0% menganggap dokumen ini bermanfaat (0 suara)
2 tayangan4 halaman

Tugas Informatika

Menu Home pada Microsoft Excel terdiri dari tujuh grup: Clipboard, Font, Alignment, Number, Style, Cells, dan Editing, yang masing-masing memiliki fungsi spesifik untuk mengelola data. Clipboard berfungsi untuk memindahkan dan menyalin data, Font untuk mengatur gaya tulisan, Alignment untuk mengatur posisi teks, Number untuk format angka, Style untuk mengubah tampilan sel, Cells untuk mengatur kolom dan baris, serta Editing untuk pengeditan cepat. Setiap grup dilengkapi dengan berbagai fitur dan shortcut untuk mempermudah pengguna dalam bekerja dengan spreadsheet.

Diunggah oleh

nazilaazqa
Hak Cipta
© All Rights Reserved
Kami menangani hak cipta konten dengan serius. Jika Anda merasa konten ini milik Anda, ajukan klaim di sini.
Format Tersedia
Unduh sebagai DOCX, PDF, TXT atau baca online di Scribd
0% menganggap dokumen ini bermanfaat (0 suara)
2 tayangan4 halaman

Tugas Informatika

Menu Home pada Microsoft Excel terdiri dari tujuh grup: Clipboard, Font, Alignment, Number, Style, Cells, dan Editing, yang masing-masing memiliki fungsi spesifik untuk mengelola data. Clipboard berfungsi untuk memindahkan dan menyalin data, Font untuk mengatur gaya tulisan, Alignment untuk mengatur posisi teks, Number untuk format angka, Style untuk mengubah tampilan sel, Cells untuk mengatur kolom dan baris, serta Editing untuk pengeditan cepat. Setiap grup dilengkapi dengan berbagai fitur dan shortcut untuk mempermudah pengguna dalam bekerja dengan spreadsheet.

Diunggah oleh

nazilaazqa
Hak Cipta
© All Rights Reserved
Kami menangani hak cipta konten dengan serius. Jika Anda merasa konten ini milik Anda, ajukan klaim di sini.
Format Tersedia
Unduh sebagai DOCX, PDF, TXT atau baca online di Scribd

Fungsi dari menu Home pada Microsoft Excel

Pada menu Home terdiri dari tujuh bagian atau grup, yaitu Clipboard,
Font, Alignment, Number, Style, Sel, dan Editing.

1. Clipboard

Di Clipboard ini terdiri dari empat bagian, yaitu Cut, Copy, Format Painter
dan Paste.

 Cut

Fungsinya adalah untuk memindahkan data. Keyboard Shortcuts nya


adalah CTRL X.

 Copy

Fungsinya adalah untuk menyalin atau menggandakan data. Keyboard


shortcuts nya adalah CTRL C.

 Format Painter

Fungsinya adalah untuk menerapkan format yang ada di sel ke sel


lainnya. Artinya Formatting yang sudah kita buat termasuk gaya tulisan,
warna, type akan diterapkan ke bagian terpilih tanpa perlu menyalin data
yang ada di sel sebelumnya.

 Paste

Paste ini sebenarnya paket komplit dengan Cut dan Copy. Kenapa? Karena
Paste ini fungsinya adalah untuk menempelkan data yang sudah di copy
atau di cut. Keyboard shortcuts nya adalah CTRL V.

2. Font

Font adalah tempat untuk mengatur atau menyunting data yang


berhubungan dengan gaya tulisan, ketebalan, atau juga warnanya.

- Bold, fungsinya untuk menebalkan angka atau huruf.


- Italic, fungsinya adalah untuk memiringkan teks.
- Underline, fungsinya adalah untuk memberi garis bawah.
Kalau kita klik sampingnya ini bisa memberi garis bawah satu
atau dua.
- Border, fungsinya adalah sewaktu kita ingin buat tabel, kita
bisa menggambar tabel atau memilih garis sesuai dengan
keinginan kita.
- Fill Color, Fill Color adalah untuk memberi warna pada sel.
- Font Color, Font Color adalah untuk member warna pada
tulisan atau angka yang sudah ada di sel tersebut.
- Font, fungsinya adalah mengubah gaya tulisan yang bisa kita
pilih.
- Font Size Box, fungsinya adalah mengubah ukuran tulisan
yang bisa kita pilih.

3. Alignment
Alignment adalah menu yang berisi perintah untuk mengatur
tulisan. Mulai dari mensejajarkan baris, membuat rata kiri atau
kanan, bawah atau atas, dan lain sebagainya. Nah fungsinya
masing-masing perintah ini kalian juga lihat gambarnya.

Ada namanya orientation atau tulisan miring, fungsinya adalah


untuk merotasi teks supaya menjadi miring mengikuti sudut atau
arah jarum jam.

Ada bagian Decrease Indent, fungsinya adalah menggeser konten ke


kiri dengan spasi yang sesuai gambarnya. Juga Increase Indent,
fungsinya adalah menggeser konten ke kanan.

Ada bagian namanya Wrap Text, fungsinya adalah mengubah teks


panjang agar mudah dibaca dengan menyesuaikan lebar baris.

Selanjutnya adalah bagian Merge & Center, yang fungsinya adalah


untuk menyatukan dua sel atau lebih yang berbeda supaya menjadi
satu sel dan meletaknya di tengah baris.

4. Number

Number adalah menu khusus berisi perintah untuk mengatur angka


seperti penulisan uang, waktu, akuntansi dan lain sebagainya. Yang diatas
ada nama general ini, nah diformat number ini memiliki 12 pilihan. Jadi
kita bisa mengubah format angka ke 12 pilihan ini.

Nah dibagian bawahnya, ada Accounting Number Format, fungsinya


adalah untuk mengatur format akuntansi berupa mata uang suatu negara.

Nah dibagian ada sampingnya yang berbentuk persen ini adalah cara
mengubah format angka dengan memberi satuan persen.

Nah dan sebelahnya ada Koma Style, ini fungsinya adalah menghapus
satuan tanda koma di belakang angka.
Lalu disampingnya ada Increase atau Decrease Decimal adalah
pengaturan untuk angka desimal ya.

5. Style

Style merupakan yang berfungsi untuk mengatur atau mengubah susunan


sel maupun tabel dengan rumus atau warna yang tersedia.

Ada bagian Conditional Formating ini fungsinya adalah untuk mengubah


dan mengatur gaya dari kolam maupun baris seperti menggunakan
seleksi warna, ikon dan lain sebagainya.

Kemudian selanjutnya ada Format as Table ini adalah fungsinya untuk


memasukkan atau juga bisa menyisipkan format tabel yang disediakan.

Kemudian ada sel style dan sini ada berbagai bentuk style dari sel itu
sendiri yang bisa kalian pilih.

6. Cells

Berbeda dengan yang lain, sel ini berisi pengaturan untuk mengatur
kolom dan baris. Misalnya untuk menyisipkan kolom atau baris.
Menghapus atau juga mengatur besar kecil sel.

 Insert

Fungsinya adalah untuk menyisipkan baris atau kolam di sela-sela data.


Jadi kalau kita menambahkan data diantara sel bisa menggunakan Insert
ini

 Delete
Sesuai namanya, fungsinya adalah menghapus baris maupun kolom.
 Format
Fungsinya adalah untuk mengubah ukuran sel.

7. Editing

Fungsinya adalah untuk melakukan pengeditan secara cepat seperti untuk


mengurutkan data, memberi rumus, menghapus konten, mengubah dan
lain sebagainya.

- AutoSum fungsinya adalah untuk memasukkan rumus secara


cepat dan otomatis kalau kita klik di bagian sampingnya ini
ada beberapa rumus. Rumus-rumus ini digunakan untuk
mengelola data Excel.
- Fill ini fungsinya adalah untuk mengubah dan mengatur pola
atau penomoran.
- Clear ini fungsinya adalah untuk menghapus konten atau
formatnya walaupun berbeda sel.
- Sort & Filter fungsinya adalah untuk mengatur urutan data
jadi kita melakukan penyaringan data di sini.
- Find & Select fungsinya adalah untuk mencari suatu kata
dalam data dan mengubah secara otomatis. Jadi kalau
misalnya datanya banyak terus kita mau cari kata-kata, kita
bisa menggunakan fitur yang ada disini yaitu Find and Select.

Anda mungkin juga menyukai