[Human Computer Interaction]
Interaksi Manusia dan Komputer, apaan tuh? bagi kalian yang ingin membuat aplikasi, website,
program atau semacamnya. Kalian harus ngerti nih sama disiplin ilmu ini. Sesuai namanya, IMK
merupakan suatu cabang ilmu yang berfokus pada interaksi antara manusia dengan komputer dan
juga mempelajari design dari antarmuka komputer. Sebelumnya, IMK hanya berfokus pada aspek
komputernya saja. Namun, sejak bermunculnya penggunaan komputer terutama personal computer
pada akhir tahun 1970an. Para peneliti dan produsen pun mulai juga memperhatikan aspek manusia
pada antarmuka komputer, sehingga komputer tidak hanya dapat digunakan oleh para IT
professional, tetapi juga dapat digunakan orang awam. Tujuan dari IMK adalah suatu interaksi yang
sukses antara komputer dengan pengguna, developers harus dapat mengantisipasi hal-hal yang akan
dilakukan pengguna terhadap penggunaan teknologi/aplikasi serta membuat interaksi yang efektif,
efisien, aman dan seramah mungkin.
Kemudian kenapa ini penting? Karena terkadang developers hanya mengkhawatirkan mengenai
penulisan kode dan jalannya program. Mereka melupakan pengalaman pengguna dan visual design
dari produk yang dibuat. Design produk yang jelek dapat membuat frustasi para pengguna yang
pada akhirnya akan membuat frustasi developers juga dikarenakan membutuhkan waktu dan
sumber daya yang lebih untuk menyelesaikan masalah pengguna. HCI juga dikatakan penting
dikarenakan at the end of the day, produk ini digunakan sehari-hari oleh pengguna bukan sang
developers. Seperti komputer, atm, mesin kopi , website dan lainnya.
Terdapat suatu pendekatan dalam mendesain suatu produk agar ramah pengguna yang dinamakan
Human Centered Design, HCD adalah sebuah pendekatan untuk mendesain produk yang berfokus
pada manusia atau pengguna. Dalam HCD, desainer mendesign sebuah produk atau service sesuai
dengan kebutuhan, kebiasaan, dan kapabilitas manusia. Dalam pendekatan HCD dilakukan iterasi-
iterasi agar dapat mencapai apa yang dibutuhkan oleh pengguna.
Seperti yang dikatakan Don Norman Pada buku “The Design of Everyday Things” Dalam siklus iteratif
HCD terdapat 4 aktifitas yaitu:
Observation
Aktivitas pertama yang dilakukan dalam siklus ini adalah observasi, dengan observasi kita dapat
mengetahui masalah yang akan diselesaikan.
Idea Generation (Ideation)
Dalam tahap Ideation setelah masalah yang ingin diselesaikan sudah diketahui, langkah atau
aktivitas selanjutnya yang dilakukan adalah men-generate solusi potensial atas masalah yang ada
Prototyping
Ide yang sudah di-generate dalam tahapan prototyping dibuat prototype agar bisa di test secara
langsung kepada calon pengguna.
Testing
Dalam Aktivitas ini kumpulkan beberapa orang untuk melakukan testing agar dapat diketahui solusi
yang diberikan kepada pengguna sudah menyelesaikan masalah atau belum. Testing dapat dilakukan
dengan mengajak satu orang atau lebih untuk mencoba prototype yang sudah tersedia. Tahapan
testing ini penting untuk mempelajari perilaku pengguna dan mengetahui bagian mana yang masih
kurang pas dan dapat diperbaiki di Iterasi selanjutnya.
Begitulah sedikit hal mengenai IMK, jadi saran mimin saat kalian bikin aplikasi, website, apapun itu,
minta prespektif dari orang lain yaa..terutama calon pengguna, agar produk yang kamu buat dapat
seramah mungkin untuk digunakan.
Source :
[Link]
[Link]
[Link]
Picture Source :
[Link]
[Link]
[Link]
#zaa
#computerqna
#cerdaskanbangsa