Sobat Modder tentu tau apa itu yang dinamakan ROM.
ROM jika di dalam windows
merupakan drive windows tersimpan atau biasa di sebut %systemroot%.Terkadang user
android seringkali tidak puas dengan kinerja ROM Bawaan Pabrik atau biasa di sebut dengan
StockROM sehingga mereka ingin menggunakan ROM Pihak ketiga yang sudah
dioptimalkan yaitu CUSTOM ROM.
Bagi para newbie mereka biasanya hanya bisa melakukan flasing rom dari ROM yang
mereka dapat dari Internet Namun bagaimana apabila tidak ada ROM yang sesuai untuk
device mereka ? Jangan mengeluh sepertinubitol (newbie tolol) tapi jadilah SMART
NEWBIE. Solusinya adalah membuat rom sendriri dengan cara membuat ROM untuk device
lain bekerja untuk device kita. Cara ini debut sebagai Porting ROM. Bagaimana Cara
Memporting ROM ?
Persiapan
1. ROM Original atau StockROM device anda atau Custom ROM yang Stabil seperti
Cyanogen. (SOURCE)
2. ROM yang memenuhi syarat untuk di Port ke device anda Keterangan pada SubBab
Berikutnya (TARGET)
3. Zip Compression Tool (WinZip, 7-Zip, WinRar)
4. Text Editor (Disarankan Notepad++)
Syarat ROM yang bisa di Port
=> ROM Untuk Device yang Berchipset sama Misalkan saya ingin Porting ROM untuk
AMOI N828 (IMO S89) yang berchipset MT6589 maka saya harus mencari ROM untuk
device yang berchipset MT6589 juga. Misal XoloQ600 (Cross A88) yang berchipset MT6589
=> Versi Android ROM disarankan sama Misal 2.3 GB dengan 2.3 GB, 4.0 ICS dengan 4.0
ICS Namun ada kemungkinan keberhasilan untuk port ROM beda versi android seperti
berikut (tidak direkomendasikan)
==>SOURCE dengan TARGET
==>4.1 dengan 4.2
==>4.2 dengan 4.3
==>4.3 dengan 4.2
==>4.2 dengan 4.1
Persiapan File
[Link] 2 folder. Beri nama TARGET dan SOURCE
[Link] Stock ROM / device sobat ke folder SOURCE
[Link] ROM yang ingin di PORT ke folder TARGET
KAMUS ISTILAH
=> Base ROM yaitu ROM yang dijadikan Basis Porting
=> Buat Flashable ZIP yaitu mengcompress isi folder Base ROM dengan compression level
normal dan metode deflate (Jika mengguankan 7-Zip) dengan ekstensi *.zip
PRA EKSEKUSI
Sebelum masuk ke dalam tutorial inti saya ingin menegaskan hal hal berikut
"Saya tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan. PORTING
ROM TIDAK AKAN MEMBUAT DEVICE ANDA HARDBRICK ATAU LOST
RECOVERY DAN LAIN LAIN. RESIKO TERBESARNYA HANYALAH
SOFTBRICK ALIAS BOOTLOOP"
DO WITH YOUR OWN RISK
Cara Porting ROM dengan Menjadikan SOURCE sebagai
Base ROM
=> TINGKAT KEBERHASILAN 57.5 %
=> STABILITAS ROM PORT 95%
=> POTENSI BUG 40%
=> Lakukan Persiapan
=> Pada folder SOURCE di dalam folder system hapus :
app (1 folder)
fonts (1 folder)
framework (1 folder)
media (1 folder)
[Link]
=> Salin folder berikut dari TARGET ke SOURCE di system :
app (1 folder)
fonts (1 folder)
framework (1 folder)
media (1 folder)
[Link]
=> Salin dan timpa file berikut dari /system/lib TARGET ke /system/lib SOURCE
libandroid_runtime.so
libandroid_servers.so
libmedia_jni.so
=> Buat Flashable ZIP
Catatan :
Silahkan di coba untuk di flash lewat CWM, tapi sebelumnya perlu di perhatikan, jika ukuran
resolusi layar rom yang diporting lebih besar daripada Device kita,,misal punya kita
resolusinya 480 x 800 pixel, dan rom yang diporting resolusinya 720 x 1280 pixel,rubah
terlebih dahulu :
Di system/media/image rubah nama boot_logo menjadi boot_logo.bak
Pada [Link] dibaris terakhir , buat baris baru dan tambahkan
[Link].lcd_density=240 tanpa tanda kutip (ukuran 240 bisa berubah sesuai density layar kita,
bisa di lihat menggunakan aplikasi cpu z atau antutu benchmark namun biasanya tidak jauh
dari tingkat kerapatan pikel device (Lihat Spesifikasi))
Jika bootanimation dan shutanimation,,ketika booting tampilannya kacau,rubah/ganti
dengan bootanimation dan shutanimation di system/media yang sesuai dengan resolusi device
kita
Memperbaiki Bug :
=> Jika setelah berhasil flash rom memori telepon atau sdcard tidak terdeteksi ,ganti
dari system/etc TARGET kesystem/etc SOURCE :
[Link]
[Link]
=> Jika setelah berhasil flash ROM keyboard bermasalah atau Force Close, ganti
dari system/usr/keylayout TARGET ke system/usr/keylayout SOURCE :
[Link]
=> Jika setelah berhasil flash ROM tombol Home tidak bisa di gunakan, ganti
dari system/usr/keylayout TARGETke system/usr/keylayout SOURCE:
[Link]
=> Jika setelah berhasil flash rom, auto rotate tidak bekerja ganti
dari TARGET ke SOURCE :
[Link] di system/lib/hw
[Link] di system/etc/permissions
=> Jika setelah berhasil flash rom Bluetooth dan wifi bermasalah,
dari TARGET ke SOURCE:
mtk_stp_wmt.ko dan mtk_wmt_wifi.ko di system/lib/modules
libbluetooth_mtk.so dan libbluetoothem_mtk.so di sytem/lib
Cara Porting ROM dengan Menjadikan TARGET
menjadi BASE
=> TINGKAT KEBERHASILAH 87.5%
=> TINGKAT STABILITAS ROM 85%
=> POTENSI BUG 20%
=> Lakukan Persiapan
=> Salin dan timpa dari SOURCE ke TARGET :
[Link]
[Link] di system/etc/firmware
[Link] dan ccci_plat.ko di system/lib/modules
[Link] dan [Link] di system/usr/keylayout
mtk_stp_wmt.ko dan mtk_wmt_wifi.ko di system/lib/modules
libbluetooth_mtk.so di system/lib
[Link] di system/lib/hw
libmnlp_mt6628 di system/xbin
=> Buat Flashable Zip
CATATAN :
=> Selesai dan silahkan di coba untuk di flash lewat cwm recovery, tapi sebelumnya perlu di
perhatikan, periksa updater_script di META_INF/com/google/android menggunakan
notepad++,partisi system android yang di PORT harus di samakan dengan sytem partisi
DEVICE kita.
=> Jika ukuran resolusi layar rom yang diporting lebih besar daripada Device kita,,misal
punya kita resolusinya 480 x 800 pixel, dan rom yang diporting resolusinya 720 x 1280
pixel,rubah terlebih dahulu :
Di system/media/image rubah nama boot_logo menjadi boot_logo.bak
Pada [Link] dibaris terakhir , buat baris baru dan tambahkan
[Link].lcd_density=240 tanpa tanda kutip (ukuran 240 bisa berubah sesuai density layar kita,
bisa di lihat menggunakan aplikasi cpu z atau antutu benchmark namun biasanya tidak jauh
dari tingkat kerapatan pikel device (Lihat Spesifikasi))
Jika bootanimation dan shutanimation,,ketika booting tampilannya kacau,rubah/ganti
dengan bootanimation dan shutanimation di system/media yang sesuai dengan resolusi device
kita
=> Fix Bootloop
==> Salin dan timpa semua isi folder berikut dari SOURCE ke TARGET
system/etc/firmware
system/lib/module
system/lib/hw
=> Fix Kamera dan Bootloop
==> Salin dan timpa juga file berikut dari SOURCE ke TARGET
Liba3m
Lib3a
Libfeaturio
Libimagieo
Libja3m
Libcamparamsmgr
Libcamera exif
Libcamalgo
Libcamdrv
Libcamera costum
Libcamerametadata
PEMECAHAN MASALAH UMUM
=> Fix Kamera
Jika setelah berhasil flash ROM aplikasi kamera hilang./FC/ hanya kemera depan yang bisa
digunakan ganti dari
==> TARGET ke SOURCE jika menggunakan metode 1
==> SOURCE ke TARGET jika menggunakan metode 2
[Link] di system/etc/permissions
[Link] di system/lib/hw
libcamera_client.so di system/lib
libcamera_metadata.so di system/lib
[Link] di system/lib
[Link] di system/lib
[Link] di system/lib