Load Balancing mikrotik
Kondisi : ISP dimana kita bekerja sebagai Administrator menggunakan lebih dari satu gateway untuk terhubung ke Internet. Semuanya harus dapat melayani layanan upstream & downstream. Karena akan beda kasusnya apabila salah satunya hanya dapat melayani downstream, contohnya jika menggunakan VSAT DVB One-way. Untuk kasus ini dimisalkan ISP memiliki 2 jalur ke Internet. Satu menggunakan akses DSL (256 Kbps) dan lainnya menggunakan Wireless (512 Kbps). Dengan rasio pemakaian DSL:Wireless = 1:2 . Yang akan dilakukan : 1. Menggunakan semua jalur gateway yang tersedia dengan teknik load-balancing. 2. Menjadikan salah satunya sebagai back-up dengan teknik fail-over. OK, mari saja kita mulai eksperimennya : 1. IP address untuk akses ke LAN : > /ip address add address=[Link]/28 interface=LAN IP address untuk akses ke jalur DSL : > /ip address add address=[Link]/29 interface=DSL IP address untuk akses ke jalur Wireless : > /ip address add address=[Link]/29 interface=WIRELESS Tentukan gateway dengan rasionya masing-masing : > /ip route add gateway=[Link],[Link],[Link] 2. Pada kasus untuk teknik fail-over. Diasumsikan jalur utama melalui Wireless dengan jalur DSL sebagai back-up apabila jalur utama tidak dapat dilalui. Untuk mengecek apakah jalur utama dapat dilalui atau tidak, digunakan command ping. > /ip firewall mangle add chain=prerouting src-address=[Link]/28 action=markrouting new-routing-mark=SUBNET1-RM > /ip route add gateway=[Link] routing-mark=SUBNET1-RM check-gateway=ping > /ip route add gateway=[Link] 3. Good Luck!!
============================================================= ========================== sepertinya menggunakan mikrotik jg bisa untuk "load balancing" tinggal pasang 3 interface, interface A untuk Speedy1 , misal IP [Link] interface B untuk Speedy2 , misal IP [Link] Interface C untuk LAN , misal IP [Link]/24
config di mikrotik sperti ini : > /ip address add address=[Link]/24 interface=LAN IP address untuk SpeedyA : > /ip address add address=[Link]/32 interface=SpeedyA IP address untuk SpeedyB : > /ip address add address=[Link]/32 interface=SpeedyB Selanjutnya kita tentukan gateway dengan prioritas : > /ip route add gateway=[Link],[Link],[Link] Bisa juga ditambahi config untuk failover, jd misal salahsatu speedy ada yg mati bisa langsung menggunakan speedy jalur satunya, > /ip firewall mangle add chain=prerouting src-address=[Link]/24 action=markrouting new-routing-mark=RM-SPEEDY > /ip route add gateway=[Link] routing-mark=rm-speedyB check-gateway=ping > /ip route add gateway=[Link]
Atau dg alternatif lainnya yakni, kita membagi traffik ke dua jalur speedy tersebut berdasarkan group network di LAN kita, Kita setting IP di masing" interface mikrotik, /ip address add address [Link]/32 interface speedyA /ip address add address [Link]/32 interface speedyB /ip address add address [Link]/24 interface LAN Selanjutnya kita coba bagi network kedalam 2 Group add chain=prerouting action=mark-connection src-address [Link]/25 new-routingmark= Group-A add chain=prerouting action=mark-connection src-address [Link]/25 newrouting-mark=Group-B selanjutnya kita set default gateway masing-masing group /ip route add gateway=[Link] routing-mark=Group-A /ip route add gateway=[Link] routing-mark=Group-B Pastikan juga kita udah setting NAT pada network kita /ip firewall nat add chain=srcnat src-address [Link]/24 action=masquerade
============================================================= =================== Menggunakan 3 etrernet card ether1 ==> wireless ether2 ==> speedy ethet3 ==> Lan mikrotik command: /ip address add address [Link]/32 interface ether1 /ip address add address [Link]/32 interface ether2 /ip address add address [Link]/24 interface ether3 Membagi Ip menjadi 2 Group add chain=prerouting action=mark-connection src-address [Link]/25 newrouting-mark= Group-A add chain=prerouting action=mark-connection src-address [Link]/25 newrouting-mark=Group-B Default gw masing-masing Group Group-A=[Link]/25 default gw [Link] Group-B=[Link]/25 default gw [Link] mikrotik command: /ip route add gateway=[Link] routing-mark=Group-A /ip route add gateway=[Link] routing-mark=Group-B Nat ip local [Link]/24 ==>masquerade mikrotik command: /ip firewall nat add chain=srcnat src-address [Link]/24 action=masquerade ============================================================= ===================== ip route add dst-address=[Link]/0 gateway=[Link] check-gateway=ping ip route add dst-address=[Link]/0 gateway=[Link] check-gateway=ping Dimana [Link] router ADSL & [Link] gateway RT/RW-net pake 2.4ghz dah cuma gitu aja sih .. cek gateway pake ping jadi kalau gateway down
langsung switch. Kalau gak down ya langsung on 2 sekaligus, kayanya sih load balancing cuma kebetulan saya tambah parameter distance=2 di gateway RT/RW-net jadi dapet prioritas lebih rendah .. Firewall / NAT bikin dua biji untuk masing-masing gateway untuk client sih gampang add route default gw IP-ether-mikrotik PC / Router mikrotik yang saya operasikan ada 3 LAN card 2 ke arah modem ADSL, 1 ke arah LAN client di arahkan gatewaynya ke ethernet LAN mikrotik aja