1.
Connect device
a. Configuration device management device configur
b. Akan muncul gambar seperti dibawah ini kemudian pilih search untuk mencari otomatis
perangkat yang terhubung yaitu GPS.
c. Masih gambar diatas Untuk mencarari MS atau UE klik add(Ctrl+D) dan akan muncul gambar
seperti dibawah ini masukkan type MS, model sesuai dengan perangkat yang ada
semisal samsung S4/S5, COM port dan modem Port sudah otomatis ada setelah driver
samsung telah di instal
d. Setelah proses semua selesai untuk mengecek apakah perangkat MS/UE sudah connect klik
gambar tangan seperti dibawah ini. Jika state Enable maka perangkat bisa connect jika
disconnect maka perangkat tidak bisa connect.
e. Setelah kita pastikan semua connect maka kita klik connect
Langkah selanjutnya masukkan engpar (database site) sudah disediakan. Dengan cara
configuration enginneering parameter mangagement (Ctrl+E)
f. kemudian akan keluar tampilan dibawah ini pilih System LTE untuk pengerjaan LTE dan
enggineering parameter file untuk membuka engpar lalu klik next
g. Kemudian akan muncul gambar dibawah ini samakan antara Probe Parameter dan Excel
Parameter - finish
h. Masukkan map dengan cara view outdoormap (Ctrl+M)
i. Masukkan jalan dengan cara klik open layer control panel
j. Pilih jalan yang sudah disediakan kemudian klik OPEN
k. Langkah akhir membuat workspace sesuai dengan yang diinginkan
Contoh workspace
2. Landasan
Hal yang harus di perhatikan saat menentukan spot terbaik adalah PCI, RSRP, dan SINR
PCI (Physical cell Index)
RSRP (Referance Signal Received Power)
-70dbm to -90dbm Good
-90dbm to -110dbm Normal
-110dbm to -13dbm Bad
SINR (Signal to Noise Ratio)
16db to 30db Good
1db to 15db Normal
-10db to 0db Bad
Transmission Mode (TM)
TM yang bagus untuk best Spot adalah TM 3 jadi usahakan untuk di TM 3 pada waktu
pengambilan static
2G 3G 4G
BCCH SC PCI
RxLevl RSCP RSRP
Rxlqual EcNo SINR
Methode
a. Speed test
Speed test menggunakan ookla
b. CSFB
Melakukan call dari ms1 ke ms2 dari posisi default 4g dan call end kembali ke 4g
c. SMS MO
SMS MO yaitu MS mengirim SMS . semisal MS1 mengirim SMS ke MS2
d. SMS MT
SMS MT yaitu MS menerima SMS. Semisal MS1 menerima SMS dari MS2
e. Ping test
Ping test dengan cara menggunkan test plan atau dengan manual CMD
Contoh melakukan ping ke google dengan 10x percobaan
//ping [Link] -t n 10
f. Call Reselect 3G->LTE
Mengetest dari 3G ke LTE dengan cara look 3G kemudian di default. Apakah dari 3G akan ke LTE
jika Ke LTE maka berhasil
g. Call Reselect 2G->LTE
Mengetest dari 2G ke LTE dengan cara look 2G kemudian di default. Apakah dari 2G akan ke LTE.
Jika ke LTE maka berhasil.
h. FTP DL
Melakukan download dengan Filezila atau melakukan hal download
i. FTP UL
Melakukan upload dengan filezila
j. Browsing
Melakukan browsing contoh membuka [Link], [Link], [Link]
k. Vidio Streaming
Streaming video biasa dari youtube
l. attech detach 3data
flight mode on/off dengan APN 3data
m. attech detach 3gprs
flight mode on off dengan APN
n. UDP DL
o. UDP UL
p. ISHO LTE-> 3G/2G
3. Genex Assistant
Genex assistant digunakan untuk menganalisa hasil Drive test.
a. Cara load logfile
Buka genex assistant-new project (ctrl+N)
Isi nama project dan pilih 4g atau all lalu ok
Klik logfile-logfile manager-add logfile-ok
Klik all logfile-run analysis
b. Load engpar 4g
Klik site- view engineering parameter-LTE
Klik open-browse(pilih engar 4g) - ok
c. Plot PCI/cek crossfeed
LTE Serving Cell Serving PCI
d. Plot RSRP
LTE Serving Cell Serving RSRP
e. Plot SINR
LTE Serving Cell Serving SINR