LAPORAN PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER II
ROUTING STATIS
Di susun oleh :
Rohmat / 17.5.00114
Dicky Jordan Aji P. / 17.5.00115
Jarot Bayu W. / 17.5.00118
Jihan Oktamar / 17.5.00129
Panji Chandra B. / 17.5.00132
Dimas Alfata / 17.5.00134
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
SINAR NUSANTARA
SURAKARTA
2019
Router ke-1
Pertama yang dilakukan kita kita isikan ipnya dengan cara pilih IP lalu kita pilih address
lalu isikan ip pada kolom address [Link]/27, selanjutnya kita pilih interface public / ether1.
Kedua yang kita lakukan men-setting ip kita isikan ipnya [Link]/24, Selanjutnya
kita pilih local atau ether 2. Untuk gambar 3 kita yang hilang pada router 1,maka kami hanya
memberi penjelasan gambar 3 kita men-setting ip [Link]/24. Selanjutnya kita pilih
interface router2 atau ether3, dimana ether3 ini berfungsi sebagai gateway untuk router2.
Keempat yang perlu kita lakukan setting DNS dengan cara klik IP pilih DNS. DNS disini
berfungsi untuk menyimpan alamat ip yang digunakan untuk hostname. DNS pada kolom server
kita isikan [Link], kemudian isikan [Link], setelah itu centang Allow Remote Requests.
Kelima kita memberikan gateway pada router 1 dengan cara klik ip lalu pilih route.
Setelah itu kita tambah gateway, pada kolom gateway kita isikan [Link].
Kelima kita menambahkan NAT dengan cara klik ip lalu pilih Firewall, kemudian kita
pilih tab NAT setelah itu klik tombol plus berwarna merah di pojok kanan atas. NAT disini
berfungsi untuk translasi alamat ip public ke alamat ip private atau sebaliknya sehingga user
dapat terkoneksi ke internet.
Setelah itu maka akan muncul NAT Rule, Pada kolom chain kita memilih srcnat
berfungsi untuk merubah source address dari paket data. Kemudian pada [Link] kita pilih
ether1 .
Yang terakhir kita klik tab action, lalu pada kolom action kita pilih masquerade.
Masquerade disini berfungsi untuk membuat ip address pengirim pada setiap paket data yang
keluar dari router mikrotik menggunakan ip public. Langkah terakhir karena screenshotan kami
pada router 1 hilang jadi langkah yang terakhir kita gunakan adalah kita mesetting ip static pada
pc windows masuk kedalam control panel lalu pilih network dan internet lalu pilih network
connection kemudian pilih internet protocol version 4. Lalu centang use the following ip address
lalu kita pada kolom ip address kita isikan [Link], kemudian pada kolom subnet mask kita
isikan [Link], yang terakhir default gatewaynya kita isikan [Link]. Kemudian
centang use the following dns address, lalu pada kolom Preferred DNS Server kita isikan
[Link], Kemidian pada kolom alternate dns kita isikan [Link]. Seletah itu klik ok lalu kita
cek ping google di cmd dengan cara ketikkan “ping [Link]” jika muncul tulisan Replay
from [Link] : bytes=32 time=25ms TTL=52, maka settingan ip untuk router 1 berhasil.
Router ke-2
Pertama yang dilakukan kita kita isikan ipnya dengan cara pilih IP lalu kita pilih address
lalu isikan ip pada kolom address [Link]/24, selanjutnya kita pilih interface public /
ether1.
Kedua yang kita lakukan men-setting ip kita isikan ipnya [Link]/24, Selanjutnya
kita pilih local atau ether 2.
Ketiga kita men-setting ip [Link]/24. Selanjutnya kita pilih interface router2 atau
ether3, dimana ether3 ini berfungsi sebagai gateway untuk router 3.
Keempat yang perlu kita lakukan setting DNS dengan cara klik IP pilih DNS. DNS disini
berfungsi untuk menyimpan alamat ip yang digunakan untuk hostname. DNS pada kolom server
kita isikan [Link], kemudian isikan [Link], setelah itu centang Allow Remote Requests.
Kelima kita setting gateway dengan cara pilih IP lalu pilih Route, gateway disini
berfungsi untuk agar bias terkoneksi ke jaringan internet.
Keenam kita memberikan gateway pada router 2. Setelah itu kita tambah gateway, pada
kolom gateway kita isikan [Link].
Kelima kita menambahkan NAT dengan cara klik ip lalu pilih Firewall, kemudian kita
pilih tab NAT setelah itu klik tombol plus berwarna merah di pojok kanan atas. NAT disini
berfungsi untuk translasi alamat ip public ke alamat ip private atau sebaliknya sehingga user
dapat terkoneksi ke internet.
Setelah itu maka akan muncul NAT Rule, Pada kolom chain kita memilih srcnat
berfungsi untuk merubah source address dari paket data. Kemudian pada [Link] kita pilih
ether1.
Yang terakhir kita klik tab action, lalu pada kolom action kita pilih masquerade.
Masquerade disini berfungsi untuk membuat ip address pengirim pada setiap paket data yang
keluar dari router mikrotik menggunakan ip public.
Langkah terakhir kita mesetting ip static pada pc windows masuk kedalam control panel
lalu pilih network dan internet lalu pilih network connection kemudian pilih internet protocol
version 4. Lalu centang use the following ip address lalu kita pada kolom ip address kita isikan
[Link], kemudian pada kolom subnet mask kita isikan [Link], yang terakhir
default gatewaynya kita isikan [Link]. Kemudian centang use the following dns address,
lalu pada kolom Preferred DNS Server kita isikan [Link], Kemidian pada kolom alternate
dns kita isikan [Link]. Seletah itu klik ok lalu kita cek ping google di cmd dengan cara ketikkan
“ping [Link]” jika muncul tulisan Replay from [Link] : bytes=32 time=25ms TTL=52,
maka settingan ip untuk router 2 berhasil.
Router 3
Pertama yang dilakukan kita kita isikan ipnya dengan cara pilih IP lalu kita pilih address
lalu isikan ip pada kolom address [Link]/24, selanjutnya kita pilih interface public /
ether1.
Kedua yang kita lakukan men-setting ip kita isikan ipnya [Link]/24, Selanjutnya
kita pilih local atau ether 2.
Ketiga yang perlu kita lakukan setting DNS dengan cara klik IP pilih DNS. DNS disini
berfungsi untuk menyimpan alamat ip yang digunakan untuk hostname. DNS pada kolom server
kita isikan [Link], kemudian isikan [Link], setelah itu centang Allow Remote Requests.
Keempat kita setting gateway dengan cara pilih IP lalu pilih Route, gateway disini
berfungsi untuk agar bias terkoneksi ke jaringan internet.
Kelima kita memberikan gateway pada router 3. Setelah itu kita tambah gateway, pada
kolom gateway kita isikan [Link].
Keenam kita menambahkan NAT dengan cara klik ip lalu pilih Firewall, kemudian kita
pilih tab NAT setelah itu klik tombol plus berwarna merah di pojok kanan atas. NAT disini
berfungsi untuk translasi alamat ip public ke alamat ip private atau sebaliknya sehingga user
dapat terkoneksi ke internet.
Setelah itu maka akan muncul NAT Rule, Pada kolom chain kita memilih srcnat
berfungsi untuk merubah source address dari paket data. Kemudian pada [Link] kita pilih
ether1.
Yang terakhir kita klik tab action, lalu pada kolom action kita pilih masquerade.
Masquerade disini berfungsi untuk membuat ip address pengirim pada setiap paket data yang
keluar dari router mikrotik menggunakan ip public.
Langkah terakhir kita mesetting ip static pada pc windows masuk kedalam control panel
lalu pilih network dan internet lalu pilih network connection kemudian pilih internet protocol
version 4. Lalu centang use the following ip address lalu kita pada kolom ip address kita isikan
[Link], kemudian pada kolom subnet mask kita isikan [Link], yang terakhir
default gatewaynya kita isikan [Link]. Kemudian centang use the following dns address,
lalu pada kolom Preferred DNS Server kita isikan [Link], Kemidian pada kolom alternate
dns kita isikan [Link]. Seletah itu klik ok lalu kita cek ping google di cmd dengan cara ketikkan
“ping [Link]” jika muncul tulisan Replay from [Link] : bytes=32 time=25ms TTL=52,
maka settingan ip untuk router 3 berhasil.