MASTER KEY ATM WINCORD
Untuk yang belum ada program Triple Des di Application Manager
harus menggunakan disket yg berisi Triple Des
cara sbb :
1 Masukkan Disket
2 Pilih Menu Solution 3Des
3 Pilih sub menu UpDate Triple Des
4 Aplikasi akan berjalan , jk sdh selesai restart ATM
5 Masuk SOP, lihat dimenu Encrypting PinPad. MasterKey 64 sdh ada belum ?
Untuk ATM yang program Triple Des sdh ada di Application Manager
cara sbb :
Pilih Start - Application Manager - Application - Pilih Triple Des
CARA PENGISIAN MASTER KEY TRIPLE DES
1 Masuk SOP , pilih Encripting PinPad
2 Pilih Master Key 64
3 Input master Key A , ada 4 kotak , tiap kotak 8 digit
4 tunggu sampai muncul check Digit 4 digit
5 Input master Key B , ada 4 kotak , tiap kotak 8 digit
6 Check Digit master Key B , terkadang tidak cocok ( Ignore )
7 Re-start ATM
8 Untuk ATM Wincord Master key salah , ATM Tidak Akan On Line
Problem Bagaimana kita menganalisa bahwa EPP nya rusak ?
SOLUSI EPP wincord rusak bisa kita analisa jika :
1. Pada waktu inisialisasi " WCS LDE …..Error "
2. Display CSC tertera Encriptor fatal error / failed
3. Keypad EPP kalau kita tekan , hang tidak ada suara beep
3. ATM sering mereset ketika mau On Line
4. Error message di MHD ( SISATM ) terbaca Encipting fatal error
Jika terjadi error seperti itu , coba kita hapus / initialisasi ulang :
cara sbb :
1. Untuk Pro xe-Usb , Menu Init dari menu Individula function - pilih Init Epp
2. Bisa dari program Configuration Manager - pilih Application - pilih delete key
3. Dengan Instruksi dari Command dos
Instruksi : C:\Protopas \ Tools \ Initepp - e -d - i
Waktu kita masukkkan master key ulang , coba kita cek / trace
dengan intruksi sbb : C:\ Protopas \ tail [Link]
Jika master key sdh match biasanya di display muncul record transaksi jurnal
, sampai On line
Problem Message Error di MHD BNI adalah Encriptor Fatal error
Tetapi analisa teknisi , Epp masih good
SOLUSI Beberapa kasus yang dialami u/ Pro Xe-Usb , kita Re-install ulang
EPP V4 dan V5
Untuk wincord pro 2000 biasanya masih memakai EPP V4 yang masih
menggunakan kabel serial V24
Untuk EPP V5 , sdh di modifikasi bisa untuk kabel serial V24 atau kabel USB
di module nya terdapat setting jumper untuk mengubah V24 atau Usb .
delete key