Scene 1 – Kembali ke sekolah
Visual 1
Arin kembali lagi ke MA Daarul Fataa. Berjalan melewati Ecobrick yang membentuk kata
Daarul Fataa. Dan berhenti di depan lapangan RA sambil memandangi bagian depan
sekolah.
Dialog 1
Arin : “ Hadehh.. Mereka ga ada berubah-ubah nya ya. Janjian jam berapa, datengnya
jam berapa. “
(Bang Wen menyapa Arin)
Visual 2
Bang Wen sedang membersihkan area depan RA dan terdapat tempat sampah yang
penuh dan memegang sapu
Dialog 1
Bang Wen : “ Eh Neng, sendirian aja.. Mau ambil ijazah ye “
Arin : “ Eh bang Wen, iyanih bang Wen.”
(Arin menghampiri bang Wen dan salaman)
Bang Wen : “ Yang laen nya mana, ngga pada janjian? “
Arin : “ biasa bang Wen, pada ngaret”
Bang Wen : “ ohh gitu, yaudah deh neng. Lanjut. Bang Wen mau buang sampah dulu “
Visual 3
Arin melihat bang Wen pergi sampai keluar dari wilayah MA & RA Daarul Fataa. Lalu
berjalan ke arah kiri dan berakhir duduk di bawah pohon sambil mengambil ponsel.
Dialog 1
(Arin membuka grup chat alumni kelas)
Arin : [chat] “woi ayolah. Jangan pada ngaret ngaret banget, baru gw yang dateng”
Arin : [chat] jangan sampe ada yang ga dateng. Abis ini pasti udah pada sibuk masing-
masing.
Bagus : [chat] “otw”
Isya : [chat]” yang ga dateng harus traktirin makan si”
Arin : [chat]” yaudah buruan”
(Arin menutup ponsel dengan perasaan kesal.)
(Bu Kokom menyapa Arin)
Bu Kokom : “Eh Geulis.. “
(Arin menoleh)
Arin : “eh bu Kokom”
(Arin bangkit lalu bersalaman dengan bu Kokom)
Bu Kokom : “ udah lama nunggunya? “
Arin : “ engga bu, saya baru dateng”
Bu Kokom : “ owhh begitu. Ya udah atuh yu, kamu ambil duluan.”
Bu Kokom : “ iya bu Kokom “
Scene 2 – Obrolan di kantor
Visual 1
Arin berada di ruangan BK bersama dengan bu Kokom dan duduk saling berhadap
hadapan.
Dialog 1
Bu Kokom : “jadi gimana kamu sekarang Arin? “
Arin : “ Yaaa.. Alhamdulillah bu, saya bisa cari penghasilan walaupun belum seberapa”
Bu Kokom : “ owhh begituu.. Jadi gimana ni, kamu kangen ga sama masa-masa kamu
sekolah “
Arin : “ wah ibu, jangan di tanya lagi “
Bu Kokom : “ coba ceritain hal yang bikin kamu kangen”
(Adegan flashback mulai terjadi, Arin mengingat momen² yang paling memorable)
Scene 3 – Kelas 10
Visual 1
Suasana ketika Arin masih berada di kelas 10 semester 1 dan sedang mengenal
karakter teman-temannya.
Dialog 1
Arin : “ Wah ga salah ni, mapel nya banyak aja “
(Arin melihat catatan bukunya pada lembaran mapel)
(Jira melihat catatan Arin)
Jira : “ iya ih gelo.. Sehari² bakal liat buku terus inimah”
Arin : “ iya nih, gw jadi bakalan gabisa nonton film seharian”
Jira : “WAH, LU SUKA NONTON FILM JUGA”
Arin : “ Yess.. “
Zara : “kalau baca novel suka juga gak? “
Arin : “ itu juga iya “
Visual 2
Kondisi kelas 10 semester 2. Guru sedang memberikan pengajaran didalam kelas dan
salah satu murid memiliki sifat ambis selalu menjawab pertanyaan² dari guru.
Dialog 1
(mata pelajaran PPKN)
Guru : “ Jadi negara Indonesia itu menganut sistem pemerintahan apa? “
Raka : “ Presidensial bu, menganut sistem Trias Politica”
(Mapel B. Inggris)
Raka : “ Jadi kalau simple present itu digunakan untuk habit atau general fact”
(Mapel MTK)
(Raka sedang mengerjakan soal dari guru di papan tulis dan berhasil menjawab dengan
benar)
Guru : “Oke udah paham ya, sekarang kerjain tugas halaman”
Jira : “lu udah ngerti Rin? “
Arin : “ Jelas banget belom.”
Jira : “ Eh.. Lu mau kemana? “
Arin : “ Gw mau nanya dulu.”
Arin : “ Raka, gw mau minta ajarin ini dong. Masih belom paham”
Raka : “ boleh². Sekalian ya lu berempatan sama si Fakhri, Abil, Mawah. Gapapa kan? “
Arin : “ Ga apa apa banget”
Raka : “ Woi ayo sini merapat semua. “
Visual 3
Fakhri, Abil, dan Mawah menghampiri meja Raka dan mereka mengerjakan MTK
bersama-sama.
Scene 4 – Kelas 11 S1
Visual 1
Arin terlambat datang ke sekolah dan di hukum oleh guru piket bersama dengan
kelompok anak-anak plenger yang ada di kelas. Mereka mendapatkan hukuman untuk
membersihkan halaman sekolah.
Dialog 1
Dilah : “ Et,Dit. Lu nyapu yang bener dulu apa. Liat ni gw mau pel masih kotor”
Radit : “ Bet, matamu. Itu emang ubinnya yang dekil”
(Arin sedang membersihkan jendela)
Arin : “ Et bocah ribut bae ya. Ngga kelar² ini kita bersih²”
Dani : “ Gitu dah Rin bocah, namanya juga ade abang”
Arin : “ Gw udah kelar. Duluan ah”
(Arin menaruh lap. Lalu mengambil tas dan beranjak masuk)
Laili : “Bet, enak banget udah mau masuk bae “
Arin : “Kenapa emang? Lagian lu kerjanya pada lama si”
Laili : “ Pak Eman liat ni pak, si Arin udah mau masuk bae. Padahal belum kelar”
Pak Eman : “ Yaallah ni Dinsos, tungguin dulu itu temen-temenya. Belom boleh masuk.”
Visual 2
Arin kesal dan memukul-mukul laili menggunakan sapu.
Scene 5 – Kelas 12
Visual 1
Materi bu Kokom sudah selesai namun jam mengajarnya belum selesai. Untuk mengisi
kekosongan, anak-anak diharuskan menulis cita-cita mereka semua di papan tulis.
Dialog
Bu Kokom : Bagus sini bentar..
(Bagus menghampiri bu Kokom)
Bu Kokom : Kamu kamu pada kelas 12. Ibu mau tau apa cita-cita kalian semua. Tolong
kamu buat gambar di papan tulis, lalu nanti di bagi – bagi ya.
Bagus : Oke siap bu
(Bu Kokom berdiri dari meja nya)
Bu Kokom : ya anak-anak, untuk mengisi waktu kosong. Ibu mau kalian tulis cita-cita
kalian di papan tulis
Visual 2
Siswa kelas 12 secara bergantian mengisi kolom kosong yang sudah dibuat oleh Bagus.
Semua anak mengisi sampai penuh
Dialog
Bu Kokom : Wah ada siapa aja ni..
(Bu Kokom melihat² dengan teliti)
Bu Kokom : Nazifah kamu mau jadi...
Nazifah : iya buu
Bu Kokom : Semoga terwujud yaa..
(Bu Kokom diam dan menarik nafas sebentar)
Bu Kokom : kalo kita udah duduk di bangku kelas dua belas
Visual 3
Arin Merenung memikirkan ungkapan yang di ucapkan oleh Bu Kokom di meja Manda
Dialog
(Arin memerhatikan Raka yang sedang berbicara)
Aurel : “Rak, abis ini lu mau lanjut kemana? “
Raka : “InsyaAllah gw mau ke PTN Rel”
(Arin mendengar kan obrolan Fatih dan teman-temannya)
Fatih : “ Iya bener. Gw ambil part-time disana jauh banget sumpah”
Aji : “ Tapi mau ambil lagi ga lu? “
Fatih : “ Gas aja kalau ada lagi”
(Arin tidak fokus pada obrolannya dengan temannya)
Jira : “ Rin... Lu mau ikut ga hari minggu ke Jakarta? “
Manda : “ Ayo, ikutlah Rin. Ngga seru kalau ga ada lu”
Arin : “ Iya gw ikut. “
(Arin mencurahkan isi hatinya)
Arin : “ guys, mulai dari titik ini.. Udah mulai keliatan yaa. Kita coba buat gapai. Gimana
nanti kalau kita udah lulus, apa kalian bakal inget kalau kita pernah jadi temen? Apa
nanti persahabatan kita bakal setulus sekarang? Kalau nanti akhirnya.. Kita milih buat
ga saling kenal gimana. “
Luthfia : “ Rin, gw yakin kalau 3 tahun kebersamaan kita itu bakal selalu di inget sama
temen sekelas kita. Banyak momen yang udah kita buat di sekolah ini “
Isya : “ Nah bener tuh Rin. Gw ga bakal lupa momen ketika dikejar-kejar pak Eman
karena telat masuk kelas”
Naflah : “ Gw juga nemuin sahabat terbaik gw dikelas ini “
Okan : “ di sekolah ini juga, gw mulai coba tuangin puisi² gw ke atas kertas “
Jira : “ dan jangan lupa Rin, hubungan kita semua disini udah lebih dari teman. Kita
keluarga Rin. Apapun masalah nya, pasti masing-masing dari kita udah pernah cerita
sama anak-anak di kelas ini. Kita mau nerima baik & buruknya sifat temen² kita.”
Nazifah : “ Arin ga usah takut kehilangan kita di masa depan. Setiap pertemuan pasti
ada perpisahan. Tapi perpisahan juga bukan berarti kehilangan. Hati kita bakal terus
terhubung sampe dewasa nanti”
(Radit mencoba memecah kegalauan)
Radit : “ Bilangin Woyo, Anaknya nangis”
Arin : “ diem luu Ditt “
Visual 4
Suasana kelas yang tadinya dipenuhi kesedihan menjadi ceria kembali. Dan mereka
saling bersenda gurau.
[Time skip]
Dialog
Arin : Oke mulai dari titik ini gw mau setiap momen di kelas 12 kita abadiin ya. Kita mulai
dari personil kelas yang lengkap sekarang
Tukang foto : Oke merapat semuanya. 3... 2... 1... *cekrek
Scene 6 – Janji
Visual 1
Kembali di ruangan BK dengan suasana terharu
Dialog
Bu Kokom : “ Makasih ya Arin, bukan Cuma sampein cerita. Bahkan kamu mau nulis
semuanya di kertas ini. “
(Bu Kokom mengambil kertas)
Bu Kokom : “Ibu bakal simpen kertas ini di rumah, buat kenang-kenangan kita 3 tahun
ini. Kayanya di depan rame tuh, kita keluar bareng yuk. “
(Bu Kokom dan Arin keluar bersama dari ruang BK)
Visual 2
Kondisi lapangan RA di penuhi oleh alumni kelas 12 dengan menggunakan dresscode
yang sama.
Fatih : “ini dia ketua panitia kita”
Arin : “lama banget kalian tuh padaan”
Fatih : “yuk kita foto dulu. Baru abis itu lanjut lagi abis ambil ijazah”
(Arin menoleh ke bu Kokom)
Arin : “Bu, ayu kita foto dulu”
Bu Kokom : “hayu atuh”
Visual 3
Mereka berfoto-foto di depan lapangan RA
Dialog
(Arin bersalaman dengan bu Kokom)
Arin : “ Bu Kokom. Makasih ya waktu 3 tahunnya”
(Arin menyodorkan tangan)
Bu Kokom : “ sama sama anakku semua”.
(bu Kokom meraihkan tangan Arin)
#ENDING