Nama : Sigit Samudra Rizki
NIM : 20SA3104
Kelas : TI20C
1. Storyboard Game “Cut The Rope”
1. Ini adalah tampilan awal game.
Disini player dapat memilih tombol
play, join VIP Membership, short
movie terkait game, achievement
book yang berisi penghargaan, dan
juga pengaturan yang mengatur
suara, bahasa, dan credit.
2. Setelah player menekan tombol
play, maka pemain dapat memilih 3
season yang tersedia, dimana map
(peta) dasar dalam setiap season
akan berbeda-beda.
3. Setelah memilih season, akan
muncul lagi pilihan, dimana player
dapat memilih environment yang
ada jika 1 environment telah
diselesaikan.
Struktur Navigasi “Cut The Rope”
2. Membuat 3 buah vector
a. Karakter utama dalam game
b. Desain Logo
c. Permen yang digunakan didalam game “Cut The Rope”
3. UI dan UX sering disamakan, padahal mereka berbeda. Jika UI adalah sebuah cream
cantik dan manis yang menghiasi kue, maka UX merupakan kue itu sendiri. UI dalam
game Cut The Rope sangatlah bagus. Didesain untuk anak-anak, tampilannya
menarik, tidak membosankan, dan nyaman dimata. Tetapi beda sekali dengan UXnya.
UX yang ada tidak terlalu bagus, terlalu berputar-putar untuk masuk ke sebuah menu.
Saya ambil contoh ketika akan mengganti suara. Kita perlu menekan settings, lalu
masuk ke setting suara, baru bisa kita matikan/nyalakan musiknya. Padahal bisa saja
jika tidak perlu dibuatkan menu suara khusus didalam setting, langsung saja dibuat
toggle button yang langsung mematikan suara dalam setting.
4. Button:
- Tombol (+) plus di sebelah bar attack, defense, dan super power
- Tombol select
- Tombol kiri dan kanan disebelah karakter
- Tombol menu di pojok kanan atas layar
Graphic:
- Tulisan Attack, Defense, Super Power dan Skills yang ada di bar
- Logo pedang, tameng, petir, dan tangan yang kecil di sebelah tulisan attack,
defense dan lain-lain
- Logo koin, berlian, dan apple di bagian atas layar
- Tulisan Arlich background serta levelnya
Movie Clip:
- Status bar dari attack, defense, dan super power
- Kemungkinan karakter juga merupakan movie clip
5. Langkah-langkah memberikan scrip perintah untuk button:
1. Pertama, pastikan tombol sudah dikonversi menjadi button
2. Lalu, kalian bisa tekan F9 untuk memulai coding
3. Didalam coding kalian bisa menggunakan fitur bantuan dari Adobe agar kalian
bisa dengan mudah mengoding dengan cara menekan tombol < > yang letaknya di
bagian atas kanan menu. Disini saya akan berikan contoh kodingannya saja
4. Masukkan koding berikut:
“Nama Tombol”.addEventListener([Link],mulaigame);
function mulaigame(e:mouseEvent){
gotoAndStop(“Nama Frame”,”Nama Scene”);
}
5. Kita bisa custom dimana scene yang kita mau dengan cara mengubah “Nama
Scene” menjadi scene yang kita tuju.