Fungsi dari menu Home pada Microsoft Excel
Pada menu Home terdiri dari tujuh bagian atau grup, yaitu Clipboard,
Font, Alignment, Number, Style, Sel, dan Editing.
1. Clipboard
Di Clipboard ini terdiri dari empat bagian, yaitu Cut, Copy, Format Painter
dan Paste.
Cut
Fungsinya adalah untuk memindahkan data. Keyboard Shortcuts nya
adalah CTRL X.
Copy
Fungsinya adalah untuk menyalin atau menggandakan data. Keyboard
shortcuts nya adalah CTRL C.
Format Painter
Fungsinya adalah untuk menerapkan format yang ada di sel ke sel
lainnya. Artinya Formatting yang sudah kita buat termasuk gaya tulisan,
warna, type akan diterapkan ke bagian terpilih tanpa perlu menyalin data
yang ada di sel sebelumnya.
Paste
Paste ini sebenarnya paket komplit dengan Cut dan Copy. Kenapa? Karena
Paste ini fungsinya adalah untuk menempelkan data yang sudah di copy
atau di cut. Keyboard shortcuts nya adalah CTRL V.
2. Font
Font adalah tempat untuk mengatur atau menyunting data yang
berhubungan dengan gaya tulisan, ketebalan, atau juga warnanya.
- Bold, fungsinya untuk menebalkan angka atau huruf.
- Italic, fungsinya adalah untuk memiringkan teks.
- Underline, fungsinya adalah untuk memberi garis bawah.
Kalau kita klik sampingnya ini bisa memberi garis bawah satu
atau dua.
- Border, fungsinya adalah sewaktu kita ingin buat tabel, kita
bisa menggambar tabel atau memilih garis sesuai dengan
keinginan kita.
- Fill Color, Fill Color adalah untuk memberi warna pada sel.
- Font Color, Font Color adalah untuk member warna pada
tulisan atau angka yang sudah ada di sel tersebut.
- Font, fungsinya adalah mengubah gaya tulisan yang bisa kita
pilih.
- Font Size Box, fungsinya adalah mengubah ukuran tulisan
yang bisa kita pilih.
3. Alignment
Alignment adalah menu yang berisi perintah untuk mengatur
tulisan. Mulai dari mensejajarkan baris, membuat rata kiri atau
kanan, bawah atau atas, dan lain sebagainya. Nah fungsinya
masing-masing perintah ini kalian juga lihat gambarnya.
Ada namanya orientation atau tulisan miring, fungsinya adalah
untuk merotasi teks supaya menjadi miring mengikuti sudut atau
arah jarum jam.
Ada bagian Decrease Indent, fungsinya adalah menggeser konten ke
kiri dengan spasi yang sesuai gambarnya. Juga Increase Indent,
fungsinya adalah menggeser konten ke kanan.
Ada bagian namanya Wrap Text, fungsinya adalah mengubah teks
panjang agar mudah dibaca dengan menyesuaikan lebar baris.
Selanjutnya adalah bagian Merge & Center, yang fungsinya adalah
untuk menyatukan dua sel atau lebih yang berbeda supaya menjadi
satu sel dan meletaknya di tengah baris.
4. Number
Number adalah menu khusus berisi perintah untuk mengatur angka
seperti penulisan uang, waktu, akuntansi dan lain sebagainya. Yang diatas
ada nama general ini, nah diformat number ini memiliki 12 pilihan. Jadi
kita bisa mengubah format angka ke 12 pilihan ini.
Nah dibagian bawahnya, ada Accounting Number Format, fungsinya
adalah untuk mengatur format akuntansi berupa mata uang suatu negara.
Nah dibagian ada sampingnya yang berbentuk persen ini adalah cara
mengubah format angka dengan memberi satuan persen.
Nah dan sebelahnya ada Koma Style, ini fungsinya adalah menghapus
satuan tanda koma di belakang angka.
Lalu disampingnya ada Increase atau Decrease Decimal adalah
pengaturan untuk angka desimal ya.
5. Style
Style merupakan yang berfungsi untuk mengatur atau mengubah susunan
sel maupun tabel dengan rumus atau warna yang tersedia.
Ada bagian Conditional Formating ini fungsinya adalah untuk mengubah
dan mengatur gaya dari kolam maupun baris seperti menggunakan
seleksi warna, ikon dan lain sebagainya.
Kemudian selanjutnya ada Format as Table ini adalah fungsinya untuk
memasukkan atau juga bisa menyisipkan format tabel yang disediakan.
Kemudian ada sel style dan sini ada berbagai bentuk style dari sel itu
sendiri yang bisa kalian pilih.
6. Cells
Berbeda dengan yang lain, sel ini berisi pengaturan untuk mengatur
kolom dan baris. Misalnya untuk menyisipkan kolom atau baris.
Menghapus atau juga mengatur besar kecil sel.
Insert
Fungsinya adalah untuk menyisipkan baris atau kolam di sela-sela data.
Jadi kalau kita menambahkan data diantara sel bisa menggunakan Insert
ini
Delete
Sesuai namanya, fungsinya adalah menghapus baris maupun kolom.
Format
Fungsinya adalah untuk mengubah ukuran sel.
7. Editing
Fungsinya adalah untuk melakukan pengeditan secara cepat seperti untuk
mengurutkan data, memberi rumus, menghapus konten, mengubah dan
lain sebagainya.
- AutoSum fungsinya adalah untuk memasukkan rumus secara
cepat dan otomatis kalau kita klik di bagian sampingnya ini
ada beberapa rumus. Rumus-rumus ini digunakan untuk
mengelola data Excel.
- Fill ini fungsinya adalah untuk mengubah dan mengatur pola
atau penomoran.
- Clear ini fungsinya adalah untuk menghapus konten atau
formatnya walaupun berbeda sel.
- Sort & Filter fungsinya adalah untuk mengatur urutan data
jadi kita melakukan penyaringan data di sini.
- Find & Select fungsinya adalah untuk mencari suatu kata
dalam data dan mengubah secara otomatis. Jadi kalau
misalnya datanya banyak terus kita mau cari kata-kata, kita
bisa menggunakan fitur yang ada disini yaitu Find and Select.