0% menganggap dokumen ini bermanfaat (0 suara)
31 tayangan10 halaman

Drama Remaja: Persahabatan dan Media Sosial

Dokumen tersebut menceritakan tentang beberapa karakter remaja yang terobsesi dengan popularitas di media sosial. Mereka melakukan berbagai cara untuk mendapatkan lebih banyak followers dan menjadi populer, namun hal itu menimbulkan berbagai masalah di antara mereka sendiri maupun dengan orang lain.

Diunggah oleh

yaya kece
Hak Cipta
© All Rights Reserved
Kami menangani hak cipta konten dengan serius. Jika Anda merasa konten ini milik Anda, ajukan klaim di sini.
Format Tersedia
Unduh sebagai DOCX, PDF, TXT atau baca online di Scribd
0% menganggap dokumen ini bermanfaat (0 suara)
31 tayangan10 halaman

Drama Remaja: Persahabatan dan Media Sosial

Dokumen tersebut menceritakan tentang beberapa karakter remaja yang terobsesi dengan popularitas di media sosial. Mereka melakukan berbagai cara untuk mendapatkan lebih banyak followers dan menjadi populer, namun hal itu menimbulkan berbagai masalah di antara mereka sendiri maupun dengan orang lain.

Diunggah oleh

yaya kece
Hak Cipta
© All Rights Reserved
Kami menangani hak cipta konten dengan serius. Jika Anda merasa konten ini milik Anda, ajukan klaim di sini.
Format Tersedia
Unduh sebagai DOCX, PDF, TXT atau baca online di Scribd

karakter :

a = ripa
kawan cewe a = awa
b = bila
mama b = dinda
adek b = alya
c = adis
kawan cewe c = wifa
papa c = darpes
pacar a = kiwir
bayu /penguntit = farel
guru cewe = nai

scene1 (lapangan sekolah)


jam pel olga pelajaran basket
Adis : buat apa si ada pelajaran olahraga, kan nanti kita kerja juga butuh otak.
Ripa : setuju, lagipula kita udah kelas 12 harusnya lebih banyak belajar daripada belajar
perlajaran yang gak jelas ini.
lagi pemanasan keliling lapangan 3 kali dan ada bayu yang lagi dihukum .
Nai : heh mau kemana kamu?! saya tau ya kamu itu blom selesai
Farel : saya capek bu, emang ibu mau tanggung jawab kalo saya mati.
Nai : olahraga ga bakal bikin kamu mati, apalagi kamu cowok!!
Farel : jangan karna ibu gagal jadi atlet jafi ibu melampiaskan kekesalan ibu ke kami dong
Nai : jangan sekali kali kamu mengungkit tentang itu, kalo kamu tidak suka, kamu tidak usah
masuk pelajaran saya lagi!!
Farel mengabaikan dan langsung pergi. dan bila yang berhenti keliling lapangan
Nai : kenapa diam? ayo lari. dasar gendut lamban! kamu ini ya selalu menghambat yang lain.
ck
(nai melempar bola basket dengan keras)
scene 2 (kelas sekolah)
Adis : sumpah bil, lo itu tuh ga gendut.
Ripa : udah lah ga usah didengerin omongan guru gak jelas kayak bu nai itu. emang bu nai tuh
gak mikir kalo ngomong
Bila : (muka keruh dan bingung)
Bila : huh, gue... punya ide... tapi gue butuh bantuan kalian
mereka berunding skip setelah 1 minggu diet ketat.

scene 3 (lapangan)
saat jam pelajaran olahraga mereka melakukan pemanasan keliling lapangan dan akhirnya
mereka bertiga pingsan.
dan mereka tiba tiba viral di medsos.

scene 4 (uks)
Nai : kamu kenapa bisa jadi seperti ini? (kaget dan sedih)
Bila : saya... saya hanya ingin memenuhi standar ibu, kata ibu... saya gendut dan lamban. saya
kan menghambat yang lain. karena itu saya.. saya... (nangis dan gagap)
Nai : saya bilang gitu??
Bila : dokter bilang saya cuma dehidrasi dan kecapekan, saya bakal cepat sembuh kok bu.
jadi... jadi ibu jangan mereka bersalah. saya ngerti kok bu, ibu cuma ingin yang terbaik
untuk saya. (sesegukan)
Nai : (nangis dalam diam)

scene 5 (kamar ripa)


Bila : kalian penasaran ga sih sama yang ngerekam kita??
Ripa : biasa aja sihh, tapi yang terpenting... liat nih, followers gue nambah ribuan gara gara
kita viral kemarin.
Adis : hp gue sampe ngehang karena banyak yang ngefollow gue.
Ripa : setelah hari hari diet ketat kita kemaren, sekarang kita bisa makan sepuasnya.
(ketawa bareng bareng)
scene 6 (sekolah)
Ripa gusar karena tidak populer lagi dan mencari cara agar dapat membuat dirinya populer
lagi. lagi memfoto guru lain dan ada yang mencekal tangannya.
Kiwir : ngapain kamu ngambil foto bu Desi segala?
Ripa : kenapa emangnya?
Kiwir : kamu mau nyari korban baru lagi kann?!
Ripa : maksud kamu apa sih
Kiwir : kamu kan ngepost foto guru terus di medsos kamu! kok gak jawab? kamu emang lagi
ngerencanain sesuatu kan?
Ripa : apa yang salah dari posting foto guru sih, aku cuma mau nyimpan kenangan foto dari
guru guru kita di sekolah
Kiwir : apa popularitas kamu sekarang masih kurang rip? mereka itu guru kamu yang ngedidik
kita, kamu ga boleh jadiin mereka bahan buat kamu populer. kamu ga megalomania kan
sekarang?
Ripa : sumpah omongan lo yang gak berdasar tuh jahat banget!! kalo lo ngatur ngatur gue terus
mending kita putus!!
Kiwir melihat ada orang yang menvideo kan mereka dan menghampirinya
Kiwir : lagi ngapain lo?! lo ngerekam kami kan!!
Ripa syok dan kiwir mencoba mengejar penguntit itu tapi tidak terkerjar.

scene 7 (kelas)
Ripa : stalker (bangga)
Bila : lo ga takut nanti dia bakal nyari tau privasi lo?
Ripa : menurut gue sih, dia ngerekam kami pas berantem itu. feeling gue dia ngelakuin itu buat
nolongin gue. atau jangan jangan ngelindungin gue
Adis : aneh lo sumpah sakit
Ripa : iri kali lo!
Bila : udah udah, btw kalian tau berita geng sebelah gak?
Adis : hah? apa?
Ripa : yang mereka musuhan cuma gara gara followers aleeka lebih banyak dari pada lail kan,
aneh emang mereka cuma gara gara itu loh. yang penting kita jangan jadi kayak mereka
deh.
Bila : iya kita jangan musuhan cuma gara gara sosmed ya
Ripa : eh eh eh btw gue dapet tawaran endors nih. lo dapet ga?
Adis : hmm, iya gue juga dapet
Bila : kok gue gak dapet sih...., padahal kan kita terkenal karena ide gue..
Ripa : kalo gitu, gue bakal bilang kita gak bakal nerima endors kalo gak ketiganya
Adis : setujuuu
Bila : makasih ya guys
Ripa : okey kalo gitu kita buat perjanjian aja, kita saling janji bakal saling mendukung dan gak
akan saling menjauh atau merusak persahabatan kita
Adis : gue ikut aja
Bila : hukuman bagi yang ngelanggar ?
Ripa : kita bakal tutup semua akun kita. biar lebih sakral masing masing kita post di medsos
okey?
Biladis : setuju.
mereka merekam videonya dan langusng di post di medsos masing masing.

scene 8 (kamar ripa) 8 bulan kemudian


ripa lagi menonton video youtube adis dan merasa kesal
Awa : lu mau mesen gofood ga? eh kenapa dah lu rip?
Ripa : (ckck) au de kesel, enek gue liat muka si adis muncul terus dia di beranda gue
Awa : emang kenapa lu bisa sekesel itu sama dia
Ripa : eh lu ada ide konten biar video gue bisa populer?
Awa : maksudnya??
Ripa : ya kontenlah apa lagi?!
Awa : hm.. coba lu buat konten tentang hobi lu deh, atau vlog seharian lu dah
skip scene 9 (kamar ripa) live ig
Ripa : eh kalian tau ga si (gibah tentang orang kampus)

scene 10 (kamar bila)


Bila : (melihat followers ripa dan adis yang banyak terus jadi iri dengki)
Bila : apa gue post foto aja kali ya biar naik lagi
gak ada yang like fotonya dan nelpon ripa dan adis
Bila : eh... g-guys ayo kita collab bareng, gue kangen kalian.
Adis : aduh sorri ni Bil gue sibuk
Ripa : hah...collab?!, sorri ye gue gak biasa collab video sama orang.
Bila : (dih sombong amat dah) o-ohh gabisa ya guys, y-yyaudah deh kalo gituu
Melihat makin banyak yang men unfollow bila, bila memikirkan cara agar bisa naik lagi
Bila : ripa kan naik karena drama dia, apa gue buat fake account terus buat mereka seakan
akan ngehate gue?

scene 11 (kamar adis)


Adis : (melihat hasil audisi)
Adis : (memposting di ig)
Adis : (berjalan menuju ruang keluarga) PAAA ADIS MENANG...
Darpes : juara 2 kan (menunjukkan postingan adis) seneng kamu, HARUSNYA KAMU BISA
JUARA 1 .... /improve
Adis : (tak berkutik dan terdiam)

scene 12 ripa (kamar ripa)


Ripa post foto dan mendapat dm dari penguntit
Ripa : huh? siapa nih? (stalk akun penguntit dan melihat banyak foto dirinya)
Awa : ih, sumpa rip serem banget, ngespam dm lu terus. Gilaa itu foto candid lu semua ripp
Ripa : gue harus gimana wa?
Awa : udah mending sekarang lu blokir terus report akun dia.
skip scene 13 (rumah ripa)
Ripa : surat? (buka surat dan terkejut, langsung post sg)
Ripa : guys lihat deh dari kemaren gue dapet surat dari orang ga jelas, sumpa gue takut banget
menurut kalian gue harus apa? (memperlihatkan suratnya dikamera) liat ini ... gila kan?
dia pengen gue putus sama rizki, kalo gue kenapa napa kalian tau kan siapa dalangnya..
(nada ketakutan)
tiba tiba kiwir nelpon
Kiwir : sayang, kamu ga apa kan ayo turun aku udah dibawah
Ripa : iyaa

skip scene 14 (kafe)


ripa merekam kiwir lagi mesan makanan di kafe dan tak sengaja terekam nama kafe mereka.
Ripa : sayang ayo say hai dulu
Kiwir : (tidak suka) sayang bisa ga kamu, sehari aja ga apa apa post di medsos
Ripa ; kamu apaan si?!
Kiwir : kita itu butuh privasi rip, gara gara kamu yang apa apa post di medsos, si penguntit
sialan itu bakal tau semua kegitan kamu
Ripa : kamu ngedoain biar si penguntit itu ngapa ngapain aku?!
Kiwir : bukan gitu rip, aku tuh khawatir sama kamu. Sekarang mending kamu tutup deh semua
akun kamu!
Ripa : lo gila? Setelah perjuangan gue… gampang banget lo ngomong gitu! Siapa sih lo berani
banget ngatur ngarut gue?!
Kiwir : aku pacar kamu, orang yang peduli sama kamu! Apa kehadiran aku aja nggak cukup?!
Ripa ; lo dengerin gue baik baik ya gue paling gak suka di atur-atur, kalo lo gak suka mending
kita putus aja lah!

Scene 15 (rumah bila)


Ruang kerja dinda
Dinda : ada apa sayang?
Bila : enggak kok ma, bila Cuma mau ngobrol bentar sama mama
Dinda : (menghela nafas) boleh nanti ngobrolnya? Mama…
Bila : mama ada deadline kan?
Dinda : nanti kalo selesai kita-…
Bila : gak jadi deh ma, bila ngerti kok mama lagi sibuk
Dinda : mama minta maaf…
Bila pun Kembali ke kamar
Bila pun melihat medsosnya dan kaget melihat dia di hate karena ketahuan membuat akun fake
untuk menhujat dirinya tadi
Tok tok tok
Bila : ada apa?
Alya : makan bareng yuk, mba, udah lama kita nggak makan siang bareng
Bila mngangguk dan mereka menuju ke meja makan
Alya : kuliah mbak gimana?
Bila : mulai seru sih, mama mana? gak diajak?
Alya : mama sibuk ngejar deadline mba
Bila ; btw kamu bakal masuk jurusan apa kira kira?
Alya : (menatap bila heran)
Bila : kenapa, ada yang salah?
Alya : aku baru kelas sepuluh mba, masih lama kuliah nya
Bila : eh.. ehm… iya, tapi kan harus udah dipikirin dari sekarang?
Alya : aku sih sekarang tertarik masuk ke kedinasan, mba tau kan aku suka sama uang. gimana
menurut mba?
Bila : iya…
Alya : iya apa? Mba dengerin aku aja engga, terus aja liatin hp. Mba, mba itu udah kecanduan
banget sama hp!
Bila : mba kan sambil kerja!
Alya : oh ya? Emang dapet berapa mba dari endorsan mba itu? Yakin mba kerja? Mba
sekarang udah mirp kayak mama!
Bila : maaf…
Scene 16 (kamar adis)
Adis : (menelpon temannya)
Wifa : halo, kenapa dis?
Adis : wif, ayo ketemuan gue mau cerita
Wifa : oke dimana
Adis : di…

Scene 17 (di kafe)


Adis : sumpah gue kesel banget sama bokap gue!
Wifa : bokap lu napa lagi sekarang?
Adis : bokap gue marah karena gue cuma dapet juara dua. Padahal kalaupun gue dpet juara
satu juga dia biasa aja (kesal)
Wifa : terus lu mau gimana?
Adis : tau dah, gue lagi nyari cara gimana biar tenar lagi… sekarang gue dihujat terus karena
lagu gue gitu gitu aja. Dikira mudah kali ya buat lagu huh…
Wifa : gue ada ide nih
Adis : apa?
Wifa : karena lu lagi kesel sama bokap lu gimana kalo kita buat drama kayak si ripa yang
sering buat drama, lu tau kan dia tiapbuat drama jadi tenar terus.
Adis : terus hubungannya dengan gua yang kesel sama bokap gue apaan dah?
Wifa : kenapa lu gak libatin bokap lu, lu tau kan sekarang lagi rame ramenya abuse di dalam
keluarga. Lu bayangin deh bakal sebooming apa lu nanti.
Adis : yakin lu? Gue takutnya nanti netizen tau kalo gue bohong.
Wifa : udahlah gak mungkin mereka tau, dengerin aja deh saran gue kalo lo mau tenar lagi.

Scene 18 (jalan deket rumah ripa)


Ripa : (nelpon awa) wa, lu bisa kerumah ga? Gue mau cerita (sambil jalan kaki)
Awa : oke gue jalan, kenapa lu rip?
Ripa : nanti dirumah dah gue cerita
(ripa sampe rumah dan ingin buka pagar barengan awa sampe, farel tiba tiba dateng dan
ditarik kiwir.)
Kiwir : woi, lo ngapain ngikut- ngikutin cewek gue.
Farel : cewek lo, bukan nya udah mantan (ketawa ngejek)
Kiwir : (berantem)
Awa : (nelpon polisi)

Scene 19 (rumah bila)


Dinda : kenapa dek?
Alya : ma, adek mau minta sesuatu
Dinda : mau minta apa dek?
Alya : boleh ga mama luangin waktu bentar buat anak mama, adek tau mama tuh sibuk tapi
adek khawatir sama mba. Semenjak mba aktif di sosmed, mba sekarang lebih cuek sama
sekitar sama keliatan banget mba bila tuh udah kecanduan sama medsos.
Dinda : tapi mama sekarang lagi sibuk dek..
Alya : maa ayolah sekali ini aja adek mohon
Dinda : dek…
Alya : ma! Mama gak takut mba bila nanti mental nya rusak Cuma gara gara medsos. Ma
ayolah sekali aja mama tuh perhatiian kami sebagai anaknya mama. Udahlah kalo mama
gak mau (banting pintu)
Malamnya
Dinda : mba? Mama boleh masuk?
Bila : kenapa ma, tumben banget mama kesini? Biasanya aja lupa kalo ada anaknya disini
Dinda : mama Cuma kangen sama anak mama, emang gak boleh? Mama sadar kalo sekarang
kita udah gak deket lagi sama kalian. Mama pengen dengerin cerita kalian sekarang.
Bila : (cerita)
Dinda : (ngasih nasehat)

Scene 20 (kamar adis)


Adis : (buat vid dia di abuse sama papa)
didapur
Darpes : kamu gak usah lagi temenan sama si kawan kamu yang itu
Adis : kenapa sih pa! gak usah ngelarang ngelarang aku. Selama ini juga papa gak pernah
peduli sama aku. Papa tuh Cuma peduli biar aku selalu juara satu harus selalu pinter.
Darpes : kawan kamu tuh gak bener, dia tuh udah ngehasut kamu buat ngelakuin hal hal yang
gak baik.
Adis : tau dari mana paaa! Aku yang temenan sama dia aku tau dia tuh baik apa buruk. (pergi)
Darpes : (frustasi dan berpikir) improve (nelpon adis dan tidak di angkat angkat)

Darpes : (chat dm “pulang nak, ada yang mau papa omongin)


Adis pulang dan darpes minta maaf dan memberi alasan dan adis minta maaf juga.

Scene 21
Kiwir nelpon ripa
Kiwir : rip kemaren aku ketemu penguntit kamu di deket rumah kamu. Karena itu aku minta
tolong kamu bisa ga jangan terlalu apa apa di up di sosomed aku takutnya nanti kejadian
ini terulang lagi. Penguntit kamu tadi udah aku beresin. (improve)
Ripa : (nangis)
Kiwir : aku mita maaf rip kalo ada salah, tapi maaf kayaknya kita udah gak bisa bareng bareng
lagi. Aku udah ngerasa gak cocok
Ripa : (improve)

Scene 22
Bila : (chat grup) kita ketemuan yuk, aku ngerasa banyak hal yang harus diselasaiin.
Ripa, Bila, dan Adis ketemuan (canggung)
Mereka bicara tentang mereka yang pisah karena medsos dan saling minta maaf dan juga
mereka sepakat untuk saling menutup akun karena mereka merasa karena medsos mereka jadi
pisah.. Salah satu dari mereka memberi saran, kita minta maaf ke guru yang mereka jebak pada
saat SMA dulu.
Ending : shot bila jalan Bahagia sama keluarga. Adis makan malam sama papa. Ripa bagian
mereka bertiga bareng lagi.

Anda mungkin juga menyukai