[TUTOR] Mengatasi "RAMDUMP
(ARM9) Stadium Akhir"
Pernah Mengalami RamDump?
Gejala Ramdump ringan (Stadium 1) adalah tidak bisa masuk recovery dan atau
muncul tulisan RAMDUMP ARM9 MODE pada layar HH, namun ketika anda
melepas battery selama beberapa menit setelah itu anda pasangkan kembali maka HH
akan kembali normal.
Gejala Ramdump (Stadium 2) tingkat yg lebih tinggi adalah HH tetap ramdump
walaupun sudah dilepas battery. Namun ketika anda mem-flash firmware (baca: flash
stockrom) maka HH akan kembali normal.
Gejala Ramdump (Stadium 3) tingkat akhir proses ramdump, adalah ketika HH
sudah dilakukan flashing stockrom namun tetap mengalami ramdump, bootloop, tidak
bisa masuk recovery mode.
Oke, mungkin itu klasifikasi ramdump versi ane. Sedikit cerita kenapa ane membahas
topik ini adalah karena ane udah mengalami semua stadium RAMDUMP diatas. Yang
paling memeras keringat dan otak adalah yg terakhir (stadium 3). Awalnya ane pake
rom CM10.1 lalu tanpa sebab, gak ada hujan, gak ada angin, ehh HH ane bootloop.
Bootloop emang udah makanan sehari-hari sih, jadi langsung aja cabut battere terus
coba masuk recovery mode. Dan ternyata setelah tombol kombinasi Recovery Mode
ditekan, HH tidak menunjukkan tanda-tanda masuk recovery mode, dan bahkan
sepertinya HH malah stuck di kondisi layar mati (prosesor dan mesin masih bekerja).
Terpaksa ane cabut battere, dan ulangi lagi dan ternyata......... hasilnya sama. :3Ane
inget pernah share Tools utk paksa masuk recovery lewat ADB. Langsung ane tancap
gas buka command prompt. Klak Klik Klak Klik (suara tombol keyboard ditekan) ane
ketik adb devices, HH ane terdeteksi, namun kondisi Offline. Waduuhhh, klo kayak
gini caranya sampe kiamat gak bakal bisa masuk ke Shell. :3
Dari itu ane bingung, terus ane coba flash firmware soalnya dikejadian yg sebelumnya
ane berhasil menaklukan ramdump (stadium 2). Setelah ane flash firmware, HH nyala
nihh... masuk ke bootanimation, agak lama.. dan alhamdulillah akhirnya.. bootloop
lagi. :O :O :O mak jegeerr!!! rasanya kayak disamber petir, kok bisaaaa???ane masih
penasaran, ane flash lagi firmwarenya, masih bootloop, ane flash CWM terus ane coba
masuk recovery ternyata ramdump lagi. :3Hmm,, cerita ane agak panjangin dikit yak,
biar buat pelajaran bagi yg lain. :DLanjut, ane googling nyari-nyari referensi sama
banyak tools yg ane coba dari mulai OneClick-UnBrick dan tools-tools lain yg
akhirnya gak mempan sama sekali. :3Udah sekitar semingguan ane nyari referensi,
muter otak, meras keringat, berusaha jangan sampai ke SSC (soalnya jauh) ane dapet
ilham dari yg Maha Kuasa, ane selidikin isi file Firmware (****.tar.md5) ternyata
didalam file itu ada file [Link], [Link].ext4, [Link].ext4, dsb. Dari sini ane
dapet pertanyaan, mana file [Link].ext4 nya?????? Mungkin ini adalah
kekurangan dari Firmware kita yg mengharuskan kita melakukan wipe data/factory
reset sebelum flashing [Link], ane berusaha keras mendapatkan file itu,
salah satu contohnya ya ane minta file nya ke om Brian, om Anton, om Wantz Else,
dan om om yg lain. Tapi masalah lain muncul "gak ada yg upload" hehehe. :PSaat-saat
genting seperti ini, tidak ada kata lain selain terus berusaha (sebenernya klo dibawa ke
SSC gampang sih, tapi pasti suruh ganti MB :3). Pelan-pelan ane memulai riset, dari
cara mendapatkan file .img (akhirnya karena gak dapet file [Link].ext4 maka
ane ambil file dari Stock ROM Tablet ane :D), dan membuat File yg bisa di Flash
Lewat Odin (Karena odin satu-satunya dewa penyelamat disini, selain SSC dan
JTAG). Googling lagi.. googling lagi.. sampe capek banget baca-baca (tapi untungnya
seneng baca) dan akhirnya dapet apa yg ane inginkan tapi pakai linux... :3 gak putus
semangat ane tetep berusaha googling lagi dan akhirnya ketemu pakai cygwin tapi tapi
tapii.. itu buat [Link] (bikin Flashable untuk CWM). Jadi Script/Tools nya
terpaksa ane rombak juga, mempelajari baris demi baris perintahnya (sampe lupa
mandi :3).
Setelah ane dapet script intinya, langsung ane jajal dan tahap pertama seperti biasa
pasti dapet hadiah ERROR dulu. :3, terus ane coba lagi pakai tools lain, pelajari lagi
scriptnya, praktek lagi, dan ERROR lagi.. ini seperti ujian bertubi-tubi yg harus ane
hadepin.
Setelah praktek berkali-kali dan dapat error banyak (sampe dikarung-karungin
rencananya mau ane bagi-bagikan di grup ini :P) akhirnya bisa juga bikin file
Flashable nya, setelah siap, langsung saja ane buka Odin.
Langsung ane tancap file yg ane buat dari ke kolom PDA. terus klik Start dan
Whooooaaaaaaa... PASS!! RESET!!HH ane langsung mati, tapi nyala lagi. :D masuk
ke bootanimation, dan Bootloop lagi... Sialllllllllll.. udah capek-capek tapi masih
gagal.. udah hampir nyerah, ane coba flash Firmware lagi, setelah firmware di flash
HH reboot, terus ada kayak script yg jalan otomatis (inget saat flash firmware
biasanya langsung reboot lagi) tapi ini gak reboot lagi langsung masuk ke recovery
bawaan HH disana ada pilih wipe data/factory reset. Dan nggak menunggu untuk
kedua kalinya, langsung aja ane pilih itu n wipe cache juga. setelah itu ane reboot
system now.
Dengan dag dig dug, HH masuk bootanimation, gak ada tanda-tanda mau bootloop,
kemudian HH geter satukali, dan muncul gambar robot ijo.
Akhirnya HH ane sembuh juga dari penyakit ini.
hehehe,, oke diatas adalah cerita singkat (baca: panjang) yg ane alamin.
Sekarang ane mau berbagi triknya.
Siapin aja file USER_DATA.tar.md5 --> bikinan ane lhoo :P (narsis dikit ah)
Flash pake Odin, di kolom PDA yak.
Setelah itu, biarin HH reboot. Klo ntar masih bootloop, ente masuk download mode
lagi. Siapin file StockROM sama file PIT.
Jangan lupa centang Re-Partition, klik Start, tunggu sampe selesai. ntar HH reboot
langsung masuk ke recovery mode. Pilih wipe data/factory reset dan wipe cache. Abis
itu reboot. Dan HH normal lagi. :D
Berhubung ente udah baca kronologi cerita ane, jadi ane minta LINK DOWNLOAD
nya ntar jangan di mirror yak :) anggep aja sebagai ucapan thanks kalau apa yg ane
share disini membantu masalah ente. :D
Kalaupun ada yg mau kasih "donat" jg boleh. :)
LINK DOWNLOAD USER_DATA.tar.md5 : [Link]
Diposkan oleh [Link] NURHIDAYAT
Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook
7 0 K O M E N T AR :
candra anggara mengatakan...
ttp gak bisa gan . hp ane GT-S6310
16 AP RIL 2014 21.31
Zaqi Ikko mengatakan...
sama gan hp gua juga s6310 ada tutor lain g ?
2 J U LI 2014 14.45
Zaqi Ikko mengatakan...
klo ada tlong di komen gan !
2 J U LI 2014 14.46
muhammad abdul aziz mengatakan...
ndak jadi mas, berhenti di setup connection....
[Link]
6 J U LI 2014 17.02
[Link] NURHIDAYAT mengatakan...
gak cocok mungkinn gan..
ni buat galmin 2..
17 J U LI 2014 15.41
Desta Gamepoe mengatakan...
6310 sudah 7bln dlm [Link] RAMDUP mode [Link]
di pencet tombol mau msk rcvery keluar RESET FLASH blaablaa..di
carger pun keluar RAMDUP.kira2 klu pake JTAG bisa gk mass??
Soalnya di SSC udah angkat tangan..
3 O K TOBER 2014 04.42
@DikyAndy mengatakan...
Agan yg terhormat terimakasih atas file userdatanya hp ane Galaxy
S6310 yg eror entah kenapa yg jelas ga ada tulisan ramdump udh ane
flash berulang kali stuck di logo samsung lalu ane coba tekan tombol
home+power+volume up ga bisa malah getar getar doang pas ane
flash pake file agan langsung masuk home hore berhasill sekali lagi
ane ucapin makasih ya kang..... udh putus asa ane wkwkwkw
1 J AN U A RI 2015 00.31
[Link] NURHIDAYAT mengatakan...
oke sama-sama
14 J AN U A RI 2015 22.35
Afifatul Zahro mengatakan...
Penyebab ramdump mode itu apa ya mas?
Hpku kq tiba2 jadi ramdump gt, kondisi pas ngecas (kondisi hp
dimatiin) jadi malah ngga bisa ngecas
Batre uda dilepas, bisa lagi. Tapi pas mw ngecas masuk ramdump lagi
Padahal hpku masi ori ngga diapa2in. Masi standar stockrom. Kira2 tu
knapa ya mas?
4 F EBRU A RI 2015 05.40
the_jhaVhu mengatakan...
om bisa buatin file tar.md5 buat samsung core duos GT-i8262 ga cz
ane kena ramdump tingkat 3
4 F EBRU A RI 2015 07.36
alhamdulillah mengatakan...
horeee...semaleman dioprek pake tutor nih... akhirnya galaxy jena ane
idup lagi... syukron agan Shohib. ente emg master nomer wahid... ane
doain semoga agan panjang umur sehat selalu... :))
11 F EBRUA RI 2015 13.26
Deni Prasetyo mengatakan...
gan,, flash [Link].md5 nya di posisi ada tulisan ram dump arm9
kan ? kok saya failed mulu ?
10 M A RET 2015 14.11
budi ars mengatakan...
samsung ane udah sethun ramdump...sampe sekarang jg masih
pensiun...pusing kepala neeh..
2 AP RIL 2015 08.19
ari mengatakan...
gan yg punya blog maaf wa k no saya ada yg mau saya tanyain ...biar
ada gambarnya.
089653218711
17 AP RIL 2015 22.51
ari mengatakan...
gan alhamdulilla berhasild young 6310 ane..tp ada 1 lagi nih .. kok pas
boot awal masuk menu ada tulisan factory mode is on ,..
trus ada info tentang softwarenya
PDA ...
PHONE...
CSC..
H/W..
FR CAL DATE
CAMERA
TSP
TSK
UN...
tolong cara ngilanginya kang admin,....
18 AP RIL 2015 22.47
luffy haris mengatakan...
write aja file EFS nya gan...,,klo untuk agan ari,,di repair imeinya
agan.,,..
1 M EI 2015 02.43
slow mengatakan...
Ahirnya......stlh 2hari 2mlm begadang..done jg nih hp...tks gan ats
ilmunya.....sangt membantu sekali....
11 M EI 2015 12.40
tips and trick mengatakan...
mohon pertolongan para agan...
s6310 pas proses udin mentog di SetupConnection doang mohon
pencerahan'a para master
28 M EI 2015 17.14
hafiz maulana yusuf mengatakan...
sukses terus,,, young 2 done!!!!!
29 M EI 2015 04.56
hafiz maulana yusuf mengatakan...
[Link] ane sukses flashing tapi pas rebot cuma getar dan mati.... tp
masih bisa masuk download mode,, ane flashing lagi tambah file pit,,,,
masih sama.... tolong bantuanya master, apa harus pake file kaya
diatas???..
29 M EI 2015 05.45
praz sii batik mengatakan...
kok nggk bsa sh um :(
1 J UN I 2015 10.37
asharinawan mengatakan...
joss,...thanks gan....done. tanya satu lagi cara buka file tar gimana bos
ya, tutor boleh nih
6 J UN I 2015 04.38
Fairuz Fellez mengatakan...
Tolong agan2 siap tau ada yg tau, ni punya ane ace3 7270 dah 3 hari
gak mau nyala. Tadinya saya partisi Ram pakek swaper2. Stelah
padtisi ane rebooat eh malah bdrhenti di logo smsung 7270 layar blank
trus bergetar dan muncul di layar kayak TV rusak gtu . Dan restar
sndri dan sllu blik gitu. tpi punya ane masih bsa nshk CWM dh restore
stok rom gk mampu. Flas fia odin jga ttap gk bsa .. mhon bantuanya
9 J UN I 2015 23.50
fajar Taho mengatakan...
makasih agan galaxy young 2 saya bisa nyala berkat agan. thanks full
abis. agan hebat
3 J U LI 2015 00.23
Eddy Muliawan mengatakan...
thanks gan, sukses 100%
27 J U LI 2015 20.50
amrullah hafizh mengatakan...
Gan, hp ane kena ram dump, sempet gamau di reboot dan balik trs ke
tulisan ram dump mode, nah trs tbtb bisa deh tuh nyala ke recovery
mode, ane reset semua datanya kan, tapi hp ane jd aneh gt setelahnya.
Wifi bluetooth gabisa nyala simcard ga ke detect, pokoknya gabisa
ngapa ngapain deh tu hp jadinya. Kira2 itu kenapa ya?
12 AG US TU S 2015 04.20
bisnis tiga mengatakan...
gan kalo ane galaxy chat gak bisa masuk recovery mode, kalo diidupin
cuma ada tulisan "[Link] draw failed" di flash ulang via odin jg gak
bisa ttp kaya gtu, gimna solusinya ya?
22 AG US TU S 2015 21.59
bisnis tiga mengatakan...
sampe sekarang hp gak bisa idup gan cuma muncul tulisan ijo tu ja
"[Link] draw failed"
22 AG US TU S 2015 22.00
Ansyah Nurdi mengatakan...
alhamdulilah admin....young 2 q bangkit dari kubur,berkat jamu dri
mu....makasih banget ya......
29 AG US TU S 2015 02.44
Muhammad Budi Sumarwan mengatakan...
gan galaxy fame saya juga stadium 3, pakai alat tempur tsb bisa juga
tdk ya? mohon pencerahan
8 S EP TEM BER 2015 00.24
Janu mengatakan...
Punyaqu make cara diatas tetep gak bisa gan ... masuk recovery mode
tidak bisa... muter-muter di google gak nemu-nemu.. Samsung gts6310 RamDump ARM9Mode ...
18 S EP TEM BER 2015 04.06
Adit Rama Putra mengatakan...
waaaa seneng banget Galaxy Young S3610 ane yang tadinya stadium
3 kembali sehat wal afiat gan. udah hampir putus asa mau ane bawa ke
SSC padahal :")
23 S EP TEM BER 2015 02.55
egy mengatakan...
gan gag bisa donlot dr odin . soalnya gag bisa buka donlot mode...
1 O K TOBER 2015 08.03
USCPHONE mengatakan...
makasih ganGT-S6310 stadium3 kembali normal dengan user data di
atas...thash bisa bikin nota
11 OK TOBER 2015 07.20
Elham Mohad mengatakan...
kalo ga bisa odin mode gimana bang...
15 O K TOBER 2015 17.58
GYUNKI mengatakan...
gan, ane punya s4 mini i9190 stadium 3..... ane coba' pke file diatas
hasilnya nihil.....
teruz gmn gan? mhon bantuannya..
23 O K TOBER 2015 23.43
Nara Hime mengatakan...
Gan.. makasih banget ^^ kmaren udah nyaris putus asa .. skarang hp
galaxy y 2 gw udah bisa idup lagi :) makasih bangeettt buat file nya ..
24 O K TOBER 2015 12.22
riss voucher mengatakan...
boss punya pail userdata buat samsung galaxy chat gtb 5330?
25 O K TOBER 2015 10.03
Queen Ordinary mengatakan...
makasih gan atas filenya :D hp samsung gue jadi normal lagi
25 O K TOBER 2015 16.30
valentino rossi mengatakan...
Gan mohon pencerahan'y soalnya hape punya adik ane samsung gt
s6310 kena ramdump stadium , ane udah coba flash ulang ga bisa, ane
coba flash ulang pke file yang agan share juga tetep ga bisa FAIL trus
di Odin nya, mohon pencerahanya gan,
1 N OV EM BER 2015 06.55
valentino rossi mengatakan...
Gan mohon pencerahan'y soal'y punya adik saya kaya gtu kena
ramdump stadium 3, ane dah flash ulang via odin ga bisa FAIL, trus
pake file yg agan share di atas juga ga bisa tetep FAIL, mohon
bantuan'y gan, udah pake pencet tombol smua'y tetep aja ga bisa, skali
lagi mohon bantuan'y gan
1 N OV EM BER 2015 06.58
Aqbar Ramadhan mengatakan...
Sms dimari gan 089689985811 kali ane bisa bantu
8 N OV EM BER 2015 07.03
Rian Rezpectorrr mengatakan...
. gan sory nih ane mau nanya ane lgi ngadepin masalah yg bkin pusing
kpala .. hp samsung core duos i8262 ane tiba'' mati padahal smalem
abis buat maen pas pagi'' mau blz bbm ga bsa ,, ane coba cabut batre
ane pasang lagi dan hasilnya sma aja hp ane cuma getar dan kluar logo
samsung dlm wktu 1 dtik trus mati lagi ...
. ane dah coba tes pke power supply hasilnya msin normal ,, itu yg kna
software'nya atuau apanya gan ....? ane coba masuk recovery mode
ehhh ga taunya ga bsa ... mohon bantuannya gan ...
22 N OV EM BER 2015 13.20
wahyu jS mengatakan...
gan mohon bantuan nya step by step instal USER_DATA.tar.md5,. ane
masih binggung nihhh
25 N OV EM BER 2015 01.27
yogi pratama mengatakan...
buat yang msih bisa download mode coba install TWRP via odin, stlah
itu buka TWRP -> wipe chace partition, Wipe dalvik chace dan factory
reset,
mudah2an berhasil
4 D ES EM BER 2015 12.58
Unknown mengatakan...
mhon [Link] gan HH ane s gt6310...hdup smpe logo doang....gk
bisa masuk mode recovery..kalo d tkan power+menu+vol up cuma
getar2 doang..cuma bisa download mode...udah k SSC..SSC gk bisa
krena HH ane produk vietnam....udah nyoba cara di atas msh tetep
gagal....mhon bantuannya gan... sms k no 085731264257....thanks
8 D ES EM BER 2015 02.30
Foces mengatakan...
keren parah ni yang buat
HH temen ane langsung bisa lagi
Thanks buat yang bikin ini file
14 D ES EM B ER 2015 08.26
Askara Cetta mengatakan...
keren gan.. mantap.. terima kasih banyak.
17 D ES EM B ER 2015 19.37
Riefky Elcaff mengatakan...
Gan minta link file pit nya jg dong..
18 D ES EM B ER 2015 04.55
alaypacino1 mengatakan...
young 2 udah diflash pake firmware negara mana aja,,tetep bootloop...
EHH JODOHNYA DISINI,,,LANGSUNG TOKCER ABIS,,
MANTAP ...TERIMAKASIH BANYAK YAA..
19 D ES EM B ER 2015 10.47
Faiszal Faqih Bachtiar mengatakan...
joss sukses vroooh thacks ya gan
19 D ES EM B ER 2015 22.41
edo suprapto mengatakan...
mantap bro, semoga berkah hidup ente ,. yg belum bisa, coba
downloadnya make uc browser, awal make browser biasa gk bisa
download make uc browser berhasil filenya kerja,. thanks banyak
1 J AN U A RI 2016 02.43
ariszona cell mengatakan...
Enter CS for MD5..
Check MD5.. Do not unplug the cable..
Please wait..
[Link].md5 is valid.
Checking MD5 finished Sucessfully..
Leave CS..
Odin v.3 engine (ID:91)..
File analysis..
SetupConnection..
pas ane Flash cuma mentok di SstupConnection doank..
GT-S6310
- RAMDUMP (ARM9 Mode) Stadium akhir T_T
- Cannot in Recovery
- Cannot in Download Mode
Tolong gan bantuin udah 1 bulan mati suri ini HH ane
3 J AN U A RI 2016 09.33
iwan bagoes mengatakan...
Mkash bnget juragan 6310 q hidup lgi
10 J AN U A RI 2016 17.20
I Nengah Yudi Adnyana mengatakan...
Kok punya saya ga mau?
Mintak penjelsan'a boss hp an s6310
12 J AN U A RI 2016 19.39
B33W33 mengatakan...
yg ini gimana gan??
[Link]
15 J AN U A RI 2016 20.57
Suta Ariya Trenggana mengatakan...
Gan samsung gt-s6310 saya saat di tekan tombol power hanya getar 2
kali tanpa muncul tampilan apapun. masuk recovery mode juga gak
bisa, download mode juga gak bisa. giman tu gan mohon bantuannya?
17 J AN U A RI 2016 20.31
gary saputra mengatakan...
wah,,,, langsung bsa dia gan,,,, makasi atas ilmu nx gan,, sngat
bermanfaat :)
19 J AN U A RI 2016 09.46
Air rasa mengatakan...
gan, kalo lg d325 internal partisinya terhapus, gimana cara
balikinnya ?. gejalanya skrg tidak mau nyala, kalo di pc terbaca usb
bulk. mohon pencerahannya, thx.
21 J AN U A RI 2016 18.13
the Holic mengatakan...
the_jhaVhu gt-i8262 file tar.md5
[Link]
d5
4 F EBRU A RI 2016 07.45
faruq hawasy mengatakan...
Sesudah flash pertama kya gao ada efek, tpi setelah di matiin smpe 2
jam an, hp kk ane sehat lagi
Thanks gan infonya
5 F EBRU A RI 2016 07.24
Class Cell mengatakan...
sukses gan.. dah test di GT-S7562.. maksih filenya,sukses selalu...
8 F EBRU A RI 2016 09.58
Afief Anshori mengatakan...
Gan kalo sama hh LG gmana gan, apakah bisa tu file nya,,?
21 F EBRU A RI 2016 06.22
asep huday mengatakan...
gan klw file pit nya versi rusia bisa nggk...?
23 F EBRU A RI 2016 22.26
asep huday mengatakan...
ane punya 3 file odin (pit,pda,csc). nnt klw diflash pake userdata pnya
agan masih bootloop, ane flash lagi pake file itu (tanpa csc) itu gpp
kan...? apa dipake aja...?
maklum gan masih #Newbie hehe
23 F EBRU A RI 2016 22.43
mudzakir nsk mengatakan...
[Link] sukses
25 F EBRU A RI 2016 09.01
Unknown mengatakan...
#respon min
User data nya di PIT atau PDA
11 MA RET 2016 05.40
qimz joy mengatakan...
Bang. Ane masih bingung.. Hp ane kena stadium 3 .. Itu colokin
usbnya hp ke adaan mati apa hidup.. Coz klo mati ga connect ke pc..
Tpi klo idup connect cma mtp usb drivernya gagal ke install trus.. Udh
coba ngakalin tpi gagal trus.. Mohon pencerahannya ..
15 M A RET 2016 01.50
Agus Ahmad Sobir mengatakan...
recomended nih buat hh-nya yg ramdump tingkat 3, ane s6310 lanjay
gan, tq gan tutornya :v
18 M A RET 2016 16.34
owoxx mengatakan...
Makasih gan, Galaxy ponakan ane gak jadi dibanting
25 M A RET 2016 20.37
P O S K A N K O M E N T AR
Posting Lebih BaruPosting LamaBeranda
Copyright 2011 Goresan Tangan [Link] rights reserved. Powered by Blogger
[Link], Technical Support, Presented by [Link].
s
g
o
l
b
y
m
e
m
o
c
l
e