charge/ discharge nya +3.0W dan tapi “fully charged” bukan “plugged in, not charging”
gomana ya gan?
Balas
virmansyah
28 Agustus 2016 pukul 13:13
Ya wajar. kalau sudah “plugged in, not charging” tapi charge/discharge nya nggak 0 W, itu yang
tidak wajar.
Balas
Azkal
18 September 2016 pukul 17:49
Gan mau nanya, ane laptop asus a455ld di charger udah 100% tapi di battery care masih ada +1.1w
gimana yah ? Kalau di logo battery ada tulisan not charge
Balas
Ahmad Reynaldy
19 September 2016 pukul 05:53
Gan, ane baru beli laptop 3 hari, cuma wear lifenya udah 8,3% aja. Berarti kenapa ya gan? Terus
bisa dikurangi ga?
Balas
S Adi Firmansyah
19 September 2016 pukul 09:48
Balas
Rizal Alfari
11 Oktober 2016 pukul 23:19
Gan punya ane Asus Seriea a455l (X455LAB). Bener gan punya ane ada tulisan Plugged in, not
charging.
Tapi yakin gan kalau ane Pakai sambil di charging ga bakal ada masalah terhadap baterai, dan malah
menambah daya awet baterai?. Keseringan saya Charging + nge Game gan.
Balas
virmansyah
11 Oktober 2016 pukul 23:24
Aman gan…
Balas
Obonk
14 Oktober 2016 pukul 03:36
gan ane baru pake laptop asus ane kurang dari sebulan, awalnya kalo udah full charge 100% status
batrenya langsung berubah jadi “Plugged In, not Charging”. Terus ini sekarang kalau sudah full 100%
statusnya tetep aja “fully charged” dan tidak berubah ke “Plugged In, not Charging”.
Gimana cara ngatasi ini gan..plis help.. oh iya laptop ane asus a456uq.
Balas
virmansyah
14 Oktober 2016 pukul 23:45
Sebenarnya sih tidak masalah. Coba pas Fully Charged di cek pakai battery care, nanti
charger/discharger nya berapa, kalau 0 W, nggak masalah.
Kalau mau berubah ke plugged in, not charging, bisa dilepas dulu chargernya, kalau udah < 100%
bisa ditancap lagi…. terus cek…
Balas
nao
14 November 2019 pukul 14:48
kalau saya sudah melakukan seperti ini tapi tetap tertulis 99% available (plugged in) gimana ya
gan? apakah aman? kalau dulu saya pakai bisa plugged in, not charging, sekarang sudah tidak
bisa lagi.
Balas
Stephen Evan
14 Oktober 2016 pukul 23:39
gan, punya ane asus X450JB.. setelah ane charge sampai 100% trus ane lepas chargernya hingga
baterai 97% kemudian ane charge lagi.. tulisannya memang plugged in, not charging. battery status
di baterrycare juga full charge tapi charge/discharge rate nya -13.2W.. itu maksudnya apa ya gan?
Balas
virmansyah
14 Oktober 2016 pukul 23:49
Charge/discharge Rate: Apabila baterai Anda belum penuh dan dalam kondisi charge, nilai ini
menunjukkan berapa daya yang mengalir yang mengisi baterai Anda. Yang perlu Anda waspadai
adalah ketika baterai Anda telah penuh, jika nilai rate ini masih berada pada nilai pengisian normal
(tidak mengecil atau tidak nol), maka berarti laptop Anda tidak dilengkapi dengan pengalih arus
otomatis. Bila pengisian diteruskan, maka bisa merusak baterai karena akan membuat baterai
menjadi over capacity.
Balas
Stephen Evan
15 Oktober 2016 pukul 00:25
Balas
ikram putra
23 Oktober 2016 pukul 13:48
Balas
virmansyah
23 Oktober 2016 pukul 14:15
Kurang tahu, mungkin ada pembaca lain yang tahu? Silahkan bantu infokan
Balas
Armada Yogi
28 Oktober 2016 pukul 03:01
gan…lptp sya asus x450jb…baterai masih 88%, tp udh plug in not charging…itu gra2 auto cut off nya
atau baterai lptop ny yg udh rusak gan?…status d batrai care nya 0 W..
Balas
virmansyah
28 Oktober 2016 pukul 15:00
Seperti sudah ada auto cut off nya. Maaf belum pernah pegang laptop seri ini jadi tidak pernah
kasih kepastiannya
Balas
oca
7 November 2016 pukul 18:32
Mau tanya. Laptopku asus k401lb, pertama beli daya batre kira bisa sampe 5-6 jam. Trs skg jdi cm 3
jam-an. Pdhl setiap memakai laptop saya selalu sambil cas. Umur laptop udh 6 bulanan.
Apa mmg sperti itu ya?
Trims
Balas
virmansyah
7 November 2016 pukul 20:39
Perlu diketahui, daya tahan baterai bukan hanya soal berapa lama umur laptopnya, tapi juga
pengaruh dari penggunaan aplikasi atau aplikasi yang terinstall dan berjalan. Semakin banyak
aplikasi background yang berjalan, maka juga berdampak pada penurunan daya tahan baterai.
Wajar jika waktu pertama kali beli bisa sampai 6 jam. Karena waktu itu belum banyak aplikasi yang
terinstall dan penggunaan juga belum tinggi.
Balas
Aldy Widiarto
21 November 2016 pukul 15:57
kalo kaya gini gimana om ? ada fitur auto cut offnya tapi Charge/discharge ratenya ga 0 W ?
Balas
virmansyah
24 November 2016 pukul 09:08
Balas
virmansyah
28 November 2016 pukul 20:18
Balas
Faisal
29 November 2016 pukul 11:49
Balas
faisal
1 Desember 2016 pukul 20:16
bang.. kalau baterai jenis li-ion.. bisa berfungsi ga bang.. Auto Cut-Off Baterainya ?.. trnyata
yang saya punya baterai jenis li-ion type x200ca bukan li-po
Balas
virmansyah
1 Desember 2016 pukul 21:57
X200CA itu netbook kan ya, sepertinya sudah. Ya dicek aja, kalau muncul “Plugged in, not
charging” ya berarti ada auto-cut off nya
Balas
Faisal
5 Desember 2016 pukul 10:55
Hendro
23 April 2020 pukul 14:46
Gan mohon pencerahan nya Mode auto cut aku ud beberpa kali aku cek kok keterangan nya
avaiable plug in. Ud tes cabut dan colok lagi malah isi daya dari 96% – 100% padahal device
nya ada keterangan acpi.. Ini pengaruh apa ya.. Laptop lenovo ideapad 110 amd a9 gan…
Balas
Untuk asus tipe x450cc sih bisa kaga yah.. Tapi di batere carenya engga nol =.=
Balas
virmansyah
1 Desember 2016 pukul 21:58
Wah kurang tau yang tipe itu
Balas
billybuntoro
2 Desember 2016 pukul 11:11
Balas
virmansyah
2 Desember 2016 pukul 13:01
Balas
crz
14 Juli 2017 pukul 02:14
Balas
indra
18 Desember 2016 pukul 00:23
gan klo discharge/charge nya +1.0 W itu apa brrti auto cut off di laptop ane jga ada ?
Balas
DarkCyber
18 Desember 2016 pukul 07:47
gan punya saya plugin not charging 98% tapi charge discharge ratenya 1 watt apa itu auto cut offnya
aktif ?
Balas
Naufal
15 Januari 2017 pukul 09:00
gan kalo ane udh 100% tapi bacannya fully charged bukan plugin nit charged,, tapi di batre care 0
W.?
Balas
virmansyah
15 Januari 2017 pukul 23:00
Aman gan
Balas
Sony Bahtiar
3 Februari 2017 pukul 09:15
punya saya juga asus a455l tapi kok gak sama ya ini ada ss nya
Apa tidak apa-apa tapi di notif batrai saat 98% dan saya cokokkan chargernya Plugged in, not
charging
Balas
virmansyah
3 Februari 2017 pukul 13:15
Balas
Reza Fahlevi
11 Februari 2017 pukul 21:46
gan laptop saya merek asus a455l intel core i3 ram 4gb saya kan sering main dota sampai berjam2
biasanya dari malam sampai pagi pakai laptop ini klo saya charger dari malam sampai pagi gpp gk
gan? tapi keadaan auto cut udh nyala gan sudah saya check di ikon baterainya dalam keadaan not
charger dan di batterycare daya yang masuk 0w? mohon pencerahan nya dan kada om saya laptop
apapu klo d charger lebih dari 4 jam bisa overcharger atau drop .. gmana ni gan
Balas
virmansyah
12 Februari 2017 pukul 12:15
Iya, bisa overcharger dan membuat baterai tdk awet, TETAPI jika laptop tidak ada fitur auto cut off
baterainya. Nah, karena laptop yang kamu pakai ada fitur auto cut off nya, jadi aman.
Balas
budi
14 Mei 2017 pukul 10:54
gan punya ane asus A455L core i3 tapi pas saya lihat baterai 99% tapi discharger gak 0 W, gmna
gan ? ada gak fitur auto cut nya? tapi ane masih bingung laptop agan kan sama dgn saya tapi kok
gak 0 W dischargernya?
Balas
S Adi Firmansyah
22 Mei 2017 pukul 12:43
Balas
Cat
18 Mei 2017 pukul 10:27
Gan, laptop saya asus X455DG, kan baterai tanam. waktu saya arahkan ke indikator dia tertulis full
charge aja. Apakah laptopnya ada fungsi auto cut off nya? Makasih
Balas
S Adi Firmansyah
22 Mei 2017 pukul 12:44
Sepertinya ada.
Balas
Dfaet haenz
24 Mei 2017 pukul 02:21
Bang makasih banyak atas ilmunya
Balas
koko
27 Juni 2017 pukul 10:47
Jangan di download baterry cecknya, entar kalo diinstal kna adds dowmloader/malware, walupun
udah di disagre instal yg laen , kalo udah kna malah repot kayak ane
Balas
Iyan
25 September 2017 pukul 10:09
Balas
ARYFEBRIARY
11 Juli 2017 pukul 08:51
hal paling gampang untuk cek laptop kalian ada fitur auto cut atau gak tanpa perlu instal software.
pergi ke device manager, trus klik batteries nah kalau ada Microsoft ACPI-Compliant control method
battery tanda nya ada auto cut nya :)
Balas
IFADWORLD
20 Juli 2017 pukul 23:30
wah thx info gan, ane jadi lebih santai :v karena di win 10 RS update malah fully charged mulu klw
full, beda sebelum update di build 10240 bisa ada tulisan not charging
Balas
ais
10 Agustus 2017 pukul 23:50
Balas
Rizky
4 Oktober 2017 pukul 11:22
Gan, laptop ane masih 75% tapi malah pluggin not charging. Itu knp gan? Btw laptopnya ASUS
A456U. Thanks
Balas
S Adi Firmansyah
4 Oktober 2017 pukul 11:42
Balas
Lita
9 November 2017 pukul 20:34
Gan, laptop ane udah 100% dan tulisannya plug in, charging, tp wkt ane cek charge/discharge 0 w,
brrti auto cut off nya udah jalan ya?
Balas
S Adi Firmansyah
9 November 2017 pukul 21:42
Balas
Hadi P
16 November 2017 pukul 20:37
gan ane mke asus rog.. ane bingung… baterai laptop ane dah dicharge teruss tapi mentok nya
hanya sampai 88%… gak mau naik lagi smnjak kmrin.. dan tertulis charging…. teruss gimana ya gan
biar bsa 100% lagi pada baterai nya… ane takut baterai ane ke charge terus dan jadi bocor krna cmn
mentok 88% dan tulisannya charging…
Balas
S Adi Firmansyah
16 November 2017 pukul 20:42
Coba digunakan (tanpa dicharger) sampai 20-30% mas. Kemudian sambil dicharging.
Balas
ray
13 Desember 2017 pukul 08:16
Gan laptop saya (asus a455l), dalam posisi on dan dicharger tapi kipasnya kurang stabil, kadang
normal sekitar 2600an RPM kemudian seteah 30detik langsung muter kencang sampai 3800an RPM
setelah beberapa detik turun lagi sampai 2600an RPM…. kalo tanpa dicharger kipasnya stabil di
2600an RPM…
kira2 ini normal, atau gimana ya ???
Balas
S Adi Firmansyah
13 Desember 2017 pukul 10:12
Perputaran kipas itu menyesuaikan sama tingkat penggunaan prosesor. Kalau prosesornya lagi
high usage, biasanya RPM akan kenceng sendiri.
Balas
ray
13 Desember 2017 pukul 13:29
tapi ini dalam posisi nge-charge, dan gak buka aplikasi apa2.. perputarannya naik turun kadang
cepat, kadang lambat dan durasinya hanya berselang beberapa detik..
Tapi kalau dalam posisi daya Baterai, walaupun buka browser dll, kecepatannya stabil di 2600an
RPM.
Balas
S Adi Firmansyah
13 Desember 2017 pukul 13:52
Coba cek Task Manager, jangan-jangan ada task yang berjalan dan membutuhkan resource
tinggi, yang mana bisa saja itu diakibatkan virus.
Balas
michaell
21 Desember 2017 pukul 19:55
bang kalo kena cutoff di 59 persen gimna tdi wa sudah saya habisin 30 persen terus saya charge
mlah stuck lgi di 59 apa perlu di habisin sampe 0
Balas
agung
2 Januari 2018 pukul 12:52
bg, pake laptop acer bisa gk? atau ada gitu aplikasi yg bisa buat saat di cas gk penuh?
Balas
Obet A. Atani
6 Januari 2018 pukul 11:01
Gan…saya mau tanya…saya punya NoteBook Asus bateraynya 0% tulisannya plugged in. saat
casnya dicabut Notebook langsung mati. mohon bantuannya. terima kasih banyak.
Balas
S Adi Firmansyah
6 Januari 2018 pukul 14:18
Lha kalau indikatornya 0% ya jelas mati kalau chargernya dicabut. Tapi itu plugged in charging
atau tidak.
Balas
geryy
14 Januari 2018 pukul 19:01
Balas
Chusairi
14 Februari 2020 pukul 13:30
Baterai hanya bisa dicas sebentar 15 persen terus casnya gk fungsi panas indikator cas mati
lampunya knp y
Balas
VIRMANSYAH
14 Februari 2020 pukul 21:47
Balas
Farker
16 Januari 2018 pukul 22:12
Mantab mhanx , bermanfaat infonya. Lenovo 320 14IKB ada ternyata, jadi bisa nambahin info ke
temen” yg biasanya ngeyel kalo cas tanpa batre lebih baik dari ngecharge pake batre pas main game
/ usage yang intensif.
Balas
aldhy
21 Januari 2018 pukul 00:34
gan laptop ane x441uv kalo sudah penuh 100% tulisannya plugged in, discharging. Apa itu aman?
Balas
didin
22 Januari 2018 pukul 13:25
Balas
S Adi Firmansyah
23 Januari 2018 pukul 13:34
Itu laptopnya yang kek gimana ya? :D Kurang tahu kalau yang itu
Balas
Bel
23 Januari 2018 pukul 11:38
Gan laptop sy di charging tapi charge/discharge rate nya 0% trs ganambah tuh persentase batrainya
gmn nih gan?
Balas
S Adi Firmansyah
23 Januari 2018 pukul 13:32
Balas
Denny Widyanto
29 Januari 2018 pukul 13:50
Gan, baterai laptop saya stuck di 89, notifny plugged in, charging. Kira-kira masalah dmn ya?
Sblumnya masih bs nympe 90an 100 gitu, tpi skrg stuck disitu.
Note : Info scpatny bagi yang pernah mengalami ini dan cara ngatasin, saya tidak mw ke SC sblum
cek scara pribadi.
Balas
S Adi Firmansyah
29 Januari 2018 pukul 14:04
Laptopnya sudah berumur berapa tahun? Penggunaan kalau sudah lama, biasanya ya karena
umur. Coba di kalibrasi dulu.
Balas
Wahyu
13 Februari 2018 pukul 06:05
Gan mohon bantuanya laptop ane gak tau kenapa, waktu di cas baterainya ada tulisan plugin,
charging. Tapi kok batrainya gak nambah ya padahal udah di cas semalaman ,tetep di 0%. Maka dari
itu laptop ane gak ada daya baterainya soalnya kalo di cas tetep aja gak nambah, terus waktu aku
cabut cas nya , laptop nya langsung mati,. Tapi saat kondisi mati, laptop ane cas dan bisa nyala tapi
baterainya gak nambah. Ane gunain untuk nonton video, eh layarnya mati tapi masih ada suara video
yang lagi ane putar, ane pikir ini mungkin karena baterainya 0% jadi gak kuat, solusinya gimana gan,
plis. Laptop saya asus x452. Mohon bantuanya,
Balas
VIRMANSYAH
13 Februari 2018 pukul 12:53
Balas
rizki
2 Maret 2018 pukul 22:28
Gan laptob asus x441uv saya lupa cabut cas semalaman, gimana tu gan ? Katanya kan arus
langsung mengalir ke laptob ketika batery penuh, nah ketika laptob tidak digunakan apakah akan
merusak laptob ataupun bateraynya gan ?
Balas
VIRMANSYAH
3 Maret 2018 pukul 13:55
Balas
Bilal
4 Maret 2018 pukul 16:27
gan laptop x441uv batre saya sudah 99% dan tidak mau mentok ke 100% tapi dibacaan nya itu
(plugged in, charging), kenapa gak (plugged not charging) ya ? terus saya lihat battery care itu aliran
listrik nya masuk terus ke batre tapi kapasitas nya ga nambah sampai maksimum misal 32000
(maksimum) cuma mentok di 31203
Balas
anonymous
14 April 2018 pukul 15:04
gan itu sistem auto cut offnya berlaku pada kondisi laptop yang mati gk atau harus dinyalain ?
Balas
fera estiana
23 Juni 2018 pukul 08:28
Notebook ane x200ma ini kenapa mentok charging 80% ya. Butuh solusinya
Balas
VIRMANSYAH
28 Juni 2018 pukul 10:55
Balas
Yayan
5 Juli 2018 pukul 12:48
Gan, ini kenapa ya, padahal udah ada tulisan 98% (colok masuk, tidak mengisi daya), tpi
Charge/discharge rate nya -5.3 W, gak 0 W, ini kenapa yaa ?
Balas
noer
24 Juli 2018 pukul 17:37
Balas
Awal Nuripal
20 Agustus 2018 pukul 13:43
punya saya wear levelnya 12% apa itu normal? klo lebih tinggi lagi dampak nya apa sama laptop
saya? asus a456ur-kabylake
Balas
Zen
16 Oktober 2018 pukul 07:01
punya saya itu setelah baterai mencapai 61%,dia gak ngecas lagi. tulisannya “plugged in, not
charging” itu gimana cara ngubahnya ya biar bisa penuh sampe 100%?
Balas
VIRMANSYAH
16 Oktober 2018 pukul 10:22
Balas
Arshal
23 Oktober 2018 pukul 12:58
Asus A455L. Batre 99% udah saya lepas dan saya colok lagi chrgrannya tp bacaan nya plugged in,
charging. Trus di Battery care . “Charger/Discharge rate : +2.2W. itu aman gak ya gan kalo dimainin
sambil nge charger?
Balas
Ryan
10 November 2018 pukul 23:53
Kalo di battery care nya bukan 0w tapi -16 w . itu gimana gan apakah ada fitur auto cutnya?
Balas
farkhanarief
25 Desember 2018 pukul 14:04
Balas
Musen
6 April 2019 pukul 10:29
Balas
VIRMANSYAH
6 April 2019 pukul 12:52
Settingan apa ya yang dimaksudnya? Auto Cut-Off Baterainya kah? Kalau iya, ini tidak ada
settingannya. Ini udah diatur sedemikian rupa dari hardwarenya sendiri.
Balas
Tullah
26 April 2019 pukul 19:14
Laptop saya setiap di charge selalu ada tulisan plugin,not charging dan stuck di 28% dan tidak mau
naik,saya pun juga cek keesokan harinya juga tetap sama stuck di 28%
Kira kira itu kenapa ya,apa fitur cut off nya aktif?
Balas
VIRMANSYAH
26 April 2019 pukul 21:34
Balas
steven
28 April 2019 pukul 07:28
gan punya saya batrenya udah full tapi tulisannya terisi penuh 100% itu tandanya ada auto cut off
atau gk pls dijawab ya gan
Balas
komangtp
25 Mei 2019 pukul 01:01
oke gan saya mau bertanya laptop saya sudah ada tulisan plug in not charging dan saya sudah max
in ke 80%, nah pas baterai laptop habis dan dalam keadaan mati di cas sampe semalaman,apakah
itu akan auto cut apa tidak?
(dalam keadaan mati di cas semalaman)
Balas
Putri
25 Mei 2019 pukul 21:32
Mau tanya dong ini sy baru beli asus baru 2 hari ini x441b amd a9. Kok btrei ny boros bgt trus kl di
charge cuma smpe 99% aj gsampe 100%. Itu gmna y? Tlong dbantu plis
Balas
VIRMANSYAH
26 Mei 2019 pukul 16:28
AMD A9 memang boros baterai. Kalau AMD yang hemat baterai itu yang AMD Ryzen
Balas
Putri
26 Mei 2019 pukul 16:44
Oh gitu y jdi ga ad masalah y ka? Barusan ke tokony dgnti unit baru juga ttp aj btrei ny boros
sama 100% ny lama bgt. Kurang lebih turun persen ny per 1menit.
Balas
VIRMANSYAH
27 Mei 2019 pukul 10:16
Ya begitulah prosesor AMD. Kalau mau beli laptop yang prosesornya AMD mending yang
pakai AMD Ryzen. Atau beli saja yang prosesornya Intel.
Balas
Chelo
19 Juni 2019 pukul 22:24
Boss,. Pux sy Asus x441m ko Betrey keterangan cager masuk, tidak terisi Betrey
Solusi ya gimana bos
Balas
Aldy
23 Juli 2019 pukul 07:07
Mas mohon infonya nih, saya baru beli vivobook A407U … apa ada cara lain untuk mengecek laptop
kita ada fitur cut offnya ada atau tidak tanpa software ? Jika ada mohon arahannya
Balas
Alvin aditya
22 September 2019 pukul 17:19
Bang laptop gue asus X441U , kan lagi gue mainin sambil ga di chas , abis itu gue angkat/dipindahin
kok langsung mati , tapi pas gue mainin sambil dichas abis itu gue angkat / pindahin engga knp” ,
kalo boleh tau itu gara” apa ya bang?
Balas
njeyyy
14 November 2019 pukul 22:44
misi numpang bertanya , saya menggunakan asus ROG strix III cuman kok saya colok adapter ke
leptopnya tetep 0% ya ga naik2 solusinya begimana?
Balas
angelajosephine
14 Desember 2019 pukul 09:32
Kak Asus X453M mentok ngecasnya 96% trus tulisannya plugged in, not charging dan selalu begitu..
trus gmnaa yaa?
Balas
VIRMANSYAH
21 Desember 2019 pukul 16:35
Balas
zamzam mubarok
19 Desember 2019 pukul 22:23
gan laptop saya tiba-tiba mati padahal di icon sisa batre 50 % tapi tiba-tiba laptop mati asus x441n
Balas
hamba tuhan
27 Desember 2019 pukul 10:17
Balas
catur abp
19 Januari 2020 pukul 17:22
Asus x202e saat nge-charge mati hidup mati (indikatornya?), Kondisi laptop off. Itu rusak chargernya
atau settingnya ?
Balas
agunk31
21 Januari 2020 pukul 16:19
bang punya ane autocutnya sudah aktif nah penjelasan diatas kalau charger di cabut baru
menggunakan baterai,,, nih masalahnya kalau charger di cabut pasti mati laptopnya… tombol power
tidak berfungsi,,, jika di pasang charger baru hidup.. nah gimana cara mengatasinya gan??/ terima
kasih
Balas
VIRMANSYAH
24 Januari 2020 pukul 09:51
Mungkin ada masalah di bagian baterainya (hardware) dan juga tombol powernya, cara
mengatasinya ya harus dicek secara langsung.
Balas
Sofya
15 Februari 2020 pukul 13:29
Bang, laptop saya asus X455LF (A455LF), harusnya kan sudah ada fitur auto cut-off ya gan?
Nah akhir-akhir ini indikator baterainya tiba-tiba suka turun drastis. Habis saya charge 100%, pas
saya lepas langsung 86%, beberapa saat setelah saya buat kerja tiba2 jadi 20%. AKhirnya charge
lagi. Untuk terjadi sekitar kurang lebih 15 menit. Akhirnya saya coba kalibrasi baterai. Dan hasilnya
masih sama.
Oh ya, sebelumnya saya sudah instal dulu baterai care. Wear Baterai saya 71,4 %. Discharge rate:
+1,1w (kondisi baterai sudah full 100%).
Nah ini kenapa ya bang kok arusnya tetap masuk, padahal kan katanya ada fitur auto cut-off? Di pop
up icon baterai tulisannya cuma “Fully Charged (100%)” dan “Power Mode (pluged in)” , ga ada
tulisan “plugged not charging”
Apa fitur auto cut-off saya tidak aktif? Karena seingat saya dulu, discharge rate saya: 0w (kondisi
baterai sudah full 100%). Tapi itu dulu gan. Hampir satu tahun lalu. Apa fitur auto cut-off ini bisa mati
sendiri/ error gitu? Atau memang baterai saya yang sudah harus ganti? Laptop saya beli sejak juni
2016 bang. Hehe.
Balas
Sofya
15 Februari 2020 pukul 13:33
Oh ya Bang, apakah discharge rate: +1,1w (tidak 0w, padahal baterai 100%, asus a455LF) itu
karena kondisi baterainya yang tidak baik, atau karena adaptornya, atau karena sistem power di
(hardware) laptop yang bermasalah?
Balas
VIRMANSYAH
16 Februari 2020 pukul 10:43
Balas
VIRMANSYAH
16 Februari 2020 pukul 10:44
Kalau dilihat dari Wear Level baterainya yang 71,4 %, sudah saatnya ganti baterai baru.
Kalaupun di kalibrasi, saya tidak yakin akan bisa sehat lagi. Itu baterainya juga sudah ngedrop.
Balas
Satria ananda
16 Februari 2020 pukul 04:24
Bg laptop gua ni tulisannya plugged in, not charging di 80% gimana cara ngatur biar jadi 100% lagi
bg?
soalnya gua coba coba jd batrainya mentok di 80%.
balikin lagi gua gk tau.
mohon sarannya
Balas
VIRMANSYAH
16 Februari 2020 pukul 10:42
Coba di kalibrasi
Balas
Isnawan
25 Maret 2020 pukul 14:51
Bang mau nanya! “curent capacity” punya gw ngelebihi “total capacity” bang! Apa itu aman bang buat
maen sambil cas? Dan juga, batrei udah 100% tapi tetep “plugged in” bukan “plugged in, not
charging” tapi pas gw liat di batrey care “charge/discharge nya 0W” Minta pencerahan nya bang!
Balas
VIRMANSYAH
2 April 2020 pukul 11:27
Sebenarnya bisa dilihat daya tahan baterainya bisa bertahan berapa lama kalau tanpa charging,
kalau masih lama ya berarti masih sehat
Balas
Balas
Her
16 April 2020 pukul 21:23
Gan laptop saya ASUS fx505 udah di charge hingga full dan sudah di check di battery care
discharge/charge rate nya 0w ttp tulisan di batre nya fully charged bukan plugin not charging, itu ttp
berfungsi cutt-off nya?
Balas
Aura
21 April 2020 pukul 06:59
Kak saya pake laptop Asus. Tiba tiba saya mau ngisi daya , udh tuh ada status (on battery) nah
tulisan itu ga muncul cmn sekali, bahkan muncuh terus berkedip² ga ilang ilang , udh gt ada status
(on battery) saya liat , daya saya tinggal berapa , tinggal 11% nah ga ngisi ka disitu
,Trus saya matikan laptopnya kan biasanya klo lagi nge-charge lampu merah di laptop nyala nandain
lagi ngisi ,tapi ini mah enggak kakb
Gimana ya kak , ada yang tau ga;((
Balas
tarigan
5 September 2020 pukul 01:34
laptop saya asus x543ub gk bisa mentok 100% cuma 99 aja nah setelah saya lepasin charge sbentar
di angka 98 saya cas lagi ada tulisan ‘2 minutes until fully charged’ dan setelah saya cek di baterai
care ada + 2,9 W solusi dong gan please
Balas
VIRMANSYAH
5 September 2020 pukul 06:37
Balas
Mr.0
3 Oktober 2020 pukul 04:45
kak laptop saya batterynya di 98% tulisannya plugged in tapi di battery care nya charge/discharge
nya 0 W. itu aman gk kak?
Balas
VIRMANSYAH
3 Oktober 2020 pukul 17:37
Balas
Afif ramadhan
4 Oktober 2020 pukul 10:59
gan kalo batre nya dah 100 trus di batre care nya -8.9 itu udah aktif belum auto cut nya? sama kalo
dibuat main game 2-3 jam an cpet rusak gak?
Balas
VIRMANSYAH
4 Oktober 2020 pukul 17:23
Balas
Edwin Gusdirzal
3 November 2020 pukul 16:19
gan, laptop saya type X441BA abis saya install ulang window 10 pro, tapi kenapa kalo mau
dihidupkan harus selalu colok adaptor walaupun baterai sudah penuh ( kondisi laptop masih baru
sekitar kurang dari 2 buan )
Balas
VIRMANSYAH
10 November 2020 pukul 20:08
Balas
y4n
17 November 2020 pukul 08:20
saya punya laptop ASUS ROG model G501V, status bateray 78% gan dichas ga naik2, laptop saya
matikan trus saya hidupkan dalam keadaan tdk dichas dan tdk mau hidup, jika dichas baru mau
hidup..kenapa ya gan???
mohon pencerahannya terima kasih banyak gan
Balas
idklol
13 Januari 2021 pukul 14:21
Halo gan, ini saya punya laptop Baru beli pas bulan september lalu, dan sekarang wear levelnya 4%,
aoakah normal?
Balas
VIRMANSYAH
14 Januari 2021 pukul 16:57
Itu tidak normal tapi masih aman. Hanya saja kalau dilihat dari lama penggunaan yang baru
sebentar tapi Wear Level segitu, artinya ada yang salah dengan cara penggunaanya. Mungkin
kamu sering menggunakan laptop tanpa charger, terus pas habis baru dicharger. Siklus
charge/discharge nya meningkat, alhasil ningkatin juga Wear Levelnya.
Balas
Varisca prastia
27 Maret 2021 pukul 05:01
Balas
VIRMANSYAH
27 Maret 2021 pukul 10:24
Balas
Varisca prastia
30 Maret 2021 pukul 05:06
Gan apakah wear level bsa diturunkan lebih rendah? Sebelumnya gak tau ada auto cut jadi suka cbt
charger klo100%. Dpkai 2,5thn Wear level sdh 25,50%. Apa ada cara agar Wear level tdk naik?
Balas