INTERNET
ISP [Link]/30 DNS [Link]
IP DNS
[Link] [Link]
ROUTER
SETTING WIRELESS MANUAL IP [Link] DNS [Link] IP WAN DNS GTW IP WIFI IP DHCP IP GTW [Link] [Link] [Link]
[Link] [Link] [Link] [Link]
1. Buka winbox
2. Masuk interface 3. Setting interface ether 2 for LAN
4. Setting Ether1 for WAN
5. Masuk ke ip addresses pilih tanda (+)/ new addresses 6. Masukkan seperti dibawah ini untuk set eth1 (WAN)
7. Masukkan seperti dibawah ini untuk set eth2 (LAN)
8. Masuk ke IP Firewall
9. Lalu setting untuk firewall route masuk ke tab Filter Rules pilih tanda (+)
10. Selanjtunya tambah lagi / klik (+) lagi
11. Selanjutnya Klik lagi tanda (+)
12. Selanjutnya sama seperti langkah diatas
13. Lalu pilih tab NAT
14. Masuk Ke IP Routes
Set wireless TP Link NOTE : Sebelum set WIFI 1. Klo mau set wifi, tancapkan kabel LAN anda di port LAN wifi (Biasae port warna kuning) 2. Klo router dah tau sendiri dimana2 port bisa Setelah semua sudah di set (Router + WIFI) 3. KLO semua sudah di set untuk a. UNTUK PRAK 1 ini . ROUTER PORT untuk ether-WAN ditancepi kabel Internet b. Lalu kabel ether-LAN ditancepin kabel dan dihubungin ke port WAN wifi anda, biasanya portnya warna BIRU MULAI SETTING 1 per 1
1. Set ip address Laptop anda, dengan ip [Link]
2. Masuk browser klik url [Link] Lalu jika terkoneksi akan meminta password Isi user and password Admin Admin
3. Masuk ke network WAN Dan set IP seperti dibwah ini :
4. Setelah itu liha ip local wireless, network LAN
5. Setelah itu setting ssid masuk ke network WIRELESS
6. Lalu set IP DHCP untuk wireless
Setelah coba tancapkan kabel untuk setting LAN router ke WAN wireless
Setting wireless AIRLIVE 1. Setting LAN anda dengan DHCP / obtain
2. Masukkan password
3. Ada tampilan
4. Setelah itu pilih mode router
5. Dan setelah lihat IP LAN anda dan DHCP server untuk hotspot
Pada wireless diatas tidk dimintai gateway untuk dhcp server, ini disibabkan secara otomatis gtw terset IP LAN Wireless yakni [Link] 6. Lalu masuk ke wireless options dan set
7. Setelah itu setting IP WAN, masuk ke setup wizard lalu set fixed ip address
8. Lalu setting IP LAN range router unuk menjadi IP WAN
Diatas ini ISP salah ganti dengan dibawah ini .. (SALAH PRINTSCREEN HEHEHEHE) IP Address [Link] (SOALNYA IP ADDRESS LAN ROUTER DI SET [Link]) NEtmask [Link] Gateway [Link] (IP ADDRESS LAN ROUTER) DNS [Link] 9. Lalu masuk ke wireless wifi protect setup , ini digunakan agar jika mau masuk hotspot g pake masukkan PIN
10. Setelah itu settingan sudah selesai untuk sementara ini