JUDUL
Written by
Draft 1
SC. 01 – INT. – RUMAH ADIT – PAGI
ADIT dengan muka datar membuka gorden jendela,
mengambil hp di meja lalu duduk di pojok kamar. Ia
memainkan game sambil memakai headphone.
IBU ADIT
( hanya suara)
Dit, sini lho. Sukanya kok
Dikamar terus, ga pernah keluar.
Guyon-guyon sini lho. Kayake kok ekspresine
flat… wae. Gak seneng, gak sedih.
Jan, podho wae.
ADIT
( menengok singkat kearah pintu)
Hmmm..
Ia tidak beranjak dari tempatnya duduk dan
melanjutkan bermain game.
SC. 02 – INT. – RUMAH SARAH– PAGI
SARAH sedang videocall dengan FARAH, lalu tiba-tiba
sebuah benda di kamar SARAH jatuh sendiri, dan FARAH
bisa mendengar suaranya.
FARAH
(kaget)
Loh, SAR. Denger ga ?
Katanya kamu di rumah sendiri,
k-kok ada yang jatuh sendiri?
Hayoloh, jangan-jangan ada setan di deketmu!
SARAH
( cuek )
Halah, pret. Paling juga angin .
Kok malah kamu sih yang takut, ga serem juga.
SC. 03 – INT. – RUMAH FARAH – SORE
FARAH masih memakai baju yang sama dengan baju yang
Ia pakai saat videocall dengan SARAH. Ia lalu
menyalakan speaker, bercemin sambil bersenandung,
lalu Ia duduk. FARAH lalu mengambil hp dan
menyenderkannya di depan buku, dan Ia memulai live
di salah satu social media.
SARAH
(berbicara di live )
Hi guys! Kita ketemu lagi nihh.
Kemarin kan kita ngobrol tentang, mmm
Ah itu tuh, berita yang lagi viral!
Sekarang kita ngobrolin apa yah!
Kalian ada ide gak, coba dong tulis di comment.
Oh! Aku cerita ini aja kali ya. Jadi, tadi kan aku
Videocall sama temenku. Nah, dia bilang kalo dia lagi
dirumah sendiri. Tapi tiba-tiba ada benda jatuh
dong! Tapi dia tu kayak santai banget, gak takut sama
sekali. Hahahaha coba kalo aku, kalo kalian penakut
juga nggak sih, guys? Soalnya kan ini ya, kepribadian
kita kan berbeda gitu loh. Ya gak ?
SC. 04 – EXT. - TENGAH KOTA – SIANG
Terlihat keadaan kota yang penuh polusi, berantakan,
dan jarang ditemukan pepohonan.
SC. 05 – EXT. – SEKOLAH – SIANG
Murid –murid mulai keluar dari ruang kelas memenuhi
teras. Mereka saling berdesakan satu sama lain.
SC. 06 – EXT. – SEKOLAH – SIANG
ADIT dan SARAH berjalan bersama keluar dari ruang
kelas. ADIT masih tetap sibuk dengan game di
ponselnya. Setelah lumayan lama berjalan bersama,
tiba-tiba FARAH menghampiri mereka dari belakang.
FARAH
Ba!
( berlari kecil, lalu menepuk bahu ADIT dan SARAH)
Mereka berdua terkejut dan saling menoleh satu sama
lain. SARAH lalu mengobrol bersama FARAH dan ADIT
melanjutkan bermain ponsel.
SARAH
Lama banget sih,
tuh lihat sampai udah sepi.
FARAH
Y-ya maaf.
Kan aku ngumpulin tugas dulu ke Bu Ani.
Sabar dong! Orang sabar disayang Tuhan tau!
SARAH
Alah, lagian siapa suruh telat ngumpulin tugas.
Main hp mulu sih.
FARAH
Eh… enak aja! Lagian ya, SAR.
Tugas kan gak Cuma satu,
jadi ya wajar aja kalo aku lupa.
Liat aja tuh tugas kemarin, behhh aku kerjain dari
pagi ketemu malem masih belum jadi juga dong. Gagal
mulu!
SARAH
Ya gimana lagi, sesuai amal dan perbuatan!
FARAH
Hmm, ya ya ya.
FARAH
Eh ngomong-ngomong,
kita kan udah lama temenan.
Tapi kok jarang banget main keluar sih.
Ngongki-nongki gitu di kafe, ciaelah.
SARAH
Enakan juga main ke alam, adem. Kalo ke kafe sumpek
tau isinya orang semua. Udah udarane sumpek di kota,
tambah sumpek.
FARAH
Ya pasti orang dong,SAR.
Aneh banget lagian… ntar kalo isinya nggak orang
takut lagi kamu. Ntar nangis…
( sambil meledek )
SARAH
Hah, ga salah denger nih.
Kamu kali yang nangis, aku biasa aja tuh, ga takut.
FARAH
Hehehe iya juga, ya.
Tapi bener juga sih,
udarane nggak ada enak-enaknya di kota. Udah kotor,
lek panas soale pohon-pohon hijau udah sedikit.
Melihat ADIT yang masih tetap cuek, FARAH pun
menyenggol bahu ADIT.
FARAH
Heh, gimana. Setuju nggak ?
ini semua harus ikut lho ya,
biar nggak jadi wacana.
ADIT
Iya setuju.
SARAH
Udah-udah gini aja.
Kita lanjut bicarain nanti sore
di rumahku ya.
SC. 07 – EADITT. – TERAS RUMAH SARAH – SORE
ADIT dan FARAH sedang duduk di teras rumah SARAH.
SARAH lalu keluar membawa kalender dan mereka lalu
duduk melingkar.
SARAH
Hmmm nih coba liat kalender dulu.
( sambil memposisikan diri untuk duduk )
Mereka melihat-lihat kalender, dan akhirnya
memutuskan hari untuk pergi bersama.
ADIT
Lusa aja.
SARAH
Nggak kecepetan ?
FARAH
Ntar kalo kelamaan ditunda-tunda mulu,SAR.
Keburu musim hujan nanti.
SARAH
Hadeh, sekarang aja musim panas tapi
tetep banyak hujannya. Udah gak karuan.
FARAH
Iya wee bener.
Tiba-tiba hujan datang.
FARAH, SARAH
Loh, kan baru diomongin.
( sambil menoleh kaget ke arah langit )
ADIT
Hm, hujan.
( menoleh ke langit )
FARAH
Tuh kan lihat, sekarang aja udah hujan gimana dir
kalau di undur terus?
SARAH
Oke deh, lusa berarti ya, gimana ADIT?
ADIT
Boleh
(sambil mengangguk)
Aku pulang dulu ya.
SARAH, FARAH
Oke, see you ADIT.
(Sambil melambai ke ADIT)
FARAH
Eh aku juga pulang dulu ya dir
SARAH
Eh oke, ati ati ya Far
SC. 08 – EADITT. – Rumah SARAH – PAGI
SARAH terus berpikiran kenapa si ADIT selalu berdiam
diri dan tidak pernah mengekspresikan emosi
SARAH
(bergumam) mmmmmm, aneh banget ya si ADIT, apa
jangan-jangan ada apa ya sama dia ah apa aku panggil
orang pinter aja ya? Aku gak mau negative thinking.
Hari ini mau ngapain ya, o iya hari ini kan ada
jadwal ekstrakulikuler,
SARAH kemudian beranjak dari kasur dan kemudian
menjalankan rutinitas seperti biasa.
SARAH setelah itu menelpon FARAH dan mengabari FARAH
dan ADIT untuk nongkrong di kafe saja
SARAH
(VIDEO CALL)eh Far Far Far Far, aku ada feeling gak
enak benerann, dari kemarin aku mikirin ini terus
tentang ADIT, kayaknya kita harus nongkrong di kafe
aja
FARAH
Apa DIR, kamu kenapa? Oke oke aku tau kok, aku juga
mikirin yang sama
SARAH
Eh beneran deh aku beneran sampe kepikiran untuk
manggil orang pinter
FARAH
Iyaaa, yaudah deh dir, aku bantuin mama aku duluu,
see you besok. Kamu kan juga ada kegiatan ekstra kan?
SARAH
Siap, bye Far oh iya besok kumpul di rumah kamu aja
ya, aku udah bilang ADIT juga.
SC. 09 – EADITT. – Rumah FARAH– PAGI
Esok harinya, sesuai jadwal yang telah ditentukan
mereka bertiga, mereka pun berkumpul di rumah FARAH,
ADIT terlihat seperti biasa saja tidak seperti
kemarin, dan terlihat ceria
SARAH
Halo kalian, apa kabar? Sorry banget lohh kemarin aku
sibuk ngurus ekstrakulikuler ku.
FARAH
Its okay dir, kita juga gak masalah kan ya ADIT
ADIT
Iya, gapapa kok dir aku santai aja. Lagian kemarin
aku juga seneng jadi kebawa moodnya sampe sekarang.
SARAH
Kamu kok beda banget sih dari kemarin ADIT, padahal
kemarin kamu kayak cuek dan gak peduli gitu
FARAH
Iya, kayak bukan kamu ADIT, emang ada apa sih?
ADIT
Gak kok, perasaan dari kemarin aku biasa aja, jangan
lebay ah kalian
SARAH
Eh beneran ADIT, kamu kenapa?
FARAH
IYA kenapa sih ADIT, kita kan yang merasakan kamu
enggak
ADIT
Ah gak usah di bahas please, kita ke café aja aja yok
sekarang aku pesenin gocar ya
SARAH
Please jangan alihin topik ADIT.
ADIT
Apaan sih dir, please lah aku gak kenapa kenapa kok
FARAH
Oke oke, jangan berantem, ayok kita ke café yok
nongkrong aja
Mereka pun pergi ke café
SC. 10 – EXT. – CAFÉ – SIANG
Mereka pun sampai di café yang mereka tuju
SARAH
Gila bagus banget ini cafenya, aestetik banget sukak
FARAH
Iya dir keren banget ini café
ADIT
Iya keren.(MUKA PUCAT)
SARAH dan FARAH menatap ke ADIT secara bersamaan
ADIT
Hm, kenapa?
SARAH, FARAH
(spontan menjawab) gapapa kok
ADIT
Ok
SARAH, FARAH
Eh iya kita pesen dulu ya
SARAH dan FARAH berjalan sambil menatap seakan
mengerti apa yang terjadi
SARAH
Eh Far, gilaaaa, si ADIT kenapa?
FARAH
Gak tau dir, beneran.
SARAH
Aku takut bangett, untung kita gak jadi ke wisata
alam beneran.
FARAH
Iya, aku juga ada perasaan gak enak, btw kamu tau gak
sih latar belakang keluarga dia
SARAH
Kata papaku emang latar belakang keluarga ADIT emang
gak jelas
FARAH
YAudah yuk pesen dulu
SARAH
Yuk!
SARAH dan FARAH bersama memesan menu
SARAH
Eh Far, kok di struknya cuman di tulis pesanan 2
orang?
FARAH
HAH?
FARAH dan SARAH pun kembali mengecek meja makan
mereka
SARAH
Kok si ADIT HIlANG?????
…………
BEBERAPA HARI KEMUDIAN, diketahui bahwa mereka berdua
mengidap sindrom MALADAPTIVE SYNDROME, dimana mereka
berdua membayangkan hal yang belum terjadi atau tidak
terjadi. Ternyata barang yang jatuh di awal cerita
adalah hanya bayangan si FARAH yang tidak sinkron
dengan bayangan SARAH